cara registrasi idm
Tutorial

Praktis, Ketahui Ini Cara Registrasi IDM Permanen

Cara Registrasi IDM – Sebagai salah satu bentuk hiburan, pastinya ada beberapa orang diantara Anda yang memilih untuk menonton ataupun bermain game. 

Nah, untuk menonton ini sendiri, untuk lebih menghemat kuota, pastikan Anda menikmatinya dari unduhan bukan secara streaming. Tapi, kebanyakan orang mengeluhkan tidak bisa melakukan pengunduhan karena terhambat dari IDM-nya.

Pasti Anda sering mengalami bukan, ketika Anda akan mengunduh sesuatu, tetapi terhambat dengan adanya kotak dialog yang memberitahukan Anda bahwa aplikasi IDM (Internet Download Manager) Anda masa trialnya sudah habis waktu.

Hal ini terjadi karena masa aktif trial aplikasi IDM ini hanyalah berada dalam jangka waktu 30 hari. Sehingga, untuk bisa menggunakan kembali aplikasi IDM ini, Anda harus melakukan registrasi IDM terlebih dahulu.

registrasi idm

Image: play.google.com

Apa itu IDM?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai registrasi dan hal lainnya yang harus Anda lakukan, pertama-tama Anda harus tahu dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan aplikasi IDM itu.

IDM atau Internet Download Manager sendiri merupakan salah satu perangkat lunak atau software yang difungsikan untuk melakukan pengunduhan pada file atau data yang ada di internet dengan akses yang bisa digunakan untuk meneruskannya kembali (resume).

Maksud dari fitur resume ini yaitu Anda bisa melakukan pengunduhan yang sebelumnya terhentikan, baik karena ada masalah teknis dari jaringan internetnya maupun dari perangkat PC-nya.

Sehingga, apabila masalah tersebut sudah berhasil Anda atasi, maka Anda bisa dengan mudah melanjutkan kembali unduhan yang sempat tertunda sebelumnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan pengunduhan dari awal lagi.

Hal ini dikarenakan IDM mempunyai sistem yang membuat data unduhan dapat terbagi menjadi beberapa bagian, yang mana setelah file unduhan selesai secara keseluruhan, maka IDM akan menyatukan kembali file tersebut menjadi data yang utuh.

Fitur ini biasanya disebut dengan fitur multipart, yang menjadi salah satu fitur andalan dari IDM, yang sangat jarang Anda temukan pada software lainnya. 

Baca Juga: Cara mengganti background foto online

Selain itu, dengan menggunakan IDM, Anda bisa melakukan pengunduhan file dengan kecepatan download yang lebih maksimal dari penggunaan software yang lainnya. Hal ini dikarenakan IDM mempunyai kemampuan untuk melakukan segmentasi file dengan otomatis.

Bahkan, pihak IDM-nya sendiri mengatakan bahwa kecepatan proses pengunduhan mereka mempunyai kecepatan 500% lebih cepat dari perangkat lainnya yang memiliki fungsi sejenis. Tentunya hal ini tidak lepas dari adanya kecanggihan teknologi yang mendukungnya.

IDM ini juga mempunyai desain grafis dan interface yang sederhana sehingga sering dijuluki sebagai perangkat lunak yang user friendly. 

Namun, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, yang banyak menjadi kendala bagi pengguna IDM ini adalah ketika masa aktif trial programnya sudah berakhir.

Karena pada dasarnya IDM ini hanya memberikan masa uji coba sebanyak 30 hari.

Sehingga, ketika hal itu terjadi hal yang harus Anda lakukan adalah melakukan registrasi IDM supaya software tersebut bisa digunakan kembali seperti sedia kala. Caranya sendiri sangat mudah dan pastinya bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu meminta bantuan. 

Yang Anda perlukan hanyalah patch IDM, apa itu patch IDM? Patch ini merupakan aplikasi bantuan yang bisa Anda gunakan untuk melakukan update program, di dalamnya terdapat banyak kumpulan kode yang sangat berguna untuk mengembangkan suatu program.

Termasuk program software IDM, yang mana dalam proses registrasinya memerlukan kode untuk agar bisa di-update menjadi IDM full version, bukan trial version. Untuk cara registrasi lengkapnya, Anda bisa simak beberapa cara berikut.

Bagaimana Cara Registrasi IDM Gratis secara Permanen?

Cara Registrasi IDM Gratis secara Permanen

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda bisa melakukan registrasi dengan menggunakan patch. Hal ini termasuk ke dalam cara registrasi IDM yang bisa dilakukan dengan gratis, tanpa perlu membeli lisensi IDM itu sendiri.

Selain gratis, cara melakukan registrasinya pun terbilang sangat mudah, maka tidak heran apabila banyak orang yang mencoba untuk melakukan registrasi dengan cara yang satu ini.

Namun, beberapa orang justru mengalami kendala dalam mencari patch-nya. Hal ini dikarenakan pihak developer IDM selalu melakukan update software dalam jangka waktu per 30 hari, sehingga rata-rata orang akan kesulitan untuk menemukan patch yang tepat.

Padahal sebenarnya update IDM yang dilakukan dalam waktu dekat ini sangat bermanfaat untuk peningkatan kualitas kerja dari IDM itu sendiri, sehingga performanya akan lebih baik dari sebelumnya. 

Kembali lagi ke pembahasan cara registrasi IDM dengan menggunakan patch, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini untuk melakukan registrasinya dengan mudah.

  • Lakukan Update Software IDM

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, bahwa software IDM ini selalu mengalami update resmi dari developernya untuk setiap bulan. Nah, apabila Anda belum melakukan update ke versi terbaru, sebaiknya Anda melakukan hal ini dengan segera.

Untuk melakukan update IDM ini, sebaiknya Anda melakukannya di situs resminya, agar Anda mendapatkan software dengan update terbarunya yang tepat. 

Setelah Anda berhasil melakukan update terhadap software IDM ini, maka secara otomatis akan muncul kotak dialog yang akan memberi peringatan bagi Anda untuk segera melakukan registrasi. 

Namun, Anda tidak perlu risau, cukup tekan tombol Cancel, kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol Exit agar keluar dari software IDM.

  • Download Patch Software IDM

Setelah Anda berhasil memperbarui versi IDM yang Anda punya, maka lanjutkan dengan melakukan pengunduhan patch software IDM, disarankan untuk mengunduh patch IDM v6.3x. 

Hal ini dilakukan agar IDM Anda menjadi full version sehingga Anda tidak akan menerima notifikasi perintah untuk melakukan registrasi kembali.

Setelah berhasil mengunduh patch, kemudian langsung extract dengan menggunakan WinRAR. Perlu Anda ketahui, pada saat proses extract patch ini, biasanya anti virus yang terdapat pada perangkat Anda akan mendeteksi patch ini sebagai virus.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena hal ini bisa dibilang merupakan hal yang sangat wajar. Karena program patch akan bekerja dengan melakukan modifikasi terhadap program lainnya, sehingga akan dianggap sebagai virus.

Meskipun begitu, program patch ini tidak akan menimbulkan efek yang merugikan pada perangkat komputer Anda maupun pada aplikasi lainnya.

Sehingga Anda hanya perlu melanjutkan prosesnya dengan mulai membuka software IDM v6.3x patch tersebut, kemudian dilanjut dengan mengklik pilihan patch atau crack untuk memulai proses patching.

Apabila kemudian muncul kolom untuk pengisian identitas, Anda hanya perlu memasukkan nama dan identitas Anda lainnya yang sesuai. Namun, apabila tidak ada permintaan seperti ini, Anda tidak perlu khawatir.

Setelah proses patching software IDM ini berhasil, maka Anda akan melihat pemberitahuan yang menampilkan tulisan ‘’Patching Done’’, kemudian klik ‘’Ok’’.

Setelah itu, Anda coba buka kembali software IDM yang sebenarnya, kemudian periksa apakah IDM Anda masih harus melakukan registrasi IDM atau tidak. Untuk memeriksa hal ini, Anda tinggal membuka menu ‘’Help’’.

Dari menu ‘’Help’’ ini, kemudian Anda cari pilihan ‘’About’’, apabila registrasi sudah dinyatakan berhasil, maka di sana akan muncul nama dari identitas yang Anda masukkan pada saat proses patching. 

Selain terdapat tampilan nama, pada menu ‘’About’’ ini juga akan tampil digit pertama dari serial number IDM yang telah terinstall dari hasil patching. Dengan begitu, maka software DIM yang Anda miliki ini sudah berhasil menjadi full version.

Apabila Anda mengalami gangguan pada beberapa hari kemudian dengan munculnya pemberitahuan yang menyatakan bahwa Anda menggunakan serial number IDM yang palsu, tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa menanggulanginya.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan patching ulang dengan melakukan langkah-langkah seperti yang sudah Anda lakukan sebelumnya dan juga tetap menggunakan program software patch IDM yang sama. 

Bagaimana Cara Registrasi IDM Menggunakan Serial Number IDM?

Cara Registrasi IDM Menggunakan Serial Number IDM

Image: id.wikipedia.org

Cara registrasi IDM yang lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara menggunakan serial number yang ada pada IDM.

Cara yang satu ini bisa Anda lakukan apabila Anda sudah melakukan pembelian software IDM secara lengkap.

  • Download dan Install IDM

Hal pertama yang harus Anda lakukan pastinya adalah mengunduh software IDM terlebih dahulu. Dalam hal ini, Anda bebas untuk mengunduh versi IDM yang manapun yang penting akan cocok untuk digunakan pada perangkat Anda.

Setelah berhasil mengunduh softwarenya, lanjutkan ke proses penginstallan IDM. Pada saat menginstal IDM, pastikan Anda mematikan koneksi internet perangkat Anda terlebih dahulu.

Apabila Anda mendapatkan notifikasi untuk melakukan registrasi, maka Anda bisa mengabaikannya terlebih dahulu dengan cara menekan tombol ‘’Cancel’’ atau ‘’Exit’’. 

  • Open Hosts

Selanjutnya, silahkan Anda buka Windows Explorer atau File Explorer yang menyimpan semua file unduhan IDM. Kemudian cari file yang bernama ‘’Hosts’’.

Setelah itu, Anda buka Hosts tersebut bersamaan dengan software text editor seperti notepad atau notepad++ dan yang lainnya. Kemudian isi Hosts tersebut dengan link Localhosts yang bisa Anda cari secara lengkapnya di internet.

  • Isi Serial Number Registration

Setelah itu, Anda bisa memulai untuk menyalakan koneksi internet Anda untuk mulai melakukan registrasi. Kemudian buka software IDM, yang mana akan tampil kotak dialog yang menunjukkan menu registrasi.

Dalam menu registrasi tersebut terdapat form yang harus Anda isi sesuai dengan identitas Anda, mulai dari first name, last name, email, dan juga serial number. Kemudian, apabila sudah terisi dengan lengkap, tekan tombol ‘’OK’’.

Anda hanya perlu memasukkan serial number yang terdapat pada lisensi IDM yang sudah Anda beli sebelumnya, kemudian pastikan bahwa registrasi yang Anda lakukan sudah berhasil dengan membuka menu ‘’Help’’, lalu pilih ‘’About’’.

Nah, itulah serangkaian cara registrasi IDM yang bisa Anda lakukan dengan sangat mudah dan tentunya cepat, smeoga bermanfaat yah Sahabat Tedas.id.

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *