Tutorial

Debt Collector Akulaku: Profil, Kapan dan Daftar Daerahnya

Aplikasi pinjaman online Akulaku menyediakan beberapa sistem penagihan, salah satunya melalui debt collector.

Kedatangan debt collector Akulaku tentu saja menjadi salah satu hal tidak diinginkan oleh para nasabah. Simak ulasan lengkap berikut untuk mengenal apa itu debt collector dari Akulaku.

Surat Penagihan Akulaku

Warning letter atau surat penagihan merupakan salah satu cara yang digunakan oleh Akulaku untuk mengingatkan pelanggannya.

Surat penagihan ini berupa pemberitahuan pelanggan yang belum membayar tagihan ketika sudah waktunya jatuh tempo.

Akulaku mengirim surat penagihan melalui perangkat seluler, yakni berupa SMS atau pesan WhatsApp.

Pemberian surat peringatan atau warning letter ini diberikan lebih dari peringatan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar pelanggan segera membayar tagihan tersebut.

Pelanggan sebaiknya memperhatikan surat penagihan dari Akulaku tersebut agar tidak mendapatkan peringatan yang lebih detail.

Apabila pelanggan tidak kunjung merespon warning letter tersebut, maka Akulaku akan mengirimkan penagihan melalui telepon.

Kapan Biasanya Debt Collector dari Akulaku Datang ke Rumah?

Ketika sudah memasuki tahap ini, biasanya ada prosedur yang dilakukan terlebih dahulu sehingga debt collector tidak seenaknya datang ke rumah nasabah.

Seperti apa saja hal yang dapat mengakibatkan datangnya debt collector? Mari kita bahas.

Cicilan Akulaku Mengalami Penunggakan

Tentu saja ketika kamu menunggak tagihan, debt collector akan datang ke rumah kamu.

Tentunya ada syarat tertentu sebelum ini terjadi, misalnya dari durasi penunggakan. Kalau hanya nunggak beberapa hari, kecil kemungkinan ini terjadi.

Namun ketika kamu menunggak dengan periode yang cukup lama, tim dari DC akan bergegas mendatangi rumah nasabah.

Tagihan Yang Tidak Dibayar

Setelah melakukan pendekatan melalui online terlebih dahulu, kunjungan DC Akulaku tidak bisa dihindari ketika kamu tidak melakukan pembayaran tagihan.

Jadi ada baiknya tetaplah melakukan kewajiban untuk membayar hutang yang telah kamu ambil sebelumnya.

Akun Akulaku Tidak Aktif

Ketika masih ada pinjaman yang belum lunas dan akun tersebut tidak aktif, maka debt collector dari Akulaku akan datang ke rumah untuk meminta nasabah untuk melunasi tagihan tersebut.

Berapa Kali DC Akulaku Datang ke Rumah?

Berapa Kali DC Akulaku Datang ke Rumah

DC akulaku bisa mendatangi rumah pelanggan apabila beberapa tahap peringatan pembayaran sebelumnya sudah diabaikan.

Kedatangan debt collector merupakan tahap akhir penagihan yang dilakukan oleh Akulaku kepada pelanggan.

Akulaku akan mendatangkan debt collector ke alamat pelanggan apabila tidak membayar tagihan setelah lebih dari 30 hari jatuh tempo.

Namun, berapa kali debt collector datang ke rumah tidak bisa dipastikan karena tergantung pada aplikasi pinjaman online yang digunakan.

Debt collector akan datang ke rumah pelanggan sesuai dengan alamat KTP yang digunakan untuk pendaftaran pinjol. Akan tetapi, apabila hal tersebut belum membuahkan hasil, maka debt collector dari Akulaku akan mendatangi alamat lain.

Pihak DC bisa menggunakan rekanannya untuk mencari lokasi lain yang dikunjungi oleh pelanggan.

Apabila keterlambatan pembayaran masih dalam hitungan hari dan belum sampai 1 bulan, maka Akulaku akan menggunakan penagihan secara online.

Cara Menghadapi Depkolektor Akulaku

Hal utama yang harus dilakukan untuk menghadapi debt collector tentu saja memastikan apakah pihak tersebut merupakan perintah resmi dari Akulaku. Anda bisa bertanya secara detail kepada pihak DC untuk memastikan hal tersebut.

Setelah itu, Anda bisa menanyakan rincian pembayaran tagihan Akulaku yang harus segera dilunasi.

Pelanggan bisa bernegosiasi dengan pihak debt collector dari Akulaku agar menemukan kesepakatan pembayaran yang tidak merugikan salah satu pihak.

Bersikap tenang merupakan salah satu kunci utama untuk menghadapi kedatangan debt collector dari Akulaku.

Namun, jika Anda tidak ingin berhadapan langsung dengan debt collector tersebut sebaiknya melakukan pembayaran rutin dengan memilih tagihan sesuai kemampuan.

Daerah yang Terdapat Debt Collector Akulaku

Debt collector sendiri merupakan petugas lapangan yang memang dikerahkan oleh aplikasi pinjol.

Akulaku akan mengerahkan debt collector agar pelanggan melunasi tagihan pasca 1 bulan tidak melakukan pembayaran.

Aplikasi pinjaman online Akulaku menyebarkan debt collector untuk sekitar wilayah Jabodetabek. Akan tetapi, bisa saja aplikasi tersebut telah menyebarkan debt collector ke daerah lain. Daerah yang memungkinkan terdapat DC dari Akulaku, antara lain Jatim, Jabar, Jateng, dan beberapa kota besar.

Debt collector dari aplikasi pinjaman online satu ini akan menghubungi pelanggan terlebih dahulu sebelum datang ke rumah.

Akulaku merupakan salah satu aplikasi pinjaman online terdaftar OJK yang menggunakan bantuan DC atau jasa penagih untuk mengatasi pelanggan telat bayar.

Cara Penagihan Akulaku

Akulaku termasuk aplikasi pinjaman online yang bertoleransi kepada pelanggan jika mengalami telat bayar.

Hal ini terbukti dari cara penagihannya yang memiliki beberapa tahap dan masih dalam kategori sopan.

Berikut ini beberapa langkah cara penagihan yang digunakan oleh Akulaku.

  • Member Peringatan Pembayaran

Langkah pertama yang dilakukan oleh Akulaku adalah memberikan peringatan pembayaran untuk pelanggan yang sudah telat.

Peringatan pembayaran ini dilakukan dengan cara menghubungi kontak peminjam melalui email, SMS, atau WhatsApp.

Akulaku akan memberikan peringatan agar peminjam segera membayar tagihannya yang jatuh tempo.

Selain itu, peringatan ini disertai dengan informasi seputar metode pembayaran yang bisa digunakan untuk tagihan pelanggan.

  • Warning Letter

Apabila langkah pertama gagal,maka Akulaku akan memberikan peringatan keras melalui warning letter. Surat penagihan atau warning letter ini akan dikirimkan secara online kepada pelanggan melalui SMS atau WhatsApp.

  • Penagihan Melalui Telepon

Penagihan Melalui Telepon

Tahap berikutnya yang akan dilakukan oleh pihak Akulaku apabila pelanggan tidak menghiraukan warning letter, yaitu melakukan penagihan melalui telepon.

Penagihan ini dilakukan dengan cara menghubungi pelanggan melalui layanan telepon yang tertera.

Hal ini yang menjadi alasan mengapa salah satu persyaratan ketika mendaftar pinjam adalah mendaftarkan nomor telepon yang masih aktif.

Apabila telepon tersebut diangkat, maka pelanggan akan diminta untuk segera melunasi tagihan yang telah jatuh tempo.

  • Penagihan ke Pihak Keluarga

Cara lainnya yang dilakukan oleh Akulaku untuk menagih pembayaran pelanggan, yakni menghubungi pihak keluarga. Pihak Akulaku akan menelpon nomor darurat yang dicantumkan pelanggan ketika mendaftar pinjaman, seperti keluarga atau teman.

  • DC Datang ke Rumah

Mendatangkan debt collector ke rumah adalah cara terakhir yang digunakan oleh Akulaku apabila pelanggan tidak segera membayarkan tagihan.

Debt collector akan mendatangi pelanggan ketika tidak membayarkan tagihan dengan jangka waktu lebih dari 30 hari setelah jatuh tempo.

Pihak debt collector akan datang ke alamat KTP peminjam sesuai dengan yang tercantum pada pendaftaran.

Akulaku tidak akan mendatangkan debt collector apabila pelanggan telat membayar tagihan hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Debt collector Akulaku menjadi salah satu pihak yang ditakuti oleh pelanggan dari aplikasi pinjaman online tersebut.

Memahami apa itu debt collector dari Akulaku secara bijak bisa menjadi salah satu langkah utama agar bisa menghadapi pihak tersebut.

Nah, agar tetap lancar saat pembayaran tagihan maka kamu wajib tahu bagaimana cara membayar tagihan Akulaku agar nantinya kamu tidak mengalami denda keterlambatan dan akhirnya kamu tidak akan berususahn dengan debt collector.

Setiamah Setya

Setiamah Setya, merupakan lulusan jurusan teknik informatika dari Universitas IAIN Tulungagung di Jawa timur, mendalami dunia tulis sejak masih duduk di semester satu, pernah menulis selama 3 tahun di perusahaan internet service provider dan juga copywriting untuk berbagai project freelance untuk berbagai produk Kini setelah . Tertarik dengan penulisan konten SEO dengan gaya penulisan yang nyaman dibaca dengan spesialis topik tentang dunia teknologi seperti tutorial tips, komputer hingga berbagai macam pembahasan seputar tips android.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button