Tutorial

Mudah, Ini 5 Cara Cek Nomor Smartfren Tanpa Ribet

Cek Nomor Smartfren – Smartfren adalah salah satu provider ternama di negeri ini. Pertama kali diperkenalkan di tahun 2003, nama yang digunakan pun pernah berganti dalam beberapa kali, hingga akhirnya di tahun 2010, nama smartfren pun tidak mengalami perubahan lagi. 

Banyak inovasi yang dilakukan Smartfren, salah satunya dengan meluncurkan layanan 4G LTE Advanced komersial, di tahun 2015 dan ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Dilanjutkan di awal tahun 2016, smartfren juga menyediakan layanan Voice over LTE (Volte), baru kemudian di tahun 2017, smartfren melakukan migrasi dari pelanggan CDMA ke pelanggan 4G.

Smartfren juga didukung dengan 15000 BTS 4G yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Layanan yang diberikan juga semakin beragam, bahkan perusahaan ini juga didaulat sebagai official telco partner bagi brand-brand ponsel ternama. 

Nomor yang digunakan oleh perusahaan ini biasanya memiliki kepala 0880, 0882, hingga kode nomor 0888. Kemudian, untuk mendapatkan nomor tersebut, Anda bisa membelinya langsung di galeri smartfren atau counter-counter ponsel. 

Bagi sebagian orang, memiliki nomor ponsel cantik bisa menjadi kesenangan tersendiri. Belum lagi, karena nomor juga jadi mudah diingat, sehingga mudah untuk dibagikan.

Namun sebagian orang lainnya tidak ambil peduli dengan masalah nomor ini, karena memang nomor bisa dibagikan dengan mudah tanpa harus dihapal. 

Cara Cek Nomor Smartfren

Lantas, bila Anda benar-benar lupa dengan nomor simcard Anda, bagaimana cara cek nomor Smartfren yang seharusnya dilakukan? Di sini Anda akan menemukan 6 cara terbaik berikut ini:

1. Dial

Cara cek yang pertama adalah dengan menekan kode dial atau USSD pada fitur telepon. Cara ini terhitung mudah dan cukup praktis tentunya. Cara yang perlu Anda lakukan adalah, dengan menekan tombol *999# dilanjutkan dengan menekan tombol OK, Call atau Yes. 

Tanpa menunggu waktu lama, Anda bisa mendapatkan jawaban mengenai nomor ponsel Anda. Dilengkapi dengan sisa pulsa, masa berlaku dan fitur menu lainnya yang bisa digunakan. Bahkan jika ingin mengisi pulsa, Anda bisa menekan angka 9, untuk mengetahui penawaran paket yang diberikan.

Meskipun cara ini terhitung mudah, namun ada kalanya Anda akan kesulitan untuk melakukannya. Penyebabnya sendiri pastinya cukup beragam, mulai dari jaringan yang padat, dan yang lainnya. Cara lainnya adalah dengan menekan *123# kemudian pilih Info Anda dan Cek Pulsa. 

Baca Juga: Cara Cek Nomor M3

2. SMS

Cara cek no Smartfren yang kedua adalah dengan menggunakan fitur SMS. Cara ini juga cukup mudah dan tentu saja Anda tidak akan dikenai biaya apapun. Cara yang perlu Anda lakukan adalah membuka fitur pesan singkat atau SMS, kemudian ketik INFO dan kirim ke 995.

Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapat jawaban, mengenai nomor ponsel yang Anda gunakan. Pada fitur sms ini, biasanya Smartfren juga akan melengkapinya dengan pemberian informasi secara berkala, salah satunya adalah notifikasi masa aktif kartu Anda

Kemudian untuk mempermudah pembelian pulsa, Anda bisa mengetuk pilihan layanan yang diberikan. Atau menekan *123#, yang bisa digunakan untuk memperpanjang masa aktif kartu Anda. Notifikasi yang satu ini, biasanya akan datang dari nomor 888. 

3. Aplikasi

aplikasi smartfren

Cara cek smartfren yang ketiga untuk mengetahui nomor ponsel Smartfren Anda adalah dengan mengakses layanan digital, dalam bentuk aplikasi. Untuk mengetahui bagaimana caranya, maka sebaiknya Anda mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Anda bisa mendapatkan aplikasi My Smartfren di Google Play Store ataupun App Store. Selanjutnya Anda hanya perlu melakukan pendaftaran atau sign in, dengan memasukkan alamat email, nomor Smartfren dan password. 

Berikutnya ikuti instruksi lainnya yang diberikan, seperti aktivasi email, kode token untuk verifikasi, dan lain sebagainya. Kemudian untuk mengetahui nomor ponselnya, Anda cukup melihat di bagian sisi kanan atas aplikasi yang telah dibuka. Disana Anda bisa melihat jelas nomor Smartfren Anda. 

Banyak kelebihan yang bisa Anda dapat dari penggunaan aplikasi tersebut, seperti layanan cek pulsa, cara cek no Smartfren, cek kuota, hingga transaksi untuk membeli pulsa maupun paket data.

Baca Juga: Cara Cek Nomor 3

4. Call Center

Cara cek nomor Smartfren yang berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan call center atau operator. Caranya, dengan menekan nomor 999 atau 888, kemudian tunggu pembicaran tersambung dengan operator. Berikutnya Anda bisa meminta tolong untuk operator untuk membantu Anda mengetahui nomor ponsel Anda. 

Anda tidak perlu takut kehilangan pulsa karena memang, melakukan cara ini tidak akan dikenai biaya apapun. Layanan call center lainnya yang bisa Anda gunakan adalah nomor 021 50100000. Atau jika Anda ingin menghubunginya dengan menggunakan nomor ponsel selain Smartfren, maka bisa menghubungi nomor ini 08811223344. 

Hanya saja untuk 2 nomor terakhir, sebaiknya Anda menyiapkan pulsa agar bisa tersambung. Selain itu, pastikan juga baterai cukup hingga pembicaraan tidak terputus hingga selesai. 

5. Website

Cara cek Smartfren juga bisa dengan menghubungi call center via website Anda bisa mengirimkan keluhan atau pertanyaan mengenai nomor ponsel Anda. Di situs smartfren, Anda bisa bertanya langsung pada customer service di fitur Live Chat. 

Untuk mengirimkan pesan di fitur tersebut, Anda hanya perlu memasukkan nama dan nomor ponsel. Kemudian tekan tombol mulai obrolan. Di sini, Anda tidak perlu memasukkan nomor Smartfren saja, namun bisa juga menggunakan nomor dari provider lainnya. 

Di website, Anda akan menemukan beragam layanan lainnya, seperti membeli kuota, mendapatkan kartu perdana, membeli perangkat seperti modem maupun router, hingga untuk membeli pilihan paket lainnya seperti, game, musik, video, atau yang lainnya. 

Banyak kelebihan lain yang bisa Anda dapat dengan membuka situs aplikasi My Smartfren. Di mana Anda juga bisa mendapatkan beragam pilihan paket dan promo yang cukup menarik. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan cashback, bila melakukan pembelian baik via situs, marketplace ataupun aplikasi My Smartfren.

Baca Juga: Cara Cek Kuota Telkomsel

Ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan, seperti masa tenggang dan masa berlaku kartu. Bila Anda sudah mendapatkan notifikasi via SMS, bahwa nomor ponsel Anda sudah masuk ke dalam masa tenggang, maka sebaiknya segera isi pulsa Anda. Karena bila diabaikan, bisa saja nomor ponsel Anda hangus, sehingga menimbulkan masalah baru. 

Jika ini sudah terlanjur terjadi pada Anda, maka yang seharusnya Anda lakukan adalah mengaktifkan kembali nomor tersebut. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan mengunjungi gerai terdekat. Namun pastikan, masa aktifnya tidak lebih dari 15 hari, untuk menghindari kemungkinan lainnya. 

Bila kurang dari 15 hari, kartu biasanya bisa dengan mudah diaktifkan kembali oleh bantuan service center. Bahkan biasanya Anda juga tidak akan diminta untuk membayar apa pun. Lain halnya bila masa aktif sudah terlampau lama, kali ini Anda bisa saja diminta untuk melakukan pembayaran atas penggantian kartu dari yang tidak aktif menjadi kembali aktif. 

Itulah cara cek nomor Smartfren yang ternyata cukup mudah. Dari sekian banyak cara Anda bisa menentukan langkah mana yang paling mudah. Selamat mencoba!

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *