kuota lokal adalah
Tutorial

Kuota Lokal: Pengertian, Perbedaan dan Cara Menggunakannya

Kuota Lokal – Para pengguna smartphone tidak bisa lepas dari penggunaan internet. Sehingga Anda harus selalu siap sedia dengan paket data.

Karena di zaman serba cepat saat ini, tidak memiliki akses internet akan menghambat banyak hal hingga membuat Anda ketinggalan informasi terupdate dan terpenting.

Karena kondisi saat ini, kita sangat membutuhkan internet di manapun dan kapanpun. Untuk bertukar pesan melalui aplikasi WhatsApp, Line, dan lain-lainnya, atau update informasi melalui aplikasi browsing, Instagram, Facebook, dan masih banyak lagi.

Saat ini, internet sudah bisa didapatkan dengan mudah. Bahkan dari pihak provider juga sudah saling bersaing untuk menawarkan paket dengan harga dan kualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Pengertian Kuota Lokal

Saat ini provider banyak mengeluarkan jenis paket internet dengan harga yang bervariatif. Bahkan kini banyak provider yang menawarkan paket kuota dengan kapasitas besar dan dapat dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Provider-provider seperti Indosat, XL, Telkomsel, Tri, Axis, dan yang lainnya juga memberikan tambahan kuota lokal ke dalam paket yang ditawarkan. Lalu apa sih kuota lokal itu?

Pada umumnya ketika membeli paket kuota, provider akan membagi kuota ke beberapa macam. Salah satunya adalah kuota lokal. Kuota lokal adalah kuota yang akan aktif hanya di area tertentu saja.

Kuota internet lokal adalah salah satu jenis paket kuota yang hanya dapat digunakan di daerah atau zona di mana Anda mengaktifkan paket.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa biasanya sebuah paket akan dibagi dengan komposisi sebagai berikut:

  • Kuota Utama
  • Paket Kuota Malam
  • Paket Unlimited Aplikasi Chat dan Sosmed
  • Paket Aplikasi Film
  • Kuota Lokal, dan lain-lain

Jadi jika membahas kuota lokal, sederhananya paket kuota lokal adalah paket internet yang hanya dapat digunakan di daerah lokal di mana kartu provider diaktivasi.

pengertian kuota internet lokal

Perbedaan Kuota Lokal dan Kuota Umum

Seperti penjelasan di atas, kuota lokal adalah paket internet yang hanya bisa digunakan di zona wilayah tertentu. Berbeda dengan kuota umum biasa.

Kuota umum atau kuota utama adalah paket internet yang dapat digunakan di manapun dalam skala nasional. Jadi selagi Anda berada di daerah wilayah Indonesia, Anda dapat menggunakan kuota  jenis ini.

Perbedaan selanjutnya yaitu kuota lokal adalah kuota bonus yang bisa Anda dapatkan setelah membeli paket kuota biasa. Tetapi jika ada bonus kuota lokal, harga paket internet akan sedikit lebih murah.

Berikut ini tabel perbedaan kuota lokal dan kuota biasa.

Kuota Lokal Kuota Biasa
Hanya dapat digunakan di zona tertentu Dapat digunakan di wilayah nasional (RI)
Kuota internet tambahan atau bonus Kuota utama

Cara Cari Tahu Zona Wilayah Kuota Lokal Bisa Digunakan

Untuk mencari tahu di mana saja kuota lokal dapat digunakan, Anda harus mengetahui zona wilayah dari kartu SIM Anda. Berikut ini langkah yang bisa anda lakukan:

1. Menghubungi Call Center

Bagaimana caranya mengetahui zona wilayah? Yakni dengan menghubungi call center operator terkait dan menanyakan langsung di kota mana saja kuota lokal dari paket internet kartu perdana Anda tersebut bisa digunakan.

Karena tiap operator akan memiliki pembagian zona yang berbeda-beda dan akan selalu berubah setiap periodenya, terutama pada provider Telkomsel.

Perubahan tersebut akan terjadi pada pengguna aktif di suatu kota. Seperti misalkan Anda berada di zona 5, di periode berikutnya bisa jadi wilayah Anda masuk ke zona 6.

kuota internet lokal adalah

2. Menanyakan pada Konter

Saat membeli dan mengaktifkan paket internet di konter, Anda bisa menanyakan kepada pihak konter di kota mana saja Anda bisa menggunakan kuota lokal dari paket internet.

Pertanyaan  selanjutnya adalah bisakah kuota lokal digunakan saat bepergian ke luar kota?

Jadi pada dasarnya kuota lokal bisa saja digunakan di berbagai kota, asalkan dengan catatan kota tersebut masuk ke dalam zona yang sama dengan wilayah Anda.

Cara Menggunakan Kuota Lokal

Ketika mengaktifkan paket dengan paket bonus kuota lokal, maka akan muncul banyak pertanyaan seperti berikut ini.

  1. Kuota mana yang akan digunakan terlebih dahulu?
  2. Apakah bisa menggunakan kuota lokal terlebih dahulu sebelum kuota utama?

Jawabannya adalah tergantung dari kebijakan masing-masing provider. Ada dua kondisi yang berbeda dalam pemakaian kuota lokal yang tergantung dari setiap provider.

  1. Kuota lokal akan digunakan terlebih dahulu sebelum penggunaan kuota utama
  2. Kuota lokal bisa digunakan setelah kuota utama habis

Jadi dari dua kondisi di atas, tidak ada sistem atau settingan untuk mengatur penggunaan kuota internet. Anda bisa membaca pada detail penjelasan paket internet sebelum membelinya.

Pastinya jika Anda berada di luar zona wilayah, kuota utama akan digunakan terlebih dahulu sebelum kuota lokal.

Jika Kuota Lokal Tidak Bisa Digunakan

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa kuota lokal tidak berkurang atau tidak bisa digunakan padahal Anda membelinya di dekat rumah.

Maka ada kemungkinan konter tersebut membeli stok perdana atau voucher data di kota lain dengan zona wilayah yang berbeda.

Terutama pada kartu perdana Telkomsel yang menerapkan zona berdasarkan A number, bukan B number (wilayah di mana perdana atau voucher diaktifkan).

pengertian kuota lokal

Namun jika kuota lokal Anda masih tidak bisa digunakan, ada beberapa cara di bawah ini yang bisa Anda coba lakukan.

1. Tes Kartu Perdana di HP Lain

Ketika kuota lokal tidak bisa digunakan, Anda bisa mencobanya dengan mengecek kartu Anda di HP yang berbeda.

2. Tunggu Sampai Paket Utama Habis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ada provider yang memiliki peraturan bahwa kuota lokal akan bisa digunakan setelah kuota utama habis. Jadi Anda bisa menunggu kuota utama Anda habis terlebih dahulu.

3. Cek Ketentuan Kuota Lokal

Cek ketentuan kuota lokal, apakah kuota lokal hanya berlaku di jaringan 4G atau tidak. Karena kuota lokal merupakan kuota bonus, Anda harus memperhatikan syarat dan ketentuannya.

4. Nyalakan Mode Pesawat

Menyalakan mode pesawat dapat merefresh jaringan internet Anda. Caranya adalah Anda tinggal mengaktifkan mode pesawat sebentar dan tunggu beberapa saat. Setelah itu matikan mode pesawat dan coba kembali menggunakan internet.

5. Hubungi Customer Service Operator

Jika cara di atas nihil atau masih tidak bisa, jalan terakhir adalah dengan menghubungi customer service. Jelaskan kepada Customer Service apa permasalahan yang Anda alami supaya pihak provider bisa membantu Anda.

Informasi tambahan mengenai masa berlaku kuota lokal adalah sama dengan kuota umum. Apabila kuota umum berlaku selama 30 hari, maka kuota lokal pun demikian.

Kuota lokal merupakan bonus kuota yang cukup menguntungkan bagi para penggunanya. Karena biasanya provider menjual paket internet kuota dan tambahan kuota lokal dengan harga yang lebih murah.

Itulah sebabnya kuota lokal ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pengguna agar tidak hangus begitu saja. 

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui pengertian kuota lokal, perbedaan dengan kuota utama, dan cara menggunakannya.

Fina Fauziyah
Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *