Lupa Password Gmail ? Begini 2 Cara Mengatasinya

Artikel terakhir diperbaharui 21-02-2021 oleh Aldy Amrillah

Lupa Password GmailLupa adalah hal yang wajar yang bisa saja dialami oleh semua orang di dunia ini termasuk juga masalah lupa password gmail.

Lupa kata sandi gmail tentu saja menjadi hal yang sangat wajar mengingat kita sebagai masyarakat Indonesia yang jarang menggunakan email untuk kehidupan sehari-hari.

Jadi kebanyakan dari kita menggunakan gmail hanya untuk agar bisa mendownload aplikasi di Playstore saja.

Jadi setelah login, wajar saja jika kita lupa password gmail dari akun yang terhubung ke smartphone atau playstore kita.

Sebenarnya untuk mengatasi masalah lupa kata sandi gmail ini solusinya hanya satu yaitu dengan cara mengatur ulang password gmail kita dan mengaturnya dengan password yang baru yang dapat kita gunakan untuk masuk ke akun gmail tersebut.

lupa password gmail

Untuk bisa mengatur ulang password gmail ini sebenarnya ada banyak metode yang bisa kita lakukan.

Sementara itu proses atau metode untuk mengatur ulang kata sandi gmail juga sering mengalami perubahan seiring dengan meningkatnya keamanan dari akun gmail tersebut.

Sebenarnya kita bisa mereset atau mengatur ulang password gmail dengan cara menggunakan nomor hp pemulihan, menggunakan email pemulihan dan juga menjawab pertanyaan dari google.

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail

Ketika membuat akun google atau gmail tentu saja kita berharap supaya akun kita aman dan tidak bisa dibobol oleh oknum jahil yang bisa saja mencuri semua data-data kita dari akun gmail kita tersebut.

Oleh sebab itu terkadang kita membuat kombinasi password yang sulit untuk langkah pengamanan pertama.

Namun niat awal yang hanya ingin mengamankan akun kita dari serangan orang jahat, terkadang bisa menjadi boomerang untuk diri kita sendiri karena terkadang kita mengalami lupa password gmail tersebut.

Berikut dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah lupa password gmail.

B. Mengatasi Lupa Password Gmail Dengan Nomor HP

lupa password google mail

Terkadang ketika kita ingin mendaftar atau membuat akun gmail, kita akan diwajibkan untuk mengisi atau menautkan akun kita dengan nomor HP yang kita miliki.

Nah fungsi utama dari menautkan nomor HP ke akun gmail yang kita miliki adalah jika terjadi masalah seperti lupa password gmail ini.

Tentu saja untuk bisa mereset ulang akun gmail yang lupa password anda harus memastikan jika Nomor HP anda masih aktif dan masih bisa digunakan ya.

Karena nantinya nomor HP tersebut akan menerima sms berupa kode yang akan kita gunakan untuk mereset password gmail kita.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Jika nomor HP kita sudah tidak aktif atau bahkan sudah hilang sebaiknya anda lompati saja langkah pertama ini.

Jika nomor HP anda masih aktif dan masih bisa digunakan, berikut cara reset password gmail dengan nomor HP.

  • Pertama anda harus pergi ke laman dari pemulihan akun gmail dengan cara menekan disini. Setelah itu anda bisa memasukan alamat email yang lupa password tersebut, jika sudah anda klik saja berikutnya.

lupa password gmail dengan mudah

  • Nantinya anda akan diminta untuk memasukan kata sandi terakhir yang anda ingat. Cobalah untuk memasukkan kata sandi terakhir yang anda ingat sebelumnya, jika tidak ingat lebih baik anda klik langsung “coba cara lain”
  • Berikutnya anda akan dialihkan ke halaman verifikasi dengan nomor HP yang terhubung dengan akun gmail anda tersebut. Silahkan anda masukkan nomor hp yang anda gunakan pada akun anda, setelah itu anda klik saja “berikutnya” agar tim dari Google mengirimkan kode verifikasi yang akan dikirimkan ke nomor HP anda.

  • Setelah itu tim dari Google akan mengirimkan pesan kepada smartphone yang anda gunakan atau memiliki akun Gmail yang akan anda reset password tersebut. Jika sudah anda tekan saja nomor yang sesuai dengan instruksi yang tersedia pada langkah sebelumnya. 

  • Selanjutnya jika anda memasukkan kode verifikasi dari Google tersebut dengan benar, anda akan dialihkan ke laman untuk mengganti password gmail anda. Anda masukkan saja dan buat kata sandi atau password baru yang mudah diingat agar anda tidak lupa lagi.
  • Selesai, sekarang akun gmail anda sudah berhasil di reset atau diganti kata sandi dengan password yang baru. Mudah kan cara mengatasi lupa password gmail dengan nomor HP?

B.  Mengatasi Lupa Password Gmail Dengan Email Pemulihan

lupa kata sandi gmail

Selain menggunakan nomor HP, kita juga bisa kok mengatasi masalah lupa password gmail dengan menggunakan email pemulihan.

Email pemulihan ini biasanya akan kita masukkan setelah kita selesai mendaftar dan membuat akun gmail tersebut.

Jadi adanya email pemulihan ini sangat membantu jika ternyata nomor HP yang kita gunakan sudah tidak aktif atau bahkan sudah hilang.

Jadi selain menggunakan nomor HP kita bisa menggunakan cara alternatif lainnya yang pastinya sudah terbukti berhasil walaupun nomor HP kita sudah tidak bisa kita gunakan. 

Simak langkah yang perlu dilakukan di bawah ini:

  • Pertama anda harus pergi ke laman dari pemulihan akun gmail dengan cara menekan disini. Setelah itu anda bisa memasukan alamat email yang lupa password tersebut, jika sudah anda klik saja berikutnya.

lupa password gmail dengan mudah

  • Nantinya anda akan diminta untuk memasukan kata sandi terakhir yang anda ingat. Cobalah untuk memasukkan kata sandi terakhir yang anda ingat sebelumnya, jika tidak ingat lebih baik anda klik langsung “coba cara lain”.
  • Anda klik coba cara lain tadi hingga menemukan pilihan untuk mengatasi lupa password gmail melalui verifikasi email yang terhubung ke akun gmail anda tersebut. Namun cara ini hanya berlaku untuk anda yang sudah menautkan akun gmail tersebut ke gmail lain.
  • Jika sudah ketemu, anda masukan email yang terhubung ke akun gmail yang akan anda reset ulang passwordnya tersebut. Setelah itu anda klik saja “Kirim” sehingga Google akan mengirimkan email kepada email anda satunya yang tadi terhubung ke akun gmail tersebut.

  • Silahkan anda buka kotak masuk dari email pemulihan anda tersebut. Jika belum ada tunggu sebentar hingga email dari Google masuk ke akun email pemulihan tersebut.
  • Selanjutnya anda masukkan saja kode yang dikirimkan melalui email dari Google tersebut ke kolom yang sudah tersedia. Pastikan anda memasukkan kode dengan benar ya, karena jika salah tentu saja proses reset password gmail tidak akan bisa dilakukan.

  • Jika sudah maka anda akan dialihkan lagi ke laman pengaturan password baru. Anda masukkan saja password baru yang akan anda gunakan. Pastikan anda memasukkan password baru yang mudah diingat tapi aman ya agar tidak lupa lagi.

  • Setelah itu selesai, anda akan langsung diarahkan ke halaman login. Cobalah untuk login ke akun gmail anda yang sempat lupa kata sandi tadi dengan password yang baru saja anda buat.

Itulah beberapa cara mengatasi lupa password gmail yang bisa anda lakukan.

Kesimpulannya adalah Google sendiri sudah memberikan fasilitas dan juga pelayanan terbaik kepada para penggunannya.

Baca Juga: Cara Mengganti Email di FB

Hal ini terbukti dengan proses reset password gmail yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Pelajaran untuk kita tentu saja memang kita boleh membuat password yang rumit dengan tujuan supaya akun kita aman dari serangan dan tidak bisa dibobol oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab

Namun yang terpenting apakah kita bisa mengingat password yang rumit tersebut, semoga bermanfaat yah Sahabat Tedas.id.

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.