cara mengubah excel ke pdf
Tutorial

Cara Mengubah Excel ke PDF dengan Cepat dan Mudah

Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang populer. Namun sayangnya membuka dokumen format Excel cukup berat untuk beberapa perangkat, termasuk ponsel.

Dalam hal ini, Anda bisa mencoba cara mengubah Excel ke PDF untuk memudahkan akses tersebut.

File berformat PDF lebih fleksibel dan mudah dibuka di perangkat apapun. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengubah file Excel ke PDF.

Mengubah Excel ke PDF Menggunakan PDF Converter

Cara yang pertama adalah menggunakan PDF Converter. Untuk mengubah dokumen Excel dengan cara ini, Anda harus  terhubung dengan internet.

Menggunakan PDF Converter dapat dilakukan melalui perangkat ponsel maupun PC. Jika menggunakan ponsel, Anda harus menginstall aplikasi PDF Converter terlebih dahulu.

Setelah terinstall, buka aplikasi PDF Converter lalu tambahkan file Excel dengan klik tombol plus (+) yang terletak di sudut kanan bawah.

Aplikasi ini memiliki basis penyimpanan cloud. Lakukan pemindaian dokumen dan pilih file Excel yang ingin Anda ubah.

Kemudian klik Pop Up yang muncul di layar ponsel Anda. Selanjutnya proses convert Excel ke PDF telah selesai.

Jika menggunakan perangkat PC atau Laptop, Anda bisa melakukannya secara online melalui situs website. Misalnya melalui xls to pdf, free pdf convert, pdf candy dan lain sebagainya.

Kunjungi salah satu situs website tersebut, kemudian upload dokumen Excel  Anda. Setelah terupload, klik convert to pdf.

ubah excel ke pdf

Setelahnya file Excel Anda sudah ter-convert ke PDF. Anda pun bisa mendownload file PDF tersebut.

mengubah excel ke pdf

Mengubah Excel ke PDF Menggunakan Microsoft Office

Cara mengubah Excel ke PDF selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office. Cara ini juga dapat dilakukan melalui ponsel maupun PC.

Adapun cara mengubah formatnya yaitu diawali dengan membuka dokumen file Excel yang akan dikonversikan, lalu sesuaikan layout terlebih dahulu. Setelah itu, klik simpan “Save As” dan pilih format type PDF.

Baca Juga: Cepat dan Praktis! Ini Cara Merubah File PDF ke Word

Kemudian di bagian Optimize For akan ada beberapa pilihan lagi. Anda bisa memilih opsi standart dan klik save, dan selanjutnya file Excel pun sudah diubah ke dalam format PDF.

Cara ini sangat mudah dan cepat, serta sangat fleksibel karena hanya membutuhkan ponsel saja.

Mengubah Excel ke PDF Menggunakan Google Spreadsheet

Bagi Anda yang berkecimpung pada dunia akuntansi atau laporan keuangan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Google Spreadsheet.

Google Spreadsheet merupakan salah satu layanan Google untuk memformat dan membuat spreadsheet, serta membagikan pekerjaan tersebut pada orang lain.

Google Spreadsheet banyak digunakan untuk mengolah angka sebagaimana Microsoft Excel.

Adapun fungsi Google Spreadsheet diantaranya adalah membuat grafik, tabel, menghitung statistik, penjualan, laporan keuangan, pembelian, daftar gaji, dan lain sebagainya.

Lalu apa perbedaan Excel dengan Google Spreadsheet ini? Meskipun memiliki fungsi dasar yang sama, namun kedua aplikasi ini tetap memiliki perbedaan.

Google Spreadsheet memiliki formula sebanyak 432, sementara Excel mempunyai 477 formula. Secara formula, Excel lebih unggul dibandingkan dengan Google Spreadsheet.

Penyimpanan kedua aplikasi ini juga berbeda. Google Spreadsheet memiliki basis penyimpanan cloud computing, sehingga file yang Anda buka akan otomatis tersimpan di Google Drive dan tidak perlu khawatir apabila tidak sengaja menutup lembar kerja.

Sedangkan pada aplikasi Excel Anda harus klik “simpan/save” untuk menyimpan suatu file, sehingga sangat berbahaya apabila Anda lupa menekan tombol save.

Kedua aplikasi ini memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa memanfaatkan keduanya sekaligus, seperti untuk mengubah file Excel menjadi PDF.

Untuk mengkonversikan file ke PDF dengan menggunakan Google Spreadsheet, Anda dapat mengikuti cara-cara berikut ini.

  • Buka Spreadsheet dan Tambahkan Dokumen

Pertama, buka Google Spreadsheet melalui PC atau aplikasi di ponsel, kemudian tambahkan dokumen baru yang ingin dikonversikan lalu klik import.

cara ubah excel ke pdf

Apabila file tersebut ada di laptop atau PC, Anda dapat menguploadnya terlebih dahulu sampai selesai. Proses upload ini membutuhkan waktu beberapa saat.

  • Pilih Menu Cetak

Jika sudah selesai, selanjutnya klik menu file dan pilih opsi cetak. Anda juga bisa menggunakan shortcut menggunakan tombol CTRL + P.

aplikasi cara mengubah excel ke pdf

Kemudian tampilan cetak akan muncul. Atur sheet yang akan dikonversikan menjadi PDF. Jangan lupa untuk memastikan ukuran kertas dan marginnya.

aplikasi ubah excel ke pdf

Setelah selesai Anda dapat klik opsi berikutnya dan jendela preview print akan ditampilkan. Klik tombol “destination” lalu pilih “Save as PDF”.

pdf converter

  • Simpan Dokumen

aplikasi pdf converter

Terakhir klik tombol “simpan/save” maka file Excel yang diubah menjadi PDF akan otomatis terunduh ke laptop/PC Anda.

Karena Google Spreadsheet ini berbasis penyimpanan awan atau cloud computing, file Anda juga akan secara otomatis tersimpan pada drive.

Mengubah Excel ke PDF Menggunakan WPS Office

Saat ini, ponsel sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan aplikasi yang membantu mempermudah pekerjaan pengguna. Hal ini termasuk dalam mengolah data dan angka.

Salah satu produk aplikasi yang sangat berguna dalam hal ini adalah aplikasi WPS Office. Bagi beberapa orang, aplikasi ini mungkin sudah sangat akrab.

WPS Office dapat membuka berbagai file seperti PDF, Ms. Word bahkan Excel. Tidak hanya itu, WPS Office juga dapat mengubah bentuk file Excel menjadi PDF.

Lalu bagaimana cara mengkonversi file Excel menjadi PDF dengan aplikasi WPS Office? Caranya adalah sebagai berikut.

  • Instal Aplikasi dan Pilih Dokumen

Langkah awal, pastikan Anda sudah menginstall aplikasi WPS Office di ponsel. Jika belum, Anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu di Play Store.

Setelah terpasang, buka aplikasi WPS Office kemudian pilih dokumen yang ingin dikonversikan ke PDF. Buka file lalu pilih “alat” pada menu bar.

  • Ekspor Dokumen

Kemudian, klik ekspor to PDF dan pilih tempat penyimpanan serta nama file. Jangan lupa memilih penyimpanan jenis PDF.

Lalu klik ekspor. Setelahnya, file Excel Anda sudah selesai diubah ke dalam bentuk PDF.

Nah bagaimana? Caranya sangat mudah dan cepat bukan?

Mengubah Excel ke PDF Menggunakan Microsoft Excel (Windows)

Tidak hanya menggunakan bantuan aplikasi lain, ternyata Excel mendukung bentuk penyimpanan yang beragam, termasuk PDF.

Cara ini cocok dilakukan saat Anda sedang membuka lembar kerja dan ingin segera membuat salinan dokumen berupa PDF.

Namun perlu Anda perhatikan bahwa Excel dapat menyimpan bentuk file PDF hanya jika header dan footer pada tiap lembar kerja sama. Apabila header dan footer berbeda, maka dokumen akan menjadi file PDF yang berbeda.

Akan tetapi, hal ini masih bisa disiasati dengan menahan tombol “shift” dan klik tab lembar terakhir (jika ingin memilih semua lembar kerja).

Lalu pilih menu bar “Layout” dan klik “Header & Footer”. Anda bisa menyunting header dan footer sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, pilih lembar kerja yang ingin dikonversikan ke file PDF.

Lanjut dengan klik “Save As” pada menu bar dan pilih lokasi penyimpanan file Anda. Kemudian pilih format PDF dengan klik menu pull-down format.

cara convert excel ke pdf

Setelah itu akan ada pilihan “workbook”, “sheet” dan “selection”. Pilihlah sesuai dengan lembar kerja yang ingin diubah ke PDF. Terakhir, klik save/simpan.

convert excel ke pdf

Selain cara itu, Anda juga bisa langsung melakukan convert ke PDF melalui fitur convert yang ada di menu file.

aplikasi convert excel ke pdf

Dalam mengkonversikan file Excel ke PDF melalui Microsoft Office sendiri, perlu diingat bahwa meskipun Anda sudah mengatur header & footer, bisa saja berkas akan tetap terpisah.

Hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena pada lembar kerja yang memiliki header & footer sama persis pun file terkonversi secara sendiri-sendiri.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengulang cara di atas atau menyimpan file dengan format Excel dan menggunakan cara convert file Excel ke PDF yang sudah dibahas sebelumnya.

Misalnya seperti menggunakan PDF Converter, Google Spreadsheet, WPS Office dan lain sejenisnya.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *