Wajib Tahu! Cara Cek ID Pelanggan PLN agar Tidak Telat Bayar

Cek ID Pelanggan PLN – Listrik sudah jadi kebutuhan sehari-hari manusia dan di Indonesia yang menyediakan layanan ini adalah BUMN. Perusahaan Listrik Negara atau PLN ini melayani pemasangan hingga pemeliharaan.

Sebagai warga negara yang taat tentu saja Anda harus menjalankan kewajiban dengan membayar tepat waktu. Anda juga harus tahu berapa ID Pelanggan yang fungsinya untuk proses bayar membayar.

Bagaimana cara cek id pelanggan PLN yang bisa Anda lakukan? Ada beberapa cara yang bisa dipilih bagi pelanggan untuk mengecek ID mereka. Yuk cari tahu dengan lengkap di sini.

Cara Mudah Cek ID Pelanggan PLN

PLN menyediakan dua jenis layanan kepada pelanggannya yaitu pascabayar dan prabayar. Listrik prabayar yang dimaksud adalah dengan pulsa. Di mana pelanggan membeli pulsa kemudian memasukan token ke meteran di rumah.

Sedangkan listrik pascabayar artinya Anda bisa menggunakan listrik terlebih dahulu kemudian proses pembayaran dilakukan pada bulan berikutnya. Apapun cara pembayaran yang dipilih ID pelanggan harus selalu diingat.

Karena ID pelanggan ini penting disebutkan untuk membeli token listrik dan mengecek tagihan listrik pascabayar. Tapi dimanakah Anda bisa mengetahui id pelanggan PLN ini? Beberapa cara berikut ini bisa dipilih.

Cara 1. Mengecek Langsung pada Meteran Listrik

Jika saat ini Anda berada di rumah maka cara mudah adalah dengan mengecek langsung di meteran listrik. Saat ini meteran listrik sudah dilengkapi dengan prin barcode yang ditempelkan pada cover meteran jadi sangat mudah dilihat.

Bagi listrik pascabayar biasanya petugas PLN akan mengecek ID dengan scan barcode tersebut. Tapi Anda bisa mengetahuinya pada 11-12 angka di dekat barcode tersebut. Deretan angka tersebut adalah ID pelanggan.

Sekarang catat ID pelanggan agar tidak lupa lagi ya.

Cara 2. Mengecek Struk Tagihan PLN

Bagi Anda yang mungkin saat ini sedang tidak ada di rumah dan kebingungan untuk membayar cara lainnya adalah dengan mengecek struk tagihan. Sebaiknya jangan pernah buang struk pembayaran tagihan PLN bagi Anda yang menggunakan pascabayar.

Pada struk tersebut tersedia banyak informasi seperti nama pemilik rumah. ID pelanggan, jumlah listrik yang digunakan dan biaya tagihan. ID pelanggan juga tersedia di struk tersebut.

Anda tinggal mencari kembali di tempat penyimpanan struk dan carilah tulisan ID Pelanggan maka deretan angka itulah yang harus diperhatikan. Jika Anda mudah lupa, simpan struk tagihan ke dalam dompet.

Cara 3. Mengecek pada Struk ATM

Cara cek id pelanggan PLN lainnya adalah melalui struk ATM. Saat ini PLN memberikan layanan untuk pelanggan mudah melakukan pembayaran. Struk ATM akan mencetak beberapa informasi sama seperti struk tagihan dari PLN langsung.

Anda akan melihat ID pelanggan yang terdapat di bagian paling atas. Kemudian tertera juga nama pelanggan, tarif yang harus dibayarkan kemudian bulan tagihan. Anda juga akan tahu berapa jumlah penggunaan dalam bentuk meteran.

Hanya saja karena tinta pada struk ATM ini cepat pudar sebaiknya Anda mencatat terlebih dahulu dari struk ATM setelah pembayaran. Sehingga jika sewaktu-waktu Anda lupa ID pelanggan sudah dicatat sebelumnya.

Cara Mudah Cek ID Pelanggan PLN
Image: portal.pln.co.id

Cara 4. Mengecek pada Struk Digital

Apakah Anda melakukan pembayaran PLN melalui marketplace seperti Tokopedia atau Shopee? Bukti pembayaran berupa struk digital pasti tersedia informasi ID pelanggan. Di sinilah Anda bisa cek id pelanggan PLN dan untungnya bisa disimpan dengan mudah.

Bukti pembayaran biasanya akan dikirim ke dalam email, jadi Anda hanya perlu membuka email. Caranya adalah buka email Anda kemudian ingat-ingat kapan terakhir pembayaran.

Buka inbox email kiriman dari marketplace dan Anda akan dilihat informasi mulai dari nama struk, ID pelanggan, Nama, Bulan, jumlah tagihan, jumlah penggunaan listrik dan lain sebagainya.

Cara 5. Bertanya pada Customer Service PLN

Apabila Anda tidak bisa cek id pelanggan PLN melalui meteran listrik karena kertas barcode sudah mulai kabur tulisannya maka cobalah untuk datang ke costumer service langsung.

Cara ini juga bisa digunakan untuk meminta agar tulisan barcode diganti dengan yang baru. Anda bisa datang ke costumer service PLN terdekat yang merupakan server listrik di rumah.

Sebelum pergi sebaiknya persiapkan beberapa dokumen yang membuktikan Anda adalah pelanggan. Siapkan dokumen seperti KTP atau KK. Pada saat datang Anda bisa mengambil nomor antrian jika kebetulan sedang ramai.

Kemudian pada layanan cs Anda bisa menyebutkan keperluan dan menunjukkan dokumen yang dimiliki. Maka cs akan memberikan informasi ID pelanggan.

cara cek id pelanggan pln online
Image: portal.pln.co.id

Cara 6. Mengecek pada Website PLN

Sekarang zamannya digital dan pada cara cek id pelanggan PLN online yang bisa dipilih. Caranya adalah dengan mengunjungi website PLN yaitu Portal pln Pada website ini Anda akan mengetahui ID pelanggan sekaligus nama pemiliknya.

Cara ini Anda juga bisa dilakukan untuk membantu teman atau saudara yang kebetulan lupa dengan ID mereka. Kamu hanya perlu masuk ke web browser di laptop atau smartphone.

Kunjungi web PLN langsung kemudian pilih menu pelayanan pelanggan dan pilih menu informasi tagihan atau pembelian token listrik. Di sana kamu hanya perlu memasukan email yang digunakan pelanggan saat mendaftar dulu.

Kemudian pihak PLN akan mengirimkan email berupa tagihan listrik yang berisi ID pelanggan serat nama pemilik. Mudah bukan.

Cara 7. Mengecek melalui Aplikasi PLN

Selain melalui website PLN juga memperbaharui layanannya melalui aplikasi. Aplikasi PLN Mobile ini bisa diunduh gratis di smartphone Playstore atau Appstore sesuai dengan jenis smartphone yang kamu gunakan.

Setelah mengunduh aplikasi ini kamu bisa mendaftar dengan memasukan email terlebih dahulu. Anda bisa pilih layanan pelanggan untuk mengetahui berapa ID pelanggan yang tersedia.

Untungnya dari menggunakan aplikasi ini adalah Anda bisa mengontrol berapa pemakaian listrik dengan fitur catat meter. Anda bisa mencatat berapa jumlah yang digunakan setiap hari bahkan minggunya.

Semua cara cek id pelanggan PLN ini bisa Anda pilih manakah yang sesuai dengan kondisi saat ini. Apakah Anda juga ingin melakukan pengaduan karena adanya kerusakan meteran bisa langsung melalui web atau aplikasi.

id pelanggan pln
Image: Play Store

Tips agar Tidak Lupa Lagi dengan ID Pelanggan PLN

Apakah Anda adalah tipe orang yang sering lupa dengan ID pelanggan? Ada banyak cara yang kini bisa membantu untuk terus mengingat dan menemukan id pelanggan PLN. Berikut ini tips untuk mengingatnya.

1. Aktifkan aplikasi PLN Mobile dan buatlah akun karena di sana akan tercatat berapa ID pelanggan untuk terus diingat.

2. Melakukan pembayaran secara online juga strategi jitu untuk mudah menemukan ID pelanggan. Anda bisa membayar di aplikasi atau marketplace.

3. Jangan pernah lupa untuk menyimpan semua struk pembayaran listrik melalui ATM, swalayan, atau cara lainnya. Simpan struk dengan aman.

Kini Anda tidak akan pernah lupa lagi karena ID pelanggan sudah disimpan baik dalam bentuk data file atau struk fisik.

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *