fungsi microsoft power point
Tutorial

Microsoft Power Point: Pengertian, Fungsi dan Kelebihannya

Microsoft Power Point – Dimasa yang sekarang kita lebih dimudahkan lagi karena teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.

Sehingga yang dulu awalnya sulit sekarang sangat mudah untuk dilakukan. Seperti contoh yaitu sebuah teknologi untuk melakukan sebuah presentasi pada saat meeting atau apapun.

Power point atau PPT adalah salah satu aplikasi yang kita gunakan untuk melakukan presentasi. Mungkin anda telah mengenal atau mengetahui power point ini karena sering menggunakannya untuk presentasi saat sekolah atau bahkan saat bekerja.

Dengan adanya aplikasi power point kita tidak perlu lagi mencetak materi yang akan disampaikan. Tentunya ini juga kurang efektif karena harus menggunakan kertas yang tidak baik untuk lingkungan jika digunakan terus menerus.

Namun sekarang dengan adanya power point lingkungan akan menjadi lebih baik karena tidak perlu menggunakan kertas.

microsoft power point adalah

Image: microsoft.com

Pengertian Microsoft Power Point

Bagi anda yang belum mengetahui secara detail mengenai power point itu seperti apa. Power point adalah sebuah software yang didalamnya terdapat berbagai fasilitas untuk membantu seseorang menyusun presentasinya secara mudah.

Disamping itu para pengguna dapat menyusun presentasinya secara menarik, efektif serta lebih produktif.

Selain itu power point juga diartikan sebagai program yang memiliki tujuan untuk membantu seorang pengguna menyampaikan suatu gagasan, menjadi lebih jelas serta menarik untuk disimak para pendengar. Sehingga pendengar dapat memperhatikan presentasi dengan baik dan tidak terkesan membosankan.

PPT adalah ekstensi file yang dibuat menggunakan aplikasi power point ini.. Dengan banyaknya fasilitas yang dapat digunakan ini tentu saja bisa memudahkan untuk seorang guru mengajar muridnya dengan bantuan aplikasi power point ini. Menggunakan aplikasi powerpoint, kita bisa membuat file presentasi yang menarik dan tidak membosankan.

Dengan begitu audience dapat menarik perhatian pendengar dengan baik, sehingga mereka dapat menerima materi dengan baik tentunya.

Apalagi diimbangi dengan tampilan setiap slide yang menarik dan lebih berwarna, karena dapat menjadi daya tarik untuk pendengar supaya memperhatikan presentasi dengan baik karena penyampaiannya yang menarik.

Selain itu terdapat berbagai menu menu yang sangat penting untuk digunakan dalam sebuah pembuatan presentasi.

Diperlukan adanya perencanaan sebelum memulai pembuatan presentasi, hal ini dilakukan karena untuk memudahkan anda melakukan pengerjaan secara rapi. Serta pengerjaan akan lebih efektif dan materi yang akan ditampilkan juga akan lebih matang dan lebih baik nantinya.

fungsi menu Fungsi Power Point

Fungsi Microsoft Power Point

Setiap program memiliki fungsi tersendiri tentunya karena fungsi inilah dapat mempermudah pengguna untuk memilih, mana program yang cocok untuk digunakan sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhannya.

Berikut ini merupakan fungsi dari power point yang mungkin dapat membantu anda untuk memilih program mana yang cocok untuk anda pilih.

  • Membuat presentasi yang berbentuk slide sehingga dapat memudahkan pengguna untuk menyampaikan materi secara garis besar.
  • Membuat presentasi lebih menarik karena dapat ditambahkan berbagai macam seperti audio, video, gambar serta juga animasi sehingga presentasi menjadi lebih hidup atau tidak membosankan.
  • Mempermudah pengguna untuk mengatur serta mencetak slide yang ada.
  • Sebagai bentuk soft copy dalam presentasi untuk dapat diakses dengan komputer ataupun laptop, selain itu dapat juga diakses melalui smartphone anda.

Fungsi Menu yang Ada Di Aplikasi Microsoft Power Point

fungsi microsoft power point

Setiap program memiliki menu menu yang dapat anda coba untuk membuat pekerjaan anda menjadi lebih baik lagi. Menu menu ini mungkin tidak dapat ditemukan pada program lain, karena setiap program memiliki menu dan fungsinya tersendiri.

Nah karena powerpoint adalah aplikasi buatan dari microsoft, tentu saja Microsoft sudah membuat aplikasi ini dengan sematang mungkin serta dilengkapi dengan berbagai macam menu yang terdapat di dalamnya. 

Berikut dibawah ini adalah beberapa menu yang ada di aplikasi Powerpoint beserta fungsinya.

a)    Tombol Office

Menu ini digunakan untuk mengakses suatu perintah yang dasar dan berhubungan dengan dokumen. Seperti membuka, menyimpan, membuka serta mencetak dokumen. Nah tombol office ini berada di bagian pojok kiri dari aplikasi Powerpoint tersebut.

b)    Quick Access Toolbar

Pada menu ini berisi beberapa ikon yang digunakan untuk mengakses sebuah perintah dengan cepat. Dalam menu ini terdapat tiga ikon seperti save, undo, repeat dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan fungsi dari quick access toolbar ini pengguna bisa dengan mudah menerapkan beberapa perintah yang paling sering digunakan.

c)     Tab Menu

Pada menu ini terdapat sebuah menu yang menunjukkan perintah untuk melakukan pengolahan pada suatu dokumen.

d)    Title bar

Menu ini bertujuan untuk menunjukkan nama dokumen yang aktif. Title bar ini berada di bagian tengah atas dari tampilan aplikasi Powerpoint tersebut, misalnya seperti Presentasi.ppt

e)    Ribbon

Merupakan menu dari letak sebuah perintah di sebuah menu.

f)      Slide Pane

Menu yang dimanfaatkan untuk menampilkan sebuah thumbnail pada slide.

g)    Status Bar

Menu ini digunakan untuk menunjuk status dari sebuah dokumen yang sedang dikerjakan.

h)    Notes Pane

Menu ini digunakan untuk menampilkan sebuah catatan yang ada pada slide.

i)      Slide Area

Menu ini digunakan untuk menampilkan slide dari sebuah dokumen.

j)      Tombol View

Menu ini digunakan untuk mengatur sebuah tampilan pada slide.

k)    Zoom Controls

Menu ini digunakan untuk memperkecil atau memperbesar tampilan slide.

Kelebihan Microsoft Power Point

Kelebihan Microsoft Power Point

Setiap program memiliki kelebihan yang dapat dirasakan para pengguna, tentunya ini menjadi dari tarik bagi sebagian orang untuk beralih menggunakan power point.

Kelebihan kelebihan inilah yang biasanya dicari oleh sebagian orang untuk digunakan menjalankan suatu pekerjaan.

Berikut ini kelebihan yang dapat ditemui pada power point.

1.     Mudah Dioperasikan

Microsoft power point adalah salah satu aplikasi yang sangat mudah untuk digunakan dan juga dioperasikan oleh pengguna, bahkan oleh pengguna baru sekalipun. Hal ini karena banyak sekali panduan atau tutorial terkait mengoperasikan aplikasi yang bisa didownload dan kemudian kita pelajari.

Menu dan juga toolbar yang ramah pengguna, banyaknya ikon yang familiar serta fitur built-in help tentu saja bisa membantu user untuk menemukan referensi terkait pengoperasian aplikasi powerpoint tersebut.

2.     Export Dan Import File Presentasi

Powerpoint adalah aplikasi presentasi yang sangat kompleks serta mempunyai segudang fitur di dalamnya.

Dimana dengan menggunakan aplikasi ini, file presentasi yang sudah kita buat bisa kita export ke berbagai macam format dan bisa dengan mudah kita ubah formatnya.

Beberapa format yang didukung oleh aplikasi powerpoint ini misalnya seperti pdf, odp, mp4, jpg, gif, png dan juga rtf.

3.     Tersedia Banyak Pilihan Templates

Fitur keren yang tidak ketinggalan dari aplikasi powerpoint ini adalah terdapat dukungan template yang bisa dengan mudah kita download serta gunakan untuk membuat file presentasi kita tersebut. 

Template powerpoint merupakan kerangka yang siap pakai yang dapat langsung kita gunakan hanya dengan melakukan modifikasi saja.

4.     Preset Animasi Slide Yang Melimpah

Preset merupakan kombinasi dari slide serta transisi siap pakai yang telah dikustomisasi oleh Microsoft. Dimana dengan menggunakan powerpoint ini terdapat berbagai macam preset yang siap pakai dan sudah disiapkan untuk kita kustomisasikan sehingga bisa mempercantik presentasi kita tersebut.

5.     Bisa Digunakan Untuk Membuat Presentasi Dinamis

Microsoft powerpoint adalah aplikasi presentasi yang bisa kita gunakan untuk membuat file presentasi yang dinamis. Jadi dengan menggunakan aplikasi powerpoint, kita tidak hanya bisa membuat file presentasi yang statis namun juga bisa membuat file presentasi yang interaktif.

Setidaknya presentasi yang dihasilkan ini dapat dibuat objek yang jauh lebih interaktif lagi misalnya seperti bantuan button, link, audio dan 50 efek lainnya.

Kekurangan Microsoft Power Point

Kekurangan Microsoft Power Point

Setiap program memiliki kekurangan yang mungkin cukup mengganggu bagi para pengguna.  Karena kekurangan inilah banyak banyak orang yang terkadang memilih untuk tidak menggunakan sebuah program walaupun program tersebut sangat ia butuhkan nantinya.

Berikut ini merupakan kekurangan yang dapat ditemui pada power point.

1.     Hanya Bisa Digunakan Di Sistem Operasi Windows Saja

Kekurangan powerpoint yang pertama adalah powerpoint ini hanya bisa digunakan di platform atau sistem operasi windows saja.

Hal ini karena Microsoft hanya mengeluarkan versi dari aplikasi Microsoft Office ini untuk sistem operasi Windows, jadi untuk pengguna sistem operasi lain seperti Mac atau Linux belum bisa menggunakan aplikasi ini.

Hal ini tentu saja menjadikan pekerjaan yang sudah anda buat dengan aplikasi ini tidak bisa dibuka jika kita memiliki komputer atau laptop dengan sistem operasi Mac Os. 

Padahal disisi lain ada banyak sekali perusahaan yang tidak menggunakan sistem operasi windows karena harga dari sistem operasi ini yang sangat mahal.

Baca Juga: Cara Menambahkan Video Ke File Presentasi

2.     Setiap Versi Powerpoint Berbeda dan Tidak Stabil

Kekurangan powerpoint berikutnya adalah seringkali kita temukan terhadap software atau aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft.

Entah apa penyebabnya, biasanya dokumen atau file yang dibuat dengan software microsoft versi lama tidak bisa digunakan dengan sempurna atau tidak bisa menampilkan data yang stabil jika digunakan pada versi software yang lebih baru.

Misalnya saja kita sudah membuat file presentasi di aplikasi Powerpoint tahun 2007, kemudian kita ingin membuka nya pada Powerpoint tahun 2010 terkadang terdapat perbedaan isi atau data yang tidak bisa ditampilkan dengan sempurna.

Hal ini tentu saja terkadang membuat bingung pembuat atau pemilik dokumen karena isi file yang dibuat tidak sama seperti sebelumnya.

3.     Harga Yang Mahal Untuk Sebuah Software

Terakhir, kekurangan dari Microsoft Power Point adalah harganya yang sangat mahal untuk ukuran sebuah software.

Untuk pengusaha kecil atau orang biasa tentu saja akan kesulitan untuk membeli Powerpoint ini karena harganya yang sangat mahal dan tidak sebanding dengan software-software lainnya yang sejenis dengan PowerPoint ini.

Namun dengan dukungan dan dukungan yang diberikan oleh Microsoft terhadap aplikasinya ini tentu saja membuat banyak orang yang masih tertarik untuk menggunakan aplikasi buatan Microsoft tersebut.

Banyak juga orang-orang yang rela menggunakan aplikasi Microsoft power point bajakan, hal ini tentu saja menjadi bukti bahwa sampai saat ini Microsoft Office masih menjadi salah satu software yang paling diunggulkan dan diminati oleh orang-orang dengan mencari alternatifnya yaitu dengan cara membajak software ini.

Anton Wahyu
Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Comments are closed.