Cara Mengubah Tulisan di WA Menjadi Miring, Tebal dan Coret

Cara Mengubah Tulisan di WA – Sudah tahu bukan bahwa tulisan di WA bisa diubah menjadi lebih menarik?

Cara mengubah tulisan di WA bukanlah perkara yang sulit diterapkan. Kemudahan penggunaan fitur ini pun membuat para penggunanya sering memanfaatkan fitur tersebut untuk kebutuhan tertentu.

Selain membuat tulisan menjadi lebih menarik, ini juga akan memudahkan highlight terhadap kalimat, kata, atau informasi tertentu di chat WA.

Lalu, bagaimana saja caranya? Ini ulasannya.

Cara Mengubah Tulisan di WA Menjadi Italic atau Miring

Sepertinya Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan jenis tulisan miring yang dikirim lewat pesan Whatsapp? Membuat tulisan menjadi bentuk miring ternyata sama sekali tidak sulit dan bisa dilakukan siapa saja. Pertama, Anda cukup masuk ke room chat dan ketiklah pesan.

Setelah itu, Anda cukup menambahkan tanda (_) di depan dan belakang kalimat yang hendak dibuat miring.

Selanjutnya, Anda tinggal mengklik spasi lalu tulisan akan langsung berubah menjadi miring atau italic. Anda bisa membuat tulisan miring di setiap kata atau di satu kalimat sekaligus.

cara merubah tulisan di wa

Biasanya tulisan dibuat miring jika ingin mengubah kata asing atau yang menggunakan bahasa latin. Atau bisa juga tulisan miring ini digunakan untuk menekankan informasi tertentu dalam pesan, maupun untuk membuat pesan secara keseluruhan lebih menarik. 

Mengubah Font Tulisan Menjadi Fixedsys

Jika biasanya Anda menggunakan jenis font asli dari aplikasi Whatsapp, kini saatnya melakukan perubahan. Ternyata Anda bisa menggunakan jenis font Fixedsys ketika sedang bertukar pesan. Caranya adalah, setelah menulis pesan, bubuhi tanda (`) sebanyak tiga kali.

Mengubah Font Tulisan Menjadi Fixedsys

Tanda petik atas tersebut diletakkan di awal dan akhir kata atau kalimat yang hendak Anda ubah. Setelah itu, lihatlah perubahan jenis fontnya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa fitur ini sebenarnya terbatas. 

Lebih jelasnya, ternyata tidak semua keyboard ponsel memiliki tanda petik atas ini. Jika ponsel Anda salah satunya, maka bisa mengganti jenis font WA menggunakan aplikasi tambahan. Jika Anda menggunakan keyboard laptop, tanda petik atas ini ada di atas, tepatnya sebelah kiri tombol angka 1.
cara Mengubah Font Tulisan Menjadi Fixedsys

Cara Mengubah Font Selain ke Bentuk Selain Fixedsys

Anda mungkin merasa bosan dengan font WA yang itu-itu saja dan berniat menggantinya. Tentu hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Caranya adalah download aplikasi bernama Fancy Text (For chat) terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkannya di Google Play Store.
cara merubah tulisan di wa dengan aplikasi

Setelah terinstal, langkah berikutnya adalah membuka aplikasi tersebut lalu pilihlah jenis font yang sudah tersedia disana.

Ada banyak jenis tulisan yang bisa Anda pilih. Anda juga bisa melakukan pencarian jenis font sesuai dengan keinginan. Setelah mendapatkan jenis font yang diinginkan, tulislah isi pesan teks.

Setelah itu, Anda bisa copy paste tulisan yang ada di aplikasi ke room chat Whatsapp. Lihatlah! Pesan Anda akan tampak lebih keren dengan gaya font baru.

Cara Merubah Tulisan Text Menjadi Bold atau Tebal

Selain mengubah jenis font dan bentuk menjadi miring, Whatsapp juga menyediakan fitur menebalkan kata atau kalimat. Caranya adalah dengan menambahkan tanda (*) pada bagian awal dan akhir kata atau kalimat yang hendak ditebalkan. Lalu, Anda bisa mengklik tombol spasi dan tulisan akan berubah.
Cara Merubah Tulisan Text Menjadi Bold

Fungsi menebalkan kata atau kalimat dalam sebuah pesan ini adalah menekankan bahwa pesan atau informasi tersebut dirasa penting, atau ingin di highlight. Jadi, maksud dari pesan yang Anda kirimkan akan mudah dipahami oleh penerima.

Cara Membuat Teks Strikethrough atau coret di Whatsapp

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan tulisan yang dicoret. Beberapa aplikasi penulisan menyediakan fitur seperti ini, termasuk di word.

Nah, ternyata, Anda bisa menerapkan gaya tulisan tersebut di Whatsapp. Lalu bagaimana cara mengubah tulisan di WA agar teksnya tercoret?

Pertama, silahkan Anda tulis pesan yang ingin dikirim kepada si penerima. Sebelum memencet tombol kirim, tambahkan tanda gelombang seperti ini (~).  Setelah itu, Anda bisa mengirim pesan tersebut dan lihatlah perubahannya. Teks Anda akan langsung tercoret secara otomatis.

Cara Membuat Teks coret di wa

Contohnya adalah, jika Anda menulis “~Hari Minggu~maka text akan berubah menjadi Hari Minggu. Anda bisa mempraktekannya langsung dalam 1 kata atau kalimat. Fitur ini tentu memberi kemudahan pada kalangan tertentu yang ingin melakukan koreksi tulisan melalui WA.  

Cara Mengubah Tulisan Menjadi Terbalik di WA

Selanjutnya adalah mengubah tulisan Whatsapp menjadi terbalik. Hal ini cocok dilakukan jika Anda ingin mencoba menjahili seorang teman. Caranya sangat mudah. Anda tinggal unduh aplikasi bernamaUpside Down (Flip Text) di Google Play Store. Tunggulah sampai proses instalasi aplikasi selesai. 

Mengubah Tulisan Menjadi Terbalik

Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan ketikkan pesan yang ingin Anda kirimkan di kolom. Pilih menu Flip yang ada di bagian bawah dan hasilnya akan muncul berupa tulisan terbalik. Salin hasil tersebut ke room chat Anda dan kirim kepada si penerima.

Cara Mengubah Seluruh Teks di Tampilan Whatsapp

Jika Anda ingin mengubah tampilan teks di aplikasi Whatsapp, hal ini juga mudah dilakukan. Caranya yang pertama adalah mengunduh terlebih dahulu aplikasi pengubah font yang gratis di Google Play Store.
Cara Mengubah Seluruh Teks di Tampilan Whatsapp

Setelah itu Anda bisa memilih font sesuai dengan keinginan. Setelah memilih salah satu, maka tampilan akan berubah. Cobalah untuk mengecek langsung dengan masuk ke aplikasi Whatsapp penampilan fontnya. Jika Anda merasa bosan dengan satu gaya, gantilah jenis tulisan dengan font lain. 

Cara Mengganti Ukuran Font di Whatsapp

Apakah Anda merasa ukuran font di Whatsapp terlalu besar? Anda bisa memperkecil ukuran tulisan dengan membuka menu pengaturan. Setelah itu, pilihlah menu chats yang ada di bawah account, dan akan muncul beberapa menu dan Anda bisa pilih font size. 

Disana akan muncul 3 pilihan ukuran tulisan, ada small, medium dan large. Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan. 

Jika tidak nyaman dengan tulisan yang terlalu kecil, bisa memilih medium atau large dan sebaliknya. 

Jika Anda mengubah tulisan yang ada di Whatsapp melalui menu setting ini, maka yang akan berubah adalah seluruh tampilan WA. Fitur ini sudah ada sejak Anda mengunduh Whatsapp.

Nah, kalau Anda ingin kembali mengubah ukuran fontnya, Anda tinggal lakukan saja hal yang sama. 

Membuat Tulisan Berwarna Biru di Whatsapp

Agar isi pesan Anda tidak monoton, cobalah untuk menggantinya dengan warna biru. Cara mengubah tulisan di WA menjadi biru bisa dimulai dengan mengunduh aplikasi bernama WhatsBlueText terlebih dahulu. Setelah selesai menginstal, bukalah aplikasi tersebut.

Disana akan muncul banyak pilihan font berwarna biru yang bisa Anda pilih. Jika sudah, tuliskan pesan pada kolom Start Writing lalu klik tombol panah yang ada di sampingnya. Tidak butuh waktu lama, tulisan Anda akan langsung berubah warna menjadi biru. 

Setelah itu, Anda tinggal membagikan teks berwarna biru tersebut kepada kontak yang ingin dituju. Tentu ini akan membuat kiriman pesan Anda tampak lebih keren dan tidak membosankan.

Cara Membuat Text Art di WA

Anda juga bisa membuat gaya tulisan model Text Art dengan menggunakan aplikasi Whatsapp. Caranya adalah mengunduh aplikasi Text Art terlebih dahulu, lalu install. Setelah itu, bukalah aplikasinya dan ketik pesan yang ingin Anda kirim. Setelah submit text, klik tulisan OK dan hasilnya akan muncul.
Cara Membuat Text Art di WA

Anda bisa langsung membagikannya kepada teman atau mengeditnya terlebih dahulu. Disini pun tersedia beragam fitur edit tulisan seperti warna tulisan, jenis font, warna latar, tata letak dan sebagainya. 

Jika dirasa cukup, Anda bisa langsung membagikannya dengan memilih menu send to whatsapp.  Pesan Anda akan langsung berubah secara otomatis membentuk Text Art. Anda bisa membuat teks apa saja lewat aplikasi Text Art ini. 

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *