Cara Transfer OVO ke Dana dan Sebaliknya Bebas Ribet

Artikel terakhir diperbaharui 04-03-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Transfer OVO ke Dana – Pembayaran uang digital kini bukan hanya dikuasai oleh bank saja. Beberapa platform dompet digital pun hadir untuk memudahkan masyarakat urban untuk melakukan pembayaran. 

Proses transaksi tak hanya bisa dilakukan dengan uang cash saja tetapi juga praktis melalui dompet digital. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah OVO dan Dana. Keduanya bahkan bisa digunakan untuk transaksi satu sama lain. 

Bagaimana cara transfer OVO ke Dana atau sebaliknya yang bisa dilakukan? Sebelum kamu menggunakan kedua aplikasi ini sebaiknya kenali dulu bagaimana cara menggunakannya. Salah satunya adalah bagaimana cara transfer. 

cara top up ovo
Image: https://play.google.com/

Cara Transfer Dana ke OVO dengan Mudah

Dana adalah aplikasi dompet digital dengan berbagai fitur menarik yang bisa digunakan. Seperti promo, pembayaran tagihan listrik, air, telepon dan masih banyak lagi. Bahkan berbagai pembayaran platform hiburan seperti menonton bioskop pun juga bisa dilakukan. 

Supaya bisa menggunakan layanan ini kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya kemudian top up terlebih dahulu. Dana memudahkan penggunanya untuk top up oleh karena itu ada banyak pilihan cara top up yang bisa dipilih. 

Jika sudah top up maka pembayaran apapun bisa dilakukan, salah satunya adalah transfer ke aplikasi uang elektronik lain seperti OVO. Cara transfer Dana ke OVO yang bisa kamu dilakukan adalah sebagai berikut ini:

  • Masuk terlebih dahulu ke aplikasi Dana di hp kamu. Kemudian pada halaman utama kamu bisa pilih menu Kirim. 
  • Pada pilihan selanjutnya yang muncul kamu bisa pilih Kirim ke Rekening Bank. 
  • Untuk halaman selanjutnya informasi mengenai nama bank sudah tertera, kamu hanya perlu mengisi nomor akun saja. Nomor yang ditulis harus diawali dengan angka 9 baru nomor HP OVO. 
  • Untuk menu Alias kamu bisa menggunakan OVO atau apa saja. 
  • Apabila semua sudah terisi kamu bisa pilih menu Tambah Bank Baru. 
  • Lanjut pada halaman berikutnya kamu bisa memasukan nominal uang yang hendak ditransfer. Tampilannya seperti kalkulator jadi tinggal menambahkan angka saja dan tekan lanjut. 
  • Untuk halaman berikutnya kamu bisa menambahkan keterangan. Misalnya saja tujuan transfer seperti membeli sepatu atau transaksi yang hendak kamu dilakukan. Pesan ini nantinya akan diterima si pemilik akun OVO yang jadi tujuan dan tekan OK. 
  • Kamu bisa memeriksa kembali informasi dari transaksi yang hendak dilakukan apakah nomor tujuan dan nominalnya sudah benar baru tekan Konfirmasi. 
  • Terakhir adalah kamu tinggal masukan PIN aplikasi Dana yang kamu miliki. 

Apabila transaksi sukses maka saldo Dana akan berkurang dan kamu akan mendapatkan informasi mengenai Pembayaran yang berhasil. Kamu bisa konfirmasi ke nomor tujuan transfer untuk mengecek apakah transaksi sudah masuk. 

Cara transfer Dana ke OVO sudah dipastikan berhasil asalkan kamu memiliki saldo yang mencukupi. Batas minimal transfer Dana adalah 50 ribu dan kamu akan mendapatkan gratis transfer sebanyak 10 kali. 

Cara Transfer Dana ke OVO

Perhatikan juga minimal saldo yang kamu miliki untuk transfer lebih dari 50 ribu. Jadi jika saldo Dana milikmu kurang dari 50 ribu maka transaksi tidak bisa dilakukan. Selain melalui langkah di atas, ada juga pilihan lain untuk cara transfer Dana ke OVO yaitu dengan menggunakan tarik saldo. 

Untuk biaya administrasi transfer Dana ke OVO adalah 4.500 rupiah,. berikut ini langkah transfer yang bisa kamu ikuti menggunakan menu tarik saldo. 

  • Masuk ke aplikasi Dana dan pada halaman utama kamu bisa pilih menu Tarik Saldo. Klik menu Lihat Semua terlebih dahulu untuk mendapatkan fitur Tarik Saldo. 
  • Setelah itu selanjutnya adalah mengisi nominal saldo yang hendak ditarik. Karena fungsinya penarikan saldo maka kamu tidak harus memiliki minimal 50 ribu.  
  • Kemudian pada baris selanjutnya kamu bisa pilih menu Transfer Bank. Pilih Bank Nationalnobu. 
  • Kemudian masukan nomor rekening atau nomor hp OVO yang dituju. Jangan lupa untuk memberikan angka 9 di depan nomor. Apabila selesai diisi kamu bisa tekan Tarik Saldo. 
  • Selanjutnya kamu bisa mengecek kembali untuk konfirmasi Tarik Saldo bahwa data yang dimasukan sudah benar. Tekan Tarik Saldo dan masukan PIN Dana. 

Saat transaksi selesai dan dinyatakan berhasil maka saldo OVO akan otomatis bertambah dan saldo Dana akan berkurang. Kamu bisa langsung mengeceknya. 

Cara Transfer OVO ke Dana dengan Mudah dan Cepat

Lalu bagaimana jika kamu ingin melakukan transaksi dari OVO ke aplikasi Dana? Caranya tentu tidak jauh berbeda, apalagi tampilan dari kedua aplikasi ini tidak jauh berbeda. Jadi kamu akan dengan mudah menemukan pilihan menunya. 

Untuk cara transfer OVO ke Dana yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut ini:

  • Masuk ke aplikasi OVO di hp kamu kemudian pilih menu Transfer yang ada di halaman utama. 
  • Kemudian pada halaman selanjutnya kamu bisa pilih menu ke Rekening Bank. 
  • Di halaman berikutnya kamu diharuskan untuk mengisi data transfer. Pertama adalah memilih bank tujuan, kamu bisa memilih Bank CIMB NIaga. Kedua isi nomor rekening dengan memasukan kode 8059 baru nomor hp tanpa ada spasi. 
  • Pada baris ketiga isikan nominal yang hendak ditransfer dan jumlahnya minimal adalah 10 ribu rupiah. Kamu tinggal tekan saja berapa nominalnya. 
  • Masih pada halaman yang sama kamu bisa mengirim pesan pribadi kepada si penerima sesuai dengan tujuan transfer. 
  • Terakhir kamu bisa tekan menu Transfer untuk masuk ke proses. Sebelum transaksi berjalan kamu bisa mengecek ulang apakah data yang dimasukan benar dan cek ulang nomor rekening. Tekan Transfer. 

Ketika cara transfer OVO ke Dana berhasil maka akan langsung muncul pop up pesan Berhasil serta jumlah yang terkirim dan tanggal transfer. Untuk mengetahui apakah uang sudah terkirim kamu bisa mengecek ke aplikasi Dana atau menanyakan si penerima.
cara transfer dana ke ovo

Apabila dilihat dari semua cara di atas maka hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah biaya yang bisa ditransfer. Seringkali banyak pengguna yang lupa dan tertukar biaya nominal antara OVO dan juga Dana. 

Untuk minimal biaya transfer OVO adalah 10 ribu rupiah dan Dana adalah 50 rupiah. Selain itu Dana memberikan biaya transfer sebesar 4.500 jika sudah lebih dari 10 kali transaksi. Sedangkan OVO tidak membebankan biaya admin sama sekali alias gratis. 

Hal yang perlu diingat dari cara transfer OVO ke Dana dan sebaliknya adalah kode yang digunakan sebelum menuliskan nomor hp atau nomor rekening tujuan. Untuk OVO kode yang digunakan adalah 8056 sedangkan Dana adalah 9.

Penulisan kode langsung disambung dengan nomor hp tanpa ada spasi. JIka dibandingkan sebenarnya cara transfer ke OVO sebenarnya lebih mudah karena kamu hanya perlu mengisi satu formulir saja. 

Sedangkan untuk Dana antara jumlah transfer dan informasi nomor tujuan diisi dalam halaman yang terpisah.

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *