Tutorial

Pengalaman Telat Bayar Paylater Traveloka, Apa Saja yang Terjadi? 

Paylater jadi layanan mudah bagi pengguna e-commerce, tapi bagaimana jika kamu telat membayarnya? Seperti apa denda sampai dengan sistem penagihannya? 

Sebagai contoh, ada banyak sekali pengalaman telat bayar paylater Traveloka yang dikeluhkan. Mulai dari debt collector yang datang ke rumah sampai akun yang dibekukan. 

Bahkan ada yang mengeluh bahwa nama dan foto akan disebarluaskan. Benarkah begitu? Kamu yang penasaran bisa cek info yang benar ini. 

Berkenalan dengan Traveloka Paylater 

mengenal traveloka pay latrter
Image: m.traveloka.com

Sebelum mengakses layanan Traveloka paylater kamu sebaiknya memahami dulu seperti apa fitur yang dihadirkan ini. 

Sama halnya dengan e-commerce lain, Traveloka Paylater ini memudahkan para pengguna untuk bisa mengakses produk di aplikasi Traveloka terlebih dahulu dan bayar nanti. 

Mengingat Traveloka adalah aplikasi untuk memudahkan itinerary liburan, jadi kamu bisa mengakses liburan sekarang dan bayar nanti atau dengan cicilan. 

Bukan hanya produk barang saja yang bisa kamu dapatkan, tapi ternyata juga bisa untuk jasa liburan. Baik itu dari tiket pesawat, tiket masuk wahana liburan sampai akomodasi. 

Apalagi limit yang diberikan sampai jutaan rupiah, yang membuat kamu bisa leluasa memilih tempat berlibur yang jauh sekali pun. 

Inilah alasannya mengapa Traveloka paylater menjadi favorit anak muda zaman sekarang. Daripada menunggu lama menabung, dengan layanan ini jadi bisa liburan kapan saja. 

Apa Saja yang Terjadi Kalau Telat Bayar Traveloka Paylater? 

Apa Saja yang Terjadi Kalau Telat Bayar Traveloka Paylater? 

Sayangnya walaupun layanan ini memang memudahkan tapi tidak sedikit kasus Traveloka paylater yang muncul. 

Kasus yang dimaksud adalah soal keterlambatan membayar cicilan. Paylater yang diakses secara online tentu sangat memudahkan kamu untuk liburan, tapi bagaimana jika kamu tidak bisa membayar? 

Misalnya, kamu sudah menghabiskan limit sampai  juta rupiah, namun pada saat deadline pembayaran kamu sama sekali tidak bisa melunasinya. 

Seperti apakah langkah yang akan diambil oleh Traveloka untuk mengatasi permasalahan penggunanya yang memiliki tunggakan pembayaran? 

Kamu yang sampai terlambat atau bahkan tidak membayar sama sekali akan mengalami beberapa hal ini. 

1. Penagihan melalui Telepon 

Kamu yang sudah terlambat sehari akan mendapat penagihan melalui telepon. Biasanya admin akan menghubungi melalui pesan singkat di Whatsapp dan email. 

Jika tidak ada tanggapan baik itu balasan dari kamu atau melakukan pembayaran maka kamu akan mendapat telepon dari pihak Traveloka. 

Penagihan ini masih dilakukan dengan cara halus, sehingga kamu tidak akan merasa sakit hati dengan sistem penagihan yang kasar. 

2. Penagihan oleh Debt Collector 

Tidak kunjung memberikan respon yang baik? Kamu harus bersiap-siap untuk didatangi oleh debt collector. 

Apalagi jika jatuh tempo sudah sampai berminggu-minggu dan bulanan. Maka Traveloka tidak bisa membiarkan pinjaman uang hilang begitu saja. 

Pihak Traveloka sudah memiliki tim penagih sendiri di setiap area jangkauan sehingga kamu tidak bisa lepas dari tanggung jawab. 

3. Akun akan Dinonaktifkan 

Sebelum didatangi oleh debt collector, kamu juga tidak bisa mengakses akun Traveloka kembali. Artinya segala kemudahan fiturnya tidak bisa didapatkan. 

Kamu yang ingin melakukan perjalanan bisnis atau memenuhi kebutuhan lainnya tidak akan bisa menggunakannya. 

Selama kamu tidak membayar Traveloka paylater yang menunggak maka akun tidak akan bisa diakses. Bahkan kamu akan mendapat pemblokiran untuk layanan ini selanjutnya. 

4. Mendapatkan Denda 

Sudah pasti untuk semua keterlambatan membayar cicilan atau pelunasan paylater kamu akan mendapatkan denda. 

Traveloka memberlakukan denda ini sebesar 5% dari total sisa cicilan. Jadi sebenarnya semakin kamu cepat membayar maka sisa cicilan berkurang denda pun akan menurun. 

Apalagi kamu sudah dibebankan bunga sebesar 2,14% hingga 4,48% tergantung dengan besaran pinjaman dan tenor yang diperoleh. 

Denda ini akan langsung berlaku ketika kamu terlambat sehari saja tidak membayar cicilannya. Belum lagi sekali terlambat membayar kamu akan memiliki reputasi kredit yang rendah. 

5. Masuk Daftar Hitam 

Tahukah kamu kalau sudah masuk ke dalam daftar hitam di salah satu e-commerce kamu juga akan kesulitan mengakses pinjaman di aplikasi lain? 

Pasalnya setiap aplikasi fintech atau e-commerce yang menyediakan layanan pinjaman seperti ini memiliki jaringan tersendiri. 

Ketika kamu akan mengajukan pinjaman di aplikasi lain maka data atau catatan pinjaman akan dicek terlebih dahulu. 

Inilah yang membuat biasanya untuk dana cair ke rekening atau akses layanan membutuhkan waktu dan data pribadi yang sangat penting. 

Jika kamu sudah masuk dalam daftar hitam di salah satu aplikasi maka akan sulit untuk mendapatkannya di aplikasi lainnya. 

Untung Rugi Menggunakan Traveloka Paylater 

Untung Rugi Menggunakan Traveloka Paylater 

Traveloka paylater hadir untuk memudahkan para penggunanya. Pengalaman telat membayar tadi adalah salah satu risiko yang bisa dihadapi jika kamu tidak memenuhi kewajiban. 

Tidak hanya itu, saja masih ada beberapa kerugian lain yang mungkin akan dihadapi sekaligus keuntungannya. 

Seperti apa kelebihan dan kerugian tersebut perlu kamu simak agar tidak merasa kecewa saat sudah menggunakannya. 

Keuntungan Menggunakan Traveloka 

Sama seperti fitur paylater di aplikasi lainnya, Traveloka paylater memiliki keuntungan utama untuk mendapatkan pinjaman dalam pembelian produk secara cepat. 

Kamu bisa mengakses pinjaman atau produk sekarang dan membayar nanti setelah sudah memiliki uang. 

Selain itu masih ada beberapa kelebihan yang ditawarkan seperti:

1. Limit Tinggi dengan Bebas Biaya Tahunan 

Layaknya kartu kredit, kamu akan mendapat limit pinjaman yang cukup tinggi untuk setiap akun. Tingginya limit ini juga tergantung dengan berapa banyak kamu sudah melakukan transaksi. 

Sampai saat ini Traveloka paylater memberlakukan limit sampai dengan 10 juta rupiah per bulannya. Jika beruntung kamu juga bisa mendapat tenor 50 juta. 

Semua pinjaman ini bisa kamu akses per bulan dan menariknya tidak ada biaya admin tahunan yang harus dibayarkan seperti kartu kredit. 

2. Tenor yang Cukup Lama 

Beberapa e-commerce mungkin memberlakukan paylater dengan tenor 1 bulan atau 30 hari. Artinya kamu harus segera melunasi pinjaman dalam waktu tersebut. 

Mengingat limit yang tinggi, Traveloka paylater lantas menyediakan tenor yang cukup lama yaitu 1 bulan sampai dengan 24 bulan. Jadi kamu punya waktu yang cukup panjang untuk bisa melunasinya. 

3. Bisa untuk Akses Layanan Apapun 

Jangan kaget karena ada begitu banyak layanan yang bisa kamu bayar menggunakan Traveloka paylater. Jadi bukan hanya pinjaman untuk berlibur saja. 

Kamu bahkan bisa membayar tagihan air, listrik, asuransi atau pinjaman lainnya yang menunya juga sudah tersedia di aplikasi Traveloka. 

Apabila kamu menggunakan aplikasi rekanan Traveloka kamu juga bisa menggunakan layanan ini untuk berbelanja. Jadi fungsinya begitu luas. 

4. Sering Mengadakan Promo 

Kamu yang menggunakan Traveloka Paylater memiliki kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak promo. Baik itu pinjaman dengan bunga rendah dan promo lainnya. 

Artinya kamu bisa menikmati semua produk yang disediakan dengan harga murah. Jadi jangan lewatkan promonya dengan memantau terus aplikasinya. 

Kerugian Menggunakan Traveloka 

Ada keuntungan tentu saja juga terdapat kerugian atau risiko yang harus kamu hadapi. Risiko ini untungnya tidak terlalu signifikan. 

Risiko ini juga tergantung bagaimana kamu menggunakan fitur dengan benar, seperti tidak terlambat membayar. 

Berikut ini beberapa kerugian yang mungkin kamu hadapi. 

1. Denda yang Cukup Besar 

Bisa dibilang denda yang cukup besar ini sangat memberatkan kamu. Jumlahnya adalah 5% dari sisa pinjaman yang belum dibayarkan dan terhitung setiap bulan. 

Kamu yang terlambat satu hari dalam pembayaran saja sudah akan mendapatkan denda ini. Terlebih lagi masih ditambah dengan bunga. 

Jadi kamu bisa saja mengeluarkan biaya lebih dari 10% untuk denda dan bunga ini. 

2. Mendapat Batasan Transaksi 

Satu lagi kerugian yang kamu dapatkan adalah batasan transaksi. Apalagi jika kamu yang sudah lama tidak menggunakan aplikasinya. 

Kamu tidak bisa menggunakan layanan di bawah 50 ribu rupiah, meskipun untuk membayar tagihan atau membeli pulsa. 

Kamu setidaknya harus membeli produk dengan harga di atas 50 ribu rupiah. 

3. Cicilan Tenor Panjang untuk Transaksi Tertentu

Kamu mungkin mendapatkan tenor pinjaman sampai dengan 24 bulan, sayangnya transaksi ini bisa dilakukan dalam nilai di atas 500 ribu. 

Jika kamu meminjam di bawah 500 ribu untuk membayar tagihan listrik atau air maka harus membayar dalam waktu 30 hari atau satu bulan saja. 

Setelah mengetahui pengalaman telat bayar paylater Traveloka dan risiko lainnya, apakah kamu masih tertarik menggunakan Traveloka paylater? 

Jika iya, masih ada kesempatan untuk mendaftar dan menggunakannya. 

Aldy Amrillah

Aldy adalah seorang penulis blog yang berasal dari Bogor, Indonesia. Ia merupakan lulusan jurusan Manajemen informatika dari Universitas Bina Sarana Informatika, ketertarikan dengan dunia menulis artikel dimulai ketika pertama kali bekerja untuk sebuah website lifestyle. Kini, Aldy fokus pada penulisan konten SEO yang mengutamakan pembaca bukan mengutamakan bot, karena kenyamanan membaca adalah poin paling penting yang dibutuhkan pembaca saat ini. Ia memiliki spesialisasi topik tentang dunia teknologi, seperti tips, tutorial hingga pembahasan tentang komputer. Dan saat ini ia bekerja sebagai Seo enthusiast di salah satu website yang membahas tentang dunia teknologi di daerah Jakarta

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga
Close
Back to top button