cara promosi di instagram story
Tutorial

8 Cara Promosi Di Instagram Untuk Pemula

Artikel terakhir diperbaharui 16-08-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Promosi Di Instagram – Penggunaan media sosial hari ini sangat berguna untuk mempromosikan suatu produk barang atau jasa.

Salah satu marketing channel yang sangat menjanjikan saat ini adalah media sosial Instagram. Data Napoleon Cat merilis bahwa pengguna sosial media Instagram di Indonesia pada periode Januari-Mei tahun 2020 telah mencapai 69,2 juta pengguna.

Itu artinya, hampir seperempat masyarakat Indonesia menggunakan sosial media Instagram. Indonesia juga mencetak rekor dengan pengguna Instagram terbesar ke-4 sedunia pada tahun 2019.

Sehingga, Instagram merupakan sosial media yang tepat bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya melalui dunia digital.

Mulai dari pelaku bisnis kecil hingga perusahaan besar banyak menggunakan platform media sosial khususnya Instagram untuk melakukan promosi dan menggaet target pasar.

Instagram bisa menjadi media promosi agar suatu produk dapat dikenal oleh banyak orang dengan pasar yang lebih luas secara gratis hingga berbayar.

Untuk itu, bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara promosi di Instagram yang ampuh, simak dengan seksama ulasan di artikel ini mengenai cara promosi Instagram

Cara Promosi di Instagram

Cara promosi di Instagram bisa anda lakukan dengan beberapa cara. Bisa menggunakan Instagram ads, instagram story, dan juga feed Instagram.

Jenis apapun bisnis yang anda jalankan, anda bisa menggunakan Instagram untuk melakukan promosi secara berbayar maupun gratis.

Untuk itu, ini dia cara promosi di Instagram yang bisa anda ikuti untuk merapikan akun bisnis Instagram anda.

1. Buat Akun Instagram Bisnis

Ubah akun Instagram anda ke akun Instagram bisnis adalah hal dasar dari cara promosi di Instagram. Fitur-fitur yang ada di Instagram bisnis akan sangat membantu anda.

Dengan mengaktifkan Instagram bisnis, anda bisa menganalisis berapa banyak audience yang sudah berhasil dijangkau oleh akun bisnis anda.

Selain itu, anda bisa mengetahui aktivitas pengguna Instagram terhadap postingan di akun bisnis anda. Cara untuk membuat akun instagram cukup mudah.

Anda tinggal mengunjungi profil akun, lalu klik setting atau pengaturan, pilih opsi account atau akun.

Lalu klik opsi switch to business account. Setelah itu anda tinggal mengikuti langkah-langkah selanjutnya.

2. Buat Akun Instagram Serapi Mungkin

Cara promosi di Instagram selanjutnya adalah hal basic yang harus anda lakukan yakni membuat akun instagram anda menjadi menarik dan rapi.

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membuat akun anda menarik dan mudah diingat oleh konsumen.

  • Buat username yang singkat, jelas, dan mudah diingat
  • Gunakan profile picture yang bagus atau bisa dengan menggunakan logo toko
  • Lengkapi BIO dengan menambahkan deskripsi singkat, kata kunci seperti “Everyday is a Good Day with Us!” atau kata kunci menarik lainnya, cantumkan kontak, dan berikan link website. Agar lebih unik, ini cara ubah font bio di Instagram.
  • Perhatikan tema feed Instagram dengan membuat ciri khas sendiri seperti dari warna tone dan konten-konten khusus yang menarik
  • Posting konten di Instagram secara konsisten dan cari waktu terbaik untuk posting agar mendapatkan engagement tinggi
  • Berikan informasi detail pada produk yang diposting agar konsumen mendapatkan informasi yang diinginkan
  • Share testimoni pelanggan agar menjadi salah satu bukti untuk membangun trust konsumen kepada produk anda

Anda harus memerhatikan hal-hal di atas agar akun Instagram anda terlihat lebih bagus dan profesional sehingga menarik untuk dikunjungi.
cara promosi di instagram

3. Gunakan Fitur Instagram Ads

Menggunakan Instagram Ads atau iklan ini memang merupakan cara promosi di Instagram yang cukup efektif dan mudah untuk dilakukan.

Cara promosi Instagram dengan menggunakan iklan dapat mempromosikan produk anda ke pengguna Instagram yang sesuai dengan orang yang ingin dijangkau.

Untuk melakukan cara promosi di Instagram dengan menggunakan Instagram Ads, anda harus memiliki akun Facebook Ads Manager.

Ini dia langkah-langkah atau cara promosi Instagram melalui fitur iklan:

  • Buka profil akun Instagram anda
  • Pilih konten atau postingan yang akan anda promosikan
  • Lalu klik “promosikan” di bawah gambar postingan yang anda pilih
  • Isi informasi promosi seperti destinasi, pemirsa atau konsumen yang ingin anda jangkau, anggaran, dan durasi promosi
  • Hubungkan ke halaman Facebook atau lewati
  • Lalu klik “Buat Promosi” pada Tinjauan

Setelah itu promosi anda akan ditinjau oleh pihak Instagram untuk mengecek kesesuaiannya. Promosi akan ditayangkan setelah ditinjau dan disetujui oleh pihak Instagram.

4. Gunakan Fitur Instagram Story

Cara promosi di Instagram Story secara konsisten akan membantu akun anda lebih aktif. Anda bisa posting konten atau promosi produk melalui Instagram Story secara berulang dengan frekuensi yang teratur.

Cara promosi di Instagram Story bisa anda lakukan dengan gratis hanya bermodalkan konten dan foto produk atau jasa semenarik mungkin.

Tips cara promosi di Instagram Story lainnya adalah dengan men-tag sejumlah akun yang sekiranya akan merepost ulang postingan anda. Ini akan membantu untuk menyebarluaskan akun anda ke lebih banyak konsumen.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur Instagram story highlights, swipe up, membuat konten polling untuk menaikkan engagement, dan masih banyak lagi.

5. Lakukan Paid Promote

Paid promote adalah cara promosi di Instagram berbayar melalui para influencer. Anda tinggal memberikan foto, gambar, atau brosur serta caption yang harus diposting oleh influencer.

Setelah itu, influencer akan memposting sesuai keinginan anda. Sekarang sudah banyak orang-orang yang membuka paid promote dengan harga yang bervariasi.

Cara ini bisa membantu anda untuk mempromosikan produk barang atau jasa kepada followers aktif dari akun yang anda pilih untuk melakukan paid promote.

6. Lakukan Endorsement

Endorsement merupakan cara promosi di Instagram dengan teknik memberikan produk kepada influencer atau selebgram untuk direview dan dipromosikan.

Cara promosi di Instagram melalui endorsement akan sangat berguna dan memiliki efek signifikan untuk menaikan popularitas produk anda apabila anda memilih influencer yang tepat.

Pilihlah influencer atau selebgram yang sesuai dengan target market dari produk yang akan anda promosikan.

Jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu engagement dari akun influencer yang anda tuju. Serta sesuaikan harga endorse dengan budget yang anda miliki.

Biasanya para influencer sudah memiliki range harga untuk promosi barang endorsement. Anda bisa memilih sesuai paket yang disediakan seperti mau promosi lewat feed, Instagram Story, atau keduanya.

Pastinya anda juga harus memastikan bahwa orang yang anda pilih untuk melakukan endorsement memang bisa menginfluence para followersnya sehingga akan ada feed back yang baik untuk akun bisnis anda.

 

7. Gunakan Hastag

Cara promosi di Instagram tanpa biaya bisa anda lakukan dengan memanfaatkan penggunaan hastag di setiap postingan feed maupun Instagram story.

Penggunaan hastag akan mempermudah para pengguna Instagram lainnya untuk mendapatkan info atau mencari sesuatu lebih mudah dan lebih spesifik.

Artinya, postingan konten atau produk anda dapat dijangkau oleh pengguna Instagram dengan cakupan lebih luas.

Catatannya, anda harus pintar-pintar dalam memilih hastag yang tepat. Sesuaikan hastag dengan konten yang akan anda posting dan promosikan.

Namun jangan anda terlalu spam atau terlalu banyak menggunakan hastag. Gunakanlah hastag dengan sewajarnya.

8. Upgrade Skill Digital Marketing

Cara promosi di Instagram yang terakhir adalah dengan belajar dan mengupgrade skill di bidang digital marketing.

Update skill copywriting anda untuk memanfaatkan kolom caption, content marketing, social media marketing, dan lain-lainnya yang terkait dengan dunia digital marketing.

Jika anda memahami lebih dalam skill tersebut, anda akan lebih mudah dalam melakukan cara promosi di Instagram.

Sudah banyak seminar dan workshop untuk mendalami skill digital marketing yang tersebar luas melalui platform-platform digital. Anda bisa dengan mudah untuk daftar dan mengikutinya.

Meningkatkan skill dalam dunia digital marketing saat ini akan sangat berguna bagi anda pejuang bisnis yang akan mempromosikan produknya di sosial media.

Apalagi mengingat saat ini dunia digital sudah sangat berkembang dan tidak dapat dipungkiri banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat.

Beberapa cara promosi Instagram di atas dapat menjadi acuan untuk anda mempraktikan di akun Instagram bisnis anda.

Sebagai pelaku bisnis, anda harus paham dan menguasai cara promosi bisnis di Instagram untuk memaksimalkan branding serta penjualan melalui media sosial Instagram.

Apalagi bagi anda para pemula yang sedang merintis bisnis melalui media sosia. Terus belajar dan jangan takut untuk mencoba akan membantu anda dalam mengupgrade selalu skill-skill yang anda miliki.

Semoga informasi mengenai cara promosi di Instagram yang sudah dijelaskan pada artikel ini dapat bermanfaat bagi anda pejuang bisnis.

Fina Fauziyah
Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *