Panduan Cara Mengubah Pembayaran Google Play dengan Pulsa

Cara Mengubah Pembayaran Google Play dengan Pulsa – Tidak semua orang memiliki kartu kredit, padahal beberapa layanan online memanfaatkan kartu kredit sebagai metode pembayaran. Salah satunya Google Play yang jadi fitur penting untuk smartphone android.

Berbagai macam aplikasi bisa diunduh dari Google Play, ada yang gratis ada pula yang berbayar. Untuk aplikasi berbayar, contohnya saja game maka Anda harus menggunakan kartu kredit sebagai media pembayaran.

Kini tidak perlu bingung lagi bagi Anda yang tidak memiliki kartu kredit. Google Play memberikan pilihan metode pembayaran, salah satunya adalah dengan pulsa. Bagaimana cara mengubah pembayaran google play dengan pulsa? Seperti apakah metodenya?

Cara Mengubah Pembayaran Menggunakan Pulsa di Google Play

Cara Mengubah Pembayaran Menggunakan Pulsa di Google Play

Pulsa adalah alat pembayaran yang sangat praktis bagi pengguna elektronik yang tidak memiliki kartu kredit. Untungnya Google Play mempersiapkan metode pembayaran ini jadi transaksi lebih praktis.

Kamu hanya tinggal membeli pulsa lalu ketika proses pembayaran biaya yang diambil berasal dari pulsa. Untuk menggunakan cara ini, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu, berikut dibawah ini adalah cara mengubah pembayaran google play dengan pulsa:

Pertama, nomor provider yang digunakan untuk pembayaran harus berada di SIM 1

Jadi jika belum SIM 1 kamu bisa memindahkannya terlebih dahulu. Alasannya karena Google Play akan membaca secara otomatis kartu mana yang bisa digunakan untuk pembayaran.

Kedua adalah akun Google yang kamu miliki belum pernah menggunakan metode pembayaran dengan kartu lainnya

Jadi ini adalah pertama kalinya kamu mengatur, karena nomor yang pertama digunakan akan melekat pada pengaturan Google.

Ketiga Membersihkan Cache

Hal ketiga adalah kamu perlu membersihkan cache dan data terlebih dahulu, apalagi jika kamu sering bermasalah dengan provider atau smartphone. Jadi lebih amannya untuk menghilangkan cache dan data pada settingan smartphone.

Apabila ketiga hal ini sudah dipersiapkan dengan baik, maka cara mengubah pembayaran google play dengan pulsa nanti akan cepat berhasil. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

Masuk ke Google Play Store di perangkat smartphone android kamu.

cara mengubah pembayaran google play dengan mudah

Kemudian pilih menu yang ada di sebelah kiri atas dengan ikon garis tiga untuk masuk ke menu akun.

bayar google play pake pulsa

Setelah masuk, pilih menu Payment Methods yang tersedia pada baris keenam.

tutorial bayar google play pake pulsa

Nah di sini akan muncul beberapa pilihan menu pembayaran. Karena kamu hendak menggunakan pulsa maka pilih provider yang digunakan. Pada contoh kali ini yang digunakan adalah Indosat.

Nama yang muncul adalah nama provider yang berada di SIM 1. Jadi kamu harus memastikan bahwa provider yang muncul sudah benar. Jika berbeda maka pasti sebelumnya akun Google Play sudah pernah menggunakan metode pembayaran lainnya.

Setelah itu kamu tinggal aktifkan metode pembayaran dengan kartu yang digunakan dengan sekali ketuk. Google akan memproses dan jika berhasil akan muncul tulisan aktifkan. Kamu tinggal ketuk Aktifkan saja.

Cara mengubah pembayaran google play dengan pulsa ini tidak memakan waktu lama. Sebaiknya agar lebih cepat pastikan jaringan internet yang digunakan tidak bermasalah. Selain itu sinyal dari provider yang digunakan juga harus lebih bagus sehingga proses berjalan lancar.

Kini kamu sudah bisa melakukan pembayaran dengan pulsa dari provider. Kamu bisa membeli aplikasi, membeli diamond atau gems di permainan, film, video, musik, buku dan masih banyak lagi. Jangan lupa jika ingin melakukan pembelian pastikan pulsa mencukupi.

Metode Pembayaran yang Tersedia di Google Play

Apa saja metode pembayaran yang disediakan oleh Google Play Store? Kamu harus mengetahuinya juga untuk metode cadangan ketika provider sedang tidak bisa digunakan. Misalnya saja kartu yang kamu gunakan terblokir atau tidak terdapat sinyal.

Demi menjaga kenyamanan penggunanya, Google Play menyediakan beberapa metode pembayaran berikut ini:

Kartu Kredit atau Debit

Dua jenis kartu ini adalah yang paling sering digunakan untuk pembayaran non tunai bagian bukan saja pembayaran virtual. Kamu hanya perlu memilih metode pembayaran dengan kartu kredit atau debit kemudian masukan nomor kartu.

Pastikan terlebih dahulu bahwa kartu yang kamu miliki memiliki fitur untuk pembelian secara online. Karena tidak semua jenis kartu memiliki fitur yang sama. Selain itu kenali juga jenis kartu apa saja yang diterima oleh Google Play.

E-Wallet

Saat ini pembayaran cardless juga sudah sering digunakan oleh masyarakat. Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi E-wallet seperti Gopay. Untuk cara menggunakannya isi terlebih dahulu E-Wallet yang kamu miliki, kemudian pilih metode pembayaran ini di Play Store.

Ketika kamu menggunakan aplikasi di hp yang sama, Google akan otomatis menambahkan metode ini. Jadi kamu tidak perlu repot lagi untuk mengaturnya.

Saldo atau Gift Card di Google Play

Metode lainnya adalah dengan menambahkan saldo pada Google Play. Jadi Play Store sendiri akan berfungsi sebagai E-wallet tapi hanya bisa digunakan untuk membeli produk yang telah disediakan.

Kamu bisa mengisi saldo Google Play atau membeli Gift Card di minimarket terdekat menggunakan uang tunai. Di Indonesia sendiri pembelian mulai dari 10 ribu, 25 ribu, hingga 500 ribu.

Inilah cara lengkap yang bisa kamu ikuti untuk mengubah metode pembayaran Google Play menggunakan pulsa. Semakin banyak metode yang dipilih lebih mudah pula proses pembeliannya.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *