Panduan Cara Transfer Pulsa Indosat Ke Telkomsel

Artikel terakhir diperbaharui 18-03-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara transfer pulsa Indosat ke Telkomsel – Transfer pulsa ke sesama operator seperti Indosat ke Indosat tentu sudah biasa.

Namun jika berbicara mengenai cara transfer pulsa Indosat ke Telkomsel, kebanyakan orang tentu masih bingung. Jika Anda salah satunya, silahkan simak ulasan berikut untuk mengetahui panduannya.

Mengapa Transfer Pulsa Harus Dilakukan

Transfer pulsa merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memindahkan sejumlah saldo pulsa ke nomor lain. Transfer pulsa dapat dilakukan antara kartu telepon yang sama, dan bisa juga bisa juga dilakukan ke kartu telepon lain yang berbeda.

Transfer pulsa ke kartu seluler yang sama, misalnya seperti transfer pulsa dari kartu Indosat ke sesama kartu Indosat. Sedangkan transfer pulsa ke lain kartu, misalnya transfer pulsa dari kartu Indosat ke kartu Telkomsel, XL, Axis, dan kartu seluler lainnya.

Lalu mengapa transfer pulsa harus dilakukan? Ada beberapa alasan mengapa transfer pulsa harus dilakukan. Berikut ini daftarnya.

  • Pulsa Habis

Bila rekan sedang kehabisan pulsa, Anda bisa melakukan transfer pulsa dengan cara mengirimkan sejumlah saldo pulsa Anda ke nomor rekan.

Demikian juga sebaliknya, bila Anda yang kehabisan pulsa, maka rekan Anda bisa diminta melakukan transfer pulsa ke nomor Anda.

  • Masa Aktif Kartu Habis

Transfer pulsa juga bisa dilakukan untuk memperpanjang masa aktif kartu. Seperti yang sudah kita ketahui, meskipun sisa saldo masih ada, tetapi bila masa aktif kartu sudah habis maka kartu tersebut sudah tidak aktif lagi.

Dalam keadaan ini, Anda hanya bisa menerima telepon saja. Di sini transfer pulsa bisa dilakukan untuk memperpanjang masa aktif kartu tanpa harus membeli pulsa.

Saat Anda mendapatkan transferan pulsa dari rekan, maka otomatis masa aktif kartu akan bertambah.

  • Jauh Dari Konter Pembelian Pulsa

Transfer pulsa bisa dilakukan saat Anda berada pada tempat yang tidak memungkinkan untuk membeli pulsa.

Misalnya sedang dalam perjalanan, berada di gunung atau pantai, maupun saat tidak memegang uang sama sekali. Anda bisa meminta rekan untuk melakukan transfer pulsa tersebut.

cara transfer pulsa im3 ke telkomsel

Syarat Melakukan Transfer Pulsa

Transfer pulsa bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hal itulah yang membuat transfer pulsa banyak dipilih sebagai solusi di saat-saat tertentu.

Transfer pulsa juga dinilai sangat mudah dan praktis dalam penggunaannya. Tetapi untuk bisa melakukan transfer pulsa, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa melakukan transfer pulsa:

  • Masa Aktif

Syarat yang pertama untuk melakukan transfer pulsa adalah masa aktif kartu masih berlaku. Transfer pulsa bisa dilakukan bila kartu dalam keadaan aktif, baik kartu yang akan melakukan transfer pulsa, maupun kartu penerima.

Apabila salah satu dari tidak aktif, maka proses transfer tidak bisa dilakukan. Untuk itu, transfer pulsa sebaiknya dilakukan sebelum masa aktif kartu habis.

Apabila sudah melebihi batas waktunya, maka kartu pun menjadi tidak aktif, dan otomatis transfer pulsa tidak bisa dilakukan.

  • Saldo Pulsa

Syarat kedua untuk melakukan transfer pulsa adalah jumlah saldo pulsa harus mencukupi. Hal ini dikarenakan melakukan transfer pulsa dikenakan biaya.

Karena itulah, saldo pulsa harus lebih dari jumlah pulsa yang akan dikirimkan ditambah dengan biaya transfer.

Untuk melakukan transfer pulsa, pemilik kartu Indosat akan dikenakan biaya sebesar 600 rupiah. Dan pihak yang melakukan transfer harus meninggalkan sisa saldo sebesar 5 ribu rupiah.

Jadi bila Anda akan melakukan transfer pulsa, maka pastikan memiliki saldo sisa ditambah biaya transfer.

  • Nomor Tujuan

Dalam melakukan transfer pulsa, Anda harus mengetahui nomor tujuan dengan jelas, termasuk jenis kartu yang akan dikirimi pulsa.

Hal tersebut penting, karena untuk melakukan transfer pulsa harus dilakukan dengan beberapa langkah yang menggunakan nomor pulsa tujuan.

Selain itu, jenis kartu penerima transfer juga harus diketahui dengan jelas, karena transfer pulsa ke lain kartu harus dengan menggunakan kode tertentu.

Disini, kode setiap jenis kartu tidak sama. Jadi nomor tujuan dan jenis kartu harus jelas sebelum melakukan transfer pulsa.

transfer pulsa indosat ke telkomsel

Cara Transfer Pulsa Indosat Ke Telkomsel

Bagi para pemilik kartu Indosat, Anda bisa berbagi pulsa bukan hanya ke sesama kartu Indosat saja. Namun juga bisa melakukannya ke pemilik kartu lain, seperti Telkomsel.

Jadi Anda memiliki kesempatan untuk berbagi pulsa ke pemilik kartu lain selain Indosat.

Cara transfer pulsa IM3 ke Telkomsel sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara transfer pulsa dari Indosat ke Indosat. Yang berbeda mungkin hanya kode yang digunakan saja.

Jadi sebelum melakukan transfer pulsa, terlebih dahulu Anda harus  mengetahui kode dari tujuan transfer.

Transfer pulsa ini bisa dilakukan dengan 2 metode, yaitu melalui telepon dan melalui SMS.

1. Melalui Telepon

Hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke menu panggilan atau call.

Menu panggilan ini biasanya ditandai dengan gambar telepon. Tekan tanda atau gambar tersebut. Selanjutnya ketik *123*5*8*3*3*1#, lalu tekan tanda OK atau Call.

Setelah menekan tanda OK, akan ada petunjuk yang bisa Anda ikuti untuk melanjutkan proses transfer. Ikuti petunjuk yang ada, termasuk langkah yang harus dilakukan bila transaksi gagal.

2. Melalui SMS

Cara kedua adalah dengan menggunakan SMS. Caranya juga cukup mudah. Pertama buka menu SMS, kemudian ketik transferpulsa (spasi) nomor tujuan (spasi) jumlah nominal pulsa.

Setelah itu kirim ke 151. Selanjutnya Anda tinggal menunggu konfirmasi bahwa transaksi sudah berhasil dilakukan.

Cara transfer pulsa dari Indosat ke Telkomsel ini bisa Anda terapkan kapan saja. Terkadang ada sedikit kelambatan atau gangguan yang menyebabkan transaksi yang dilakukan gagal.

Bila ini terjadi, Anda bisa mengulanginya dengan prosedur dan langkah-langkah yang sama seperti di atas.

Selamat Mencoba!

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *