kartu sim tidak terbaca
Tutorial

Mudah, Ini 12 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Artikel terakhir diperbaharui 25-05-2021 oleh Aldy Amrillah

Ponsel Anda tidak bisa mendeteksi keberadaan kartu SIM? Tidak perlu panik. Anda dapat melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut.

12 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Cobalah beberapa cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sim card tidak terbaca, agar dapat digunakan seperti sedia kala, diantaranya:

  • Bersihkan SIM Card

Kartu SIM yang kotor merupakan salah satu penyebab kartu tidak terbaca pada ponsel. Hal ini karena partikel debu atau kotoran akan menutup bagian kuningan pada kartu sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik, bahkan tidak terdeteksi.

Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca yang pertama Anda harus membersihkan kartu SIM. Matikan ponsel Anda terlebih dahulu jika perlu. Kemudian, keluarkan SIM card dari slot yang tersedia pada ponsel. Bersihkan kartu tersebut dengan tisu atau kain lembut yang kering.

Hindari penggunaan tisu basah atau cairan apapun, karena dapat memperparah kerusakan pada kartu SIM. Setelah kartu bebas dari debu-debu yang menempel, pasang kembali pada slot SIM card yang tersedia pada ponsel. Aktifkan ponsel Anda, dan tunggulah kartu SIM terhubung ke jaringan komunikasi.

  • Coba SIM Card Lain

Agar dapat mengatasi SIM card tidak terbaca, Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Salah satu caranya adalah dengan mencoba SIM card lain. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya kerusakan pada slot kartu di ponsel.

Apabila Anda telah mencoba cara mengatasi kartu sim tidak terbaca yang pertama, yaitu membersihkan kartu SIM namun ponsel belum berhasil mendeteksi kartu SIM Anda, matikan lagi ponsel. Kemudian, gantilah SIM card Anda dengan kartu yang sudah pasti dapat terdeteksi.

Apabila kartu SIM baru tersebut dapat terdeteksi dan terhubung ke jaringan komunikasi melalui ponsel Anda, maka benar ada masalah pada SIM card Anda. Namun, jika kartu tersebut juga tidak dapat terhubung, maka besar kemungkinan komponen pada ponsel Anda yang bermasalah.

  • Aktifkan Mode Pesawat

Fitur mode pesawat juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada Hp Android. Salah satunya tidak terdeteksinya SIM card pada ponsel. Fitur airplane mode memang jarang digunakan, namun pada beberapa kasus cara ini sangat efektif.

Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca yang selanjutnya adalah pertama-tama, Anda harus memulai ulang atau restart ponsel. Setelah proses restart selesai dan ponsel telah kembali ke sistem, masuklah pada panel status bar dengan cara menggeser ke bawah menu yang ada di bagian atas.

Kemudian, tekan pada Mode Pesawat untuk mengaktifkannya. Tunggulah beberapa saat, kurang lebih sekitar 2 menit. Setelah itu, nonaktifkan mode pesawat dengan cara yang sama. Tunggu hingga ponsel menanggapi dan terhubung pada jaringan komunikasi.

cara mengatasi kartu sim tidak terbaca

  • Atur Ulang Jaringan

Kartu SIM tidak terbaca tidak hanya dapat disebabkan oleh kerusakan pada kartu atau komponen ponsel. Namun, masalah ini dapat pula disebabkan adanya masalah dari operator selular. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengatur ulang jaringan di ponsel tersebut.

Pengaturan ini pada umumnya dapat dilakukan secara otomatis oleh ponsel. Namun, jika hal tersebut tidak bekerja, Anda dapat mengatur ulang jaringan secara manual. Caranya cukup mudah. Anda dapat melakukannya melalui menu Settings.

Setelah masuk pada menu Settings, pilihlah Network & Internet. Kemudian, tekan pada Mobile Network. Lalu pilih Access Point Names. Anda akan disuguhkan pada pengaturan manual APN yang digunakan. Sesuaikanlah pengaturan Anda dengan jaringan dan operator selular yang digunakan.

  • Atur Mode Jaringan Otomatis

Kadang, kondisi SIM card yang seolah tidak terbaca dapat terjadi karena kesalahan Anda dalam memilih penyedia jaringan. Cek jaringan Anda, dan ubahlah mode jaringan menjadi otomatis untuk menghindari masalah serupa.

Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca yang selanjutnya adalah dengan membuka menu pengaturan. Kemudian pilih fitur Kartu SIM. Scroll ke bawah pada fitur ini, lalu pilih SIM, yaitu SIM 1 atau SIM 2. Setelah itu, pilih Jenis jaringan pilihan. 

Anda akan diarahkan pada kotak dialog berisi pilihan jaringan. Pilihlah WCDMA/LTE/GSM untuk mengatasi masalah Anda tersebut.

  • Bersihkan Cache

Cache, history, log, maupun sisa uninstall aplikasi merupakan sampah file yang apabila dibiarkan menumpuk begitu saja akan menimbulkan masalah pada kinerja ponsel Anda. Salah satu masalah yang ditimbulkan adalah SIM card tidak terbaca.

Oleh karena itu, Anda harus membersihkan sampah ini. Caranya, masuklah pada menu Settings. Kemudian pilih Storage, dan Internal Storage. Setelah itu, pilih Cached Data. File sampah Anda akan terhapus. Untuk mencegah masalah yang sama, rajinlah membersihkan ponsel Anda dari file sampah.

  • Periksa IMEI Android

IMEI merupakan nomor identitas Hp Android yang salah satunya berfungsi untuk menangkap sinyal. Hilangnya IMEI pada ponsel dapat menyebabkan SIM card seolah-olah tidak terbaca karena tidak ada sinyal. Untuk mengatasinya, Anda harus memeriksa IMEI ponsel terlebih dulu.

Caranya, masuklah pada menu Dial (telepon) pada ponsel Anda. Ketik *#06#*. Kemudian, tunggulah hingga ponsel Anda mendapat respon. Apabila respon yang didapat memunculkan nomor unik sebagai nomor IMEI ponsel Anda, maka tentu bukan ini penyebab kartu tidak terbaca.

Namun, jika tidak muncul nomor sama sekali, maka benar bahwa hilangnya IMEI merupakan penyebab tidak terbacanya SIM card. Untuk memperbaikinya, gunakanlah fitur Search, dan ketikkan “IMEI invalid”. Setelah itu, Anda akan dipandu pada metode perbaikannya.

  • Ubah Pengaturan Jaringan

Provider yang mengalami gangguan merupakan salah satu penyebab kartu SIM tidak dapat dideteksi oleh ponsel Anda. Gangguan ini pada umumnya terjadi ada satu jenis jaringan saja, baik pada jaringan 3G atau 4G.

SIM card yang tidak terbaca karena masalah ini dapat diatasi dengan mengganti jaringan ponsel. Caranya sangat mudah. Pertama, bukalah menu Dial pada ponsel Anda. Ketik *#*#4636#*#*. Lalu, pilih Information 1 untuk memeriksa SIM 1, atau Information 2 untuk memeriksa SIM 2.

Setelah itu, ubahlah jenis jaringan sesuai dengan pilihan yang tersedia pada kolom sinyal. Tunggulah beberapa saat agar ponsel Anda memproses permintaan tersebut. Dengan demikian, SIM card Anda akan terdeteksi dan dapat digunakan kembali.

  • Update OS Android

Memperbarui OS pada ponsel Android Anda juga dapat mengatasi SIM card tidak terbaca. Hal ini disebabkan karena pada umumnya update sistem akan memperbaiki semua bug dan kerusakan pada sistem.

Pembaruan OS Android dilakukan dengan membuka terlebih dahulu menu Pengaturan atau Setting pada ponsel. Kemudian, pilih menu Tentang Telepon. Setelah terbuka, telan opsi Update Sistem. Pembaruan sistem ini dapat dilakukan apabila sistem yang ditawarkan telah tersedia.

  • Factory Reset Android

Factory Reset Android berarti mengembalikan setelan pada ponsel Android Anda ke setelan awal atau setelan pabrik. Cara ini sangat direkomendasikan untuk mengatasi berbagai kerusakan pada sistem, termasuk masalah tidak terdeteksinya kartu SIM.

Langkah pertama untuk mereset ponsel dilakukan dengan membuka menu Setelan pada ponsel Android. Lalu, bukalah fitur Cadangkan dan Setel Ulang. 

Setelah itu, klik pada pilihan Kembalikan ke Setelan Pabrik. Tunggulah beberapa saat, maka sistem pada ponsel Anda akan pulih seperti setelan awalnya.

Cara ini memang direkomendasikan dan sangat ampuh menyelesaikan berbagai masalah. Akan tetapi, cara ini sangat beresiko karena dapat menghapus semua data yang ada di ponsel. Oleh karena itu, backup data-data penting Anda terlebih dahulu agar tetap tersimpan dengan aman.

sim card tidak terbaca

  • Konsultasi ke Service Center

Apabila segala cara di atas telah Anda coba tapi hasilnya tetap nihil, maka cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah bertanya kepada ahlinya. Datanglah ke service center Hp, dan konsultasikan masalah Anda pada customer service.

Mereka akan membantu Anda mencari penyebab mengapa SIM card Anda tidak terdeteksi. Apabila masalah terdapat pada sistem atau komponen ponsel, maka serahkan ponsel Android Anda pada teknisi berpengalaman untuk memperbaikinya.

  • Ganti SIM Card

Apabila setelah mendatangi service center Anda mendapati bahwa SIM card Anda bermasalah dan sudah tidak dapat diperbaiki lagi, maka satu-satunya cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca adalah dengan menggantinya.

Untuk mengganti SIM card, Anda dapat menghubungi customer service operator selular yang Anda gunakan. Atau, Anda juga dapat mendatangi gerai penyedia service operator selular khusus pengguna provider tertentu agar lebih mudah dan cepat.

Tempat-tempat sejenis yang mengkhususkan layanan pada pengguna provider tertentu dinilai lebih profesional dalam bekerja dan melayani masalah terkait dengan jaringan provider yang digunakan.

Dengan demikian, Sahabat Tedas.id dapat memperoleh SIM card baru dari gerai resmi provider tersebut, semoga bermanfaat.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Comments are closed.