Tutorial

Cara Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi dan Manfaatnya

cara mengunci whatsapp

Teknologi komunikasi berkembang begitu pesat dan mempermudah dalam kehidupan kita sehari-hari. Salah satu aplikasi komunikasi yang biasanya kita gunakan sehari-hari adalah aplikasi WhatsApp. 

WhatsApp digunakan untuk bertukar informasi dan chatting dengan banyak orang. Bahkan fitur di WhatsApp dilengkapi juga dengan WhatsApp story. Dimana kita bisa menonton orang lain membuat story dan kita juga bisa membuatnya.

WhatsApp semakin memperbarui banyak fitur dan hampir mirip dengan Instagram. Namun WhatsApp sifatnya lebih privasi.

Oleh sebab itu cara mengunci WhatsApp sangat dibutuhkan ketika kita tidak ingin informasi pribadi dan chat pribadi kita di WhatsApp dilihat oleh orang lain.

Tulisan kali ini akan membahas bagaimana cara mengunci aplikasi WhatsApp.

Tujuan Mengunci Aplikasi WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi yang kita gunakan sehari-hari untuk bertukar informasi dengan teman, keluarga atau lingkungan kerja. Tentunya banyak informasi atau pesan yang sifatnya privasi dan tidak boleh dilihat banyak orang. 

Sayangnya beberapa bulan belakangan ini sering terjadi WhatsApp yang di hack oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Bahkan mereka meminta uang dengan beberapa modus kepada korbannya.

Oknum naka tersebut meng-hack akun WhatsApp seseorang, lalu mengirim pesan kepada kontak-kontak yang ada di WhatsApp tersebut. Karena kontak-kontak tersebut mengenal siapa pemilik akun WhatsApp ini, biasanya mereka mau memberikan uang.

whatsapp on iphone

Modusnya adalah kita butuh uang cepat dan minta tolong untuk di transferkan. Jadi teman-teman WhatsApp kitalah yang menjadi korban.

Belum lagi oknum-oknum tersebut mengambil data-data penting seperti foto, video atau dokumen penting. Bisa jadi oknum tersebut menyalahgunakan data yang sudah diambil dari WhatsApp kita.

Untuk mencegah hal itu terjadi, kita sebaiknya mengunci aplikasi WhatsApp. Tujuannya tak lain untuk menambah proteksi. 

Dengan proteksi tambahan akan menjamin WhatsApp kamu aman dari hacker dan informasi pribadi masih menjadi rahasiamu. 

Manfaat Mengunci WhatsApp

Ada beberapa cara mengunci WhatsApp, salah satunya menggunakan aplikasi. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita mengunci aplikasi WhatsApp kita.

Karena begitu berbahaya jika kita tidak menerapkan double proteksi untuk akun WhatsApp kita. Apalagi jika kita memiliki dokumen dan foto-foto penting dari WhatsApp. 

Berikut ini adalah manfaat yang kita dapatkan jika mengunci akun WhatsApp:

  • Proteksi Privasi

Mengunci aplikasi WhatsApp menggunakan aplikasi tambahan adalah untuk menambah proteksi privasi. Penggunaan aplikasi pengunci WhatsApp ini akan lebih menjaga privasi history chat. 

Tidak akan ada yang bisa melihat chat history kamu jika tidak mengetahui kode dari aplikasi pelindung dan pengunci WhatsApp.

  • Kerahasiaan Dokumen Terjamin

WhatsApp adalah tempat kita bertukar informasi terkait hubungan pribadi dan pekerjaan. Jika banyak dokumen penting tentu kita membutuhkan double proteksi.

Tujuannya agar seluruh dokumen penting kita tetap aman di WhatsApp. Dan kita dijauhkan dari oknum tidak bertanggung jawab yang ingin menggunakan data kita.

  • Menjaga Aplikasi Tetap Aman

Kadang jika kita tidak mengunci WhatsApp kita, tanpa sadar anak-anak atau orang lain bisa membuka WhatsApp tanpa sepengetahuan kita. Apalagi jika kita punya anak-anak, pastinya mereka akan utak-atik handphone kita.

Tanpa sengaja mereka bisa membuka WhatsApp dan mengetik atau menelepon seseorang. Jadi penerapan kunci WhatsApp bisa melindungi aplikasi kita jika dipegang oleh anak-anak.

Inilah Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp Dengan Aplikasi

Inilah Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp Dengan Aplikasi

Image: play.google.com

Ada beberapa aplikasi yang bisa membantu untuk mengunci WhatsApp. Salah satu caranya dengan memakai aplikasi AppLock.

Lalu bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut jika kamu ingin mengunci aplikasi WhatsApp:

  • Download Aplikasi AppLock (App Protector)

Kamu bisa membuka PlayStore atau Appstore untuk mendownload AppLock. Aplikasi ini tidak memakan ruang penyimpanan karena penggunaan memorinya kecil. 

  • Install dan Buka Aplikasi AppLock

Saat kamu berhasil install aplikasi AppLock, silahkan buka aplikasi tersebut. Lalu kamu bisa setting pola atau kombinasi angka untuk mengunci. 

Setelah membuat kombinasi pola, kamu aktifkan kunci pada aplikasi yang diinginkan. Disinilah kamu bisa memasukkan aplikasi WhatsApp dan aktifkan kuncinya. 

  • Aktifkan Kunci 

Setelah fitur kunci sudah aktif, kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang ingin kamu kunci. Selain WhatsApp, kamu juga bisa mengunci aplikasi lainnya yang ada di handphonemu.

Jika muncul notifikasi tentang permintaan layanan, kamu bisa menggeser tombolnya sampai berwarna biru. Caranya cukup mudah dan cepat.

  • Buka Aplikasi WhatsApp

Setelah kamu berhasil mengunci WhatsApp di AppLock, cobalah membuka WhatsApp. Kamu akan melihat tampilan WhatsApp adalah kombinasi pola atau angka yang sudah kamu buat.

Masukkan kode pola atau angka yang sudah kamu buat sebelumnya. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan bukan?

Itulah cara mengunci WhatsApp agar tidak bisa disadap. Dengan melakukan double proteksi, maka data dan dokumen kamu akan aman. Oknum hacker juga tidak bisa membobol WhatsApp dengan mudah karena sudah ada proteksi tambahan. 

Inilah Cara Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi

Setelah mengetahui cara mengunci WhatsApp dengan aplikasi, kini saatnya mengetahui bagaimana mengunci WhatsApp tanpa aplikasi. 

Cara ini yaitu dengan memanfaatkan fitur bawaan dari handphone kita. Tentu setiap handphone memiliki pengaturan dan fitur yang berbeda-beda. 

Berikut ini cara mengunci aplikasi WhatsApp tanpa aplikasi di beberapa merk handphone:

  • Cara Kunci Aplikasi WhatsApp HP OPPO

Cara mengunci aplikasi WhatsApp sangat mudah berikut caranya:

  • Buka “setting” pada HP Oppo kamu
  • Buka menu “Layar Kunci & kata sandi”
  • Pilih menu “Enkripsi Asli”
  • Buat pengaturan kunci aplikasi
  • Buat pola atau PIN.
  • Lalu pilih aplikasi WhatsApp
  • Aktifkan enkripsi aplikasi WA. 
  • Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp HP Xiaomi

Berikut caranya:

  • Buka “setelan”
  • Pilih menu “Kunci Aplikasi”
  • Pilih aplikasi WhatsApp
  • Aktifkan tanda pengunci pada aplikasi WhatsApp.
  • Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp HP Samsung

Hp Samsung memiliki menu “advance features” yang bisa membantu mengunci aplikasi. Berikut caranya:

  • Buka “setelan”
  • Pilih “Advanced Features”
  • Pilih “app lock”
  • Tekan tombol “On” untuk mengaktifkannya
  • Lalu muncul halaman penguncian
  • Buat pola atau PIN pengunci aplikasi
  • Cari aplikasi WhatsApp
  • Aktifkan pengunci 

Itulah beberapa cara mengunci WhatsApp yang bisa kita lakukan dengan aplikasi dan tanpa aplikasi. Semoga cara-cara diatas bisa bermanfaat ya Sahabat Tedas.id. 

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *