Tutorial

Tutorial Cek Resi Akulaku Secara Online, Mudah dan Cepat

Setelah berbelanja barang-barang menggunakan Akulaku, pengguna bisa memantau perjalanan paket dengan mengecek resi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk cek resi Akulaku tergantung dari tempat berbelanja barang tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pembahasan berikut.

Cara Lacak Paket Akulaku

Sebenarnya setelah pesanan berhasil dikonfirmasi, maka paket sudah terdaftar dan mulai diproses. Akan tetapi, beberapa pembeli mungkin ingin memantau pergerakan pengiriman barang tersebut. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa metode untuk cek resi yang bisa dilakukan.

Mengecek Nomor Resi di Akulaku

Untuk cek pesanan Akulaku sudah sampai di mana, pengguna harus mengetahui nomor resi pemesanan terlebih dahulu. Nomor tersebut bisa diketahui melalui aplikasi Akulaku. Berikut langkah-langkah mengecek resi pemesanan tersebut.

  • Buka Akulaku di ponsel dan pastikan sudah login
  • Klik menu Riwayat Pembelian atau Pesanan Saya
  • Akan muncul daftar pesanan yang telah dibuat
  • Pilih pesanan yang hendak dilacak
  • Klik tombol Detail Pesanan
  • Cari bagian Rincian Pengiriman atau Informasi Pengiriman
  • Akan ada bagian bertuliskan nomor resi terkait pesanan berupa kombinasi angka dan huruf
  • Catat nomor resi untuk melacaknya

Setelah mendapatkan nomor resi, maka pengguna bisa memantau pergerakan barang pesanan dengan berbagai platform. Meskipun tampilan dan cara pengecekan setiap platform berbeda-beda, namun informasi perjalanan paket biasanya akan tetap sama.

Menggunakan Agogopost

Cara pertama untuk melacak perjalanan kiriman barang adalah memakai aplikasi Agogopost. Sebelum itu, pastikan nomor resi sudah dicatat di ponsel terlebih dahulu agar memudahkan pengecekannya. Setelah itu, ikuti langkah di bawah ini.

  • Buka browser di ponsel, laptop, atau PC
  • Buka aplikasi agogopost
    Aplikasi AgogoPost Package Tracker
    Image: play.google.com
  • Masuk ke halaman Cek Nomor Resi Akulaku
  • Masukkan nomor resi yang telah dicatat sebelumnya di kolom pengisian
  • Tuliskan nomor resi dengan teliti
  • Klik tombol Lacak
  • Status perjalanan paket akan terlihat

Informasi ini akan terus update seiring perpindahan lokasi paket yang sedang berlangsung. Untuk memudahkan pengecekan, silakan bookmark halaman pencarian tersebut. Jadi, ketika ingin mengeceknya tidak perlu menuliskan nomor resi lagi.

Menggunakan Website Acommerce

Selain Agogopost, website Acommerce juga bisa digunakan. Sebenarnya, web ini dapat dipakai mengecek resi platform jual beli lainnya. Setelah cek nomor pesanan Akulaku dan mencatatnya, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka browser di PC, laptop, atau ponsel
  • Kunjungi website www.tracking.acommerce.asia
  • Pilih menu Lacak Pengiriman atau Track Package
  • Masukkan nomor resi yang telah dicatat
  • Klik Lacak atau Track untuk mulai melacak
  • Akan muncul status pengiriman paket, mulai dari waktu pengiriman, lokasi pengiriman, dan status lokasi terbaru

Sama seperti sebelumnya, agar tidak terus mengetikkan nomor resi secara manual, pengguna bisa membuat bookmark pada browser di halaman hasil pencarian. Cara ini akan sedikit menghemat waktu dan tenaga.

Menggunakan Website Cekresi.com

cara cek resi di website
Image: cekresi.com

Website ini merupakan platform yang paling banyak digunakan untuk melacak paket karena penggunaannya sangat sederhana. Pengguna cukup memasukkan nomor resi dan status paket akan muncul dengan segera.

  • Buka browser di laptop, PC, atau ponsel
  • Kunjungi website www.cekresi.com
  • Masukkan nomor resi di kolom yang tersedia
  • Klik tombol Cek Resi
  • Pilih ekspedisi yang digunakan pada hasil pencarian
  • Status paket akan muncul

Salah satu keunggulan dari Cekresi.com adalah memiliki fitur share ke WhatsApp. Jadi, di halaman hasil pelacakan, klik tombol Kirim Via WA Form. Setelah itu, untuk mengecek paket, pengguna cukup mengeklik link yang telah dikirimkan melalui WhatsApp.

Melalui Website Ekspedisi

Akulaku telah bekerjasama dengan berbagai layanan ekspedisi untuk memberikan pilihan bagi penggunanya. Oleh karena itu, cara terakhir yang bisa digunakan adalah melalui website ekspedisi tersebut.

Biasanya setiap perusahaan pengiriman barang memiliki website dengan fitur lacak paket. Silahkan manfaatkan fitur tersebut untuk mengetahui sudah sampai mana paket dikirimkan. Selain itu, akan ada kontak customer service apabila mengalami kendala seperti paket tidak sampai terlalu lama.

Pertanyaan Seputar Pengecekan Resi Akulaku

Pertanyaan Seputar Pengecekan Resi Akulaku

Meskipun sudah mengetahui cara mendapatkan nomor resi dan melakukan tracking Akulaku, beberapa pengguna mungkin kerap menemui beberapa kendala atau pertanyaan tertentu. Oleh karena itu, di bagian ini akan dibahas beberapa masalah yang kerap ditanyakan.

Kenapa Status Pengiriman Tidak Berubah?

Pada kondisi tertentu memang kerap terjadi bug atau masalah berupa status pengiriman yang tidak berubah. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah masalah server situs pengecekan pengiriman.

Untuk mengatasinya, silakan coba gunakan website pengecekan lainnya. Apabila hasil masih tidak berubah, lebih baik segera hubungi pihak pengirim barang atau pihak ekspedisi. Jangan lupa untuk menyertakan nomor pesanan untuk memudahkan pengecekan.

Berapa Lama Pesanan Sampai?

Terkait pertanyaan ini jawabannya adalah tergantung dari lokasi pengiriman dan tujuan. Semakin dekat jaraknya, maka semakin cepat pula paket sampai. Untuk pembelian di satu provinsi biasanya hanya memakan waktu satu atau dua hari saja.

Apa Maksud Status in Transit

Apabila status pengiriman masih bertuliskan “in transit”, artinya paket tersebut berada di Hub Pengiriman dan menunggu untuk pengiriman ke transit berikutnya. Setiap kota biasanya memiliki beberapa titik transit sebelum akhirnya diantarkan ke lokasi pembeli.

Apa Arti Status Tidak Selesai atau Not Completed

Beberapa pembeli kerap mendapati status paket Not Completed atau Tidak Selesai. Status ini menandakan bahwa paket ditolak atau dibatalkan. Apabila hal tersebut terjadi, silakan hubungi penjual untuk memastikan apakah ada kendala yang terjadi.

Demikian pembahasan tentang beberapa cara untuk cek resi Akulaku. Silakan pilih metode atau website mana yang paling cocok sesuai kebutuhan masing-masing karena setiap platform mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Aldy Amrillah

Aldy adalah seorang penulis blog yang berasal dari Bogor, Indonesia. Ia merupakan lulusan jurusan Manajemen informatika dari Universitas Bina Sarana Informatika, ketertarikan dengan dunia menulis artikel dimulai ketika pertama kali bekerja untuk sebuah website lifestyle. Kini, Aldy fokus pada penulisan konten SEO yang mengutamakan pembaca bukan mengutamakan bot, karena kenyamanan membaca adalah poin paling penting yang dibutuhkan pembaca saat ini. Ia memiliki spesialisasi topik tentang dunia teknologi, seperti tips, tutorial hingga pembahasan tentang komputer. Dan saat ini ia bekerja sebagai Seo enthusiast di salah satu website yang membahas tentang dunia teknologi di daerah Jakarta

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button