cara upload ig di pc
Tutorial

Cara Upload IG di PC atau Laptop Lengkap Dengan Gambar

Cara Upload IG di PC – Instagram adalah salah satu sosial media yang kini begitu digandrungi. Berbeda dengan sosial media pendahulunya seperti Facebook, ig memiliki ciri khas foto dan video singkat yang jadi daya tariknya.

Kepopulerannya bukan hanya di Indonesia saja tetapi juga di seluruh dunia. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan diunduh melalui Play Store atau App Store.

Berbeda dengan Facebook yang memiliki versi web dan ponsel dengan fungsi sama, ig versi web hanya berfungsi sebagai viewer saja. Karena fungsinya inilah yang membuat ig hanya bisa mengupload foto atau video melalui hp saja.

Tapi jangan khawatir, karena saat ini ada banyak cara upload ig di pc. Baik dengan dan tanpa aplikasi. Foto atau gambar tetap bisa diupload melalui pc walaupun web ig hanya untuk review saja. Bagaimana caranya? Kamu bisa mengikuti beberapa caranya dibawah ini.

Cara Upload IG di PC melalui Google Chrome

Diperlukan web browser untuk bisa upload foto dan video melalui web Instagram. Cara ini bebas aplikasi, alias kamu tidak perlu mengunduh atau menginstal software khusus yang digunakan untuk mengupload foto dan video.

Berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan supaya bisa upload foto di ig melalui pc.

  • Buka web browser chrome kemudian masuk ke web ig dan masuk ke dalam akun yang kamu miliki.
  • Pada home ig, klik kanan di sembarang tempat kemudian akan muncul tab beberapa pilihan, kamu bisa klik menu Inspect.
  • Maka tools Inspect akan terbuka dan kamu bisa klik ikon tablet dan telepon yang terdapat di bagian kiri atas jendela.
  • Lalu tampilan ig pada layar komputer akan berubah menjadi tampilan mobile.
  • Tapi kamu harus mengganti device dari responsive menjadi ponsel yang kamu gunakan. Setelah mengganti jangan lupa untuk menekan tombol ctrl + r pada keyboard.

Dari sini maka kamu bisa mengupload foto atau video yang sudah dipersiapkan karena tampilan dari ig sudah berubah menjadi mobile.

Caranya adalah dengan klik ikon + yang terdapat pada layar dan tinggal melanjutkan dengan mengupload aplikasi seperti ketika menggunakan hp.

Apabila cara upload ig di pc atau video sudah diupload, kembali klik ikon tablet pada layar dan tutup tools Inspect sehingga tampilan kembali menjadi versi dekstop.

Cara upload ig di pc ini bukan hanya bisa dilakukan dari browser Google Chrome saja tetapi browser lainnya. Misalnya Firefox, Opera dan lain sebagainya.

Cara Upload IG Memanfaatkan Safari Browser

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan Safari, khusus untuk kamu yang menggunakan laptop atau pc Mac. Safari browser juga sudah dilengkapi untuk pengaturan yang memudahkan foto atau video di upload ke ig seperti biasa. Berikut ini langkah yang bisa kamu ikuti dengan mudah:

  • Buka browser Safari kemudian masuk ke Safari dan pilih menu Preferences dan klik Advanced.
  • Masuk ke menu Show Develop pada bagian menu bar yang letaknya di bawah tab.
  • Kemudian buka Safari browser jendela baru kemudian klik Develop, pilih User Agent dan pilih Safari iPhone di bagian menu.
  • Ketika pengaturan sudah selesai dilakukan, kamu bisa melanjutkan ke proses membuka akun di browser. Caranya adalah masuk browser dan sign in menggunakan akun ig. Lanjutkan dengan proses upload seperti biasanya.

Melalui cara ini kamu bisa mengedit foto sebelum diunggah dan banyak filter tersedia untuk digunakan. Filter yang tersedia sama seperti ketika menggunakan aplikasi Instagram di smartphone.

Cara Upload Foto Ig dengan BlueStack

cara vc di laptop

Image: Bluestack

 

Nah beda lagi bagi kamu yang ingin menggunakan emulator android yang bisa digunakan pada Windows dan Mac. BlueStack adalah aplikasi Android yang memudahkan berbagai aplikasi smartphone bisa dijalankan di pc salah satunya adalah Instagram.

Baca Juga: Cara Dark Mode Imstagram

Emulator ini gratis, bisa kamu unduh terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Karena bukan sekedar aplikasi biasa, maka spek pc yang dibutuhkan minimal adalah memiliki RAM 4 GB. Untuk langkah-langkah menggunakan aplikasi BlueStack kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Unduh aplikasi BlueStack dan pasang di komputer kemudian jalankan.
  • Skip tutorial agar bisa segera menggunakannya, jangan lupa juga untuk pilih bahasa yang sesuai baru ketik tombol panah.
  • Supaya aplikasi bisa digunakan kamu cukup masuk atau log in menggunakan akun Google yang dimiliki. Ada beberapa pengaturan yang akan muncul, kamu tinggal menyesuaikannya saja.
  • Masuk ke Play Store atau App Store kemudian pasang aplikasi Instagram melalui aplikasi BlueStack. Selesai terpasang maka tampilan ig sama seperti di smartphone.
  • Masuk ke ig menggunakan akun yang kamu miliki kemudian unggah foto atau video seperti penggunaan pada smartphone biasanya.
  • Temukan foto yang ingin diunggah dan klik Open. Baru setelah itu kamu bisa memanfaatkan fitur ig untuk mengedit foto sebelum mengunggahnya.

Aplikasi Penjadwalan untuk Upload di Ig

Aplikasi Penjadwalan untuk Upload di Ig

Image: hootsuite

 

Selain menggunakan emulator dan mengganti pengaturan di pc melalui web browser, kamu juga bisa menggunakan aplikasi penjadwalan. Aplikasi ini diciptakan untuk memudahkan upload konten di ig secara rutin di pc.

Ada dua aplikasi yang bisa digunakan yaitu:

Aplikasi berbayar ini yang paling sering digunakan untuk bisnis. Karena bukan hanya bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi di ig saja tetapi juga banyak media sosial seperti Facebook hingga Twitter.

Sebagai aplikasi manajemen media sosial, postingan bukan hanya dijadwalkan saja tetapi juga diatur. Jadi postingan tidak lagi dilakukan dengan manual. Berapa harga langganannya? Untuk biaya perbulannya adalah 19 dolar tiap bulan atau 99 dolar setahun.

Hootsuite menyediakan aplikasi gratis trial selama 30 hari yang bisa kamu manfaatkan sebelum berlangganan.

  • Buffer

Sama seperti Hootsuite, Buffer merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat postingan Ig menjadi lebih mudah. Selain feed, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk upload ig story.

Sayangnya aplikasi ini bukan termasuk untuk menjadwalkan tetapi sebagai pengingat saja. Kamu bisa menyusun jadwal dan aplikasi Buffer akan mengingatkanmu untuk posting sesuai jadwal. Postingan pun dilakukan secara manual.

Cara Upload IG di PC dengan Aplikasi

Apabila kedua aplikasi di atas memiliki fungsi penjadwalan, maka beda lagi dengan aplikasi yang ini. Beberapa aplikasi ini diciptakan untuk memudahkan kamu mengupload foto di ig.

Sama seperti cara web browser, hanya saja disini kamu memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Instagram Creator Studio

Sebuah tools resmi dari Facebook yang mempermudah siapa saja untuk melakukan pengelolaan terhadap akun Instagramnya. Bukan hanya posting foto hingga story, pengguna juga bisa melakukan penjadwalan hingga analisis.

Karena dibuat oleh Facebook langsung maka layanan ini sudah terintegrasi langsung dengan pengelolaan iklan ig. Jadi sangat cocok untuk bisnis. Kekurangannya hanya untuk proses upload hanya bisa dilakukan satu per satu.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk pc dengan OS Windows dan Mac. Selain itu aplikasi ini memberikan fitur gratis dan berbayar. Jika ingin upload gambar dengan aplikasi ini maka kamu harus membayar 3 dollar per bulannya.

Tampilan yang dihadirkan oleh Deskgram di pc sama seperti penggunaan aplikasi di smartphone. Jadi untuk menggunakannya tidak terlalu sulit.

  • Flume

Aplikasi ini diciptakan khusus untuk pc Mac dan fiturnya cukup lengkap seperti Deskgram. Jika ingin upload foto, maka kamu harus menggunakan versi Profesional.

Antarmuka dari aplikasi Flume juga memudahkan kamu menggunakan filter dan membuat multi gambar hingga mengelola akun dan profil.

  • Uplet

Satu lagi aplikasi yang hanya tersedia di Mac yaitu Uplet. Aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengupload banyak foto dalam sekali perintah. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini secara keseluruhan kamu harus membayar 9,99 dolar.

Manakah aplikasi yang akan kamu gunakan? Atau kamu memilih cara upload ig di pc dengan web browser saja? Tentukan pilihanmu.

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Comments are closed.