jaringan telkomsel hilang
Tutorial

Lakukan Hal Berikut Ketika Jaringan Telkomsel Hilang

Jaringan Telkomsel Hilang – Kebutuhan setiap orang akan internet setiap harinya selalu meningkat. Internet saat ini menjadi sahabat bagi hampir seluruh umat manusia.

Untuk menunjang pemanfaatan internet dengan optimal, Anda membutuhkan jaringan internet yang stabil.

Saat ini sudah banyak provider yang mengklaim bahwa mereka mampu memberikan pelayanan jaringan internet yang stabil, sehingga penggunanya dapat mengakses internet dimana saja dan kapan saja.

Salah satu provider yang terpercaya kuat adalah Telkomsel. Telkomsel menjadi salah satu provider yang memiliki stabilitas tinggi. Namun walaupun memiliki stabilitas cukup tinggi, Telkomsel hanyalah sebuah sistem.

Ada kalanya mereka juga mengalami kendala pada sistem mereka. Tak jarang kita temui kasus sinyal Telkomsel hilang begitu saja.

Namun tenang saja, walaupun sinyal Telkomsel juga bisa hilang tiba-tiba, Anda dapat melakukan beberapa solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Masalah Hilangnya Sinyal Telkomsel

Sebelum mengulas lebih jauh tentang trik atau cara tepat untuk mengatasi sinyal Telkomsel yang hilang, mari kita kilas balik terlebih dahulu kasus hilangnya sinyal Telkomsel yang sempat menghebohkan dan membuat para pengguna menjadi kesal.

Memang patut diakui jika Telkomsel menjadi salah satu atau mungkin bisa dikatakan satu-satunya provider di Indonesia yang memiliki stabilitas tinggi.

Bahkan di daerah gunung sekalipun sinyal dari jaringan Telkomsel masih cukup kuat.

Namun selayaknya sistem pada umumnya, Telkomsel juga pernah mengalami error terkait hilangnya sinyal yang membuat para pengguna menjadi tersulut emosi karena aktivitas di dunia maya menjadi terganggu.

Salah satu kasus jaringan Telkomsel hilang adalah kasus hilangnya jaringan provider terkuat tersebut di daerah Pulau Sumatera sekitar bulan Agustus di 2020 ini.

Tentu saja hal tersebut menjadikan banyak aktivitas penggunanya yang akhirnya terhambat. Tidak hanya internet yang tidak bisa digunakan, namun jaringan telepon juga tidak dapat diakses.

Hal tersebut membuat banyak pengguna Telkomsel risau dan merasa dirugikan dengan adanya masalah tersebut. Tentu saja gangguan tersebut tidak datang tanpa penyebab.

Penyebab utama dari adanya gangguan tersebut adalah karena gedung Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom yang berada di Kota Pekanbaru terbakar. Musibah tersebut tentu saja tidak dapat dihindari atau diantisipasi.

Walaupun musibah terjadi di Pekanbaru, nyatanya efek atau dampak dari musibah ini dirasakan pula oleh pengguna yang tinggal di Medan dan sekitarnya.

Kasus gangguan sinyal lainnya yakni menimpa para pengguna yang tinggal di Ciamis Jawa Barat. Belum diketahui pasti apa penyebab gangguan.

Namun di bulan yang sama, pengguna Telkomsel di wilayah Ciamis juga merasakan gangguan sinyal Telkomsel yang membuat aktivitas mereka menjadi terhambat.

Dituturkan oleh salah satu pengguna Telkomsel, bahwa gangguan sinyal tersebut membuat usahanya sebagai pemilik konter yang menjual pulsa menjadi terhambat.

Proses pengisian pulsa tidak dapat dilakukan, yang tentu saja menyebabkan pendapatan harian menjadi sedikit berkurang.

cara mengatasi jaringan telkomsel hilang

Cara Mudah Mengatasi Sinyal Telkomsel yang Hilang

Sekalipun merupakan provider yang cukup kuat, namun terkadang Telkomsel juga mengalami kendala berupa sinyal hilang. Tenang saja, tidak ada masalah yang tidak ada solusinya.

Jika hal tersebut menimpa Anda, maka Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya.

1. Mengaktifkan Data Seluler

Cara pertama untuk mengatasi sinyal Telkomsel hilang adalah dengan mengaktifkan data seluler pada smartphone yang Anda gunakan.

Cara ini dapat Anda pilih jika jaringan sinyal sering menghilang tiba-tiba, maka Anda dapat mematikan dan mengaktifkan data seluler secara berkala.

Dengan mengaktifkan data seluler, maka sinyal internet dapat tertangkap oleh smartphone Anda. Sehingga Anda dapat kembali mengakses internet tanpa gangguan.

Sering kali pengguna smartphone lupa untuk mengaktifkan data seluler sebelum menggunakan internet.

Jika jaringan tetap tidak ada padahal data sudah dinyalakan, maka Anda dapat terlebih dahulu mematikan data tersebut untuk kemudian dinyalakan kembali.

Mungkin saja pada saat itu traffic jaringan sedang sangat sibuk sehingga jaringan internet menjadi sedikit terganggu.

2. Mengaktifkan dan Mematikan Airplane Mode

Selain data seluler, airplane mode atau mode pesawat juga dipercaya dapat membuat sinyal menjadi stabil kembali. Mode pesawat memang salah satu fitur yang jarang digunakan.

Biasanya mereka yang menggunakan adalah yang sedang dalam perjalanan menggunakan pesawat. Karena fungsi utama dari fitur yang satu ini adalah untuk menjaga keamanan penerbangan.

Namun ternyata ada fungsi lain dari aiplane mode yang jarang diketahui oleh orang. Fungsi lain tersebut adalah untuk membuat sinyal atau jaringan internet menjadi lebih stabil.

Jika tiba-tiba sinyal ataupun kecepatan internet Anda melemah, tidak ada salahnya untuk mencoba mengaktifkan dan kemudian mematikan kembali airplane mode.

Cara ini dipercaya pula dapat membuat jaringan Telkomsel hilang dapat muncul kembali. Setidaknya Anda dapat mengaktifkan mode pesawat tersebut selama lima menit, maka jaringan atau sinyal akan kuat kembali.

mengatasi jaringan telkomsel hilang

3. Restart Handphone dan Mencari Lokasi Terbaik

Cara mudah selanjutnya untuk mengatasi gangguan sinyal adalah dengan melakukan restart handphone Anda. Anda dapat terlebih dahulu mematikan handphone Anda lalu menyalakan kembali.

Jika Anda beruntung, maka Anda akan mendapatkan kembali sinyal yang sempat hilang atau lemah.

Namun jika restart handphone masih belum juga memberikan efek, maka Anda dapat mencoba dengan berpindah tempat ke lokasi yang jauh lebih stabil.

Misalnya jika Anda di dalam rumah dan susah sinyal, maka Anda bisa mencoba keluar rumah untuk mendapatkan sinyal yang lebih stabil.

4. Metode Dial Kode

Cara berikutnya yang dapat Anda coba ketika terdapat gangguan sinyal adalah dengan menggunakan dial kode. Kode dial yang dapat Anda gunakan adalah *363*212#.

Metode ini dapat Anda gunakan jika kedua cara di atas tidak memberikan hasil yang signifikan. Kode dial USSD ini cukup simpel dan mudah untuk diingat.

Tujuan dari penggunaan metode ini tentu saja sama dengan tujuan ketiga metode diatas. Yakni untuk membuat sinyal menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Kode dial *363*212# dapat Anda gunakan untuk mematikan sementara sinyal Telkomsel, sedangkan untuk menghidupkan kembali Anda dapat menggunakan kode dial *363*212#.

Dengan demikian maka diharapkan jaringan Telkomsel yang sebelumnya bermasalah bisa kembali normal.

sinyal telkomsel hilang

5. Mengunjungi GraPari atau menghubungi Call Center

Jika cara di atas yang dapat dilakukan secara mandiri tidak juga memberikan hasil, maka solusi berikutnya untuk membuat jaringan Telkomsel Anda yang bermasalah kembali normal adalah dengan mendatangi GraPari atau menghubungi Call Center.

GraPari merupakan sebuah tempat yang menjadi tempat pelayanan bagi para pelanggan Telkomsel.

Telkomsel menyediakan GraPari sebagai salah satu solusi untuk pengguna yang memiliki keluhan atau hendak berkonsultasi seputar penggunaan produk-produk Telkomsel baik sim card atau WiFi.

Adanya GraPari tentu saja memudahkan komunikasi pengguna dengan pihak provider Telkomsel. Namun jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengunjungi GraPari, Anda dapat pula menghubungi Call Center.

Call Center Telkomsel tersebar di berbagai platform sosial media yang aktif selama dua puluh empat jam. Sehingga kapan pun Anda mengadukan masalah, maka customer service akan memberikan tanggapan secepat mungkin.

6. Mengganti status SIM Card

Cara lain untuk membuat jaringan Telkomsel menjadi lebih stabil adalah dengan mengganti status SIM card.

Sudah sejak lama jaringan 4G menjadi jaringan yang banyak digunakan. Didukung dengan kecanggihan gadget membuat jaringan 4G menjadi semakin diminati.

4G memiliki keunggulan yakni jauh lebih stabil dan juga lebih cepat jika digunakan untuk mengakses internet.

Namun sayangnya SIM Card terdahulu masih banyak yang belum terdaftar sebagai SIM card 4G, oleh sebab itu perlu dilakukan penukaran SIM card.

Telkomsel memberikan pelayanan secara gratis untuk para pengguna yang hendak menukar SIM card mereka. Dengan jaringan 4G ini maka masalah sinyal Telkomsel hilang dapat diminimalisir.

Tentu saja selain mendapatkan SIM card gratis, Anda juga akan mendapatkan kuota gratis 10GB.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan jika tiba-tiba sinyal pada provider yang Anda gunakan tidak muncul atau sangat lambat. Penyebab dari sinyal menjadi susah sebenarnya sangat beragam.

Jika dilihat pada kasus diatas, maka adanya gangguan sistem karena musibah menjadi salah satu masalahnya.

Namun faktor cuaca juga dapat menjadi penyebab sinyal menjadi susah. Biasanya ketika cuaca tengah hujan, maka sinyal menjadi sangat sulit.

Oleh sebab itu, Anda harus terlebih dahulu memahami penyebab jaringan Telkomsel hilang sebelum melakukan tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Pastikan Anda telah melakukan cara-cara mandiri sebelum menghubungi Call Center Telkomsel ataupun mendatangi GraPari untuk menghemat waktu Anda.

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *