Tutorial

Cara Menyambungkan HP ke TV Dengan Kabel Data dan Aplikasi 

Cara Menyambungkan HP ke TV – Dengan kemajuan teknologi sekarang, Anda bisa saling menghubungkan berbagai alat elektronik, misalnya seperti menghubungkan HP dengan TV.

Berkaitan dengan itu, cara menghubungkan HP ke TV pun cukup mudah. Berikut penjelasan terkait panduannya yang perlu Anda ketahui.

Cara Menyambungkan HP ke TV Menggunakan Kabel Data

Cara Menyambungkan HP ke TV Menggunakan Kabel Data

Cara pertama yang bisa Anda terapkan untuk menyambungkan HP Android ke televisi adalah menggunakan kabel data. Kabel yang bisa digunakan adalah kabel data yang sesuai dengan HP Android Anda. Nah, berikut ini penjelasan cara menghubungkan HP ke TV dengan kabel data.

Pertama, matikan terlebih dahulu televisi Anda. Cara mematikannya cukup melalui tombol on/off yang ada pada remote TV, aliran listriknya tidak perlu ikut dimatikan. Setelah TV sudah dalam keadaan mati, ambil kabel data yang sebelumnya telah Anda siapkan.

Masukkan ujung kabel yang berukuran kecil ke HP. Sedangkan, ujung kabel yang berukuran besar Anda sambungkan ke soket televisi. Cara yang satu ini memang tergolong mudah, namun tetap kenali terlebih dahulu spesifikasi yang dimiliki oleh HP dan TV Anda.

Jika kabel telah terpasang dengan sempurna, berarti TV telah siap untuk dinyalakan. Kemudian setelah TV menyala, pindahkan salurannya ke menu HDMI. Melihat notifikasi yang muncul di HP, tekan notifikasi tersebut dan berikan tanda centang pada pilihan “HDMI Connection”.

Sekarang, HP dan TV sudah saling terhubung dan siap digunakan sesuai keinginan Anda. Namun sebelum itu, pastikan HP Android Anda tidak berada dalam keadaan terkunci agar lebih mudah ketika mengaturnya.

Cara Menyambungkan HP ke TV Tanpa Menggunakan Kabel

Jika Anda ingin menghubungkan HP ke TV tanpa kabel, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan.

Cara menghubungkan HP ke TV tanpa kabel bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur Wireless Display yang ada di HP Anda. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Cara Menyambungkan HP ke TV Berdasarkan Merk TV

TV Samsung

Mengoneksikan HP ke TV tanpa menggunakan kabel pada setiap merk televisi memiliki cara yang berbeda-beda. Nah, jika Anda memiliki TV dengan merk Samsung, cara yang bisa dilakukan untuk menyambungkan HP ke TV sangat mudah.

Cari tombol source yang terdapat pada remote TV Samsung Anda dan tekan tombol tersebut. Kemudian, klik “Screen Mirroring”. Tunggu beberapa saat sampai TV selesai melakukan proses scan mencari perangkat lain. Waktu scan hanya dua menit, jadi segera aktifkan Miracast pada HP Anda.

TV LG

Untuk cara menyambungkan HP ke TV merk LG cara menyambungkannya juga tidak sulit. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengambil remotenya terlebih dahulu. Tekan tombol “Home” yang ada pada remote tersebut.

Lalu, pilih menu “network”. Setelah itu, Anda tekan “Miracast” dan ubah statusnya menjadi aktif atau ON. Jika semua langkah telah Anda lakukan, tunggu sampai TV melakukan proses scan dan selanjutnya aktifkan fitur Miracast yang ada pada HP.

TV Sony

Cara menyambungkan HP ke TV Sony juga berbeda dengan merk TV yang lainnya. Untuk menyambungkan HP dengan TV Sony Anda harus menekan tombol INPUT yang berada pada remote. Kemudian, Anda pilih “Screen Mirroring”.

Nah, jika langkah-langkah tersebut sudah Anda lakukan, berarti TV Sony telah siap digunakan dan menunggu HP terkoneksi pada televisi.

Cara Menyambungkan HP ke TV Berdasarkan Merk HP

Sama halnya dengan televisi, HP juga memiliki cara yang berbeda-beda ketika disambungkan ke TV. Cara-cara tersebut pastinya juga tergantung pada merk HP yang Anda gunakan. Berikut ini beberapa cara koneksi HP ke TV berdasarkan merknya.

HP Samsung

Cara pertama yang harus Anda lakukan ketika hendak menghubungkan HP Samsung ke TV adalah dengan membuka menu “Wireless and Network” yang berada di pengaturan. Setelah itu, pilih “More Settings” lalu “All Share Cast”.

Kemudian pada bagian yang bernama “Connect and Share”, Anda tekan “Screen Mirroring”. Beberapa saat kemudian, pada layar HP Anda akan muncul beberapa list nama-nama TV. Pilih nama TV yang hendak dikoneksikan dengan HP, kemudian layar HP Anda akan muncul di layar TV.

HP ASUS

Bagi Anda yang memiliki HP merk ASUS, tidak perlu merasa bingung tentang cara menyambungkannya ke TV. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari menu pengaturan yang ada di HP ASUS. Kemudian, klik fitur “Wireless and Network”. Setelah itu, klik menu “More” lalu “Play to”.

Jika langkah-langkah tersebut sudah berhasil Anda lakukan akan muncul pop up pada layar HP. Pop up tersebut berisi perintah memilih perangkat mana yang hendak Anda sambungkan. Cari dan klik nama TV yang sesuai dengan milik Anda.

HP Lenovo

Hampir sama dengan HP merk lain, langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika hendak menyambungkan HP ke TV adalah dengan membuka menu pengaturan. Setelah Anda membuka pengaturan, pilih menu “Device” kemudian klik “Display”. Jika sudah, kemudian klik “Wireless Display”.

Aktifkan menu Miracast yang berada di sebelah kanannya Wireless Display. Tunggu sebentar sampai nama merk TV Anda muncul pada bagian list. Setelah itu, pilih nama TV yang hendak Anda sambungkan dengan HP tersebut. HP dan TV Anda siap digunakan sesuai keinginan.

Cara Melakukan Panggilan Darurat Xiaomi

HP Xiaomi

HP dengan merk Xiaomi merupakan salah satu Android yang bisa disambungkan ke televisi. Penyambungan HP Xiaomi dan TV juga sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu membuka pengaturan yang ada di HP, kemudian pilih More.

Setelah itu, klik menu “Wireless Display” yang ada dalam pengaturan tersebut. Selanjutnya, aktifkan Wireless Display dengan menggeser tombol virtual menjadi mode ON. Tunggu sebentar sampai tampilan pada layar TV berubah seperti tampilan pada layar HP Anda.

HP ADVAN

Selain HP-HP merk sebelumnya, Advan juga memiliki produk smartphone yang bisa Anda sambungkan langsung ke televisi tanpa menggunakan kabel. Caranya, buka menu pengaturan kemudian Anda pilih “Devices” dan klik “Display”.

Setelah itu, muncul beberapa daftar menu, pilih “Wireless Display”. Tekan tombol yang berada di sebelah kanan untuk mengaktifkan Wireless Display tersebut. Jika posisi sudah aktif, tunggu sampai nama TV muncul, kemudian klik sesuai nama TV Anda.

HP Nexus

Berbeda dengan HP merk lain, Nexus memiliki langkah-langkah yang sedikit panjang. Cara menghubungkan HP ke TV dengan HP Nexus yaitu buka pengaturan HP Anda. Kemudian pada bagian Devices, Anda klik “Display” lalu “Cast Screen”.

Setelah itu, Anda pilih “More”. Cari sebuah kotak untuk mengaktifkan Wireless Display. Kotak tersebut biasanya berada di sebelah Enable Wireless Display. Tunggu sampai nama TV muncul kemudian klik nama TV Anda. Daftar jaringan dari TV akan muncul beberapa saat setelahnya.

Setelah jaringan Miracast disesuaikan, HP Anda akan berusaha menstabilkan koneksinya. Tampilan HP Nexus Anda akan terlihat jelas di layar televisi.

HP LG

HP merk LG Optimus memiliki cara yang benar-benar simpel ketika akan disambungkan dengan televisi di rumah. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan juga tidak sepanjang HP merk lain.

Anda hanya perlu membuka menu settings atau pengaturan. Kemudian pada bagian “Wireless and Network”, pilih “More”. Tekan Miracast dan tunggu sampai nama TV Anda muncul pada list devices. Jika sudah muncul, sambungkan HP dengan mengklik nama televisi Anda.

Cara Menyambungkan HP ke TV Menggunakan Aplikasi

Sebelumnya telah dibahas bagaimana cara mengkoneksikan HP dengan TV menggunakan kabel data dan fitur Wireless Display. Selanjutnya, ada cara lain yang mungkin bisa Anda gunakan, yaitu dengan menggunakan aplikasi smartphone.

Bagi sebagian orang, cara ini bisa dikatakan lebih mudah. Namun, sebelumnya Anda harus download dulu aplikasinya. Dalam hal ini ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Screen Mirroring

Salah satu aplikasi smartphone yang bisa Anda gunakan untuk menyambungkan HP ke TV adalah Screen Mirroring. Screen Mirroring merupakan aplikasi yang dilengkapi dengan fitur untuk merefleksikan display HP ke layar televisi dengan cara yang simpel.

Aplikasi ini hanya bisa menyambungkan HP ke TV jika koneksi nirkabelnya mendukung. Jadi, pastikan Anda pilih koneksi nirkabel yang bisa diandalkan. Setelah memastikan koneksi nirkabelnya baik, ubah posisi Screen Mirroring menjadi aktif atau ON.

Jika HP dan televisi sudah berhasil terhubung satu sama lain, Anda bisa sepuasnya menonton video atau mungkin bermain game melalui layar televisi. Dengan layar yang lebih besar, kegiatan Anda tampak lebih menyenangkan.

  • Miracast Wi-Fi Display

Cara connect HP ke TV menggunakan aplikasi selanjutnya adalah dengan Miracast Wi-Fi Display. Namun, tidak sembarangan televisi yang bisa dikoneksikan dengan aplikasi ini. Hanya televisi yang memiliki fitur Wi-Fi saja yang bisa disambungkan.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menyambungkan HP ke televisi adalah menyalakan fitur Wi-Fi yang ada pada TV. Kemudian, tunggu sampai nama televisi Anda berhasil terdeteksi pada aplikasi ini.

Jika nama televisi sudah muncul pada bagian list devices, pilih sesuai nama TV Anda dan sambungkan melalui aplikasi Miracast yang ada di HP.

Cara Menyambungkan HP ke TV Menggunakan Aplikasi

Image: play.google.com

  • Castto

Tidak kalah hebat dengan aplikasi smartphone lainnya, Castto juga merupakan aplikasi yang sangat direkomendasikan. Aplikasi yang satu ini tentunya sangat baik dijadikan alternatif ketika Anda hendak menyambungkan HP ke TV. Pastinya aplikasi ini sangat membantu dan mudah sekali digunakan.

Cara yang harus Anda lakukan juga hampir sama dengan aplikasi lainnya karena aplikasi Castto menggunakan Wi-Fi dalam pengoperasiannya. Pertama, aktifkan Wi-Fi yang ada di televisi. Kemudian, Anda sambungkan HP dengan televisi.

Pastikan antara TV dan HP berada dalam jaringan yang sama. Setelah itu, Anda aktifkan Miracast Display yang ada pada TV dan kemudian pergi ke pengaturan HP untuk mengaktifkan Display Wireless. Tekan menu “Pilih”, kemudian klik mana yang sesuai dengan nama TV Anda.

Cara menghubungkan HP ke TV biasa maupun smart TV memang bisa dilakukan dengan berbagai macam langkah. Anda hanya perlu menyesuaikan perangkat yang digunakan. Namun, sebelum Anda menyambungkannya, kenali dulu spesifikasi TV dan HP agar lebih mudah menghubungkannya.

Selain itu, Anda bisa memilih metode mana yang dirasa paling mudah dan memang bisa diterapkan pada perangkat yang dimiliki. Salah satu cara yang telah dijelaskan di atas tentu bisa mewakili metode yang cocok untuk perangkat Anda.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Comments are closed.