Tutorial

Cara Reboot Hp Xiaomi Dan Restart agar Tidak Lemot Lagi

Cara reboot hp Xiaomi

Artikel terakhir diperbaharui 17-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Xiaomi salah satu produsen smartphone asal China cukup menguasai pasar di Indonesia.

Bagi kamu pemilik smartphone ini perlu tahu bagaimana cara reboot hp Xiaomi. Pasalnya tak jarang smartphone yang sudah digunakan sejak lama mengalami masalah lemot. 

Kinerja ponsel yang lambat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika kamu menggunakannya untuk bekerja.

Bukan cuma chat atau vcall saja yang lemot, ketika kamu membuka aplikasi tertentu ponsel akan bekerja dengan berat sehingga menjadi lambat. 

Ada dua alternatif cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Pertama adalah melakukan reboot atau restart dan jika tidak ada perubahan kamu bisa menggunakan cara reset. 

Kedua jenis proses tersebut bisa dilakukan sendiri tanpa kamu harus pergi ke customer service Xiaomi. Mengetahui caranya dan bisa melakukan sendiri akan menghemat waktumu untuk memperbaiki ponsel. 

Cara Reboot hp Xiaomi Paling Mudah

Istilah reboot berbeda dengan restart, jadi jangan sampai salah dan justru membedakannya. Reboot sendiri artinya adalah memulai kembali dalam sistem. Sedangkan restart adalah mulai sistem saja. 

Khusus untuk ponsel Xiaomi semua tipe, cara restartnya hampir sama semua. Walaupun ketika kamu masuk ke halaman utama ponsel tidak akan menemukan menu ini.

Kamu juga tidak akan menemukannya pada menu pengaturan ponsel. 

Nah tujuan dari dilakukan  restart ini adalah untuk mengatasi eror pada fitur ponsel. Selain itu memori juga akan dibersihkan sehingga RAM menjadi kosong. Tapi perlu diperhatikan, yang dibersihkan adalah cache namun bukan file dalam smartphone. 

Oleh karena itulah proses restart yang dilakukan cukup aman tanpa kamu harus melakukan backup. Untuk cara restart hp Xiaomi yang mudah bisa kamu ikuti sebagai berikut ini. 

  1. Tekan tombol power pada ponsel selama beberapa detik. 
  2. Tunggu sampai perubahan pada layar muncul dan terlihat beberapa pilihan menu. Kamu bisa klik menu reboot atau restart. 
  3. Biarkan ponsel melakukan ponsel reboot dan menyala kembali. 

Pada beberapa jenis Xiaomi setelah menyala kembali kamu harus memasukan password agar bisa masuk ke dalam sistem ponsel. Namun ada juga yang bisa langsung terhubung ke sistem. 

Setelah menyala kembali artinya proses restart sudah selesai dan kinerja ponsel jadi lebih ringan. Kamu bisa mencoba untuk membuka beberapa aplikasi yang tadinya sulit untuk dioperasikan. 

Jika ternyata masih muncul kesulitan atau sistem tidak mau bekerja, artinya kamu harus mencoba cara lain yaitu reboot. 

Macam-Macam Cara Reboot Hp Xiaomi 

Reset artinya adalah mengembalikan pengaturan sistem ke pabrik. Jadi semua sistem akan diulang kembali seperti pada pengaturan pabrik atau awalnya. Perbedaan yang sangat besar terjadi di sini. 

Ketika kamu melakukan reset artinya banyak data yang akan dihilangkan. Biasanya reset dilakukan untuk ponsel yang akan dijual. Sehingga data-data pemilik sebelumnya tidak akan tertinggal dan bisa diakses oleh orang lain. 

Cara reboot hp Xiaomi dan restart pun berbeda. Ada dua cara reboot yang tersedia yaitu hard reset dan juga factory reset. Keduanya bukan hanya sekedar menyalakan ulang ponsel tetapi harus masuk ke dalam sistem atau pengaturan. 

Hal yang perlu diingat ketika melakukan reboot adalah dengan mempersiapkan baterai ponsel dengan banyak kapasitas. Pasalnya proses reset ini sedikit lebih lama sehingga membutuhkan waktu lebih banyak. 

Lebih baik untuk mempersiapkan charger sehingga proses reset akan berjalan sempurna. 

Langkah Cara Reboot Hp Xiaomi melalui Tombol Power

Cara yang pertama ini termasuk dalam hard reset dan mirip dengan restart kamu hanya perlu memainkan tombol power di ponsel. 

Perlu diingat karena tidak menggunakan layar touchscreen kamu harus memainkan tombol volume up untuk naik dan volume down untuk turun. Cara reboot hp Xiaomi lengkap adalah sebagai berikut:

1. Menekan tombol power dan volume up

Langkah pertama adalah menekan tombol power up dan volume up bersamaan. Biasanya ditekan selama beberapa detik sampai layar ponsel berubah. Kamu akan melihat tampilan logo Xiaomi menyala. 

2. Memilih menu wipe data

Selanjutnya kamu akan melihat menu recovery mode di layar. Ada beberapa pilihan menu dan kamu perlu menekan Wipe data. 

Namun untuk memilih menu ini kamu harus menekan tombol volume up atau down sehingga mengarahkan menu ke menu tersebut. Tidak bisa memilih menu dengan menekan layar ponsel. 

Jika pilihannya sudah jatuh pada wipe data untuk memilihnya kamu tinggal tekan tombol power saja. 

3. Memilih wipe all data

Langkah masih berlanjut pada konfirmasi untuk membersihkan semua data. Kamu akan mendapat tampilan menu Konfirmasi  dan cancel setelah langkah kedua. 

Tekan kembali tombol volume up atau down untuk memilih menu confirm. Untuk melanjutkan kamu tinggal tekan tombol power. Sisanya tinggal menunggu proses berlangsung. 

4. Kembali pada menu recovery mode

Jika data sudah selesai dibersihkan, maka selanjutnya adalah proses reset. Kamu perlu kembali ke menu utama dengan memilih menu back to main menu. 

Caranya masih sama yaitu tekan ok dengan tombol power. Sedangkan untuk menjalankan pilihan tinggal menggunakan tombol volume up dan down. 

5. Proses reset hp Xiaomi

Pada tahapan selanjutnya kamu akan melihat beberapa pilihan menu reboot kemudian lanjutkan dengan menu reboot to system. 

Usai melakukan langkah ini maka ponsel akan masuk ke proses restart otomatis.

Tinggal menunggu saja ponsel kamu menyala dan sudah kembali tampilan pabrik. Data yang tadinya disimpan juga akan hilang. 

Langkah Reboot Hp Xiaomi dengan Menu Setting

Cara reboot hp Xiaomi di atas jika dirasa kurang praktis kamu bisa mencoba dengan masuk ke menu settings atau pengaturan. Semua ponsel Xiaomi sudah dilengkapi dengan pengaturan reboot untuk dipilih. 

Bagi kamu yang lebih memilih cara ini bisa mengikutinya berikut. 

1. Masuk terlebih dulu ke menu settings

Kamu perlu memilih menu settings terlebih dahulu, tentunya kamu sudah tahu letaknya dong. Setelah itu pada halaman yang muncul kamu bisa klik menu About Phone. 

Setelah itu pilih menu Backup & Reset untuk memulai prosesnya. 

2. Menghapus semua data

Selanjutnya adalah dengan memilih menu erase all data atau factory reset. 

3. Memulai proses reboot

Sisanya kamu tinggal memilih kembali menu reset phone pada bagian paling bawah. 

Sampai pada langkah ketiga ini kamu harus mengkonfirmasi password dan juga id. Baru setelah itu ponsel akan masuk ke tahapan reboot. Tinggal tunggu sampai selesai. 

Pada dasarnya proses reboot ini juga tersedia pada merk smartphone apapun. Hanya saja pilihan menu atau nama menunya sedikit berbeda.

Selain itu untuk mempersiapkan supaya tidak ada data hilang, kamu perlu menyimpan data penting ke perangkat lainnya. 

Kamu bisa memanfaatkan GDrive yang menyediakan ruang penyimpanan online praktis. Baru setelah itu kamu bisa memulai untuk mengikuti cara reboot hp Xiaomi di atas dengan mudah. 

Kamu pemilik ponsel merk lain juga bisa melakukan langkah yang sama jika ponsel dirasa lemot. 

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *