cara translate pdf
Tutorial

Cara Translate PDF Tanpa Aplikasi Lengkap Dengan Gambar

Artikel terakhir diperbaharui 21-02-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Translate PDF – File PDF adalah salah satu ekstensi atau jenis file yang paling sering digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Terutama file PDF ini paling sering digunakan untuk urusan yang menyangkut suatu pendidikan atau pekerjaan. 

Misalnya seperti jobdesk pekerjaan, laporan keuangan atau materi pembelajaran saat kuliah paling sering mengandalkan dokumen pdf ini.

PDF juga menjadi salah satu jenis dokumen yang paling banyak digunakan oleh orang-orang saat ini. 

Oleh sebab itu tidak heran jika dalam file PDF ini ada berbagai macam bahasa yang bisa kita temukan dari file PDF.

Nah file PDF dalam bahasa luar negeri atau bahasa Inggris tentu saja terkadang membuat kita menjadi kebingungan terkait apa sebenarnya isi file PDF tersebut. 

Untuk kita yang tidak mengerti bahasa Inggris atau bahasa asing tentu saja akan cukup menyulitkan jika ternyata kita tidak mengerti dengan bahasa asing tersebut.

Bagaimana kita bisa memahami isi PDF jika ternyata kita tidak mengerti atau tidak bisa berbahasa asing?

Solusinya tentu saja adalah menerjemahkan file PDF tersebut ke dalam bahasa Indonesia.

Namun pertanyaannya adalah bagaimana cara translate pdf ke bahasa Indonesia? Apakah sulit untuk melakukannya? Jawabannya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. 

Cara Translate PDF Dengan Google Translate

Cara Translate PDF Dengan Google Translate

Cara translate PDF sebenarnya bisa kita lakukan dengan sangat mudah menggunakan layanan Google Translate.

Sesuai dengan namanya Google Translate adalah salah satu layanan yang paling sering digunakan oleh orang-orang untuk menerjemahkan bahasa asing ke Bahasa Indonesia, begitu juga sebaliknya. 

Jika dulu Google Translate hanya dikenal sebagai layanan dari Google yang digunakan untuk menerjemahkan kata atau bahasa ke berbagai bahasa lainnya yang tersedia.

Namun saat ini tidak hanya kata saja yang bisa kita terjemahkan menggunakan Google Translate.

Namun saat ini kita juga bisa menerjemahkan dokumen menggunakan Google Translate.

Berikut dibawah ini adalah cara translate PDF dengan Google Translate.

  • Langkah pertama tentu saja anda harus pergi dulu ke website atau laman dari Google Translate.

cara translate pdf dengan gambar

  • Berikutnya jika anda hanya ingin menerjemahkan kata tentu saja anda hanya tinggal mengetikkan kata-kata tersebut. Namun karena disini kita akan menerjemahkan dokumen, anda pilih saja dan klik tombol dokumen yang berwarna biru. 

cara translate pdf dengan mudah

  • Selanjutnya anda tekan pada tombol pilih dokumen (Jelajahi Komputer) yang berwarna biru di tengah-tengah layar.

pilih dokumen

  • Selanjutnya anda bisa memilih dokumen mana yang akan anda terjemahkan. Setelah itu anda tekan open atau buka untuk mengunggah file dokumen tersebut ke Google Translate.

  • Terakhir anda hanya tinggal mengklik translate atau terjemahkan.

  • Selesai, kini file PDF yang berbahasa asing tersebut sudah secara otomatis diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. 

Itulah tadi bagaimana cara translate PDF tanpa aplikasi hanya menggunakan Google Translate saja. Bagaimana? Mudah kan?

Tentu saja semua orang bisa melakukan cara ini. Namun sebenarnya ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk menerjemahkan file PDF bahasa asing ke Bahasa Indonesia.

Cara Translate PDF Dengan Google Document

Cara Translate PDF Dengan Google Document

Cara translate PDF selain menggunakan Google Translate juga bisa menggunakan Google Document.

Tentu saja anda penasaran kan tentang bagaimana cara menerjemahkan file PDF berbahasa asing ke Bahasa Indonesia tanpa aplikasi ini?

Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah dan cara translate PDF dengan Google Document secara cepat dan mudah. 

  1. Langkah pertama adalah anda harus pergi ke Google Drive dulu. Kenapa harus menggunakan Google Drive? Hal ini karena sebelum kita memulai membuka dokumen file PDF tersebut dengan Google Document, kita harus mengupload file PDF tersebut di Google Drive yang kita miliki.
  2. Setelah masuk ke akun Google Drive, anda tinggal upload saja file Dokumen PDF yang akan anda terjemahkan tersebut dengan cara klik tambahkan, kemudian anda pilih upload file

  3. Selanjutnya anda pilih dan cari dulu file dokumen PDF yang akan anda terjemahkan ke Bahasa Indonesia tersebut.  Setelah ketemu, anda pilih dan klik open pada dokumen PDF tersebut.

  4. Tunggu proses upload selesai, setelah selesai anda klik pada file Dokumen PDF yang sudah anda upload tadi. Klik kanan kemudian anda pilih buka dengan, kemudian anda pilih buka dengan Google Document. Selanjutnya anda akan dialihkan ke halaman Google Document yang berisi file PDF tersebut.

  5. Ketika sudah terbuka, kemudian anda pilih alat, selanjutnya anda pilih terjemahkan dokumen ini.

  6. Selanjutnya anda pilih ingin diterjemahkan ke bahasa apa. Karena disini kita akan menerjemahkan file Dokumen PDF berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Maka anda pilih saja bahasa Indonesia. Kita juga bisa mengubah nama file dokumen tersebut dengan nama baru, kita bebas ingin mengubahnya atau tidak. Jika sudah anda klik saja terjemahkan.

  7. Terakhir, file dokumen PDF yang berbahasa Inggris tersebut sudah berhasil diubah ke Bahasa Indonesia dengan mudah dan cepat tanpa bantuan aplikasi atau software tambahan.

Nah itulah bagaimana cara translate PDF tanpa aplikasi yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

Bagaimana? Mudah kan, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Sahabat Tedas.id yang sedang kebingungan dan mencari cara bagaimana bisa translate atau mengubah bahasa PDF yang berbahasa asing ke Bahasa Indonesia. 

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *