Cara Update Aplikasi Selain Lewat Playstore dengan Mudah 

Aplikasi di smartphone kini sangat berbagai dan perlu update dengan Playstore untuk mendapatkan versi terbarunya. Namun adakah cara update aplikasi selain lewat Playstore? Kamu yang mungkin saja tidak menggunakan Google Playstore akan mempertanyakan hal ini. 

Perangkat android biasanya memanfaatkan Playstore dari Google untuk mengunduh serta memperbaharui aplikasi. Tapi sayangnya ada beberapa aplikasi terbaik yang tidak tersedia di Playstore. 

Otomatis jika kamu ingin menggunakan aplikasi tersebut harus sering rajin untuk cek update aplikasinya. Sehingga versi terbaru dari aplikasi game atau lainnya di smartphone bisa didapatkan. 

Apa saja aplikasi pengganti Playstore yang bisa kamu gunakan? Kamu hanya perlu memilihnya di sini. 

5 Macam Cara Update Aplikasi Tanpa Menggunakan Playstore 

Keunggulan dari menggunakan playstore adalah hampir semua aplikasinya aman. Dalam artian lebih terjamin aman dari serangan virus. Beberapa apk lainnya biasanya menyediakan aplikasi yang belum pasti keamanannya. 

Tapi jika kamu sudah membutuhkan aplikasi tersebut mau tidak mau tetap menggunakannya bukan? Sebagai alternatif Playstore, beberapa aplikasi berikut ini akan sangat membantu untuk mengunduh maupun mengupdate aplikasi. 

APKPure

Jenis aplikasi yang pertama ini sudah cukup lama dan terkenal. Tak sedikit pengguna android yang memanfaatkanya untuk mendapatkan aplikasi yang tak tersedia di Playstore. Hampir semua aplikasinya gratis untuk diunduh dan menerapkan pembayaran sesuai jenis aplikasi yang kamu gunakan. 

Uniknya lagi kamu tak perlu mengunduh aplikasi APKPure melainkan dengan mengaksesnya melalui website. Jadi kamu bisa menggunakan web browser dan memperbaharui aplikasi yang ada di hp. 

Secara umum cara update aplikasi selain lewat Playstore melalui situs APKPure adalah sebagai berikut ini. 

  1. Masuk ke situs APKPure melalui web browser yang ada di ponsel kamu. Pastikan aplikasi yang ingin di update masih bisa digunakan. 
  2. Baru setelah itu ketik nama aplikasi yang hendak di update melalui halaman search. Setelah ketik tekan ikon lensa. 
  3. Setelah menemukannya buka aplikasi tersebut dan akan otomatis keluar menu update jika ingin memperbaharui. Jika ingin mengunduh aplikasi baru maka akan muncul menu download atau unduh. 
  4. Kamu tinggal klik menu tersebut sesuai kebutuhan dan aplikasi akan langsung memproses perintah. 

Lama tidaknya proses update atau pengunduhan tergantung dengan jaringan yang kamu miliki. Semakin bagus jaringannya kamu tak perlu menunggu lama sampai selesai. Ulangi cara yang sama dengan mengetik aplikasi lainnya pada kolom search.

cara update aplikasi selain lewat apk mirror

APKMirror

Jenis aplikasi yang kedua adalah APKMirror yang juga bisa kamu akses melalui web browser. Kamu juga bisa mendapatkan aplikasinya melalui PlayStore terlebih dahulu untuk bisa mengunduh aplikasi lainnya. 

Cara update aplikasi selain lewat Playstore dengan APKMirror ini adalah sebagai berikut ini. 

  1. Masuk ke situs APKMirror atau ke Playstore terlebih dahulu. Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi APK Mirror terlebih dahulu pada versi yang terbarunya. Hindari menggunakan versi lain seperti beta dan alpha karena fungsinya tidak sama. 
  2. Selanjutnya kamu bisa membuka aplikasi tersebut dan ketik nama aplikasi yang hendak di update pada kolom pencarian. 
  3. Buka aplikasi yang muncul dari daftar hasil pencarian kemudian ketuk perbaharui pada aplikasi tersebut. 
  4. Maka langsung proses update akan berlangsung dan kamu cukup menunggu saja untuk hasilnya. 

APKMirror sendiri cukup mudah digunakan dan cukup lengkap menyediakan aplikasi yang tidak tersedia di Playstore.

 

APKUpdater

Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan APKUpdater. Aplikasi ini bisa kamu unduh terlebih dahulu dari web browser sehingga jadi lebih mudah menggunakannya. Baik itu untuk mengunduh aplikasi baru atau mengupdatenya. 

Ada beberapa proses yang bisa kamu lakukan untuk memperbaharui aplikasi yang telah diunduh dari APP Updater sebagai berikut ini. 

  • Instal APKUpdater

Langkah pertama adalah dengan menginstal aplikasi ke hp android. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi dari web browser dan masih ke APK Editor., Proses untuk aplikasi cepat karena ringan dan juga gratis. 

  • Mencari aplikasi yang hendak di update

Selanjutnya adalah memilih aplikasi yang hendak kamu update di kolom pencarian. Buka aplikasinya setelah kamu menemukan daftarnya. 

  • Update aplikasi

Tanpa menggunakan Playstore lagi, dalam aplikasi ini kamu akan menemukan tombol update pada aplikasi yang tadi telah dicari. Langkah terakhir kamu tinggal klik menu tersebut dan menunggu proses update selesai. 

APtoide

Cara update aplikasi selain lewat Playstore lainnya adalah memanfaatkan APtoide yang jadi aplikasi gratis. Secara umum langkah penggunaanya sama dengan tiga aplikasi lainnya sebagai berikut ini.

  1. Masuk ke situs APtoide di web browser pada hp android kamu. Unduh aplikasinya terlebih dahulu. 
  2. Buka aplikasi APtoide kemudian carilah aplikasi yang ingin diupdate. Setelah menemukannya kamu tinggal klik instal atau update saja. 
  3. Aplikasi akan otomatis update pada versi terbarunya dan kamu bisa langsung menggunakannya kembali. 

Jika membiarkan aplikasi masih menggunakan versi lama, beberapa fungsi biasanya tidak bisa digunakan. Contohnya saja untuk game kamu mungkin akan kesulitan mendapatkan karakter baru atau membeli senjata. 

Apps Gag

Salah satu aplikasi pengganti playstore yang mungkin saja masih terdengar asing. Tapi cukup baik dan aman untuk digunakan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  1. Masuk ke browser dan cari Apps Gag. Pada bagian bawah tekan unduh untuk menggunakan aplikasinya. 
  2. Buka aplikasi dan manfaatkan fitur pencarian untuk mencari aplikasi yang ingin kamu unduh atau update. 
  3. Setelah ketemu klik update dan tunggu prosesnya berjalan. Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi yang sudah terupdate nantinya. 

Semua cara update aplikasi selain lewat Playstore pada umumnya sama. Hanya saja kamu perlu segera update agar semua fungsi aplikasi berjalan dengan baik. 

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *