istilah tik tok
Tutorial

Gaul, Ini 8 Istilah TikTok yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah TikTok – Salah satu platform media sosial TikTok menjadi aplikasi yang banyak digemari oleh berbagai kalangan saat ini.

TikTok hadir menjadi platform baru untuk mewadahi konten-konten kratif dari para penggunanya. Tak hanya itu, saat ini juga banyak orang-orang atau perusahaan yang menggunakan TikTok untuk branding produk mereka.

Hal ini meyakinkan bahwa aplikasi TikTok memang banyak diminati oleh banyak kalangan masyarakat.

fyp adalah

Image: Play Store.

8 Istilah TikTok dan Penjelasannya

Jika anda baru pertama kali menggunakan aplikasi TikTok, maka anda perlu memahami beberapa istilah TikTok agar anda lebih enjoy dan tidak katro saat bermain TikTok.

Apalagi bagi anda yang ingin menggunakan aplikasi TikTok untuk berbisnis, wajib hukumnya untuk anda mengetahui istilah TikTok yang nantinya dapat mempermudah anda dalam menjalankan bisnis.

Untuk itu, artikel ini akan membahas mengenai istilah TikTok yang harus anda ketahui sebagai anak gaul pengguna aplikasi satu ini.

1. FYP (For Your Page)

For Your Page atau yang sering disingkat FYP adalah istilah TikTok yang wajib anda ketahui. FYP adalah beranda pada aplikasi Tik Tok.

Pada saat pertama kali membuka aplikasi TikTok, anda akan disajikan dengan video-video yang berada di kolom FYP atau For Your Page.

Lalu apakah semua video bisa masuk FYP? Tidak. Hanya video-video dengan likes dan views yang banyak yang bisa masuk ke dalam kolom FYP.

Maka dari itu, konten kreator di Tik Tok akan berlomba-lomba untuk membuat konten yang bisa masuk ke dalam kolom FYP.

2. Check

Istilah check memang cukup populer. Banyak konten-konten kreator di TikTok yang menggunakan istilah check di videonya.

Istilah TikTok satu ini biasanya digunakan untuk menunjukkan atau menonjolkan sesuatu. Contohnya ketika anda membuat konten mengenai kehidupan International School, maka di video anda bisa menyebutkan “International School Check”.

Lalu selanjutnya anda menjelaskan terkait apa saja yang menjadi kebiasaan atau identitas dari International School tersebut.

3. CEO

Jika mendengar kata CEO mungkin anda akan langsung mengarah padapemimpin suatu perusahaan. Tetapi, istilah TikTok ini digunakan dan ditujukan kepada orang-orang yang terkenal di platform TikTok.

Di setiap platform media sosial, akan ada istilah yang ditujukan kepada mereka yang berhasil mendapatkan popularitas di platform tersebut.

Seperti selebgram yang ditujukan untuk pengguna Instagram yang mendapatkan popularitas atau selebtwit yang ditujukan untuk pengguna twitter dengan popularitas yang tinggi sehingga dikenal banyak orang dan memiliki pengaruh besar.

TikTok menggunakan istilah CEO untuk ditujukan kepada mereka yang sudah ahli bermain TikTok seperti menari, bernyanyi, atau konten kreatif dan informatif lainnya dengan feedback yang bagus sehingga dikenal oleh pengguna TikTok lainnya.

cara main tik tok

4. Creators

Selain istilah sebutan CEO, istilah TikTok lainnya adalah sebutan creators. Sebutan ini ditujukan kepada semua pengguna TikTok yang menghasilkan konten di platform TikTok.

Dengan membuat konten, anda sebagai pengguna dapat berbagi pengalaman, informasi, hingga ide-ide brilian kepada pengguna lainnya.

Dari kontribusi tersebutlah seorang pengguna TikTok disebut sebagai creators.

5. OK Boomer

Istilah OK Boomer menjadi istilah TikTok pertama kali saat anggota parlemen Selandia Baru, Chloe Swarbrick merespon polisi generasi boomer yang mengganggunya saat pidato.

Boomer sendiri merupakan istilah bagi generasi kelahiran tahun 1946-1964. Awalnya, istilah tersebut merupakan sindiran. Namun, berhasil menjadi istilah TikTok yang ditujukan untuk merespon sikap orang lain yang dianggap kolot.

6. VSCO Girl

Istilah VSCO Girl bermula dari aplikasi edit foto dengan khas vintage, yakni VSCO.

Jika anda sering menemukan konten foto di media sosial tentang orang-orang yang hobi memamerkan editan foto dengan aplikasi VSCO, istilah VSCO Girl ini ditujukan kepada para cewek-cewek hits yang selalu mengedit foto ala-ala vintage menggunakan aplikasi VSCO.

Namun uniknya, Istilah TikTok satu ini justru bertujuan untuk mengejek pengguna aplikasi VSCO yang sering dianggap hanya mencari perhatian atau memamerkan foto yang diedit dengan aplikasi VSCO.

7. Duets

Duets merupakan fitur dari aplikasi TikTok yang digunakan untuk mengkolaborasikan video orang lain dengan video anda.

Dari fitur tersebut muncullah istilah TikTok duets. Biasanya orang akan menggunakan duets untuk melakukan reaction dari video lainnya seperti bernyanyi bersama dengan kreator lain atau konten-konten kreatif lainnya.

Namun, tidak semua konten TikTok dapat diduetkan. Anda hanya bisa duets dengan video-video yang mengaktifkannya.

8. Community

Istilah TikTok community ini adalah tempat bagi para pengguna TikTok yang membuat komunitas. Sehingga, para pengguna bisa membuat konten untuk berbagi informasi atau menginspirasi orang lain.

Para pengguna dapat bergabung ke komunitas manapun sesuai dengan minat dan keahliannya. Seperti komunitas nabung saham atau komunitas dokter TikTok.

Namun, demi keamanan dan kenyamanan pengguna lain, TikTok melarang komunitas dengan tujuan konten yang berbahaya seperti cyberbullying, aktivitas seksual, dan yang lainnya.

Berikut di atas adalah beberapa istilah TikTok yang akan sering anda temukan di aplikasi TikTok karena sudah menjadi khasnya.

Setelah memahami istilah TikTok di atas yang sudah dijelaskan, anda akan menjadi seorang yang lebih fasih dalam menjelajah dan bermain TikTok.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi Sahabat Tedas.id yang ingin terjun menjadi video kreator di aplikasi TikTok. Pastikan anda selalu membuat konten yang informatif dan kreatif agar dapat menarik perhatian pengguna lainnya ya.

Fina Fauziyah
Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.

    Comments are closed.