2 Menit Beres, Ini 4 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop – Untuk menjalankan fungsinya, komputer atau laptop pada umumnya dibekali dengan aplikasi, yaitu suatu program komputer. Aplikasi pada komputer dibuat untuk melaksanakan serta mengerjakan tugas-tugas dari pengguna, misalnya membuat dokumen dan lain sebagainya.

Aplikasi merupakan perangkat lunak atau software yang digunakan dengan tujuan tertentu oleh pengguna. Artinya, setiap aplikasi memiliki keunggulan masing-masing tergantung dari tujuan pembuatan aplikasi tersebut. Fungsi dari aplikasi komputer atau laptop berbeda-beda sehingga umumnya setiap komputer atau laptop dibekali dengan beberapa aplikasi sekaligus.

Namun, tidak semua aplikasi tersebut berguna bagi pengguna sehingga pengguna lebih memilih untuk mencopot atau uninstall aplikasi tersebut. Selain itu, ada pula kasus di mana pengguna mengunduh atau download suatu aplikasi untuk dipasang atau menginstall aplikasi di komputer atau laptop namun spesifikasi dari aplikasi tidak kompatibel atau tidak sesuai dengan komputer atau laptop yang dimiliki.

Akibat dari ketidaksesuaian tersebut salah satunya adalah aplikasi menjadi tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik atau maksimal. Saat hal itu terjadi, melakukan uninstall pada aplikasi adalah pilihan yang paling tepat.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

cara menghapus aplikasi di laptop

Pada dasarnya, cara uninstall aplikasi di laptop dapat dilakukan dengan mudah melalui beberapa cara berikut yaitu melalui control panel, melalui menu, menggunakan aplikasi khusus, serta melalui menu setting. Berikut adalah uraian lengkap yang akan memberikan panduan dalam melakukan uninstall atau menghapus aplikasi di laptop dengan waktu yang cepat tanpa repot.

1. Melalui Control Panel

cara uninstall aplikasi di laptop di control panel

Menu Control Panel adalah salah satu menu yang ada di sistem operasi Windows. Menu ini memuat berbagai pengaturan yang berkaitan dengan komputer atau laptop mulai dariuser account, bahasan dan zona waktu, koneksi hardware atau perangkat keras dari luar komputer atau laptop, jaringan dan internet hingga sistem keamanan komputer atau laptop.

Program atau lebih tepatnya uninstall program adalah salah satu hal yang dapat diatur atau dilakukan melalui menu Control Panel. Untuk masuk ke menu Control Panel, Anda dapat menekan tombol windows + R pada keyboard. Setelah muncul kotak pencarian, ketikkan kata ‘control panel’ kemudian tekan enter pada keyboad laptop. Cara ini dapat dilakukan pada semua versi Windows OS.

Selain menggunakan kotak pencarian, Anda juga dapat menemukan menu Control Panel ini dengan menggunakan tombol pada menu Start. Setelah Anda menekan atau klik tombol Start pada laptop, Anda akan menemukan deretan menu-menu perintah pada komputer di mana salah satunya adalah Control Panel. Namun, cara ini hanya dapat digunakan pada Windows OS versi xp, 7 dan 10.

Baca Juga  Stop Jengkel, Ini 10 Cara Menghilangkan Iklan di Hp Xiaomi

Sebaliknya, cara uninstall aplikasi di laptop yang menggunakan Windows OS versi 8 sedikit berbeda. Pada Windows 8, Anda dapat menemukan menu Control Panel dengan cara mengarahkan mouse ke pojok kanan atas pada layar laptop. Setelah muncul kolom pencarian, ketikkan kata ‘control panel’ lalu pilih opsi Control Panel hingga muncul kotak menu Control Panel pada layar laptop.

Di dalam menu Control Panel, terdapat berbagai menu termasuk menu Programs. Cara uninstall aplikasi di laptop salah satunya adalah dengan menekan atau klik menu Program tersebut hingga muncul daftar aplikasi yang telah terpasang atau terinstall pada laptop. Dari daftar aplikasi tersebut, carilah nama aplikasi yang ingin dicopot atau diuninstall.

Setelah Anda menemukan nama aplikasi yang ingin diuninstall klik nama aplikasi yang ingin diuninstall pada daftar aplikasi tersebut, kemudian pilih atau klik menu uninstall yang tersedia sebagai bagian dari cara menghapus aplikasi di laptop. Sebelum aplikasi benar-benar dicopot, akan muncul pertanyaan untuk mengonfirmasi apakah Anda memang ingin mencopot aplikasi.

2. Melalui Menu Start

cara uninstall aplikasi di komputer

Menu Start yang ada pada komputer atau laptop adalah menu yang didesain agar pengguna dapat mengakses berbagai program atau aplikasi yang terpasang pada laptop dengan cepat. Dengan kata lain, Anda akan dapat menemukan berbagai aplikasi pada menu ini, termasuk aplikasi yang tidak ingin dipertahankah lagi atau ingin diuninstall.

Cara uninstall aplikasi di laptop melalu menu Start adalah klik atau tekan menu Start yang ada di pojok kiri bawah layar laptop. Tombol Start ini sangat mudah dikenali karena sangat ikonik yaitu tombol yang menggunakan logo Windows. Selain mencari menu Start pada layar laptop, Anda juga bisa mengakses menu tersebut dengan menekan tombol berlogo Windows pada keyboard.

Setelah menu Start muncul, carilah nama aplikasi yang ingin diuninstall pada daftar aplikasi yang ada. Setelah ketemu, klik kanan pada nama aplikasi tersebut hingga muncul beberapa pilihan. Dari pilihan tersebut, pilihlah uninstall untuk mencopot atau menghapus aplikasi tersebut dari laptop.

3. Melalui Menu Setting

cara uninstall aplikasi di laptop dengn mudah

Selain melalui menu Start dan Control Panel, cara menguninstal aplikasi di laptop juga dapat dilakukan melalui menu Setting atau pengaturan. Menu pengaturan yang dimaksud adalah menu pengaturan biasa yang umumnya memiliki icon khas berbentuk gerigi. Untuk menghapus atau uninstall aplikasi di laptop atau komputer, carilah menu Setting terlebih dahulu pada menu Start.

Setelah menemukan menu Start, klik atau pilih menu Setting yang berlogo gerigi. Ketik ‘apps and features’ pada bagian kotak pencarian. Pada menuApp and Features tersebut Anda akan menemukan daftar aplikasi yang terpasang di laptop. Carilah aplikasi yang ingin di uninstall kemudian klik tombol uninstall yang tersedia pada menu tersebut.

Dengan cara tersebut, aplikasi yang terpasang di laptop umumnya sudah dapat diuninstall atau dicopot. Menghapus atau uninstall aplikasi di laptop melalui menu Setting adalah cara yang cukup efektif untuk menghapus atau mencopot aplikasi di laptop, terlebih untuk aplikasi-aplikasi tersembunyi yang sulit untuk ditemukan melalui menu Start.

Baca Juga  Jenis dan Manfaat Jaringan Komputer yang Harus Diketahui

4. Menggunakan aplikasi khusus

 

Images By: Revouninstaller

Selain memanfaatkan beberapa menu bawaan pada Windows OS, ada juga cara menghapus aplikasi di laptop yang lain yaitu menggunakan aplikasi khusus.

Meskipun aplikasi telah diuninstall, namun bukan berarti file atau registry dari aplikasi tersebut telah hilang atau terhapus sepenuhnya. Karena itulah menggunakan aplikasi khusus adalah salah satu cara yang dapat dilakukan.

File atau registry dari aplikasi yang tidak terhapus secara otomatis saat aplikasi diuninstall dapat dihilangkan dengan suatu aplikasi misalnya adalah Revo Uninstaller. Aplikasi ini adalah cara menghapus aplikasi di laptop yang akan memberikan hasil tuntas karena semua file atau registry dari suatu aplikasi yang diuninstall dapat dihapus semua.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh atau download aplikasi Revo Uninstaller terlebih dahulu. Setelah aplikasi diunduh, install aplikasi terlebih dahulu. Setelah aplikasi tersebut terinstall, buka aplikasi hingga muncul daftar aplikasi yang terpasang di laptop atau komputer.

Cari aplikasi yang ingin diuninstall dan setelah ketemu klik kanan pada ikon aplikasi tersebut.Setelah diklik kanan akan muncul pilihan menu perintah yang dapat dijalankan terkait dengan aplikasi termasuk uninstall. Pilih opsi uninstall.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *