Cara Reset Hp Samsung Kembali Seperti Baru Ternyata Mudah

Cara Reset Hp Samsung – Siapa yang tidak mengenal hp merk Samsung? Perusahaan asal Korea Selatan ini menciptakan berbagai alat elektronik dan smartphone menjadi salah satu produk unggulannya. Memiliki berbagai macam hp di berbagai kelas, merek ini laris di pasaran.

Mengusung teknologi android, Samsung menjadi merk smartphone yang lebih unggul dibandingkan hp keluaran China. Tentu saja harganya sedikit lebih mahal dibandingkan hp lain dengan spek sama.

Keunggulan hp ini adalah tahan banting dan terus menciptakan seri baru setiap tahunnya. Namun untuk membeli hp Samsung bekas atau ketika software mulai mengalami masalah mereset hp adalah cara yang praktis.

Bagaimana cara reset hp Samsung? Apakah bisa dilakukan dengan mudah? Bagi kamu yang mengalami masalah pada hp Samsung, berikut di bawah ini adalah cara resetnya dengan mudah.

3 Macam Cara Reset Hp Samsung dengan Mudah

Cara reset hp android bertujuan untuk mengembalikan pengaturannya ke pengaturan pabrik. Disebut juga sebagai factory reset, di mana hp seperti diinstal ulang. Jadi bagi para pemilik hp harus tahu apa saja yang akan terjadi setelah reset dan persiapannya.

Pertama, data yang ada di ponsel sebaiknya dicadangkan ke perangkat lain terlebih dahulu. Supaya data tetap aman karena usai direset semua data yang tersimpan akan hilang. Kedua jika terjadi kerusakan pada hardware maka factory reset tidak akan memberikan dampak.

Apabila yang rusak adalah sistem misalnya saja karena memori penuh atau terkena virus maka factory reset adalah jalan satu-satunya yang bisa dilakukan. Untuk cara reset hp Samsung sendiri ada beberapa cara, berikut ini yang bisa diikuti.

cara mereset hp samsung

1. Menggunakan Kode Dial Rahasia Samsung

Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan kode rahasia yang hp Samsung. Kode ini bisa kamu hafalkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kode rahasia ini berbeda-beda tergantung dengan tipe ponsel yang digunakan.

Cara mereset hp Samsung dengan memanfaatkan kode rahasia ini bisa dilakukan melalui menu dial atau telepon layaknya hendak mengecek pulsa. Cukup dengan tiga langkah berikut ini proses reset akan berjalan dengan cepat.

1.Bukalah hp Samsung kamu dan langsung masuk ke menu dial atau telepon.

2. Kemudian kamu bisa mengetik kode rahasia yaitu *2767*3855# dan tekan telepon.

3. Hp Samsung kamu akan langsung masuk ke proses reset dan bisa ditunggu sampai selesai.

Untuk melakukan cara ini hanya bisa dilakukan jika ponsel kamu masih bisa mengakses keyboard. Tapi jika tidak maka perlu memilih cara yang lainnya. Selain itu juga sebelum memulai proses reset, kamu harus logout akun dari aplikasi yang digunakan.

2. Melalui Menu Pengaturan di Smartphone

Pada cara reset hp Samsung yang kedua ini biasanya dilakukan ketika hp sudah mulai lemot atau ingin menjualnya. Kembali ke pengaturan pabrik sebelum menjual hp akan mengamankan data-data dan login akun dari aplikasi.

Biasanya aplikasi yang tadinya sudah diunduh juga akan ikut hilang dan memori ponsel pun akan kembali seperti awal sebelum digunakan. Inilah yang membuat operasional hp Samsung sama seperti baru.

Untuk bisa melakukan cara ini tentu sebelumnya hp masih bisa mengakses masuk ke dalam sistem. Selanjutnya adalah masuk ke menu pengaturan. Berikut dibawah ini langkah lengkapnya.

1. Carilah menu pengaturan dan ketuk untuk masuk.

2. Pilih menu Backup and Reset dan pilih menu Factory Reset.

3. Ketuk Reset Device yang tersedia dan proses reset akan berjalan.

Hp Samsung akan masuk ke proses reset kurang lebih selama 10 menit. Pastikan saja sebelum kamu melakukan cara ini hp harus memiliki baterai yang cukup. Setidaknya minimal 75 persen karena proses ini membutuhkan banyak daya.

3. Masuk dengan Android Recovery Samsung

Cara mereset hp Samsung selanjutnya yang biasa dilakukan ketika ponsel sudah tidak bisa masuk lagi ke dalam sistem. Biasanya ketika ponsel blank kamu tidak bisa mereset dengan kedua cara di atas, maka jalan satu-satunya adalah melalui android recovery.

Sama seperti sistem reset yang kedua, ponsel juga harus memiliki daya setidaknya lebih dari 70 persen. Karena jangan sampai ditengah proses hp mati karena tidak memiliki daya. Berikut dibawah ini adalah cara melakukan yang bisa diikuti dengan mudah:

1. Matikan ponsel jika hp masih bisa berfungsi, jika tidak kamu bisa menekan tombol Volume Up, Home dan Power bersamaan selama beberapa detik.

2. Maka akan muncul beberapa menu. Pilih Factory Reset dan Wipe Data, untuk memilih kamu bisa tekan volume up.

3. Setelah itu tekan home jika pilihannya sudah benar untuk memulai proses reset.

4. Tunggu beberapa saat hingga muncul menu Reboot System dan kamu bisa menemukannya.

Sama seperti cara yang lainnya, proses reboot ini membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Semakin banyak data dan aplikasi yang tadinya tersimpan maka waktu reset juga bisa berjalan lebih lama. Inilah sebabnya dibutuhkan daya yang mencukupi.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *