Tutorial

Pengalaman Pinjam Uang di Kredivo, Benarkan Tanpa Bunga? 

Saat ini Kredivo menjadi aplikasi andalan untuk meminjam uang dalam limit yang cukup tinggi. Aplikasi ini digadang-gadang juga membebaskan pengguna dari bunga. 

Benarkah pengalaman pinjam uang di Kredivo bebas dari bunga? Kamu yang baru pertama kali akan menggunakan aplikasi Kredivo harus tahu seperti apa faktanya. 

Jangan sampai setelah kamu mengajukan justru merasa dirugikan karena bunganya yang cukup tinggi.  Simak seperti apa pengalaman menggunakan Kredivo ini. 

Soal Bunga Pinjaman Gratis di Kredivo 

Soal Bunga Pinjaman Gratis di Kredivo 

Berdasarkan beberapa pengalaman, bunga yang disediakan oleh Kredivo tidak selalu gratis. Ada pinjaman yang membebaskan bunga namun ada juga yang memberikannya. 

Sebelumnya kamu harus tahu bahwa Kredivo menyediakan dua jenis produk yaitu untuk pinjaman pada akun premium dan baru. 

Kamu yang memiliki akun baru memiliki limit pinjaman uang tunai sampai dengan Rp500.000. Jika kamu tergabung sebagai pemilik akun premium pinjaman bisa sampai 30 juta rupiah. 

Soal bunga pinjaman, Kredivo membedakannya menjadi dua kategori yaitu untuk pinjaman 30 hari dan tenor 3 hingga 6 bulan. 

Baik itu akun baru dan premium bisa memilih tenor pinjaman sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja khusus pinjaman 30 hari kamu akan bebas dari bunga alias bunga 0%. 

Berbeda dengan pinjaman 30 hari, kamu akan mendapat bunga jika memilih tenor 3 sampai 6 bulan. Besaran bunga tadinya adalah 2,95% namun kini menurun menjadi 2,6% per bulannya. 

Terjawab sudah bukan berapa besaran bunga dari Kredivo. Setelah mengetahui bunga ini kamu bisa mulai menghitung berapa bunga yang akan didapatkan berdasarkan tenor. 

Beban Biaya Lain dari Bunga di Kredivo 

Perlu kamu perhatikan bahwa Kredivo tidak hanya menyediakan beban bunga tetapi juga admin. Jadi meskipun kamu memilih tenor 30 hari masih ada biaya admin yang harus dipenuhi. 

Begitu juga dengan denda keterlambatan jika kamu membayar cicilan lebih dari tenor yang sudah dipilih. Berikut ini penjelasan dari masing-masingnya. 

  • Biaya Admin Kredivo 

Biaya admin dari pinjaman ini akan dipotong langsung dari jumlah yang ditransfer. Jadi jika kamu ingin mengajukan pinjaman Rp500.000 maka uang yang ditransfer bisa kurang dari angka tersebut. 

Admin dari Kredivo sendiri jumlahnya adalah 6% dari total pinjaman, bisa dibilang cukup tinggi dibandingkan platform lainnya. 

Misalnya saja jika kamu ingin meminjam 1 juta rupiah maka akan dikurang admin 6%. Kamu akan mendapatkan dana Rp940.000. 

Apabila kamu akan meminjam tenor 30 hari maka nominal yang harus dikembalikan tetaplah 1 juta rupiah. Jika 3 atau 6 bulan maka 1 juta ditambah bunga 2,6% per bulan. 

  • Biaya Denda 

Bagaimana jika kamu terlambat sehari saja untuk membayar cicilan atau melunasi pinjaman dengan tenor 30 hari? 

Kredivo akan langsung mengenakan denda yang hitungannya adalah per hari. Besaran denda ini adalah 4% untuk 30 hari pertama. 

Jika kamu tidak kunjung membayar maka denda akan ditingkatkan menjadi 6% per 30 hari. Meskipun kamu hanya terlambat 1 hari saja maka sudah dihitung 4% dari total pinjaman. 

Misalnya saja kamu meminjam 1 juta rupiah dengan tenor 30 hari dan terlambat membayar seminggu. Maka kamu harus melunasi sebesar Rp1.040.000. 

Bagaimana Sistem Penagihan Pinjaman yang Terlambat?

aplikasi kredivo
Image: play.google.com

Kamu mungkin penasaran seperti apa sistem penagihan yang diberikan oleh Kredivo pada debitur yang terlambat membayar. 

Apakah isu mengenai penagihan yang kasar sering terdengar akan dialami jika kamu telat melunasi pinjaman? 

Kredivo sudah memiliki sistem penagihan sendiri yang cukup aman sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai isu yang beredar. 

Berikut ini sistem penagihan yang berlaku. 

  • Peringatan Melalui Email dan Telepon 

Beberapa hari sebelum batas akhir pembayaran kamu akan mendapat notifikasi melalui aplikasi agar segera melakukan pelunasan. 

Jika sudah lebih dua hingga tiga hari kamu akan mendapatkan email penagihan begitu juga dengan telepon dari agen. 

  • Penutupan Akun 

Apabila kamu sudah hampir 1 bulan tidak melakukan pembayaran maka akun Kredivo akan diblokir. Kamu tidak bisa menggunakannya sebelum melunasi. 

Selain itu kamu juga akan langsung mendapatkan skor kredit buruk dan tidak bisa juga mengajukan pinjaman di aplikasi lainnya. 

  • Penagihan Langsung 

Ketika pinjaman membengkak karena bunga dan denda, maka akan ada agen dari Kredivo yang melakukan penagihan langsung. 

Jadi lebih baik jika kamu melunasi dalam waktu kurang dari satu bulan jika tidak ingin ditagih secara langsung. 

Pengalaman Mengajukan Pinjaman di Kredivo 

Pengalaman Mengajukan Pinjaman di Kredivo 

Bukan hanya share pengalaman penagihan dan pembayaran bunga saja yang perlu kamu ketahui. Bagaimana cara mengajukannya tentu juga jadi perhatian yang penting. 

Apalagi banyak yang mengatakan bahwa Kredivo termasuk aplikasi yang akan memberikan pinjaman cepat setelah mengajukan. Benarkah begitu? 

Berikut ini pengalaman yang banyak didapatkan debitur ketika ingin mengajukan pinjaman. 

  • Aplikasi yang Ringan dan Tampilan Sederhana 

Ketika ingin mengajukan pinjaman, banyak yang menyukai aplikasi Kredivo karena sangat ringan. Apabila digunakan di smartphone os cukup lama masih bisa bekerja dengan baik. 

Ditambah lagi tampilannya sederhana. Kamu bisa dengan mudah menemukan menu untuk pinjaman maupun mendaftar untuk membuat akun baru. 

Kamu yang ingin membuat akun baru tinggal mendaftar menggunakan nomor hp dan juga email. Kemudian selesaikan melalui verifikasi kode OTP. 

  • Syarat Pengajuan Tanpa Agunan 

Sebagai pinjaman online, Kredivo tidak membebankan syarat yang sulit. Kamu hanya perlu mempersiapkan syarat dokumen seperti KTP, NPWP dan foto diri saja. 

Semua dokumen ini juga tinggal difoto pada formulir yang sudah disediakan secara online. Jadi tidak ada yang sulit untuk dipersiapkan sebelumnya. 

  • Pengajuan yang Sangat Singkat 

Hanya butuh beberapa menit saja untuk kamu menyelesaikan pengisian data formulir pengajuan di Kredivo. 

Setelah data diisi kamu bisa langsung mengirimkannya tanpa perlu menunggu lama sehingga pengajuan bisa langsung dicek. 

  • Uang yang Dikirim ke Rekening 

Pada formulir pengajuan kamu perlu menambahkan nomor rekening yang sudah disediakan. Jadi tidak perlu bingung lagi karena dana tidak akan dicairkan ke aplikasi. 

Apabila kamu mendapatkan notifikasi bahwa pinjaman sudah berhasil artinya dana sudah dikirimkan ke rekening secara langsung. 

  • Aman dan Nyaman 

Semua debitur yang memiliki kredit lancar selalu merasa aman serta nyaman ketika menggunakan Kredivo. 

Pasalnya aplikasi dan perusahaan pengembangnya resmi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Oleh karena itu operasionalnya selalu diawasi. 

Kamu tidak perlu khawatir soal penambahan biaya admin atau bunga yang tidak diketahui karena semua sudah mengacu pada aturan pemerintah yang berlaku. 

Inilah pengalaman pinjam uang di Kredivo yang bisa kamu cermati. Jika kamu benar-benar tertarik untuk meminjam bisa langsung menginstal aplikasinya. 

Sebagai awalan kamu harus meningkatkan skor kredit dengan rutin meminjam sehingga bisa memiliki akun premium suatu saat. 

Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan limit pinjaman yang lebih tinggi, siapa tahu dibutuhkan untuk modal usaha. 

Oya, bagi Sahabat Tedas.id yang penasaran dengan tabel lengkap pinjaman Kredivo maka bisa lihat informasi selengkapnya di sini ya.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan, lulusan jurusan televisi dari ISI Jogja yang mendalami dunia tulis menulis sejak awal kuliah. Pernah menjadi staf marcomm selama 4 tahun dan kini berprofesi sebagai freelance Content dan Copywriter. Topik yang sering tulis saya sehari-hari saat ini antara lain teknologi, gaya hidup, dan keuangan. Saat ini saya bekerja sebagai freelance content di salah satu portal teknologi yang membahas secara detail mengenai tutorial, tips dan gadget.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button