Begini Cara Rotate Video yang Bisa Anda Terapkan

Cara Rotate Video – Cara rotate video sedikit lebih sulit daripada merotasi gambar apabila terjadi kesalahan saat pengambilan.

Untuk merubah rotasi video, ada banyak cara yang bisa Anda terapkan, baik menggunakan fitur bawaan perangkat maupun menggunakan aplikasi. Berikut beberapa caranya yang bisa Anda coba.

Merotasi Video Menggunakan Bantuan Aplikasi dan Software

Teknik yang cukup membantu untuk melakukan rotasi video dengan mudah adalah dengan cara memanfaatkan aplikasi maupun software pendukung.

Untuk mendapatkan aplikasi editing video tersebut, Anda perlu melakukan pengunduhan aplikasi terlebih dahulu dengan bantuan jaringan internet.

Apabila akan melakukan rotasi video lewat PC atau laptop, beberapa aplikasi di bawah ini dapat diaplikasikan.

Selain mudah digunakan, fitur-fitur di dalamnya bisa Anda manfaatkan untuk berbagai proses edit video dengan berbagai macam kualitas dan format video yang mampu menghasilkan video dengan kualitas tinggi.

Berikut ini beberapa aplikasi dan software yang bisa Anda coba untuk merotasi gambar video:

vlc

1. Menggunakan VLC

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka video yang ingin dirotasi di VLC. Merotasi video dengan VLC bisa dengan beberapa cara.

Cara yang pertama buka menu Tools, pilih ‘Effects and Filters’. Pada menu ‘Adjusment and Effects’, klik opsi ‘Video Effects’ lalu centang bagian ‘Transform’.

Setelah itu tinggal pilih jenis rotasi yang diinginkan pada menu dropdown ‘Transform’. Anda juga bisa menggunakan menu ‘Rotate’ pada tab ‘Geometry’.

Cara lain yaitu cari opsi ‘Shout Stream’ pada VLC Show Output Stream, kemudian ‘Transcode’, dan pilih ‘Rotate Video Filter’. Terakhir klik Save.

Cara terakhir yaitu VLC Convert. Tinggal memilih file video dan klik Start. Otomatis aplikasi akan mengkonversi secara default.

Untuk menyimpan hasil permanen, buka menu Tools, kemudian klik ‘Preferences’.  Pada bagian bawah halaman tersebut aktifkan pengaturan ‘All’ untuk menyimpan file.

windows movie maker

2. Menggunakan Windows Movie Maker

Setelah membuka Windows Movie Maker, Anda hanya perlu mengimpor file video yang ingin diubah rotasinya.

Cara lain bisa langsung drag file ke jendela Movie Maker. Tahap editing video pada aplikasi terdiri dari beberapa macam tahap. Memang banyak menu bar pada jendela aplikasi yang akan Anda jumpai.

Tahap pertama adalah melalui Movie Maker Origin dengan memilih opsi ‘Editing’ pada menu Home Movie Maker.

Kemudian akan muncul dua pilihan untuk merotasi video yang telah diimpor, yaitu menu ‘Rotate Left’ untuk memutar tampilan video ke arah kiri dan ‘Rotate Right’ untuk memutar kearah kanan.

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah menyimpan hasil video yang telah dirotasi ke memori perangkat.

Untuk menyimpannya, klik menu ‘File’ pada menu bar Movie Maker, lalu pilih opsi ‘Save Movie’ untuk dapat menyimpan hasil video yang sudah diedit dengan sesuai.

freemake

3. Menggunakan Freemake Video Converter

Freemake Video Converter menjadi salah satu aplikasi editing video yang multifungsi. Selain itu aplikasi ini juga memiliki cara penggunaan yang cukup mudah, Anda tinggal menambahkan video yang akan dirotasi orientasinya.

Tampilan utama yaitu pilihan jenis format file video yang diinginkan, kemudian pilih sesuai keinginan.  Setelah itu akan muncul banyak pilihan konversi.

Pilih ‘Start Rotate’ pada sisi kanan halaman, lalu akan muncul opsi ‘Record Movie’ dan ‘Choose Movie’.

Selanjutnya, pilih ‘Choose Movie’ untuk menambah video. Setelah itu akan muncul tampilan video, pilih ikon di bawah, untuk merotasi video ke arah kanan atau ke arah kiri.

Anda bisa memilih rotasi pada 90, -90, atau 180 derajat untuk tampilan video. Aplikasi ini mendukung format AVI, MKV, WMV, maupun MP4.

Software ini bisa dipasang di PC, iOS, dan Android. Namun, Anda memerlukan Net Framework 4.0 client profile untuk menjalankan aplikasi satu ini.

4. Menggunakan Windows Media Player

Cara rotate video dengan Windows Media Player sangat menarik untuk diterapkan. Namun, cara ini hanya berlaku saat sedang menonton video tersebut.

Untuk dapat mengubah rotasi sebuah video, Anda tinggal menekan kombinasi tombol pada keyboard, dengan cepat video akan berubah orientasinya.

Untuk mengubah rotasi video 90o ke kanan, tekan Ctrl + Alt + Right Arrow (tombol arah kanan). Untuk rotasi video 90o ke arah kiri, tekan Ctrl + Alt + Left Arrow (tombol arah kiri) pada keyboard.

Atau bisa menekan Ctrl + Alt + Down Arrow (tombol arah bawah) untuk arah rotasi  180o video ke bawah.

Yang terakhir yaitu tekan Ctrl + Alt + Up Arrow (tombol arah atas) untuk mengubah rotasi video 180o  ke arah atas.

Perlu dicatat bahwa tampilan layar dekstop akan ikut berputar jika Anda melakukan perintah rotasi menggunakan keyboard dengan tampilan layar yang tidak penuh saat sedang memutar video.

rotate & flip

5. Menggunakan Rotate and Flip Video

Langkah awal yaitu membuka aplikasi Rotate & Flip Video, klik ikon kamera video pada bagian tengah halaman. Setelah itu pilih opsi ‘Video’ dan OK.

Kemudian pilih video pada galeri smartphone yang ingin diubah rotasinya. Jika sudah memilih, klik Select pada bagian kanan layar aplikasi.

Rotasi video dengan menekan opsi atau ikon ‘90’. Lakukan pemutaran hingga orientasi atau tampilan video sesuai dengan keinginan.

Apabila video selesai dirotasi, klik Save pada bagian bawah layar. Hasil pengeditan video tersebut otomatis akan tersimpan pada galeri ponsel.

Aplikasi ini mendukung berbagai format video seperti MP4, FLV, MPG, AVI, dan WMV. Anda tidak perlu khawatir karena kualitas video yang dihasilkan sangat memuaskan.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan ukuran video yang akan diedit agar tidak terjadi lemot saat melakukan editing video.

Merotasi Video Tanpa Menggunakan Aplikasi

Memutar tampilan video sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus memasang aplikasi maupun software pendukung.

Caranya yaitu langsung melalui situs tertentu bernama Video Cutter. Dengan menggunakan layanan Video Cutter, Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi tambahan pada perangkat yang dimiliki.

Cara rotate video menggunakan layanan ini yaitu dengan membuka situs Video Cutter dengan mengetik https://online-video-cutter.com/id/ pada pencarian browser.

video cutter

Selanjutnya halaman web akan menampilkan fitur untuk mengunggah file video yang akan diedit. Klik ‘Pilih File’ dan cari videonya.

rotasi video

Setelah memilih video, klik tanda rotasi. Anda bisa memilih untuk memutar video pada 90, 180, atau 270 derajat.

rotasi gambar

Jika sudah, pilih kualitas video yang diinginkan pada menu Quality. Lalu klik saja Simpan setelah semua langkah tersebut dilakukan. Hasil rotasi video akan muncul otomatis dan bisa di-download.

memutar video

Selain merotasi video, Video Cutter juga bisa digunakan untuk memperpendek durasi video. Rotasi video bisa diterapkan pada video berdurasi pendek hingga video yang berdurasi 10 sampai 15 menit.

Untuk memotong durasi video juga bisa memilih ukuran atau tipe kualitas video yang diinginkan.

Keunggulan dari pengedit video ini adalah gratis dan tidak perlu pendaftaran. Proses editing-nya juga mudah dilakukan.

Layanan online lain seperti Video Rotate, Rotate Video, dan Kapwing juga bisa digunakan saat ingin merotasi video tanpa aplikasi, sehingga cukup efisien untuk Anda gunakan.

Merotasi Video Menggunakan Android

Ketika merekam sebuah video di smartphone, terkadang hasilnya akan terbalik dengan proses pembuatannya, sehingga harus dirotasi agar tampilannya sesuai.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan fitur dalam android yang tersedia, misalnya Google Photos yang berfungsi menyimpan video dan foto ke drive.

Jika belum terpasang, maka Anda harus mengunduhnya di Play Store. Untuk dapat mengakses Google Photos tersebut, Anda perlu login akun Google.

Langkah pertama yang dilakukan adalah membuka aplikasi Google Photos pada smartphone.

google photos

Setelah membuka Google Photos, silahkan pilih video yang akan diputar rotasinya pada galeri ponsel. Kemudian klik ‘Edit’ pada bagian tengah halaman aplikasi untuk memulai mengedit video.

cara merotasi video

Selanjutnya aplikasi akan otomatis memutar video tersebut. Pilih rotasi video dan kualitas video yang diinginkan.

cara merotasi gambar

Jika proses pengeditan video telah usai, klik Simpan.

merotasi gambar

Tahap berikutnya Google Photos akan memproses lalu menyimpan video yang telah diubah rotasinya. Merotasi video melalui android tersebut akan memudahkan Anda untuk langsung menyimpan hasil video di ponsel android.

Berbagai cara rotate video di atas dapat Anda pilih sesuai keinginan. Dengan memanfaatkan situs dan aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan di atas, maka Anda akan lebih mudah saat ingin mengedit video tertentu yang dirasa kurang sesuai.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *