Tutorial

File Excel Tidak Bisa Dibuka? Ini Cara Mengatasinya

file excel tidak bisa dibuka

Artikel terakhir diperbaharui 13-07-2021 oleh Aldy Amrillah

Microsoft Excel adalah salah satu program keluaran Microsoft yang sangat membantu dalam pengolahan data. Sebelum ada Google Sheet, Ms Excel digunakan untuk urusan perkantoran bahkan sampai hari ini. 

Bahkan untuk laporan akuntansi dulunya menggunakan program ini sebelum banyak aplikasi akuntansi. Bagi kamu yang bekerja mengenai data berupa angka pasi sangat akrab dengan program yang satu ini. 

Tapi pernahkan kamu mengalami masalah file Excel tidak bisa dibuka? Saat pertama kali mengalaminya kamu pasti mengira bahwa data yang sudah dibuat hilang begitu saja. Padahal belum tentu data kamu hilang. 

Tak perlu panik mengatasinya, karena ada beberapa cara untuk mengembalikan file supaya bisa dibuka kembali. 

Mengapa File Excel Tidak Bisa Dibuka? 

Kamu mungkin akan melontarkan pertanyaan ini pertama kali ketika melihat file tidak dapat dibuka. Alasan paling sering mengapa sebuah file Excel tidak dapat dibuka karena tidak sesuai dengan versi Ms Excel yang digunakan.

Misalnya saja kamu menggunakan Ms Excel versi terbaru kemudian hendak membukanya di versi lama. 

Sudah pasti kamu tidak akan bisa membuka file di Ms Excel versi lama karena ada beberapa pemrograman yang tidak tersedia. Khususnya penyimpanan formatnya biasanya hanya bisa dibuka pada Ms Excel versi tertentu secara langsung. 

Selain masalah tersebut ada beberapa penyebab lain mengapa file tetap tidak bisa dibuka sebagai berikut:

1. File Mengalami Kerusakan

File yang corrupt atau rusak bisa disebabkan oleh program itu sendiri. Mungkin karena instalasi Ms Excel tidak sempurna atau terkena malware. Jika ini masalahnya maka bisa menyebabkan file yang dihasilkan juga corrupt

2. Belum Aktivasi Program

Masalah kedua juga bisa berasal dari program yang digunakan belum diaktivasi. Sehingga kamu masih menggunakan program dalam masa trial. Supaya kamu bisa membuka file maka perlu aktivitas program terlebih dahulu. 

3. Masalah pada Add-Ins

Penyebab selanjutnya bisa karena Add Ins yang tidak sempurna. Sehingga akan muncul notifikasi not responding bahkan program akan sangat lama ketika dijalankan. 

4. Muncul Masalah Usai Update Windows

Apakah kamu baru saja update Windows pada pc atau laptop? Bisa saja masalahnya berasal dari sini. Setelah update Windows tidak jarang beberapa program tak bisa dijalankan. Maka kamu harus instal ulang program atau update harus diulang sampai selesai. 

4 Macam Cara Membuka File Excel yang Tidak Bisa Dibuka 

Selain memahami apa saja penyebab mengapa file Excel tidak bisa dibuka dan solusinya di atas, ada  beberapa cara berikut cukup efektif untuk dilakukan. Kamu tidak perlu menginstal ulang atau bahkan membuat data baru. 

Berikut ini beberapa macam cara cara membuka file excel yang tidak bisa dibuka. 

Menggunakan Fitur Open And Repair

Cara ini biasanya dilakukan untuk jenis file yang mengalami masalah karena corrupt. Ms Excel memiliki fitur bawaah yaitu open dan repair di mana kamu bisa memperbaiki file jika terjadi masalah. Kamu hanya perlu mencari di mana letak menu fitur ini saja. 

Inilah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan. 

  • Bukalah program Ms Excel yang ada pada pc atau komputer kamu.

  • Kemudian klik File dan carilah file mana yang akan kamu buka. 

  • Setelah itu pada halaman berikutnya kamu bisa klik menu Open yang ada di tab sebelah kiri.

  • Carilah file yang ingin kamu buka, kemudian klik satu kali pada file tersebut. Karena tidak bisa dibuka maka akan muncul menu drop down dan klik menu open di pojok kanan bawah. Pilih menu Open and Repair.

  • Tunggu sampai Ms Excel melakukan pengecekan. Jika file tidak bermasalah maka akan langsung diperbaiki dan dapat terbuka. 

Sangat mudah bukan caranya, kamu bisa melakukan cara ini pada hampir semua versi Ms Excel. 

Mengganti Ekstensi File Excel

Apabila file Excel tidak bisa dibuka di Excel 2010 karena sebelumnya file dibuat di Ms Excel versi yang lebih terbaru maka masalah terdapat pada ekstensinya. Masalah ini yang paling umum terjadi dan cara mengatasinya sangat mudah. 

Kamu hanya perlu mengganti ekstensi file supaya support dengan versi Excel yang digunakan. Cara mengubahnya ada beberapa tahapan sebagai berikut ini. 

  • Masuklah ke Excel yang kamu gunakan di laptop atau pc.

  • Kemudian klik menu File kemudian pilih Export. 

  • Pada menu Export kamu tinggal pilih menu Change File Type dan carilah file yang tidak bisa dibuka. Namun apabila ternyata file tidak ada pilihan extensionnya maka program yang kamu gunakan belum kompatibel. 

  • Jika pada langkah ketiga tidak menemukan ekstension maka kamu bisa membuka folder dari file tersebut disimpan. Klik menu Tools pada tab dan pilih View, kemudian berikan centang pada File Name Extension.

  • Baru setelah itu ubahlah ekstensi file sesuai dengan kompatibilitas Excel yang kamu gunakan di komputer. 

Membuka File dengan Safe Mode

Pada cara yang ketiga ini tingkat kesulitannya cukup tinggi, jadi jika kamu tidak berhasil bisa loncat ke cara terakhir. Cara ini adalah menggunakan Safe Mode dan mematikan Add Ins Excel. 

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

  • Pertama masuk ke desktop komputer kemudian tekan Windows + R pada keyboard. Baru setelah itu muncul menu Run kamu bisa mengetik exe/ safe dan pilih Ok. 

  • Maka Excel akan terbuka minimal dan tanpa Add Ins.

  • Namun jika ternyata Excel masih terbuka normal, perlu untuk memeriksa tambahan lainnya dan disable secara manual. 

Namun apabila jika menggunakan cara ini masih saja gagal, kamu harus mencoba cara terakhir berikut ini. 

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara lain yang bisa kamu gunakan jika ketiga cara di atas tidak bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan aplikasi tambahan. Kamu bisa menginstal program repair tapi harus hati-hati karena beberapa aplikasi justru membawa malware yang membuat perangkat terinfeksi. 

Namun jika kamu bisa menggunakannya dengan benar, justru kamu bisa lebih tahu di manakah kerusakan sedang terjadi. Ada beberapa pilihan program yang cukup aman digunakan seperti EaseUS File Repair Tool dan Kernel Excel repair Software. 

Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah instalasi dan cara untuk repair dengan benar. Sehingga proses pemulihan file Excel tidak bisa dibuka dapat berjalan dengan baik. 

Apabila masih tidak bisa juga ketika menggunakan aplikasi ketiga, maka kamu perlu uninstall Ms Excel atau mengubahnya pada versi terbaru. Karena menggunakan versi terbaru menjamin kamu untuk bisa membuka file yang dibuat dari Ms Excel versi sebelumnya. 

Kini kamu juga bisa menggunakan Google Spreadsheet sebagai alternatif. Caranya hanya perlu menguploadnya ke akun Google Drive kemudian buka dari sana. File Excel otomatis akan dibuka menggunakan Spreadsheet tanpa harus mengubah ekstensi file. 

Jika kamu menggunakan Google Spreadsheet untuk mengolah data juga bisa didownload supaya menjadi file Excel. Jadi cara mana yang paling mudah bisa kamu pilih. 

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *