Cepat dan Praktis! Ini Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop 

Artikel terakhir diperbaharui 17-05-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop – Sering nongkrong ke cafe dan menanyakan password wifi, tapi saat ingin memasukan password kenapa wifinya mati? Apakah kamu salah satunya yang pernah mengalami hal ini? 

Tak perlu panik jika ternyata sambungan wifi ke laptop bermasalah. Karena mungkin saja kamu lupa menyalakan wifi di laptop atau memang jaringan wifi sedang penuh. Biasanya di cafe yang ramai jaringan wifi sering over limit, jadi kamu nggak kebagian. 

Setidaknya kamu harus tahu bagaimana cara menyambungkan wifi ke laptop yang benar. Mulai dari menyalakan wifi sampai mengatasi ketika wifi tidak bisa konek. Bagaimana cara lengkapnya kamu bisa mengintipnya di bawah ini. 

Berbagai Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop 

Saat ini semua jenis laptop sudah dipasang dengan adapter wifi. Jadi kamu tak perlu lagi membeli penguat sinyal seperti pada laptop atau komputer lawas. Jika mencarinya dengan benar kamu akan tahu dimanakah letak tombol untuk menyalakannya. 

Perangkat wifi yang ada di laptop tak harus selalu dinyalakan, kamu bisa menyalakannya pada saat ingin menggunakan wifi saja. Karena jika adapter ini tidak digunakan tetapi tetap dinyalakan dampak buruknya adalah lebih cepat menghabiskan baterai. 

Apa saja tombol yang digunakan dan bagaimana cara menyambungkan wifi ke komputer atau laptop? Berikut ini berbagai cara yang bisa kamu ikuti. 

Cara 1. Menekan tombol dengan ikon wifi

Beberapa jenis laptop memiliki tombol khusus wifi pada keyboard yang bisa ditekan. Tombol khusus ini bisa langsung menghidupkan wifi dan terdapat ikon wifi di atasnya. Jadi kamu tinggal menekan saja maka wifi akan langsung menyala. 

Tombol ini biasanya terletak pada samping power jadi mudah untuk ditemukan. Biasanya setelah ditekan, akan muncul lampu indikator yang menyala. Jadi kamu akan tahu apakah tombol wifi aktif atau tidak dengan memperhatikan lampu indikatornya. 

Setelah tombol ini ditekan, kamu bisa langsung mencari sinyal wifi yang aktif di layar laptop. Wifi akan otomatis menyambungkan ke wifi setelah dikoneksikan dengan atau tanpa password. 

Cara 2. Menekan tombol FN

Bagaimana jika ternyata laptop kamu termasuk tidak memiliki tombol wifi? Ada cara menyambungkan wifi ke laptop lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menekan tombol function. Ada tombol F1 sampai 12 yang tersedia, khusus wifi biasanya terdapat pada F12. 

Caranya adalah pertama cari ikon wifi yang terdapat pada tombol F di keyboard. Misalnya saja pada ikon wifi terdapat pada tombol F12. Kedua kamu bisa langsung tekan tombol Fn dan F12 berbarengan. 

Beberapa laptop juga biasanya dibekali lampu indikator pada tombol F yang berfungsi untuk menyalakan wifi. Setelah itu kamu bisa menyambungkan wifi yang sudah masuk daftar koneksi di layar laptop. 

Cara untuk mematikannya kembali juga sangat mudah. Kamu hanya perlu meniru cara menyalakannya yaitu menekan tombol Fn dan F12 bersamaan. Tunggu sampai lampu indikatornya mati. 

Cara 3. Menyambungkan melalui pengaturan wifi di Windows 10

Semua sistem operasi Windows juga telah dilengkapi dengan pengaturan wifi. Setelah menekan tombol kamu juga perlu menyalakannya di sistem. Pada Windows 10 langkah-langkah untuk menyalakannya sangat mudah. 

Berikut ini langkah-langkah cara menyambungkan wifi ke laptop pada Windows 10 yang bisa diikuti.

 

  1. Pada bagian taskbar terdapat ikon internet berbentuk sinyal wifi atau layar komputer. Klik ikon tersebut untuk menyalakan wifi.
    tutorial cara menyambungkan wifi ke laptop
  2. Maka akan muncul pengaturan jaringan, jika wifi sudah menyala maka akan muncul daftar koneksi. 
  3. Apabila wifi masih dalam mode airplane, kamu hanya perlu klik menu tersebut untuk menyalakan wifi. 

Kamu hanya perlu memilih salah satu jaringan wifi dan mengkoneksikannya. Jika terdapat wifi, maka akan muncul kotak password yang bisa diisi. Apabila jaringan dan laptop tidak bermasalah maka jaringan akan langsung terhubung. 

Cara 4. Menyambungkan melalui Control Panel

Ada cara menyambungkan wifi ke laptop yang lainnya yaitu melalui control panel. Pengaturan yang terdapat pada Windows semua bertumpu pada control panel yang bisa diakses dengan lebih mudah. 

Baik itu Windows 7, 8 dan 10 semua menggunakan control panel untuk menyalakan serta menyambungkan wifi. Kamu juga bisa mengecek melalui control panel jika terdapat masalah pada sambungan jaringan. 

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu dilakukan. 

  1. Masuk ke menu search kemudian ketik control panel. Setelah itu akan muncul menu control panel dan klik untuk masuk ke pengaturannya.

  2. Setelah halaman control panel terbuka, kamu bisa memilih menu Network and Internet dan klik Network and Sharing Center.

  3. Pada bagian kolom sebelah kiri akan terdapat banyak menu. Kamu bisa pilih menu Change adapter Settings.

  4. Maka akan muncul kembali halaman baru dan kamu bisa klik kanan ikon wireless. Pilih menu Enable.
    cara menyambungkan wifi ke komputer
  5. Otomatis sambungan internet akan terjalin dan kamu bisa internetan dengan mudah. 

Pada saat masuk menu change adapter settings kamu akan melihat banyak sekali jaringan wifi yang terhubung. Tinggal pilih manakah jaringan yang ingin disambungkan. 

Cara 5. Menyambungkan wifi pada Windows 8

Pada os Windows 7 dan 10 pada bagian taskbar kamu akan melihat pengaturan wifi dengan mudah. Jadi untuk menyambungkannya tidak jauh berbeda. Namun cara lain perlu dilakukan bagi kamu yang menggunakan os Windows 8. 

Tampilan Windows 8 yang berbeda membuat pengaturan untuk menyambungkan wifi sedikit tersembunyi. Pada menu taskbar kamu tidak akan menemukan menu untuk menyambungkan wifi. Jadi perlu mengikuti langkah berikut ini. 

  1. Arahkan kursor mouse pada bagian samping kanan layar sampai muncul menu charm bars dan pilih menu settings. 
  2. Kemudian baru pilih opsi Change PC settings dan klik Network. 
  3. Pada bagian ini kamu akan melihat pengaturan wifi. Jika sudah menyala maka akan langsung terlihat daftar jaringan apa saja yang tersedia. 
  4. Apabila yang aktif adalah airplane mode maka kamu hanya perlu mematikan dengan klik menu tersebut. Maka wifi akan otomatis menyala. 
  5. Terakhir pada bagian wireless device kamu bisa klik menu wifi untuk menyalakannya. 

Pada layar Windows 8 kamu mungkin tidak akan melihat menu taskbar yang ada wifinya karena letaknya memang tersembunyi. Tapi jika sudah tahu letaknya, cara menyambungkannya tidak jauh berbeda dengan os lainnya. 

Penyebab Wifi Tidak Mau Menyambung dan Cara Mengatasinya

Apa yang kamu lakukan jika setelah menduplikasi kelima cara menyambungkan wifi ke laptop di atas namun internet tak kunjung menyambung? Artinya ada beberapa permasalahan yang terjadi. 

Masalah ini bisa saja karena jaringan wifi yang sudah penuh. Jika masalahnya adalah ini, maka kamu hanya perlu menunggu dan terus menyambungkan sampai terdapat slot yang kosong. Tapi jika ternyata pengguna wifi tidak banyak maka ada masalah pada laptop kamu. 

Apa saja masalah yang mungkin terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Kamu tak perlu bingung dan bisa mengikuti penjelasan berikut ini. 

Belum menginstal wireless driver

Masalah yang pertama mungkin saja disebabkan laptop kamu belum diinstal dengan driver wireless untuk mengaktifkan adapter. Kamu bisa mencari terlebih dahulu installer sesuai dengan seri adapter yang digunakan. 

Kamu bisa menggunakan installer dari dvd atau mengunduh softwarenya. Pastikan juga bahwa driver yang kamu instal itu cocok, karena jika tidak wifi tidak akan tersambung. Karena adapter tidak berfungsi dengan benar. 

Terjadi masalah pada router

Jika kamu menggunakan wifi di rumah, mungkin saja masalah terdapat pada router. Kamu mungkin sudah menginstal driver dengan benar dan tombol wifi pada keyboard juga sudah dinyalakan. Artinya jaringan tidak sampai ke laptop karena routernya bermasalah. 

Untuk mengatasi masalah ini, cara paling mudah adalah mengatur ulang router. Kamu bisa merestartnya dengan mematikan kemudian menyalakan kembali. Jika masih belum tersambung juga, kamu bisa memindahkan lokasi router. 

Pastikan bahwa router diletakkan pada posisi yang strategis dan antena router pada posisi yang tepat. kamu bisa mencoba untuk merubah-rubah posisi antenanya hingga sinyal wifi di dapatkan. 

Jaringan sedang tidak stabil

Akses wifi juga akan buruk sering tersambung dan tidak jika jaringannya tidak stabil. Kamu bahkan sama sekali tidak bisa terkoneksi dengan internet walaupun mungkin wifi sudah tersambung. 

Jaringan yang buruk tentu akan mempengaruhi koneksi dan bukan salah dari perangkat laptop atau router. Jika hal ini berlangsung terus menerus, kamu bisa mengatasinya dengan cara menghubungi langsung penyedia jaringan. 

Karena bisa saja jaringan utama dari merekalah yang rusak. Sehingga bukan salah kamu sebagai pengguna. Hubungi segera agar lebih cepat dilakukan perbaikan. 

Terjadi masalah pada ip address

Masalah jaringan ini juga bisa disebabkan oleh ip address. Ketika kamu masuk ke sebuah halaman dan terjadi pengalihan maka sebaiknya cek lokasi browser. Apakah domain atau alamat ip berubah? 

Jika iya maka ada masalah pada sistem sehingga jaringan terblokir. Apabila kamu mengalami kejadian ini sebaiknya berkonsultasi kepada ahlinya. Karena biasanya dibutuhkan password untuk bisa mengakses atau bahkan membayar. 

Selalu terhubung dengan jaringan yang salah

Biasanya saat kamu terkoneksi dengan internet, maka adapter akan otomatis memilih sambungan jaringan. Sehingga kamu mungkin saja akan terhubung dengan jaringan yang salah. 

Misalnya kamu sudah sering terhubung dengan jaringan A, maka kemanapun pergi pasti akan terhubung pada jaringan tersebut. Padahal kamu ingin menggunakan jaringan lainnya karena menyesuaikan tempat. 

Apabila yang terjadi adalah masalah ini maka cara menyelesaikannya mudah yaitu dengan cara masuk ke setting wifi. Di sana kamu bisa klik saja dari daftar wifi yang sudah tertera. Ulangi langkah ini setiap kali ingin terhubung dengan jaringan wifi lainnya. 

Koneksi terputus walaupun sudah memasukan password

Apakah kamu merasa sudah memasukan password yang benar tetapi mengapa jaringan wifi tetap tidak bisa tersambung? Masalah ini cukup sering ditemui oleh para pengguna laptop. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek ulang apakah password sudah benar. 

Kedua kamu harus cek jika jaringan wifi yang digunakan sudah tepat. Karena bisa saja karena terlalu banyak daftar jaringan kamu memilih yang salah. Beberapa daftar nama bahkan sering memiliki nama mirip. 

Nah inilah cara menyambungkan wifi ke laptop dengan mudah yang bisa kamu ikuti. Caranya tidak ada yang sulit untuk dilakukan, dan selama tak ada masalah pada perangkat Sahabat Tedas.id bisa menikmati jaringan internet dengan nyaman. 

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.