Metode Pembayaran Google Play Ditolak? Ini Cara Mengatasinya

Artikel terakhir diperbaharui 07-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Metode Pembayaran Google Play Ditolak – Sering membeli aplikasi melalui Google Play? Atau Anda berencana mengatur metode pembayaran karena kartu provider lama terblokir?

Google Play menyediakan beragam cara pembayaran sehingga mudah untuk digunakan.

Anda bisa menggunakan kartu debit atau kredit atau kartu provider dengan pulsa.

Apapun cara yang Anda pilih, sekali mengubah seharusnya tidak muncul kendala. Tapi bagaimana jika metode pembayaran Google Play ditolak? Tidak perlu panik.

Ada beberapa cara mengatasi yang bisa Anda ikuti supaya metode pembayaran yang dipilih berhasil.

Walaupun jarang terjadi, Anda mungkin saja akan mengalaminya. Jadi ikuti saja beberapa petunjuk cara mengatasinya berikut ini.

Cara Mengatasi Metode Pembayaran Google Play Ditolak

Jika berhasil, sebenarnya cara untuk mengubah metode pembayaran sangat mudah. Anda tinggal masuk ke akun Google, membuka Play Store dan pilih Metode Pembayaran.

Di sana Anda akan dihadapkan oleh beberapa pilihan mulai dari pembayaran dengan kartu SIM, Kredit, Debit, atau e-commerce.

Semua layanan memudahkan pengguna untuk terus menggunakan Play Store.

Bahkan Google sendiri juga menyediakan layanan untuk top up sehingga Anda tak perlu bingung soal pembayaran.

Tak jarang juga yang gagal, di mana metode pembayaran Google Play ditolak.

Melalui beberapa metode berikut ini, Anda bisa mencoba untuk mengatasi pembayaran yang ditolak.

Mengecek Kembali Koneksi Jaringan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek ulang apakah jaringan atau koneksi internet terputus. Proses transaksi atau penggantian metode pembayaran hanya bisa dilakukan jika jaringan terkendali dan tersambung dengan baik.

Biasanya gagalnya jaringan sering terjadi ketika Anda menggunakan kuota provider. Sinyal yang tidak terjangkau pada daerah di mana Anda berada bisa jadi penyebabnya. Sebagai alternatif Anda bisa menggunakan jaringan wifi terdekat.

Mencoba Pembayaran dengan Metode Lainnya
cara mengatasi metode pembayaran google play ditolak

Koneksi sudah lancar, tetapi mengapa metode pembayaran masih gagal? Pasti ada kesalahan yang terjadi. Bagi Anda yang saat ini menggunakan metode pembayaran dengan provider bisa melakukan pengecekan ulang.

Langkah kedua yang bisa diambil adalah dengan mengganti metode pembayaran. Bisa saja kartu SIM yang Anda gunakan saat ini terblokir atau justru pulsa tidak mencukupi.

Ketiga gagal, Play Store hanya akan menjelaskan bahwa hanya ada kesalahan pada metodenya.

Anda bisa mencoba mengganti metodenya dengan pembayaran melalui e-commerce seperti Gojek.

Jika Anda memiliki kartu debit atau kredit juga bisa metode pembayaran ini. Metode yang paling murah adalah dengan membayar melalui Alfamart. Caranya pilih Alfamart dan datang ke kasir untuk membayar.

Coba untuk Restart Handphone

Masih juga tidak berhasil walaupun Anda sudah mengganti metode pembayarannya? Kemungkinan terbesar jika hal ini masih gagal adalah karena sistem yang terdapat pada handphone terjadi masalah.

Cara mengatasinya adalah dengan restart hanpdhone Anda sehingga sistem kembali seperti semula. Terganggunya aktivitas pembayaran bisa saja disebabkan karena sistem yang keberatan dengan aplikasi.

Biasanya setelah di restart sistem kembali pulih dan bekerja lebih cepat. Anda bisa mencoba untuk mengecek apakah sistem pembayarannya sudah berubah and langsung mencoba melakukan pembelian.

Mengecek Ulang Kartu Kredit atau Debit

Apakah Anda memilih metode pembayaran dengan kartu? Jika Anda kebetulan tidak memiliki pulsa, kartu debit atau kredit bisa jadi alternatif yang mudah. Cara menggunakannya tinggal memilih metode pembayaran kartu kredit atau debit.

Jika lancar maka Anda akan mudah membayar, tapi jika terjadi kesalahan maka ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah dengan mengecek ulang masa berlaku kartu, bisa saja Anda lupa bahwa kartu sudah melewati batas waktunya.

Kedua, coba cek lagi apakah kartu kredit tidak habis limitnya, bisa juga kartu debit Anda tidak memiliki saldo yang mencukupi. Jika masalah ini yang jadi penyebabnya maka sistem Play Store akan menyebutkan bahwa saldo tidak cukup.

Ketiga, mencoba menggunakan kartu lainnya. Anda bisa mencoba memasukkan angka kartu kredit atau debit lainnya yang masih bisa digunakan. Jika kartu tidak digunakan Anda hanya perlu menanyakan kondisi kartu pada pihak bank langsung.

Ganti SIM yang Tidak Digunakan untuk Metode Pembayaran

Apakah Anda menggunakan metode pembayaran dengan pulsa? Jumlah pulsa yang Anda miliki masih mencukupi, tapi metode pembayaran Google Play ditolak. Apa alasannya. Hal ini yang sering terjadi dan harus Anda ketahui penyebabnya.

Google Play hanya akan membaca kartu SIM 1 untuk pembayaran. Jadi jika biasanya Anda menggunakan kartu SIM dan mengubahnya menjadi kartu SIM 2 akan lebih baik melepas SIM 2. Kemudian pindahkan SIM ke SIM 1 sehingga tidak salah dibaca oleh Play Store.

Apalagi jika Anda menggunakan provider yang sama dalam satu smartphone, kesalahan tentu seringkali bisa terjadi. Apalagi jika ternyata Anda tidak mencukupi pulsa yang dibutuhkan. Karena setiap pembayaran akan ditambah dengan pajak sebesar 10%.

Pastikan sebelum Anda melakukan pembayaran cek kembali apakah pulsa yang tersedia mencukupi. Karena pada tagihan yang muncul biasanya hanya memperlihatkan harga aplikasi sebelum ditambah dengan pajak.

Bagaimana Jika Metode Pembayaran dengan Telkomsel Tidak Tersedia?

Telkomsel adalah provider sejuta umat yang banyak digunakan oleh orang Indonesia. Alasan karena sinyal kuat menjadikan provider ini lebih dipilih. Apalagi di zaman teknologi 4G yang membutuhkan sinyal kuat untuk mengakses internet.

Tidak jarang metode pembayaran Google Play ditolak ketika Anda menggunakan provider Telkomsel. Apalagi sebelumnya Anda sudah menggunakan kartu lain seperti Im3 atau XL. Biasanya Play Store masih membaca kartu SIM yang sebelumnya digunakan.

Jika mengalami masalah seperti ini akan lebih baik jika Anda mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk mengatasinya:

Hapus terlebih dahulu data di Play Service. Masuk ke Setting kemudian Aplikasi Google Play Service dan Hapus Data.
mengatasi metode pembayaran google play ditolak

Selanjutnya Anda bisa masuk ke Setting kembali dan pilih Akun kemudian Google. Hapus Akun Google untuk restart aplikasi sehingga bekerja seperti semula.

Lepaskan SIM Telkomsel dan pasang kembali. Pastikan SIM Telkomsel bekerja sebagai SIM 1. Matikan handphone dan nyalakan kembali.

Saat menyala pastikan hp tidak terkoneksi dengan internet wifi melainkan kartu SIM. Jadi pastikan Anda sudah memiliki kuota internet dari Telkomsel.

Baru nyalakan kembali akun Google yang tadi telah dimatikan. Kini Anda sudah bisa melakukan pembelian melalui provider Telkomsel dengan pulsa.

Cara Mengatasi Pembayaran Ditolak Pada Aplikasi Game Tantangan

Kejadian error juga bisa terjadi ketika Anda ingin membeli game Free Fire atau tantangan. Pembayaran ditolak ini bisa disebabkan karena email yang digunakan telah usang. Padahal email sangat penting yang fungsinya sebagai akun.

Nah jika Anda mengalami masalah dengan akun Google, maka beberapa cara berikut ini bisa jadi solusinya.

Masuk ke Setting dan Hapus data pada Google Play Service.

Buatlah akun Google yang baru untuk digunakan nantinya. Kemudian baru restart hp.

Nyalakan hp dan bukalah Google Play store dengan akun Google yang baru dibuat. Setelah masuk, cek kembali metode pembayaran yang tersedia.

Nyalakan metode pembayaran dengan provider yang Anda gunakan saat ini.
Lakukan pembelian dengan menggunakan pulsa pada Telkomsel.

Dengan cara ini Anda bisa langsung membeli aplikasi game tantangan sesuai dengan yang diinginkan. Metode pembayaran Google Play ditolak yang tiba-tiba muncul kini sudah tidak jadi masalah lagi. Jika ternyata muncul, Anda bisa mengatasinya satu per satu dengan beberapa cara di atas.

Pastikan saja saldo rekening, limit kartu kredit, saldo e-commerce, atau saldo pulsa Anda mencukupi untuk melakukan pembayaran.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *