Tutorial

Begini Panduan Cara Posting di Instagram untuk Anda

Cara Posting di Instagram – Ketika menggunakan sosial media Instagram, rasanya akan kurang lengkap jika tidak membagikan foto atau video apapun.

Apalagi, cara posting di Instagram ini sebenarnya sangat mudah dilakukan.

Syarat utamanya hanya harus membuat akun terlebih dahulu dengan alamat email atau nomor handphone yang aktif.

Jika sudah terdaftar, melengkapi bio Instagram dan lainnya, Anda bisa langsung membagikan foto dan video melalui fitur yang ada.

Selain memposting melalui android dan iPhone, memposting melalui PC juga bisa dilakukan, asalkan mengetahui triknya.

Berikut adalah langkah-langkah posting di Instagram melalui beberapa cara.

Cara Upload Foto dan Video Instagram Melalui Android atau iPhone

cara posting di ig

Cara posting di IG melalui android dan iPhone mempunyai langkah yang sama. Langkah pertama yaitu membuka aplikasi Instagram terlebih dahulu.

Untuk dapat mengupload foto atau video, klik ikon (+) pada bagian bawah tengah halaman aplikasi. Setelah itu akan muncul opsi fitur Galeri, Foto, dan Video.

cara posting instagram di laptop

Fitur Galeri bisa Anda pilih jika ingin mengunggah foto atau video dari kumpulan foto dan video yang telah tersimpan di galeri ponsel sebelumnya.

Fitur Foto dan Video bisa digunakan untuk memotret atau merekam langsung dengan kamera  dan bisa digunakan untuk memposting langsung di Instagram.

250.1.3

Jika sudah memilih foto atau video, klik ikon minimize di bagian kiri foto yang dipilih agar tampilan panjang dan lebar dari foto tidak terpotong.

250.1.4

Apabila ingin mengupload foto lebih banyak, klik ikon kotak tertindih di sebelah kanan. Batas maksimal yaitu 10 foto atau video. Jika sudah selesai, klik Selanjutnya.

250.1.5

Pada bagian pengunggahan postingan ini juga tersedia fitur untuk mengedit foto. Fitur paling sederhana yaitu fitur dengan ikon matahari di bagian atas. Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk meningkatkan atau mengurangi intensitas cahaya pada foto dengan menggesernya ke kanan atau kiri.

250.1.6

Selain itu, ada juga fitur Filter dan Edit. Anda bisa memilih berbagai macam filter foto pada fitur Filter.

Sedangkan fitur Edit berfungsi untuk mengedit foto secara lebih detail, di mana Anda bisa mengatur kemiringan, kontras, saturasi, dan sebagainya untuk mengedit tampilan foto yang akan dibagikan.

250.1.7

Cara Menandai Akun Instagram Lain Di Postingan

Kelebihan lain dari Instagram yaitu dapat menandai akun lain di postingan. Fitur untuk menyebutkan nama pengguna Instagram lain tersebut berada di bagian deskripsi atau bagian caption saat akan membagikan postingan.

Orang yang ditandai dapat melihat langsung saat ditandai pada suatu postingan.

250.1.8.1

Caranya yaitu klik pada opsi ‘Tandai Orang’ di deskripsi postingan. Tap pada tampilan foto atau video yang akan diposting.

Setelah itu, Anda bisa menuliskan pada kolom pencarian nama akun Instagram lain dengan menggunakan tanda (@) di awal sebelum nama pengguna agar lebih cepat untuk ditemukan.

250.1.8.2

Apabila Anda ingin menandai banyak akun pengguna juga bisa. Caranya hampir sama yaitu dengan mengklik bagian mana saja dari tampilan foto, kemudian menuliskan nama-nama akun pengguna Instagram yang akan ditandai. Klik ikon centang di sebelah kanan atas jika selesai menandai orang.

250.1.8.3

Menandai orang di foto postingan tidak hanya berlaku saat akan memposting foto. Menandai akun lain pada postingan yang sudah lama diupload juga bisa dilakukan.

Caranya klik tombol titik tiga postingan, pilih Edit, lalu klik opsi ‘Tandai Orang’. Silahkan tap bagian foto yang akan ditandai akun lain tersebut.

Selain menandai pengguna lain pada postingan, fitur tanda pengguna juga bisa digunakan pada komentar dan instastory.

Anda tinggal mengetikkan nama pengguna pada kolom komentar sebuah postingan atau menandai pada instastory dengan fitur pencarian dengan deteksi otomatis dari Instagram.

Cara Menambahkan Keterangan Lokasi

Fitur unik lainnya yaitu fitur untuk menambahkan keterangan lokasi pada postingan. Jangan lupa untuk menyalakan GPS atau lokasi di ponsel agar bisa mendeteksi lokasi.

Untuk menambahkan lokasi di postingan, klik opsi ‘Tambahkan Lokasi’ pada bagian deskripsi saat akan mengupload postingan.

250.1.9.1

Setelah mengklik ‘Tambahkan Lokasi’, tampilan kolom pengisian lokasi akan muncul. GPS atau fitur lokasi pada handphone mampu otomatis mendeteksi lokasi keberadaan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menuliskan lokasi-lokasi tertentu. Jika lokasi sudah ditemukan, pilih dan tekan nama lokasi tersebut.

250.1.9.2

Dengan memasukkan keterangan lokasi di postingan, maka Anda bisa berbagi informasi kepada pengguna Instagram lainnya.

Lokasi yang dibagikan bisa memberi informasi tentang tempat foto yang bagus dan populer, tempat bisnis, wisata, hotel dan restoran, serta lokasi-lokasi lain yang penting.

Jika saat mengetikkan lokasi tertentu tidak kunjung muncul pada kolom pencarian, kemungkinan lokasi tersebut tidak terdaftar pada maps.

Apabila lokasi yang ditambahkan sudah terdaftar, maka saat melakukan pencarian, nama lokasi yang dimaksud akan langsung tersedia sehingga tinggal memilih.

Selain itu, IG juga menyediakan pilihan untuk membagikan postingan dari Instagram ke sosial media lain, seperti Facebook dan Twitter.

Untuk bisa membagikannya, maka harus menghubungkan akun Instagram dengan akun-akun tersebut melalui login. Klik Bagikan untuk langsung memposting foto atau video.

Cara Upload Foto dan Video Instagram Melalui PC

Hingga saat ini, Instagram belum menyediakan fitur untuk mengunggah foto atau video melalui komputer atau laptop. Namun, banyak cara alternatif yang dapat digunakan agar dapat membagikan galeri pribadi Anda melalui PC dengan mudah melalui pengaksesan Instagram versi web tersebut.

Cara posting instagram di laptop terdiri dari beberapa cara, mulai dari menggunakan aplikasi browser dan bantuan aplikasi tertentu.

Cara posting di Instagram dengan pihak ketiga melalui PC atau laptop tersebut akan dijelaskan pada ulasan di bawah ini.

Simak trik browser ini agar Anda bisa menjalankannya.

  • Melalui Google Chrome

Langkah awalnya yaitu membuka aplikasi browser Google Chrome pada PC atau laptop. Kemudian masukkan alamat instagram.com pada kolom atas halaman web.

250.2.1

Setelah muncul halaman Instagram pada web browser, silahkan login ke akun menggunakan nama pengguna atau email dengan kata sandi.

Tahap berikutnya yaitu klik kanan pada bagian layar mana saja dan pilih Inspect di pop up yang muncul. Setelah tool dari Inspect terbuka, klik pada ikon bergambar tablet dan telepon pada sudut kiri atas jendela Inspect tersebut. Halaman Instagram versi web akan otomatis berubah menjadi tampilan mobile.

250.2.3

Jika ikon (+) layaknya pada Instagram mobile sudah muncul, maka Anda sudah bisa mengunggah foto atau video yang diinginkan. Jika masih belum muncul juga, silahkan merefresh kembali halaman web tersebut.

Apabila sudah selesai memposting, Anda bisa menutup tool Inspect untuk kembali ke versi web.

  • Menggunakan Developer Mode Dari Browser

Cara posting di IG melalui PC juga bisa dilakukan dengan mendownload software lain. Software yang bisa digunakan adalah Progressive Web App dengan teknik developer mode.

Developer mode di halaman browser akan sanggup mengubah format jendela web menjadi tampilan mobile seperti pada handphone.

Untuk mengaktifkan developer tool di browser, caranya berbeda-beda. Di Opera, Anda bisa menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + i pada keyboard.

Pada Google Chrome, tekan Ctrl + Shift + J, sedangkan pada Mozilla Firefox Anda bisa mengaktifkannya dengan menekan Ctrl + Shift + K pada keyboard.

Kelebihan Progressive Web App tersebut yaitu bisa mengakses web atau aplikasi tanpa instal. Jadi Anda hanya perlu menggunakan mode tersebut saat membuka aplikasi browser.

Cara ini bisa dijadikan alternatif agar dapat memposting foto atau video lewat laptop atau komputer tanpa ribet.

  • Melalui Safari

Selain lewat Google Chrome, Anda juga bisa mengakses Instagram lewat aplikasi browser lain seperti Safari. Langkah pertama yaitu buka Safari, kemudian pada bagian Preferences, pilih Advanced atau Pengaturan.

Setelah itu, klik centang pada ‘Show Develop menu in menu bar’ pada bagian bawah.

Tahap selanjutnya adalah membuka Safari pada tab baru. Klik opsi Develop, kemudian User Agent, dan pilih Safari. Terdapat beberapa pilihan di sini, yakni antara versi android atau iOS.

Pilih sesuai keinginan, karena keduanya sebenarnya memiliki fitur yang hampir sama jika digunakan untuk menjalankan aplikasi Instagram.

Jika sudah, buka Instagram.com pada kolom di bagian atas halaman dan lakukan login akun. Setelah masuk, klik ikon (+) di bagian bawah halaman untuk memposting foto atau video dari laptop.

Setelah selesai mengunggah postingan, pastikan untuk mengembalikan tampilan ke pengaturan default Safari.

BlueStacks

  • Menggunakan BlueStacks

Cara posting di Instagram melalui PC lainnya yaitu bisa memanfaatkan aplikasi Bluestack. Silahkan pasang dahulu Bluestack pada laptop, kemudian login akun Google Anda agar bisa menjalankan aplikasi tersebut.

Pada kolom pencarian halaman Bluestack, silahkan cari dan pasang aplikasi Instagram. Setelah Instagram terpasang di laptop, buka aplikasi dan login ke akun Instagram Anda.

Secara otomatis Bluestack akan menampilkan Instagram pada tampilan mobile atau seperti pada tampilan smartphone. Klik tombol (+) di bagian bawah untuk mulai memposting foto atau video dari galeri laptop.

Langkah berikutnya yaitu klik tombol dropdown Galeri yang muncul saat melewati langkah awal mengunggah foto. Pada drop down tersebut, pilih opsi ‘Other’, kemudian pilih ‘Pick from Windows’ untuk megambil foto atau video dari galeri PC. Pilih foto atau video yang ingin diunggah, kemudian klik Open.

Mengenal Bluestacks Lebih Jauh

Bluestacks merupakan contoh simulator android yang banyak digunakan. Dengan menggunakan software android emulator, maka beragam aplikasi dan game akan dapat dijalankan di PC atau laptop.

Manfaat software ini yaitu membantu pengoperasian aplikasi mobile pada perangkat laptop. Kelebihan yang utama yaitu mampu menjalankan aplikasi android pada sistem Windows, macOS, dan Linux.

Keterbatasan PC dan laptop dalam menjalankan aplikasi android akan dibantu dengan android simulator ini. Simulator android juga sanggup menyimpan banyak aplikasi atau game yang diunduh.

Performa yang ditampilkan akan jauh lebih bagus saat menjalankan aplikasi lewat laptop. Layar yang ditampilkan akan jauh lebih lebar dan terkontrol. Anda bisa sekaligus menggunakan pintasan mouse dan keyboard saat menjalankan aplikasi atau game tertentu sehingga akan lebih menyenangkan.

Informasi tentang cara posting di Instagram di atas dapat Anda jadikan panduan ketika ingin membagikan galeri pribadi lewat smartphone atau laptop dengan mudah.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, maka Anda akan lebih mudah saat mengupload foto atau video pada feed Instagram Anda.

Bagi anda yang ingin tau cara upload Instagram di PC, klik aja lansung linknya.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *