Tutorial

Kenapa Limit Akulaku Tidak Bisa Digunakan?

Ada beberapa alasan kenapa limit Akulaku tidak bisa digunakan dan menyebabkan penggunanya merasa khawatir. Padahal, penyebab ini bisa diatasi dengan mudah asalkan mengetahui caranya. Agar lebih jelas terkait hal tersebut, silakan simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Limit Akulaku

Sebelum berlanjut ke poin utama, akan lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu tentang limit Akulaku. Limit merupakan batasan yang telah ditetapkan oleh Akulaku kepada pengguna layanannya tentang seberapa banyak uang atau kredit bisa digunakan.

Limit ini terdiri dari beberapa macam. Jenis pertama adalah Limit Belanja, yakni batasan pada pengguna untuk membeli produk di platform Akulaku. Limit tersebut dipengaruhi oleh riwayat belanja, jenis barang, atau kredit skor.

Selanjutnya, ada juga limit kredit. Limit kredit adalah batasan pengguna dalam mengajukan pinjaman berupa uang tunai. Sama seperti sebelumnya, besarnya batasan ini tergantung oleh kredit skor dan riwayat pembayaran penggunanya.

Pada pembahasan kali ini, limit yang dimaksud adalah limit kredit, khususnya pada layanan pay later. Pasalnya, pay later merupakan layanan paling sering digunakan dan batasannya juga cukup tinggi, yakni hingga Rp15.000.000.

Apa Itu Layanan Paylater?

Apa Itu Layanan Paylater

Berkaitan dengan pembahasan di bagian sebelumnya, layanan pay later merupakan produk keuangan dari Akulaku yang memberikan kesempatan pada pengguna membeli produk dengan cara dicicil. Artinya, pihak Akulaku akan memberikan pinjaman untuk pembelian dan nantinya diganti oleh peminjam bertahap.

Namun, untuk bisa menikmati layanan ini, pengguna harus mendaftarkan akun terlebih dahulu dan melalui proses verifikasi identitas. Apabila identitas telah diverifikasi, maka layanan pay later bisa langsung digunakan dengan limit tertentu yang dapat meningkat berdasarkan kondisi tertentu.

Penyebab Limit Akulaku Tidak Bisa Dipakai

Meskipun mendapatkan limit yang cukup besar, namun beberapa pengguna kerap mengeluhkan limit yang tidak bisa digunakan. Berikut ini adalah beberapa penyebab paling umum terjadi.

Melebihi Batas Limit

Seperti dijelaskan di bagian sebelumnya, pengguna baru akan mendapatkan sejumlah limit yang nantinya bisa ditingkatkan dengan cara tertentu. Biasanya limit pengguna baru cenderung kecil, yakni kisaran Rp500.000 hingga Rp1.000.000.

Apabila penggunaan sudah melebihi batas tersebut, tentu saja transaksi tidak dapat dilakukan. Jadi, pastikan untuk selalu mengecek penggunaan limit sebelum berbelanja supaya terhindar dari masalah ini.

Ada Tunggakan Cicilan Paylater

Penyebab ini adalah yang paling sering terjadi, yakni ketika peminjam tidak membayar cicilan tepat waktu atau menunggak. Kebiasaan buruk seperti ini bisa menyebabkan berbagai risiko, salah satunya adalah limit yang tidak dapat dipakai.

Selain itu, masih ada berbagai risiko lainnya seperti denda keterlambatan, peringatan dari pihak Akulaku, pengurangan limit, hingga penonaktifan akun. Guna menghindari kejadian seperti ini, sebaiknya selalu bayar cicilan sebelum masa tempo.

Kurangnya Kredit Poin

Salah satu syarat untuk bisa mendapatkan dan menggunakan limit Akulaku adalah memiliki kredit poin minimal 700. Apabila pengguna memiliki poin di bawah itu, maka beberapa layanan Akulaku tidak bisa digunakan.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan skor ini adalah mematuhi seluruh ketentuan pihak Akulaku, melunasi cicilan tepat waktu, dan verifikasi menggunakan dokumen pendukung. Semakin tinggi skor yang dimiliki, maka semakin banyak pula benefit bisa didapatkan.

Penyebab Lainnya

Selain ketiga penyebab di atas, mungkin masih ada beberapa alasan lainnya yang belum diketahui seperti masalah server atau sebagainya. Agar lebih jelas, pengguna bisa melakukan konsultasi dengan Akulaku melalui layanan customer service.

Mengatasi Limit Paylater yang Tidak Bisa Dipakai

Mengatasi Limit Paylater yang Tidak Bisa Dipakai

Setelah mengetahui penyebabnya, maka menemukan solusinya akan jauh lebih mudah. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Membayar Cicilan Tepat pada Waktunya

Dalam pinjaman apapun memang sebaiknya membayar cicilan harus tepat waktu. Hal ini bertujuan agar tidak ada denda keterlambatan yang terus membengkak. Bahkan, jika tunggakan terlalu lama, tagihan bisa saja menguras dompet terlalu dalam hingga berkali-kali lipat dari jumlah pinjaman.

Bagi pengguna Akulaku, pembayaran tepat waktu tidak hanya menghindarkan dari denda atau limit yang tidak dapat digunakan. Namun, mereka juga akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti kenaikan limit di bulan-bulan berikutnya.

Menggunakan KTA Asetku

Selain layanan pay later, Akulaku juga memiliki produk bernama KTA Asetku, yakni pinjaman tunai kepada penggunanya. Masing-masing produk menerapkan limit yang berbeda. Jadi, apabila limit pay later telah habis, pengguna bisa memanfaatkan limit dari KTA Asetku.

Menghubungi Customer Service

Cara ini dilakukan apabila pengguna terlalu bingung menemukan solusi yang tepat. Silakan hubungi bagian customer service melalui surat elektronik, sosial media, atau telepon dan sampaikan permasalahan dengan detail.

Biasanya pihak customer service akan membantu sebaik mungkin untuk mengatasi masalah yang terjadi. Akan tetapi, untuk mendapatkan respons yang cepat, silakan hubungi di saat jam kerja, yakni setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Cara Menaikkan Limit Akulaku

Setelah masalah limit teratasi, pengguna bisa mencoba menaikkan limit tersebut. Beberapa cara ini bisa menjadi solusi untuk mendapatkan limit yang lebih besar.

Mengajukan Kenaikan Limit

Pertama, silakan ajukan kenaikan limit melalui aplikasi Akulaku. Cara pengajuannya cukup mudah, yakni pastikan akun sudah terdaftar dengan KTP atas nama sendiri. Setelah itu, ikuti langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Akulaku
  • Login ke akun yang dimiliki
  • Pilih menu Bills
  • Klik opsi Kenaikan Limit Kredit
  • Pilih misi untuk diselesaikan
  • Setelah misi selesai, limit akan naik

Banyak Berbelanja di Akulaku

Cara menaikkan limit Akulaku selanjutnya adalah dengan memperbanyak belanja di Akulaku.

Ada banyak produk yang bisa dibeli mulai dari pakaian, perlengkapan sehari-hari, tagihan listrik, kuota internet, dan masih banyak lagi. Banyaknya transaksi bulanan akan berpengaruh pada limit yang diberikan.

Jadi, alasan kenapa limit Akulaku tidak bisa digunakan ada bermacam-macam dengan solusi yang berbeda-beda.

Untuk terhindar dari masalah tersebut, pastikan untuk selalu mematuhi peraturan dari pihak Akulaku, sementara untuk cairkan limit Akulaku simak di sini.

Setiamah Setya

Setiamah Setya, merupakan lulusan jurusan teknik informatika dari Universitas IAIN Tulungagung di Jawa timur, mendalami dunia tulis sejak masih duduk di semester satu, pernah menulis selama 3 tahun di perusahaan internet service provider dan juga copywriting untuk berbagai project freelance untuk berbagai produk Kini setelah . Tertarik dengan penulisan konten SEO dengan gaya penulisan yang nyaman dibaca dengan spesialis topik tentang dunia teknologi seperti tutorial tips, komputer hingga berbagai macam pembahasan seputar tips android.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga
Close
Back to top button