Cara Mengubah JPG ke PDF Tanpa Ribet

Cara Mengubah JPG ke PDF – Ada banyak jenis file dokumen, atau gambar yang bisa kita ketahui, termasuk pdf, word, gif, png, jpg dan masih banyak yang lainnya. Seiring dengan berkembangnya waktu kebutuhan akan file tersebut semakin kompleks dan banyak.

Jika kamu pernah melakukan pengurusan secara online, maka terkadang disyaratkan untuk upload dokumen dengan format file tertentu, tidak hanya word, atau JPG saja namun juga format-format yang lainnya.

Sebagai contoh yang paling mudah ialah kamu harus mengirimkan foto KTP namun dalam format pdf, tentu hal ini sedikit menyulitkan, mengingat format asli foto, apalagi jika diambil dari ponsel kamera, ialah JPG.

Lalu bagaimana mengatasinya?

Tentu saja harus mengubah file (convert) ke format yang dikehendaki,  sebelum kamu upload atau mengirimkan dokumen itu bukan? 

Saat ini file PDF memang paling banyak digunakan sebagai sarana penyimpanan dokumen-dokumen penting. PDF dianggap jenis file yang paling aman dan lebih terpercaya dibandingkan file dengan format lainnya. 

Sayangnya terkadang kita tak terlalu memperhatikan hal tersebut dan menyimpan dokumen penting dalam format non-PDF.

Namun tidak perlu khawatir, dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, sudah cukup banyak pilihan cara untuk mengubah file JPG ke PDF. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kenyamanan kamu.

convert jpg ke pdf

Berikut Adalah Kumpulan Cara Mudah Convert JPG ke PDF

Seperti halnya konversi file lainnya, jika kamu ingin mengubah file dari JPG ke PDF bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer/ laptop. Bahkan sekarang ini perangkat mobile alias smartphone juga sudah mendukung proses konversi file.

Secara umum, kamu bisa melakukan pekerjaan konversi dokumen tersebut baik secara online maupun offline. 

Ada cukup banyak website konversi online yang menawarkan layanan gratis pengubahan dokumen. Begitu juga yang offline, yang mana biasanya menggunakan aplikasi khusus.

Tim Tedas.id telah mengumpulkan berbagai teknik dan cara mengubah JPG dan PDF tanpa ribet khusus untuk para sahabat tercinta. Berikut ini beberapa hal yang bisa dipraktikkan:

1. Cara Mengubah File JPG ke PDF dengan Foxit Reader

Ini merupakan salah satu cara ubah file JPG ke PDF offline yang banyak digunakan oleh banyak orang.  Cara ini memang cocok bagimu yang terbatas dengan koneksi internet, namun ingin mengkonversi file dengan mudah dan cepat. Hanya saja untuk menggunakannya, kamu perlu menginstal aplikasinya terlebih dulu.

Baca Juga  Cara Mengeluarkan Akun Gmail di HP Android dan Laptop

pdf foxit

Aplikasi Foxit Reader ini memang cocok digunakan untuk mengubah file jenis apapun, termasuk JPG ke PDF sehingga akan memudahkanmu dalam konversi ke PDF.

Sudah nggak sabar untuk mengintip cara mengkonversi file JPG ke PDF dengan Foxit reader? Ini dia langkah-langkahnya:

  • Instal aplikasi Foxit Reader terlebih dulu
  • Buka gambar atau foto yang berformat JPG yang akan diubah ke PDF.
  • Simpan gambar tersebut dengan format PDF.

Cukup mudah dan simpel bukan? Dengan menggunakan aplikasi ini mengubah file apapun menjadi file berformat pdf terasa lebih mudah.

Sekalipun aplikasi ini menawarkan kemudahan dan cukup simpel digunakan, tetapi juga memiliki keterbatasan yakni hanya bisa memproses satu file saja, tidak bisa beberapa gambar dijadikan dalam satu file pdf.

Jika kamu ingin mengubah foto KTP atau lainnya yang hanya berjumlah satu file saja, maka aplikasi Foxit Reader ini bisa menjadi pilihan tepat.

nitro pdf reader

2. Cara Mengubah File JPG ke PDF dengan Nitro Reader

Selain Foxit Reader, alternatif ubah file JPG ke PDF yang bisa kamu pilih ialah aplikasi Nitro Reader. Pada dasarnya kedua jenis aplikasi offline ini mempunyai fungsi dan kegunaan yang hampir sama.

Berikut adalah langkah-langkah cara mudah untuk mengubah file JPG ke PDF menggunakan aplikasi Nitro Reader:

  • Install aplikasi Nitro Reader terlebih dulu, jika belum punya, bisa download secara gratis di Playstore Google. 
  • Pilih file JPG yang akan diubah menjadi PDF.
  • Klik kanan dan pilih “print”
  • Pada menu cetak
  • Pilih printer menjadi Nitro PDF Creator dan klik Save
  • Selesai, file yang kamu inginkan sudah siap

Dibandingkan dengan foxit reader, aplikasi ini mempunyai keunggulan yakni bisa menggabungkan dua atau lebih file JPG menjadi satu file pdf. Tidak hanya itu saja, ukuran foto layout pun juga bisa diubah sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

xodo pdf reader

3. Cara Mengubah File JPG ke PDF dengan Smartphone

Tidak hanya menggunakan perangkat komputer saja, kamu juga bisa ubah file JPG ke PDF dengan menggunakan smartphone alias si ponsel pintar yang kini selalu setia berada dalam genggaman.

Caranya bagaimana? Tentu saja tidak lain dan tidak bukan dengan menggunakan beragam aplikasi yang tersedia di Google Play.

Ada banyak aplikasi converter document terbaik yang bisa kamu pilih. Salah satunya ialah aplikasi Xodo Docs PDF reader.

Untuk menggunakan aplikasi ini pun juga simpel dan mudah. Sama seperti aplikasi lainnya, sebelum menggunakannya, tentu saja kamu juga harus install aplikasi ini di ponsel terlebih dulu.

Berikut ialah langkah mudah mengkonversi file JPG ke PDF menggunakan Xodo Docs PDF Reader:

  • Buka aplikasi
  • Pilih tombol add (+) yang ada di bagian bawah kanan
  • Tap PDF From Image
  • Kemudian pilih galeri atau gambar yang berformat JPG atau JPEG
  • Selesai

Cukup mudah dan praktis bukan? Namun meskipun menawarkan kemudahan, aplikasi ini juga ada kekurangannya yakni tidak bisa mengubah banyak file dalam satu kali proses. Harus satu-satu. Sedikit melelahkan jika ada banyak file yang harus diubah ya? Memang untuk pekerjaan yang kompleks menggunakan komputer lebih disarankan.

smallpdf

4. Cara Mengubah File JPG ke PDF Online

Setelah di atas dijelaskan bagaimana ubah JPG ke PDF baik secara offline maupun menggunakan aplikasi smartphone, maka alternatif lainnya yang bisa kamu pilih ialah melakukan konversi file secara online.

Ada cukup banyak pilihan website penyedia konversi file gratis yang bisa kamu gunakan layanannya.

Salah satunya ialah dengan mengunjungi situs SmallPdf. Aplikasi online ini menawarkan kemudahan untuk kamu yang ingin ubah JPG ke PDF secara mudah dan cepat. Tidak hanya JPG ke PDF saja, aplikasi ini menawarkan juga beberapa menu lainnya.

Nah, untuk lebih jelasnya simak langkah mengubah JPG ke PDF secara online lewat situs SmallPdf berikut ini:

  • Buka website SmallPdf di link http://smallpdf.com/id/jpg-ke-pdf
  • setelah itu, pilih file JPG yang akan diubah ke format PDF, atau bisa juga dengan drag file yang akan dipilih tersebut ke halaman utama aplikasi.
  • Tunggu hingga file yang dipilih tersebut selesai terunggah.
  • Jika ingin upload beberapa file sekaligus pun juga bisa lo. Tinggal unggah saja file-file yang ingin diubah dalam sekali waktu.
  • Setelah itu, pilih menu Buat PDF anda sekarang
  • Setelah selesai, tinggal unduh file yang telah dikonversi tersebut.

Gampang ya? Tidak hanya website SmallPDF saja yang menawarkan layanan konversi JPG ke PDF, namun ada website lainnya yang bisa kamu pilih.

Salah satunya ialah situs ilovepdf. Seperti halnya, smallPDF, website ini juga menawarkan berbagai pilihan konversi secara online dan gratis.

i love pdf

Caranya pun juga cukup mudah dan simpel. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka websitenya di link berikut http://www.ilovepdf.com/jpg_to_pdf
  • Upload gambar atau file JPG yang akan kamu konversi, atau bisa juga dengan cara di drag dan drop.
  • Setelah terupload semua, klik Convert to PDF.
  • Tinggal download atau bisa disimpan di Google Drive dan DropBox.

Nah, penjelasan di atas adalah kumpulan cara mudah ubah file JPG ke PDF yang bisa kamu coba. Dengan beberapa alternatif pilihan tersebut, tentunya akan memudahkanmu dalam memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Di antara semua cara di atas, mana yang sudah pernah kamu gunakan? Jika kamu punya alternatif lainnya untuk mengkonversi file sejenis, boleh loh ditambahkan di kolom komentar. Siapa tahu bisa memberikan tambahan pilihan kepada yang lainnya.

Perlu diketahui juga bahwa hasil atau output dari hasil konversi tersebut bisa juga berbeda-beda tergantung cara yang digunakan.

Beda aplikasi atau situs, beda pula hasilnya. Mana yang terbaik? Tentu hal itu kembali lagi pada kebutuhan dan kenyamanan masing-masing. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya, Sahabat Tedas.

Marita Ningtyas

Marita Ningtyas

A Writerpreneur, tinggal di kota Lunpia. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *