Terlengkap! Ini 7 Cara Buka Control Panel Windows 10

Control Panel Windows 10 – Panel Kontrol atau yang lebih dikenal dengan sebutan Control Panel adalah salah satu aplikasi yang terdapat dalam sistem operasi Windows. Telah ada sejak Windows diluncurkan, ada begitu banyak fungsi yang dihadirkan. 

Semua konfigurasi serta pengelolaan di Windows selalu mengandalkan control panel. Contohnya saja untuk mengatur fungsi keyboard dan mouse, dilihat dan mengatur jaringan internet, sampai uninstall aplikasi. 

Untuk masuk ke control panel Windows 10 ini ternyata ada banyak cara. Karena letaknya yang cukup tersembunyi berbeda dengan Windows 7 dan 8 maka kamu perlu tahu caranya. Seperti apakah cara yang bisa kamu pilih? Ikuti selengkapnya di sini. 

Berbagai Cara Membuka Control Panel di Windows 10 

Walaupun saat ini laptop yang menggunakan Windows 10 memiliki sistem operasi canggih dengan banyak pengaturan yang mudah didapatkan, tapi control panel masih sering digunakan. 

Untuk bisa mengakses control panel pada Windows 10 juga lebih istimewa karena ada banyak caranya. Jika dulu untuk mengakses control panel bisa langsung melalui Ms Explorer kini tidak lagi. 

Berikut ini beberapa pilihan cara untuk mengakses control panel Windows 10 yang bisa kamu ikuti. 

1. Memanfaatkan Start Menu

Cara yang paling mudah adalah melalui Start Menu Windows. Cara ini sama dengan yang banyak digunakan. Kamu bisa menggunakannya pada bagian Start Menu dengan mouse atau keyboard.
control panel windows 10

Jika menggunakan mouse tinggal klik ikon Windows di layar. Tapi jika dengan keyboard tekan ikon Windows maka Menu Start akan muncul dari pojok kiri bawah. Gulir menu yang muncul sampai menemukan folder Windows System. 

Klik menu tersebut kemudian pilih Control Panel. Maka Control Panel akan terbuka otomatis. 

2. Memanfaatkan Menu Search

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan menu Search yang ada di sebelah ikon Windows. Melalui kolom ini kamu bisa mencari berbagai jenis file sampai program yang terdapat di Windows 10. 

control panel di windows 10

Cara menggunakannya saja cukup mudah. Kamu tinggal klik pada Search kemudian ketik Control Panel lalu tekan Search atau Enter. Setelah itu akan keluar menu Control Panel dan tinggal Klik saja. 

3. Memanfaatkan Windows Run

Kamu juga bisa mencari control panel di Windows 10 dengan menggunakan Windows Run. Caranya hanya perlu dengan menekan ikon Windows dan R pada keyboard. Pastikan tidak ada program yang sedang dibuka saat melakukannya. 

Kemudian akan muncul pop up menu dan ketik nama Control Panel di dalamnya. Pilih OK jika sudah benar maka akan keluar menu Control Panel yang kamu butuhkan. 

4. Memanfaatkan Command Prompt

Ada lagi cara yang bisa kamu gunakan yaitu dengan mengatur CMD atau Command Prompt pada komputer. Melalui CMD maka proses pengaturan jadi lebih mudah. Selain itu juga menggunakan menu Search. 

Caranya ketik Command Prompt pada menu Search kemudian tekan Search atau Enter. Pada menu yang muncul pilih Run as Administrator dan CMD akan terbuka. Pada kolom yang keluar kamu bisa mengetik Control Panel dan pilih Enter. 

Memanfaatkan Command Prompt

Selesai, kamu bisa melihat menu Control Panel yang bisa langsung diakses sesuai dengan kebutuhan. 

5. Memanfaatkan Windows Powershell

Tambahan lagi cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan Powershell. Cara ini tak jauh berbeda dengan CMD tadi yaitu dengan memanfaatkan kolom Search.
control panel windows 10 dengan Windows Powershell

Pertama ketik Powershell pada search kemudian tekan Enter untuk masuk menunya. Setelah itu buka aplikasi dan tinggal ketik Control Panel saja baru Enter. Control Panel akan langsung terbuka setelah kamu tekan Enter. 

6. Memasang Control Panel ke Taskbar

Jika kamu sering menggunakan control panel dan membutuhkan akses mudah maka buat tombol pintasan ke taskbar. Dengan begitu kamu tak perlu lagi menggunakan menu Windows, CMS atau melalui search. 

Caranya sama seperti membuka melalui Start Menu. Pertama klik ikon Windows yang ada di pojok kiri bawah. Kemudian cari Windows System dan klik kanan pada menu control panel. Setelah itu klik kanan pada mouse dan pilih menu pin to taskbar. 

Otomatis kamu akan melihat ikon control panel pada taskbar. Jika membutuhkan akses cepat tinggal tekan ikon tersebut. 

7. Menggunakan File Explorer

Merupakan cara lama yang cukup mudah untuk dilakukan. Hanya saja beberapa ikon tersembunyinya yang sering buat kamu tidak tahu cara mengaksesnya. Masuk ke file explorer dan kamu akan menemukan ikon quick access. 

Langkah pertama adalah klik kanan pada mouse di ikon Windows pada pojok kiri bawah. Kemudian kamu bisa pilih menu File Explorer maka akan muncul halaman file explorer. Pada bagian atas ada ikon tanda panas kemudian quick access, klik tanda panah tersebut sampai keluar beberapa menu pilih. 

Kamu tinggal klik menu control panel dan akan masuk ke laman yang dibutuhkan. Mudah bukan? 

Control panel memiliki banyak sekali fungsi yang tidak boleh kamu lewatkan. Sehingga mengetahui cara untuk mengaksesnya sangatlah penting. Setiap Windows selalu dilengkapi Control Panel dan menunya sama hanya saja tata letaknya sering berbeda. 

Secara umum cara masuk control panel Windows 10 tidak ada yang sulit. Kamu bahkan akan dipermudah dengan membuat pin ikon di taskbar. Dengan begitu tak perlu lagi untuk masuk ke beberapa menu lagi. 

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.