laptop tidak bisa connect wifi
Tutorial

Mudah, Ini 6 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Artikel terakhir diperbaharui 18-03-2021 oleh Aldy Amrillah

Laptop Tidak Bisa Connect Wifi – Di era teknologi seperti ini hampir semua jenis laptop sudah dilengkapi dengan adapter Wifi.

Sehingga memungkinkan pengguna mengirim data secara nirkabel, tapi harus memastikan laptop terhubung dengan Wifi terdekat. Barulah anda bisa akses internet tanpa bantuan kabel atau modem usb. 

Sayangnya pada beberapa kasus terkadang ada kesalahan teknis, yang menyebabkan Wifi tidak tersambung ke laptop.

Padahal anda butuh internet untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Tapi tak perlu khawatir, berikut ada beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa connect Wifi. 

Penyebab Laptop Tidak Bisa Connect Wifi 

Sekarang ini berbagai tempat publik sudah menyediakan akses Wifi gratis untuk kebutuhan browsing. Mulai dari lingkungan kampus, sekolah, instansi layanan publik, hingga area kantor. Tidak jarang pula ditemukan cafe atau restoran yang dilengkapi fasilitas teknologi satu ini. 

Saat terhubung dengan Wifi anda bisa akses internet bebas tanpa takut menguras banyak kuota. Anda bisa berselancar di browser, nonton vlog di Youtube, maupun dengarkan lagu online 24 jam nonstop. Hebatnya lagi tak perlu kesal karena lemot atau kuota tiba-tiba habis. 

Secara pengertian, Wifi merupakan teknologi yang memanfaatkan gelombang radio untuk bertukar data di bawah protokol jaringan 802.11. Konsep kerjanya mirip jaringan selular, bedanya pemancar jaringan Wifi dijalankan oleh sebuah alat bernama wireless router access point. 

Kehadiran jaringan nirkabel ini memudahkan berbagai sektor pekerjaan. Misalnya instansi pemerintah pusat, tidak perlu lagi mengirim data via konvensional untuk disalurkan ke daerah. Cukup sambungkan laptop atau komputer ke Wifi, maka semua data bisa terkirim langsung. 

Akan tetapi terkadang anda mengalami hal tidak menyenangkan, ketika laptop tidak dapat terhubung ke Wifi. Tentu saja masalah ini menghambat pekerjaan apalagi yang membutuhkan internet cepat. Berikut ini adalah penyebab laptop tidak bisa connect Wifi:

  • Lampu Indikator Mati

Sebenarnya masalah satu ini cukup sepele tapi membuat anda sempat uring-uringan. Terkadang bisa terjadi karena anda lupa kalau sebelumnya memutus sambungan. Ditandai dengan warna merah yang menyala, maka tinggal tap indikator tersebut lalu aktifkan jaringan. 

Namun bila lampu indikatornya tetap menyala merah padahal sudah diaktifkan, berarti ada kerusakan di bagian hardware Wifi laptop. Ada pula beberapa jenis laptop yang muncul tanda silang merah di ikon Wifi, pertanda belum tersambung ke perangkat. 

  • Perangkat Bermasalah 

Tidak semuanya berasal dari laptop saja, terkadang laptop tidak bisa connect wifi berasal dari perangkat modem di tempat akses Wifi yang anda tempati sedang bermasalah atau tidak aktif. Jika perangkatnya terlihat oleh anda bisa di cek apakah lampu perangkat dalam kondisi hidup atau mati.

  • Driver Wifi Belum Terinstal 

Meskipun tampak remeh ternyata hal ini bisa menjadi penyebab laptop tidak bisa connect Wifi. Solusinya cek dulu nama perangkat yang muncul, baru sambungkan agar bisa akses internet. 

  • Pengaturan Jaringan Salah 

Kemungkinan besar laptop tidak bisa connect wifi masalah utamanya pada pengaturan jaringan internet di laptop. Hal ini bisa terjadi karena pengguna masih menggunakan SSH atau proxy tertentu. Jadi ketika akan memakai akses Wifi umum, anda lupa mengatur ulang. 

Biasanya pengaturan koneksi internet menggunakan SSH atau proxy bisa dilakukan secara manual. Sedangkan adapter Wifi laptop menerima IP Address secara otomatis karena adanya teknologi DHCP. 

  • Salah Password 

Hal ini lumrah terjadi karena biasanya pemilik perangkat Wifi mengubah kata sandi demi alasan keamanan.

Misalnya hotspot smartphone pernah tersambung dengan 2 perangkat berbeda. Maka di kemudian hari keduanya tidak bisa tersambung lagi tanpa minta izin ke pemilik hotspot. 

cara memperbaiki wifi laptop yang tidak bisa connect

  • Airplane Mode 

Salah satu penyebab laptop tidak bisa connect Wifi ialah laptop dalam keadaan airplane mode. Masalah ini berlaku pada laptop dengan OS Windows 8 ke atas. Tujuannya untuk meminimal sembarang perangkat tersambung tiba-tiba jika di tempat publik. 

  • Keterangan Limited Access

Ada banyak kemungkinan mengapa laptop tidak bisa connect wifi pada jaringan yang digunakan tertera Limited Access. Alasan pertama karena masa berlaku IP Address dari access point sudah habis. Kedua posisi laptop terlalu jauh dari titik access point sehingga sulit menangkap sinyal. 

Kemudian alasan ketiga karena banyak cache data Wifi pada laptop. Sehingga bug yang bersarang membuat laptop sulit untuk menangkap sinyal yang dipancarkan. 

  • Ada Keterangan Wifi Unidentified 

Jika laptop pernah terhubung dengan hotspot tapi tidak bisa akses internet, berarti perlu cek bagian notification area.

Kalau ada keterangan Unidentified Network maka menandakan bila laptop tidak bisa menerima IP Address dan DNS server dari hotspot wifi yang sedang digunakan.

Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Bisa Connect

Berikut dibawah ini adalah beberapa cara memperbaiki wifi laptop yang tidak bisa connect yang bisa dicoba, diantaranya:

1. Ubah Setting di Control Panel 

Anda perlu mengetahui apakah jaringan Wifi benar-benar terhubung internet atau tidak lewat Control Panel.

cCra memperbaiki wifi laptop yang tidak bisa connect adalah dengan mengecek dulu di bagian notification area yang terdapat di pojok bawah pada tampilan desktop. Selanjutnya ikuti cara memperbaiki Wifi laptop yang tidak bisa connect berikut:

  • Klik Start kemudian masuk ke Control Panel 
  • Cari menu Network and Internet, lalu pilih Network and Sharing Center
  • Pilih menu Change Adapter Setting
  • Kemudian tekan tombol kanan pada Wireless Connection dan pilih Properties
  • Akan muncul jendela internet protocol version 4, lakukan double click tautan tersebut
  • Setelah itu pilih opsi Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically
  • Jika semua proses selesai baru klik lagi dan pilih OK

Apabila laptop masih belum bisa terkoneksi internet, bisa jadi karena adanya masalah pada driver network. Oleh sebab itu anda boleh menggunakan langkah-langkah berikut sebagai solusi alternatifnya: 

  • Klik kanan pada My Computer atau This PC, bila versi Windows 8 langsung klik Manage
  • Arahkan kursor pada Device Manager 
  • Apabila jendela sudah muncul, maka klik Networks Adapter 
  • Bila muncul tanda tanya berwarna kuning tandanya ada masalah pada driver, atau bahkan belum terinstall di laptop

2. Cek Jaringan Internet

Cara memperbaiki wifi laptop yang tidak bisa connect selanjutnya bisa langsung mengubahnya lewat pengaturan manual. Bila belum tahu anda dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Posisikan kursor pada ikon Wifi yang berada di pojok kanan bawah desktop Windows
  • Masuk ke Open Network and Sharing Center
  • Pilih Change Adapter Setting yang berada di pojok kiri atas
  • Klik Adapter Wifi lalu pilih Properties
  • Arahkan double klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
  • Silahkan klik opsi Obtain and IP Address Automatically serta Obtain DNS Server Address Automatically. Sehingga adapter Wifi bisa langsung cari pengaturan IP Address dan DNS secara otomatis menggunakan DHCP
  • Jika sudah selesai klik OK dan close, lalu lakukan percobaan pada sembarang situs
    wifi tidak konek ke internet

3. Ubah Saluran Wifi 

Agar laptop bisa tersambung lagi dengan Wifi, anda bisa mengubah salurannya. Saluran Wifi biasanya memiliki pengaturan default tersendiri.

Bila bermasalah berarti datangnya dari laptop yang anda gunakan. Berikut ada cara memperbaiki wifi laptop yang tidak bisa connect:

  • Tekan tombol kanan lama pada logo Windows lalu pilih Device Manager
  • Arahkan pilihan pada Network Adapters dan cari driver Wifi yang telah terinstall, kemudian klik kanan dan pilih Properties
  • Pilih tab Advance dan ganti Value menjadi Disabled
  • Setelah semua proses selesai, restart laptop dan coba sambungkan ke jaringan Wifi yang tersedia

4. Install Ulang Driver Wifi 

Kemungkinan besar alasan jaringan tidak dapat tersambung karena masalah pada Driver Wifi.

Solusinya ialah dengan uninstall driver kemudian install kembali, boleh juga melakukan reinstall drivernya. Namun sebelumnya anda harus punya file driver terlebih dahulu. 

Lalu selanjutnya apa yang perlu anda lakukan? Agar lebih terarah simak langkah-langkah berikut ini:

  • Tekan kanan logo Windows dan pilih menu Device Manager 
  • Cari driver Wifi yang sudah anda install sebelumnya. Temukan pada menu Network Adapters
  • Klik kanan pada driver yang akan di unsinstall, lalu tekan Unsinstall
  • Setelah selesai lakukan restart pada laptop
  • Bila laptop sudah menyala, install kembali driver Wifi 

5. Reset Koneksi

Jika anda menemukan keterangan Limited Access pada jaringan Wifi, bisa jadi penyebabnya karena banyak cache di data Wifi. Hal ini bisa memicu bug ketika menerima sinyal Wifi, sehingga menghambat anda saat ingin berselancar di dunia maya. 

Untuk mengatasi masalah sambungan ini anda bisa melakukan reset koneksi. Bahkan berlaku untuk Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10. Bagi yang penasaran simak caranya berikut ini: 

  • Buka Command Prompt atau tekan tombol Ctrl+R, lalu masukkan kata “cmd”
  • Kemudian ketik perintah “netsh winsock reset catalog” pada jendela tersebut dan tekan Enter
  • Masukkan lagi tulisan perintah “nets hint ipv4 reset reset.log”, barulah tekan Enter
  • Terakhir Restart laptop agar pengaturannya cepat diproses

6. Status Wifi Harus Tetap ON 

Coba lakukan cek pada status Wifi apakah sedang ON atau OFF. Karena biasanya pengguna tanpa sadar mematikan ikon Wifi di pojok kanan bawah. Mungkin tujuannya agar laptop tidak tersambung internet setelah digunakan. 

Meskipun terkesan sepele tetapi sifat pelupa ini sering membuat anda emosi lebih dulu. Anda bisa mengubah pengaturannya secara manual. Agar lebih paham anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Lihat ikon Wifi pada taskbar pojok kanan bawah, bila memiliki tanda silang dan berwarna merah artinya dalam kondisi Off
  • Klik ikon tersebut untuk melihat status Wifi lalu ubah menjadi ON
  • Cara pertama bisa tekan tombol Fn+F3 secara bersamaan, maka koneksi Wifi berubah menjadi ON
  • Cara kedua melalui menu Network and Internet Setting. Klik kanan pada ikon jaringan tersebut kemudian pilih Open Network & Internet Setting
  • Masih di cara kedua, selanjutnya pilih Wifi lalu turn on Wifi, dan arahkan ke Turn Wifi back on secara Manually 

Tips Aman Pakai Wifi Publik 

  • Hindari Akses Informasi Sensitif 

Ada baiknya tidak mengakses email, akses akun kartu kredit, atau transaksi perbankan ketika pakai Wifi umum. Takutnya data mudah bocor dan dilacak oleh para hacker, sehingga bisa merugikan anda. 

  • Perhatikan Nama Wifi

Jangan asal sambungkan Wifi ketika di area publik. Bila anda menemukan dua nama perangkat yang mirip sebaiknya ditunda dulu. Kemungkinan besar itu ulah para hacker untuk menjebak korbannya. Atau jika di cafe atau restoran tanyakan pada pemiliknya mana Wifi yang benar. 

Masalah konektivitas terkadang mengundang rasa kesal, pasalnya berhubungan dengan kegiatan berselancar di internet. Maka ketika Wifi tidak tersambung ke laptop dipastikan pekerjaan terbengkalai. Oleh karenanya segera cari solsi agar bisa kembali beraktivitas.

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *