Cara Screenshot di Laptop dan PC yang Gampang Ditiru

Cara Screenshot di Laptop – Penggunaan komputer kini sudah menjadi keseharian dalam bekerja dan belajar. Berkat teknologi ini, pengolahan data semakin mudah. Sudahkah kamu menguasai penggunaan komputer secara maksimal? 

Screenshot adalah salah satu teknik yang sangat harus dipelajari ketika menggunakan komputer. Walaupun teknik ini juga sering digunakan pada smartphone. Cara screenshot di laptop dan android sebenarnya tak jauh berbeda. 

Kamu bisa memanfaatkan fungsi bawaan hingga menggunakan aplikasi. Semua tergantung dengan kebutuhan hasil yang diinginkan. Bagi kamu yang masih belum tahu cara screenshot, yuk simak dulu apa saja caranya. 

cara screenshot di pc

Cara Mudah Melakukan Screenshot dari PC dan Laptop

Apa sih pentingnya screenshot? Terkadang ada beberapa gambar atau file yang perlu petunjuk tambahan dari si pengirim. Misalnya saja kamu berencana untuk mengirimkan langkah-langkah untuk membuat daftar isi di Microsoft Word kepada teman. 

Penyampaian dalam bentuk tulisan saja kurang cukup, tapi jika kamu ingin membuat video prosesnya terlalu lama. Jadi langkah paling mudah adalah membuat screenshot kemudian mengedit sedikit pada gambar dengan menambahkan beberapa petunjuk. 

Nantinya setelah hasil screenshot selesai diedit jadi deh tutorial membuat daftar isi dengan Microsoft Word. Cara ini juga bisa kamu terapkan untuk pembuatan tutorial lainnya. Sama seperti  cara screenshot di laptop dan PC yang akan dibahas kali ini. 

Ada beberapa fitur bawaan dari Windows dan juga aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil screenshot di laptop. Kamu hanya perlu tahu caranya saja supaya mudah untuk mengerjakan tutorial. 

1. Membuat Screenshot dengan Print Screen

Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan tombol pintasan yang ada di keyboard. Coba cari di bagian keyboard laptop yang terdapat tulisan Prt Sc Sysrq atau Prt Sc saja. 

Tombol inilah yang akan membuat layar pada laptop tercapture secara penuh atau utuh. Jika kamu ingin hanya beberapa bagian saja yang terlihat maka perlu menggunakan aplikasi Paint untuk mengedit. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti. 

  • Buka layar laptop atau PC dan cari tampilan gambar yang ingin di screenshot. tutorial print screen 1
  • Tekan tombol pada keyboard yang memiliki tulisan seperti yang tadi telah dijelaskan. tutorial print screen 2
  • Kemudian bukan aplikasi Paint. 
  • Tekan tombol Ctrl+V setelah aplikasi Paint terbuka dan gambar yang tadi telah tercapture akan muncul. 
  • Sisanya kamu bisa mengedit gambar sesuai kebutuhan dan jangan lupa di save. 

Selain hanya menekan tombol Prtsc pada keyboard, kamu juga bisa menggunakan ALT+PrtSc SysRq atau tekan Windows+PrtSc SysRq. Hanya saja jika kamu menggunakan tambahan klik Windows biasanya proses perekamanan ditandai dengan satu kedipan pada layar. 

Tangkapan pada layar laptop yang sudah kamu dapatkan bisa dicek pada Drive C:/Users/(user name)/ screenshot. Baru setelah kamu mengedit melalui aplikasi Paint, hasilnya bisa disimpan melalui Save As di folder yang diinginkan. 

2. Cara Screenshot di PC dengan Snipping Tools 

Setiap Windows memiliki aplikasi bawaan disebut dengan Snipping Tools. Alat ini berfungsi untuk mengambil gambar pada layar laptop atau PC sesuai dengan yang dibutuhkan. 

Bedanya dengan cara pertama adalah kami bisa menentukan bagian mana saja yang hendak diambil. Jadi mengurangi proses editing, karena tidak seluruh layar yang tercapture. 

Bagi kamu yang menggunakan program Windows 10, bisa mengikuti beberapa langkah cara ss di laptop berikut ini. 

  • Bukalah layar pada PC yang hendak diambil. 
  • Kemudian klik pada bagian pojok kanan bawah dan lihat manakah menu Screen snip. screenshot snipping tool 1
  • Klik menu Screen Snip kemudian akan muncul beberapa pilihan untuk mengambil gambar. Kamu bisa menggunakan fitur lasso, layar secara penuh, atau dengan cropping. screenshot snipping tool 2
  • Atur bagian mana saja yang hendak diambil gambarnya dengan klik and drag mouse. Jika sudah selesai, lepaskan mouse dan gambar akan otomatis tersimpan. 
  • Klik kembali pada bagian pojok kanan bawah layar PC dan klik Snip Save to Clipboard untuk membuka aplikasi Snip & Sketch. screenshot snipping tool 3
  • Kamu bisa mengedit dengan memberikan outline atau tulisan tanpa harus cropping gambar lagi. screenshot snipping tool 4
  • Selesai mengedit jangan lupa untuk menyimpan hasil screenshot melalui Save As dan pilih folder penyimpanannya. 

Snip & Sketch merupakan aplikasi editing yang ringan untuk gambar yang sudah tercapture. Jadi kamu tak perlu lagi mengeditnya dalam aplikasi Paint. Fitur ini juga bisa digunakan pada WIndows lainnya. 

3. Cara Screenshot di Laptop dengan Monosnap

Alternatif cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan aplikasi lainnya. Aplikasi ini bisa digunakan untuk PC MAC OS X serta Windows. Terlebih aplikasi ini gratis dan cukup ringan untuk digunakan. 

Supaya bisa menggunakan aplikasi ini kamu harus terhubung dengan jaringan internet supaya bisa mendownload aplikasi terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan. 

  • Buka web browser dan carilah software Monosnap. Jika sudah ketemu langsung download saja aplikasi, agar lancar pastikan jaringan internet kamu kuat ya. 
  • Apabila aplikasi sudah selesai didownload saatnya menginstal. Kamu bisa membuka aplikasi untuk mengaktifkannya. 
  • Ketika Monosnap sudah aktif maka akan secara otomatis muncul pada bagian kiri bawah layar. 
  • Buka terlebih dahulu layar yang ingin diambil gambarnya dan tekan tombol Monosnap di bagian bawah kiri dan tekan ALT+CTRL+6 yang muncul untuk hasil full screen. 
  • Jika ingin tampilan setengah layar maka perlu menekan tombol ALT+CTRL+5. 
  • Selesai mengambil tampilan gambar pada layar kamu bisa klik Save pada aplikasi Monosnap. 

Caranya sungguh mudah bukan? Untuk memulainya kamu harus instal dulu softwarenya, gratis kok. 

pickpick

4. Cara Screenshot di Laptop dengan PickPick

Selain aplikasi Monosnap, kamu juga bisa menggunakan PicPick yang juga gratis. Tak hanya digunakan untuk mengambil tangkapan pada layar, PickPick juga dilengkapi dengan fitur editing dasar. 

Kamu juga tak hanya bisa menyimpan gambar screenshot tetapi jika bisa digunakan untuk mengirimkan langsung ke sosial media atau email. Cara screenshot di PC menggunakan aplikasi PickPick adalah:

  • Download aplikasi PicPick terlebih dahulu, pastikan PC terhubung dengan internet yang stabil supaya proses bisa lebih cepat. 
  • Buka aplikasi PickPick kemudian instal supaya terpasang otomatis di laptop. 
  • Setelah itu buka layar PC yang ingin d screenshot, kemudian klik aplikasi PicPick yang biasanya terpasang pada bagian bawah layar sebelah kanan. 
  • Klik kanan aplikasi PicpIck dan screenshot layar yang ingin didapatkan. 

Langkah menggunakan PickPick tak jauh berbeda dengan Monosnap. Hanya saja hasil screenshot bisa dilanjutkan dengan proses editing dengan aplikasi sama. Kamu tak perlu lagi membuka aplikasi editing seperti Paint atau yang lainnya. 

jing

5. Cara Screenshot Komputer dengan Jing

Beda Lagi cara untuk mendapatkan screenshot jika kamu menggunakan aplikasi Jing. Aplikasi ini bukan hanya bisa digunakan untuk mengambil screenshot dan mengubahnya dalam file JPG tetapi juga hasilnya bisa langsung diunggah ke WEB  file FTP dan papan klip. 

Jika kamu ingin mengunggah gambar screenshot untuk dimasukan ke dalam web maka sangat bisa. Aplikasi ini akan bekerja secara otomatis untuk menciptakan URL konten dari screenshot tersebut. 

Jing adalah aplikasi yang bisa digunakan pada program Macintosh dan Microsoft Windows. Namun untuk bisa menjalankan program ini kamu harus mendaftar atau membuat akun terlebih dahulu. 

lightshot

6. Cara Screenshot Layar Laptop dengan Lightshot

Sebuah aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk menangkap layar laptop atau komputer sesuai yang dibutuhkan. Kamu perlu melakukan instalasi terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi ini. 

Sama seperti Monosnap, fitur yang dimiliki bukan hanya mengambil tangkapan gambar tetapi juga melakukan editing. Lightshot adalah aplikasi yang juga bisa membuat editing penambahan teks, coretan, dan lain sebagainya. 

Berikut ini langkah-langkah menggunakan aplikasinya. 

  • Nyalakan komputer dan browse aplikasi Lightshot lalu unduh. 
  • Setelah itu baru buka layar bagian mana yang hendak diambil gambarnya.
  • Baru setelah itu tekan tombol PrtSc SysRQ pada keyboard. 
  • Maka akan muncul pengaturan screenshot, kamu bisa klik kiri pada mouse, drag dan tarik bagian mana saja yang ingin tercapture. 
  • Setelah itu lepaskan mouse dan otomatis gambar yang sudah dipilih akan menjadi screenshot. 

Melalui aplikasi Lightshot kamu bisa langsung print hasil gambar, bisa disimpan atau dibagikan ke teman hingga mengeditnya terlebih dahulu. Semuanya bisa dilakukan dalam satu jenis aplikasi. 

google chrome

7. Cara Screenshot dengan Ekstensi di Google Chrome

Buat kamu yang ingin mendapatkan screenshot dari halaman web yang diakses, bisa juga menggunakan ekstensi Awesome Screenshot. Ekstensi ini gratis dan bisa kamu gunakan dengan mudah. 

Cara menggunakannya pun sangat mudah tidak terlalu banyak langkah, namun kamu harus terhubung terlebih dahulu dengan internet untuk mendapat ekstensinya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan. 

  • Buka Google Chrome kemudian pasang ekstensi Awesome Screenshot dan tambahkan ekstensi ini pada Chrome. Pasang add on seperti biasa ketika kamu menggunakan ekstensi lainnya. 
  • Ketika ekstensi sudah terpasang akan terlihat menu Capture Entire Page untuk mendapatkan ekstensi yang panjang pada PC. 
  • Buka halaman yang ingin di screenshot kemudian klik menu Capture Entire Page tersebut. Prosesnya biasanya menunggu waktu tapi tidak terlalu lama. 
  • Ketika proses selesai maka akan muncul tombol Done pada pojok kanan atas di halaman dan klik menu tersebut. 
  • Simpan hasil screenshot panjang tersebut dengan berbagai macam file, bisa berbentuk PDF atau disalin ke clipboard. 

Ekstensi ini hanya bisa digunakan untuk menangkap hasil pencarian dari Google Chrome. Jika kamu menggunakan web browser lain maka harus menambahkan ekstensi yang sama terlebih dahulu. Baru setelah itu bisa digunakan. 

ss via website

8. Cara Screenshot dengan Website

Jika kamu kesulitan menggunakan ekstensi untuk mengambil screenshot sebuah web secara penuh, bisa juga menggunakan web secara online. Salah satu web yang bisa kamu kunjungi adalah capturefullpage.com

Melalui web ini kamu bisa mendapatkan hasil screenshot web penuh. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka web browser kemudian masuk ke halaman capturefullpage.com. screenshot via capturepage 1
  • Pada kolom alamat web, kamu bisa memasukan link URL dari web yang ingin diambil gambarnya. screenshot via capturepage 2
  • Klik saya bukan robot untuk masuk ke dalam proses screenshot. Kemudian klik kirim dan tunggu hasilnya beberapa saat. screenshot via capturepage 3
  • Pilih menu download image jika kamu sudah selesai mengambil screenshot dari alamat web tersebut. 

Inilah beberapa cara screenshot di laptop yang bisa kamu dilakukan dan ikuti. Setiap caranya mudah tak ada yang sulit.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *