Pembaruan Perangkat Lunak
Tutorial

Pembaruan Perangkat Lunak: Manfaat dan Cara Menundanya

Pembaruan Perangkat Lunak – Jaman sekarang hampir semua orang sudah menggunakan smartphone. Karena smartphone dianggap pilihan yang tepat untuk berbagai aktivitas seperti bekerja, bermain bahkan untuk belajar.

Jaman sekarang smartphone menjadi lebih canggih dari sejak pertama muncul, banyak fitur fitur terbaru dan tentunya lebih canggih untuk digunakan para pengguna.

Namun meskipun begitu, walaupun smartphone sudah menjadi hal yang wajar dan wajib dimiliki masih ada banyak orang yang belum paham dari semua fitur yang ada.

Seperti pembaruan perangkat lunak ini yang masih sangat jarang untuk diperhatikan oleh para pengguna. Biasanya pembaruan sistem perangkat lunak muncul dari notifikasi atau anda harus mencarinya di setelan hp anda.

Apa Itu Pembaruan Perangkat Lunak

Apa Itu Pembaruan Perangkat Lunak?

Pembaruan perangkat lunak adalah sebuah pembaruan pada fitur sistem android dan aplikasi bawaan yang berada di smartphone anda.

Sering kali pemilik smartphone mengeluh pada konter hp karena smartphone yang digunakan kadang mati karena belum memperbarui perangkat lunaknya.

Pembaruan perangkat lunak bisa dilakukan sendiri oleh pemilik smartphone atau biasa nya yang belum paham betul bagaimana cara memperbarui perangkat lunak akan datang ke konter.

Banyak sekali fungsi dari pembaruan sistem perangkat lunak ini dibawah ini beberapa fungsi dari pembaruan perangkat lunak.

  • Untuk meningkatkan fungsi dari sistem smartphone anda.
  • Meningkatkan versi aplikasi menjadi yang terbaru.
  • Meningkatkan kompatibilitas yang ada di smartphone anda.
  • Meningkatkan keamanan pada smartphone anda.
  • Meningkatkan user interface atau UI pada smartphone anda.

Dan alasan utama untuk memperbarui sistem perangkat lunak karena untuk memperbaiki error pada smartphone dan masih banyak lagi fungsi dari pembaruan perangkat lunak ini.

Tentu saja terkadang kita seringkali menemukan bug atau kesalahan pada sistem perangkat lunak yang terdapat pada smartphone.

Manfaat Melakukan Pembaruan Perangkat Lunak

Tujuan dan Manfaat Melakukan Pembaruan Perangkat Lunak

Tentu saja di dunia ini ada tujuan dari dilakukannya suatu hal, salah satunya adalah pembaruan perangkat lunak yang memiliki berbagai macam tujuan.

Sebenarnya tujuan utama dari adanya pembaruan perangkat lunak adalah untuk menyempurnakan sistem dari perangkat lunak yang sudah ada sebelumnya.

Adapun manfaat dari pembaruan perangkat lunak pada android yang banyak sekali hal ini sangat disarankan bagi pengguna smartphone yang sering mengeluh mengalami error saat menggunakan smartphone untuk segera memperbarui perangkat lunaknya.

Berikut manfaat dari memperbarui perangkat lunak:

1. Meningkatkan Kompatibilitas Pada Aplikasi

Kompatibilitas merupakan seperti saat anda menginstal sebuah aplikasi lalu saat aplikasi tersebut sudah terpasang dan hendak dibuka tiba tiba pada aplikasi muncul pesan aplikasi telah terhenti padahal belum sempat digunakan atau bahkan aplikasi menjadi keluar sendiri tanpa sebab.

Banyak sekali penyebab dari hal ini namun biasanya anda cukup melakukan pembaruan sistem masalah ini akan segera teratasi dengan mudah.

2. Meningkatkan Sistem Keamanan Dari Perangkat Lunak

Semakin barunya suatu sistem akan mempengaruhi keamanan yang ada didalamnya juga akan ikut terperbarui dan tentunya akan menjadi semakin meningkat pula keamanannya.

Seperti contoh pada sebuah sistem yang lebih aman terhindar dari virus dan lainnya.

3. Perangkat Menjadi Lebih Baru Dan Lebih Nyaman Ketika Digunakan

Atau yang biasa disebut UI (User Interface) meliputi mulai dari icon pada hp,menu notifikasi hingga tampilan utama yang berada di android akan lebih bagus tampilannya dari sebelumnya.

Selain itu hp anda akan lebih nyaman digunakan dan enak pastinya yang juga akan mempengaruhi efektifitas dalam menggunakannya.

4. Penambahan Fitur-Fitur Baru Yang Bermanfaat

Ketika kita memperbarui sistem perangkat lunak anda hingga selesai akan muncul sistem baru yang sebelumnya belum pernah ada di android anda.

Tentunya hp anda akan terasa baru walaupun sedang tidak menggunakan hp baru.

Seperti contoh sebelumnya hp anda tidak bisa digunakan untuk membuka dua aplikasi sekaligus di dalam satu layar setelah diperbarui hp anda bisa membuka youtube dan aplikasi lainnya dalam satu layar yang hanya terbagi dua bagian.

Tentunya menjadi sangat efektif buka saat anda ingin belajar menggunakan YouTube sekaligus anda ingin mencatatnya tinggal membuka note pada hp lalu memulai belajar dan menulis tanpa harus menggunakan buku lagi.

5. Menghilangkan Error Atau Bug Pada Sistem

Seperti contoh error yang ada di smartphone anda yang tidak bisa menyalakan data atau WiFi.

Tidak bisa menggunakan sebuah sistem operasi android atau bahkan hp yang tiba tiba keluar dari sebuah aplikasi dan hp anda yang terkadang mati.

Atau macet dengan sendirinya dan masih banyak lagi contohnya mungkin anda pernah merasakan salah satunya.

Masalah ini akan teratasi ketika anda memperbarui perangkat lunak anda yang mungkin sudah lama tidak diperbarui.

6. Meningkatkan Kinerja Sistem

Setiap orang kadang merasa bingung kenapa smartphone yang digunakan lemot terus padahal beberapa cara sudah dilakukan seperti menghapus beberapa aplikasi, membersihkan sampah dan banyak lagi.

Mungkin solusi yang paling tepat adalah dengan memperbarui sistem perangkat lunak anda yang akan meningkatkan sistem kinerja suatu smartphone milik anda.

Perbedaan bisa mencapai 70% lebih cepat dari kinerja smartphone sebelumnya bahkan smartphone anda terasa batu lagi saking cepatnya dan nyamannya smartphone anda.

Seberapa Penting Dilakukan Pembaruan Perangkat Lunak?

Seberapa Penting Dilakukan Pembaruan Perangkat Lunak?

Menurut saya pembaruan perangkat lunak perlu dilakukan saat smartphone anda mulai tidak nyaman lagi digunakan tidak perlu modal yang banyak untuk mengembalikan kinerja smartphone anda.

Namun pembaruan perangkat lunak dilihat dari kebutuhan penggunaan dari smartphone anda bisa saja smartphone anda sangat perlu diperbarui setiap kali ada notifikasi pembaruan dan ada yang tidak terlalu membutuhkannya.

Karena penggunaan smartphone yang tidak terlalu berat atau bahkan jarang digunakan.

Pembaruan perangkat lunak menjadi tanggung jawab bagi anda ada yang perlu dan tidak terlalu membutuhkan tergantung pada diri anda masing masing.

Berikut cara untuk menjalankan pembaruan sistem sendiri tanpa perlu ke konter

  1. Buka setelah pada android anda.
  2. Masuk dan pilih menu tentang ponsel.
  3. Lalu buka menu pembaruan.
  4. Klik tombol update yang tersedia di dalamnya.

Kemudian tinggal menunggu pembaruan untuk selesai dan smartphone anda akan otomatis restart dengan sendirinya serta memuat ulang sistem ke versi yang baru.

Dan biasanya beberapa smartphone memerlukan ruang yang cukup untuk sekedar memperbarui perangkat lunak hal ini yang terkadang menjadi masalah para pengguna karena ruang yang dimilikinya terkadang tidak cukup.

Cara Menunda Pembaruan Perangkat Lunak Di Smartphone

Beberapa orang terkadang tidak memerlukan pembaruan perangkat lunak pada smartphonenya berikut beberapa cara untuk menunda untuk memperbarui perangkat lunak jika anda merasa terganggu oleh notifikasinya.

  1. Pertama anda hanya bisa melakukannya dengan cara mengetuk dan menahan notifikasi pembaruan yang muncul.
  2. Kemudian akan muncul pilihan selanjutnya anda pilih saja sembunyikan pemberitahuan.
  3. Maka notifikasi update mengganggu tersebut akan hilang.

Tips agar proses pembaruan aman dan berhasil

Tips agar proses pembaruan aman dan berhasil

Setiap orang tentunya menginginkan agar proses pembaruannya berjalan dengan berhasil dan aman. Pada dasarnya pembaruan ini akan aman karena pembaruan langsung dari developer merk smartphone langsung.

Kalau terjadi error biasanya terjadi karena pengguna yang tidak memenuhi beberapa faktor seperti berikut ini

  • Memastikan koneksi internet cepat dan selalu stabil jaringannya.
  • Pastikan kuota cukup atau disarankan menggunakan WiFi saat melakukan pembaruan karena biasanya pembaruan memerlukan hingga ratusan MB.
  • Pastikan baterai saat melakukan pembaruan cukup agar hp tidak mati saat melakukan pembaruan.
  • Melakukan restart sebelum melakukan pembaruan.
  • Menutup aplikasi yang berjalan saat akan melakukan pembaruan atau update.

Sekian dari artikel ini yang membahas tentang pembaruan perangkat lunak memang masih ada beberapa orang yang masih bingung akan hal ini semoga artikel ini dapat membantu para pengguna smartphone yang masih bingung mengenai pembaruan perangkat lunak.

Anton Wahyu
Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Comments are closed.