Google Chrome Tidak Bisa Dibuka? Ini 2 Solusi Praktisnya

Google Chrome Tidak Bisa Dibuka – Google Chrome merupakan salah satu search engine yang sangat populer di kalangan para pengguna internet.

Pasti sudah banyak dari kalian yang sering menggunakan aplikasi browser Google Chrome. Maupun pengguna smartphone atau komputer pasti sering menggunakan aplikasi satu ini karena sangat nyaman untuk digunakan.

Selain nyaman, Google Chrome juga memiliki tampilan yang menarik dan modern. Namun, pernahkah anda mengalami kendala seperti Google Chrome tidak bisa dibuka?

Artikel kali ini akan membahas seputar cara menangani Google Chrome tidak bisa dibuka agar kembali dapat digunakan.

chrome tidak bisa dibuka
Image: google.com

 

Solusi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka

Jika aplikasi Google Chrome tidak bisa dibuka, seperti sudah terbuka tetapi tidak masuk ke menu utama hingga terjadi force close mungkin cukup membuat jengkel.

Maka dari itu, pada pembahasan kali ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memulihkan Chrome tidak bisa dibuka.

Google Chrome Tidak Bisa Dibuka di PC atau Laptop

Bagi para pengguna PC atau Laptop, akan sangat mengganggu apabila aplikasi Google Chrome tidak bisa dibuka.

Untuk itu ada beberapa cara yang akan diberikan untuk anda agar dapat membenarkan Google Chrome yang tidak bisa dibuka pada PC maupun Laptop.

1. Periksa Apakah Google Chrome Sudah Terbuka

Ketika Google Chrome tidak bisa dibuka, mungkin saja Chrome sudah aktif di komputer anda dan berjalan di latar belakang.

Untuk itu, anda perlu melihat apakah Chrome sudah terbuka dan memaksanya berhentu. Ini dia beberapa langkah untuk memberhentikan Google Chrome anda di PC atau Laptop.

Untuk Pengguna Windows:

  • Tekan tombol CTRL + ALT + Delete
  • Klik pilihan Task Manager
  • Cari Google Chrome atau chrome.exe pada menu Processes
    cara mengatasi google chrome tidak bisa dibuka
  • Klik pilihan Google Chrome atau chrome.exe lalu klik kanan dan pilih End Task

Untuk Pengguna Mac:

  • Tekan tombol Command + Option + Esc
  • Cari Google Chrome
  • Klik Google Chrome lalu klik Force Quit

Maka setelah itu aplikasi Google Chrome di PC atau di Laptop anda akan berhenti dan tertutup. Anda bisa memulai membuka Google Chrome dari ulang.

2. Menonaktifkan Sandbox

Cara memulihkan Google Chrome tidak bisa dibuka dapat dilakukan dengan mematikan no sandbox. Cara ini digunakan untuk pengguna pc atau laptop yang memiliki aplikasi Chrome tidak bisa dibuka.

Cara atau langkah-langkahnya juga sangat mudah. Ini dia langkah-langkah mematikan no sandbox untuk memulihkan kembali Google Chrome tidak bisa dibuka di pc atau laptop anda:

  • Pastikan ikon Google Chrome ada di Desktop anda
  • Klik kanan pada ikon Google Chrome lalu pilih properties

  • Pilih atau masuk ke tab Shortcut

  • Lalu tambahkan kode -no-sandbox pada kotak target. Tambahkan paling belakang, lalu klik OK

Cara ini sangat sering dilakukan apabila komputer di lab sekolah tidak bisa dibuka dan berhasil diatasi dengan langkah-langkah di atas.

3. Update Google Chrome di PC atau Laptop

Apabila Google Chrome tidak bisa dibuka di PC atau di Laptop, anda juga bisa mengupdate aplikasi Google Chrome tersebut.

Google Chrome memiliki kelebihan dan kekurangan pada setiap versinya. Setiap update versi terbaru, developer Google Chrome pasti akan memperbaiki permasalahan yang sering muncul di versi Google Chrome sebelumnya.

Oleh karena itu, apabila Chrome tidak bisa dibuka di PC atau Laptop anda, silahkan anda update aplikasi Google Chrome di PC atau Laptop anda dengan versi terbaru dari website resmi Google.

Google Chrome Tidak Bisa Dibuka di Smartphone atau Android

Selanjutnya akan ada beberapa cara memperbaiki Google Chrome tidak bisa dibuka pada smartphone Android anda.

Tentunya langkah-langkahnya akan berbeda dengan cara memperbaiki Chrome tidak bisa dibuka di PC atau Laptop.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi Google Chrome tidak bisa dibuka pada smartphone Android anda.

1. Berhentikan Paksa Google Chrome

Cara pertama yang dapat mengatasi Google Chrome tidak bisa dibuka pada Android adalah dengan memberhentikan aplikasinya secara paksa.

Cara ini merupakan cara paling dasar yang bisa anda lakukan dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Menu Pengaturan atau Setting
  • Pilih Manage Apps atau Aplikasi

  • Klik pilihan All

  • Cari dan Pilih aplikasi Google Chrome

  • Klik menu “Force Stop” atau “Paksa Berhenti”

2. Hapus Cache Aplikasi Google Chrome

Cara menangani Google Chrome tidak bisa dibuka pada Android selanjutnya adalah dengan membersihkan cache pada aplikasi Google Chrome.

Bisa jadi Google Chrome tidak bisa dibuka karena disebabkan oleh sampah atau file-file besar pada Android anda yang harus segera dibersihkan.

Menghapus cache dapat dilakukan tanpa harus menambah aplikasi lainnya. Berikut langkah-langkah untuk menghapus cache pada aplikasi Google Chrome di Android dengan mudah:

Buka menu Pengaturan atau Setting pada Android

  • Pilih Apps Management atau Aplikasi
  • Klik pilihan All
  • Pilih Aplikasi Google Chrome

  • Lalu klik “Clear Cache” atau “Hapus Cache”

3. Hapus Data Aplikasi Google Chrome

Jika dengan menghapus cache masih belum memulihkan Google Chrome tidak bisa dibuka, maka anda bisa memilih opsi lainnya dengan menghapus data.

Opsi hapus data dapat membersihkan dan menghapus data-data pada Google Chrome seperti history maupun data login akun.

Sehingga setelah menghapus data, anda harus memulai aplikasi Google Chrome dari awal seperti saat anda baru membeli smartphone.

Ini dia langkah-langkah hapus data pada aplikasi Google Chrome:

  • Buka menu Pengaturan atau Setting
  • Pilih Apps Management atau Aplikasi
  • Klik pilihan All
  • Pilih Aplikasi Google Chrome

  • Klik pilihan “Manage Space
  • Pilih “Clear All Data”

 

4. Install Ulang Aplikasi Google Chrome

Pilihan terakhir untuk memperbaiki Google Chrome tidak bisa dibuka adalah dengan uninstall aplikasi lalu menginstall kembali versi terbaru.

Anda dapat mengunduh kembali aplikasi Google Chrome pada Google Play Store. Developer Google Chrome pasti akan mengupdate versi baru dengan memperbaiki permasalahan Google Chrome pada versi yang lama.

Jadi, apabila aplikasi Google Chrome tidak bisa dibuka pada smartphone Android anda, update aplikasi Google Chrome anda pada versi terbaru dengan menginstall ulang.

Itu dia beberapa pilihan cara untuk aplikasi Google Chrome tidak bisa dibuka di PC, Laptop, maupun Android. Anda bisa mempraktikannya dengan mudah di rumah tanpa dipungut biaya apapun.

Jika Google Chrome masih belum bisa dibuka, anda bisa mengaktifkan laporan kerusakan untuk informas lengkap di Forum Bantuan Chrome.

Jika anda menggunakan PC atau Laptop alangkah baiknya untuk menggunakan atau menambahkan fitur pelindung dari software antivirus untuk mencegah adanya serangan dari virus seperti virus Malware yang bisa menyerang PC anda kembali.

Semoga cara-cara di atas dapat bermanfaat untuk Sahabat Tedas.id. Baca terus seputar informasi lainnya hanya di Tedas.id. Selamat mencoba!

Fina Fauziyah

Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *