Tutorial

18 Filter IG Viral: Fitur dan Cara Menggunakannya

19 August 2018-Bucharest, Romania. Person taking pictures of her converse to post on instagram

Sosial media di masa sekarang ini sudah sangat besar dan banyak digemari oleh masyarakat yang ada di Indonesia.

Hampir semua orang menggunakan sosial media termasuk IG dan semua menggemari filter IG viral dan memakainya untuk membuat story. Kamu bisa mencari filter Instagram disini.

Memang Instagram sendiri sekarang sudah banyak dimintai sehingga ada banyak sekali penggunanya. 

Perkembangan dari Instagram sendiri dan sudah diakuisisi oleh perusahaan sosial media yang sangat besar yakni Facebook memang berkembang pesat.

Sehingga sekarang Instagram sudah menyediakan berbagai macam fitur yang tentunya akan sangat bisa membantu untuk membuat konten.

Pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan beberapa fitur termasuk fitur filter di IG.

Fitur Pada Instagram

Dengan perkembangan yang terjadi di sosial media Instagram ini membuat fitur yang ada di Instagram ini jadi makin banyak.

Namun memang tidak semua fitur sudah diketahui oleh para pengguna dari Instagram tersebut dengan jauh lebih baik. Dan pada kesempatan ini kami akan jelaskan beberapa fitur yang ada di Instagram. 

Instastory

Fitur yang pertama itu adalah fitur Instastory yang memungkinkan kita untuk menampilkan video dengan durasi hanya 15 detik saja. Dan fitur yang ada di Instastory sendiri sekarang sudah semakin berkembang dan juga semakin bervariatif.

Sehingga sangat dituntut kreativitas supaya bisa membuat video, karena banyak filter IG viral di Instastory. . 

Feed

Fitur yang kedua adalah feed, di mana ini adalah foto atau video yang bisa dipublikasikan secara luas di akun Instagram.

Akan tetapi untuk video pada feed ini bisa jauh lebih lama durasinya karena bisa mencapai 1 menit video. Dan fitur feed ini tidak akan hilang sampai kapan pun kecuali sudah dihapus oleh pemilik akun. 

18 Fitur IG Viral yang Banyak Digemari

Dari kedua fitur yang sudah kami jelaskan sebelumnya, tampaknya memang fitur yang paling banyak digemari adalah fitur Instastory. Ini karena ada banyak fitur dan juga yang terutama ada banyak sekali filter yang tersedia di sana untuk dipakai oleh pengguna.

Dan memang selera orang sekarang ini lebih menyukai menonton Instastory di sosial media karena waktu yang sangat singkat. 

Dan salah satu yang membuat Instastory ini menjadi sangat digemari itu adalah fitur filter yang ada di dalam Instastory.

Dan ini menjadi sangat menarik, karena sebenarnya konsep ini hampir sama dengan konsep dari Tiktok yang baru-baru ini menjadi sosial media yang sukses. Dan konsep dari Tiktok ini pun akhirnya dipakai oleh Instagram dalam bentuk filter viral di Instastory. 

Dan kalau melihat dari filter yang sekarang ini bermunculan dan terbilang masih baru itu sangat terlihat kalau hampir sama dengan Tiktok. Karena beberapa filter sekarang ini sudah mempergunakan beberapa lagu yang mungkin bisa dipakai untuk menari-nari.

Dan ada beberapa dari filter yang viral, dan berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih filter IG viral yang ada di Instastory. 

1. Filter Instastory

Salah satu fitur di Instagram yang sekarang ini sedang naik daun itu adalah Instastory, salah satu alasannya adalah karena filternya.

Banyak sekali filter yang tren dan juga viral yang membuat orang banyak menggunakan filter yang ada di fitur Instastory tersebut. Nah pilihan filter yang tersedia itu ada banyak sekali lho, dan berikut ini kami akan jelaskan apa saja filter yang sedang viral.

2. Colored Hair

Salah satu filter IG yang mungkin sekarang sedang viral itu adalah filter colored hair, ini akan bisa mengubah warna rambut Anda.

Kalian bisa mendapatkan ini dengan cara mencari saja nama dari filter tersebut, untuk colored hair ini dari nessa_iwata. Kalian bisa mencobanya untuk mencoba membuat Instastory yang viral. 

3. Don’t Judge Me 2.0

Ini salah satu filter yang sempat sangat ramai sekali pada awal kemunculannya, karena memang satu filter yang seru. Karena akan membuat foto kita jadi jelek terlebih dahulu dan kemudian akan jadi cantik setelah itu.

Kami yakin kalau penonton dari Instastory kalian akan tercengang melihat perubahan wajah kalian. 

4. Glow Up

Filter IG viral yang berikutnya adalah fitur Glow Up, ini bisa viral karena memang bisa merubah wajah kita menjadi glowing.

Jadi kalian tidak perlu insecure dengan wajah kalian, karena bisa menggunakan filter ini untuk membuat wajah glowing. Kalian bisa mencobanya untuk melihat wajah glowing kalian seperti apa. 

4. Jetlag

Filter yang berikutnya yang tidak kalah populer dengan beberapa filter sebelumnya itu adalah filter jetlag.

Filter ini memungkinkan objek yang dekat dengan kamera akan jauh lebih terang dan yang jauh atau di belakangnya jadi lebih gelap. Dengan filter ini seolah-olah kalian sedang mengambil foto di malam hari. 

6. Iri Bilang Bos

efek iri bilang bos

Image: Fijirapasyah

Filter lain yang juga sempat sangat viral di Tiktok dan kemudian masuk ke Instagram juga adalah filter Iri Bilang Bos.

Ini adalah salah satu filter yang memiliki background suara dari lagu iri bilang bos yang sempat sangat populer. Sehingga filter ini pun jadi sangat viral termasuk juga di fitur Instastory Instagram. 

7. Awas Jatuh Cinta

Berikutnya masih satu tipe dengan filter iri bilang bos yakni adalah filter awas jatuh cinta, ini juga sempat viral lho.

Ini tentunya karena lagunya yang populer juga dikarenakan oleh banyak video Tiktok yang menggunakannya.

Di Instagram pun filter ini jadi tidak kalah populer dan banyak dipakai untuk membuat video Instastory dan jadi filter IG viral. 

8. Don’t Look Physical

Untuk filter yang satu ini secara konsep itu hampir sama dengan filter Don’t Judge Me yang sebelumnya sudah kita bahas.

Jadi dengan filter ini di awal wajah kalian akan jadi gelap dan juga dekil supaya terlihat jelek. Setelah itu wajah kalian akan jadi glowing dan terlihat lebih cantik dan bersinar. 

9. High Hopes

Filter IG berikutnya yang juga lagi hits sekarang ini adalah filter High Hopes dimana nanti di kalian akan bisa memberikan efek aesthetic.

Kemudian kalian akan bisa memasang beberapa caption yang nanti setelah itu akan bisa berubah dengan menggunakan musik disko. 

10. Saranghae V2

Filter berikutnya adalah filter yang bernama Saranghae v2, ini adalah filter yang akan memberikan efek freeze di akhir video. Setelah sudah freeze tersebut kemudian akan ada tambahan efek lampu kelap kelip. Filter ini merupakan filter dari arrimes.43 yang bisa kalian gunakan di IG. 

11. Bagaikan Langit

Filter berikutnya yang juga sempat viral di Tiktok dan kemudian viral di Instagram karena efek wajah yang nyeleneh adalah bagaikan langit.

Jadi gabungan background lagu bagaikan langit dari potret yang dipadukan dengan beberapa wajah jenis tersebut. Karena hal itu ada banyak sekali orang yang membuat Instastory dengan menggunakan filter ini.

efek ig tarik sis semongko

Image: Yolalolla

12. Tarik Sis Semongko

Filter selanjutnya yang masih berhubungan dengan lagu yang viral itu adalah filter tarik sis semongko yang memang sangat viral saat itu.

Lagu ini pun sempat viral dulu di Tiktok dan kemudian dijadikan filter di Instagram juga dan akhirnya pun jadi viral juga.

Banyak sekali orang yang membuat Instastory dengan filter IG viral ini. 

13. Ampun Bang Jago

Salah satu filter yang populer yang ada di Tiktok dan kemudian masuk juga ke sosial media Instagram itu adalah ampun bang jago.

Ini adalah salah satu filter jedag jedug yang memang kebanyakan populer sekali di Indonesia, dan menggunakan filter ampun bang jago ini. Biasanya isinya video sarkasme untuk orang-orang yang jumawa. 

14. Sayang Jang Marah-Marah

Beberapa waktu belakangan ini memang lagu-lagu Indonesia timur itu sedang naik daun dan dipakai juga di Tiktok.

Setelah itu muncul juga filter di Instagram menggunakan lagu sayang jang marah-marah yang berasal dari daerah timur Indonesia.

Ini biasanya dipakai untuk memberikan kode untuk gebetan atau kekasih ketika dalam kondisi keruh. 

15. Lagu Pota-Pota

Filter berikut ini juga merupakan filter IG viral yang sebelumnya itu sudah sempat viral di Tiktok dan kemudian di Instagram.

Sebenarnya ini adalah lagu Prancis yang aslinya berjudul Copines, akan tetapi ada kata-kata pota-pota di dalamnya. Dan ada banyak sekali yang menggunakan filter ini. 

16. Chika Dance

Salah satu nama yang memang cukup populer di dunia Tiktok dan Instagram yakni adalah Chika, dan itu terkenal karena jogetnya.

Nah berdasar pada nama Chika itu kemudian membuat filter khusus dengan nama Chika Dance. Jadi filternya akan mendeteksi wajah kita dan kemudian mengganti wajah kita dengan wajah Chika. 

17. Ko Bawa Dia

Filter berikutnya masih sama dengan kebanyakan filter dengan lagu yakni dengan ada latar belakang lagu ko bawa dia. Akan tetapi untuk filter ini memiliki ada tambahan lirik dari lagu tersebut di dalam videonya.

Selain itu juga dalam filter ini juga ada tambahan efek lampu disko juga untuk membuat Instastory lebih kece. 

18. Karthik Freeze

Filter terakhir yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini adalah hansraj. Selain itu juga filter ini pun bisa memiliki efek pause atau freeze pada satu frame video yang akan kita buat Instastory.

Ini biasanya untuk dipakai untuk menonjolkan satu bagian dalam video tersebut, vibe dari filter ini seperti sedang mengambil video pada sore hari. 

Cara Menggunakan Filter Instagram

efek ig bagaikan langit

Image: ydikurniawan.

 

Ada banyak sekali filter IG viral yang bisa kita pakai untuk membuat video untuk Instastory yang menarik agar supaya dilihat dan banyak follow juga.

Akan tetapi bila ingin bisa membuat video dengan filter, maka kita pun harus tahu dengan baik cara untuk memakai filter tersebut.

Karena kalau cara tidak tahu, maka kita akan kesulitan dalam menggunakannya. Berikut ini caranya. 

  1. Pertama-tama tentu saja kita perlu untuk membuka dulu aplikasi Instagram yang ada di smartphone kalian terlebih dahulu
  2. Langkah kedua adalah login ke akun kalian terlebih dahulu, cara untuk login itu adalah dengan menuliskan nama akun dan juga password
  3. Setelah kalian masuk ke akun Instagram, maka kalian bisa mulai masuk ke menu story yang ada di aplikasi. Biasanya lokasinya itu ada di bagian kanan atas. Atau kalian bisa juga tinggal geser ke kanan untuk masuk ke menu story
  4. Nanti di bagian menu story akan ada pilihan untuk efek, kalian tinggal geser ke kiri di bagian efek untuk masuk ke telusuri efek. 
  5. Kemudian kita tinggal masukkan kata kunci untuk mencari filter efek untuk membuat Instastory. Setelah kalian temukan filter efeknya kalian tinggal simpan filter efek tersebut dan cara untuk simpan itu adalah dengan klik ikon tambah di bagian bawah tengah. 
  6. Setelah sudah tersimpan maka kita akan bisa memakainya kapan pun kita ingin membuat Instastory dengan filter IG viral tersebut. 

Jika kalian menemukan masalah dalam download filter efek atau juga tidak menemukan efek filter yang kalian inginkan mungkin kalian perlu perbarui aplikasi.

Karena kalau aplikasi Instagram belum diperbarui, biasanya akan ada beberapa fitur yang tidak bisa diakses dari Instagram tersebut. 

Fungsi Membuat Instastory

Bila berbicara mengenai fitur Instastory, maka kita harus mengetahui juga soal apa sih fungsi dari fitur tersebut yang membuatnya juga jadi menarik.

Pada kesempatan kali ini kami akan coba jelaskan apa saja sih fungsi dari fitur Instastory ini yang mungkin belum banyak orang sadari sampai saat ini. 

Bisa Berinteraksi Dengan Followers

Salah satu fungsi dari adanya fitur Instastory ini adalah kita itu bisa berinteraksi langsung dengan followers kita. Ini dikarenakan di dalam Instastory sendiri ada fitur seperti QnA atau juga fitur untuk meminta pendapat pada followers.

Hal ini bisa menjadi salah satu jalan untuk orang bisa berinteraksi dengan para followers. 

Tidak Merusak Feed Instagram

Kebanyakan orang terutama para selebriti itu pasti akan berusaha untuk menata feed dari akun Instagram milik mereka.

Mulai dari pemilihan warna dari foto atau video dan lain sebagainya ditata rapi supaya orang pun lebih nyaman dalam melihat Instagram mereka. Karena itu posting pada feed lebih dipikirkan dari pada Instastory memakai filter IG viral. 

Nah dengan adanya Instastory untuk bisa membuat video dan menunjukkan pada banyak orang tanpa merusak feed yang ada. Dan Instastory ini kan tidak akan tersimpan dan akan terhapus bila sudah melebihi waktu tertentu. 

Menunjukkan Kreativitas

Fungsi yang ketiga adalah untuk menunjukkan kreativitas kita dalam membuat video, karena ini lebih bebas untuk digunakan.

Selain itu videonya pun singkat, sehingga kita harus memikirkan video yang singkat akan tetapi juga menarik. Ini bukan merupakan hal yang mudah, akan tetapi bila berhasil dampaknya untuk sosial media sangat besar. 

Sebenarnya karena secara konsep hampir sama dengan Tiktok, maka pembuatan konten itu menjadi satu hal yang sangat penting untuk dipikirkan.

Kreativitas sangat dibutuhkan dalam membuatnya supaya nanti videonya itu menarik dan kemudian bisa viral di sosial media. 

Update Hal Kecil Tapi Menarik

Dari Instastory ini juga kita akan bisa membagikan beberapa hal kecil yang sedang kita lakukan ke sosial media dengan cepat.

Biasanya kan durasinya sangat singkat, sehingga sangat tepat untuk membagikan hal kecil seperti menunjukkan keindahan alam saat berlibur dan lain sebagainya. 

Untuk mempromosikan Feed Baru

Sekarang ini di Instagram feed kita itu tidak selalu muncul di semua followers kita, sehingga belum tentu semua followers kita tahu.

Akan tetapi untuk Instastory sendiri sampai sekarang semua followers itu pasti akan bisa melihat story yang kita buat. Jadi kita bisa mempergunakan Instastory ini untuk mempromosikan feed tanpa memakai filter IG viral. 

Tips Memilih Filter Efek Instagram

Sebenarnya sekarang dengan banyaknya filter yang tersedia akan membuat orang itu kebingungan dalam memilih filter tersebut.

Namun ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu kalian dalam memilih filter untuk story Instagram kalian.

Berikut ini kami akan bagikan beberapa tips untuk kalian supaya bisa memilih filter untuk Instastory.

  1. Kita harus melihat tren, apakah filter yang sedang banyak dipakai supaya kita pun bisa terlihat kekinian oleh pengguna yang lain
  2. Selain itu kita bisa menggunakan fitur coba dulu ketika kita mencari filter efek yang ada di Instagram, jadi kita tahu cara pakainya. Selain itu juga kita tahu filternya memiliki efek apa saja dan apakah sesuai dengan apa yang kita ingin buat. 
  3. Yang terakhir adalah berpatokan pada Tiktok, karena biasanya apa yang viral di Tiktok akan bisa viral juga di akun sosial media yang lainnya seperti Instagram.

Demikianlah beberapa informasi mengenai filter IG viral yang mungkin bisa kalian coba pakai untuk membuat sebuah Instastory dan bisa digunakan untuk promosi akun Instagram kalian, semoga bermanfaat Sahabat Tedas.id.

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *