Tutorial Cara Transfer Pulsa Indosat ke Indosat

Transfer pulsa saat ini banyak diperlukan di saat-saat darurat maupun saat seseorang sedang memiliki banyak sekali pulsa. Hal ini mudah saja dilakukan, apalagi jika berbicara mengenai cara transfer pulsa Indosat ke Indosat.

Transfer pulsa ke sesama provider tersebut tidaklah sulit. Bahkan ada banyak metode yang bisa digunakan.

Lalu bagaimana cara melakukan transfer dari Indosat ke pengguna Indosat lainnya secara lebih rinci? Berikut ini pembahasannya.

Jenis Kartu Indosat

Pengguna kartu seluler mungkin banyak yang belum mengetahui jika kartu Indosat sebenarnya ada bermacam-macam. Bila Anda mengenal kartu IM3 dan Mentari, kedua kartu tersebut sebenarnya berada di bawah label yang sama, yaitu Indosat.

Kedua jenis kartu tersebut memiliki kelebihan yang hampir sama. Kalaupun ada yang berbeda, mungkin hanya pada fitur yang dimiliki masing-masing kartu.

Intinya secara garis besar kartu tersebut memiliki aturan yang sama, baik dalam cara pengisian pulsa, cara transfer, maupun cara mengaktifkannya.

Masa Aktif Kartu Indosat

Setiap kartu memiliki masa aktif. Demikian juga dengan kartu Indosat. Masa aktif adalah masa yang dimiliki sebuah kartu agar bisa dioperasikan untuk menelpon dan mengirim sms maupun menerimanya.

Kartu yang sudah habis masa aktifnya tidak bisa digunakan untuk melakukan kedua hal tersebut.

Masa aktif kartu Indosat sendiri bermacam-macam, tergantung besarnya nominal saat melakukan pengisian pulsa.

Bila nominal pengisian pulsa kecil, maka masa aktifnya juga sebentar. Sebaliknya, bila pengisian pulsanya besar, maka masa aktifnya juga lama.

Apabila masa aktif kartu sudah habis, maka otomatis kartu tersebut tidak bisa digunakan untuk melakukan aktivitas seperti melakukan panggilan atau mengirim sms.

Tetapi kartu tersebut masih bisa menerima panggilan dan menerima sms, selama masa tenggangnya belum habis.

Apabila kartu sudah habis masa aktifnya yang harus dilakukan adalah segera melakukan pengisian ulang, meskipun sisa saldo masih ada.

Bila tidak segera dilakukan pengisian ulang hingga masa tenggang habis, maka kartu tersebut akan dinonaktifkan, dan tidak bisa dipakai lagi.

transfer pulsa indosat ke indosat

Sekilas Tentang Transfer pulsa

Transfer pulsa merupakan salah satu cara untuk mengirimkan sejumlah pulsa dari sisa saldo pulsa yang Anda miliki ke nomor lain.

Transfer pulsa bisa dilakukan sendiri oleh pemilik telepon seluler tanpa harus pergi ke konter seperti pada saat pembelian pulsa.

Transfer pulsa ini bisa dilakukan ketika pengguna lain kehabisan pulsa, atau saat sedang memiliki pulsa yang berlebih. Anda juga bisa meminta tolong teman melakukan transfer pulsa pada nomor Anda saat keadaan sedang terdesak.

Tetapi perlu diketahui bahwa untuk bisa melakukan transfer pulsa, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Yang pertama, kedua nomor harus dalam keadaan aktif. Transfer pulsa tidak bisa dilakukan bila salah satu nomor, baik itu pengirim atau penerima sudah habis masa aktifnya.

Selain itu untuk bisa melakukan transfer pulsa, harus memiliki sisa saldo pulsa yang cukup. Saat melakukan transfer pulsa, Anda akan dikenakan biaya sebesar 600 rupiah dalam setiap kali transfer, serta akan meninggalkan sisa pulsa sebesar 5 ribu rupiah.

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan transfer pulsa adalah penerima pulsa akan mendapatkan penambahan masa aktif.

Seperti halnya pengisian pulsa, besarnya masa aktif yang didapat dari transfer pulsa juga tergantung dengan besar kecilnya nominal transfer pulsa yang diterima.

Cara Transfer Pulsa Sesama Indosat

Cara transfer kartu Indosat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa menggunakan sms, menggunakan telepon, dan bisa juga dengan menggunakan kode USSD.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan transfer pulsa ke sesama kartu Indosat dengan ketiga cara dibawah ini yang bisa dilakukan.

  • Cara Transfer Pulsa Melalui SMS

Cara transfer pulsa ke sesama Indosat bisa dilakukan dengan menggunakan SMS. Cara ini memang cukup sederhana dan bisa dilakukan dimana saja.

Untuk langkah pertama, buka menu sms lalu ketikkan TRANSFERPULSA (spasi) nomor tujuan (spasi) jumlah nominal pulsa.

Selanjutnya kirim ke 151. Setelah itu akan ada notifikasi atau pemberitahuan yang memberikan kode token.  Balas dengan ketik OK (spasi) kode token, lalu kirimkan lagi ke 151.

cara transfer pulsa indosat

Setelah itu Anda akan mendapatkan pemberitahuan apabila transfer pulsa berhasil.

Apabila transfer gagal, Anda bisa mengulanginya lagi dengan melakukan langkah-langkah yang sama. Kegagalan yang terjadi lebih sering disebabkan karena jaringan yang tidak bagus saja.

  • Cara Transfer Pulsa Melalui Telepon

Transfer pulsa ke sesama pengguna kartu Indosat juga bisa dilakukan dengan menggunakan telepon. Cara ini juga tergolong praktis dan bisa Anda lakukan sendiri.

Yang harus dilakukan pertama kali adalah buka menu panggilan pada telepon seluler. Menu panggilan biasanya ditandai dengan simbol gambar telepon.

Selanjutnya ketik *123*5*8*3*3*1# dan tekan tombol call atau tanda OK. Setelah itu akan ada petunjuk untuk melakukan transfer pulsa yang akan diterima.

cara transfer pulsa im3

Di sini Anda cukup mengikuti langkah-langkah atau petunjuk yang diberikan sampai selesai dan transaksi berhasil.

Apabila transfer pulsa yang dilakukan gagal, Anda tinggal mengulanginya dari awal dengan tetap mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

  • Cara Transfer Pulsa Dengan Menggunakan Kode USSD.

Cara transfer pulsa dengan cara ini tergolong lebih mudah dan juga cepat, serta pasti berhasil. Caranya bisa dimulai dengan membuka menu telepon atau panggilan pada ponsel Anda.

Selanjutnya ketik *13*151# dan tekan tombol OK atau tombol panggilan.

cara kirim pulsa indosat

Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk melakukan transfer pulsa.

Ketik angka 1 lalu kirim atau tekan tombol send. Kemudian ketikkan nomor tujuan, tekan kirim. Setelah itu masukkan jumlah nominal pulsa yang akan ditransfer, dan kembali tekan send atau kirim.

Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu sms notifikasi yang akan memberikan nomor token. Bila sudah menerimanya, balas sms dengan mengetikkan OK yang diikuti kode token dan kirimkan ke 151.

Apabila transfer yang dilakukan berhasil, Anda akan mendapatkan pemberitahuan selanjutnya dari Indosat.

Demikian cara-cara transfer pulsa Indosat ke Indosat yang bisa Anda coba, semoga membantu.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *