Cara Mengilangkan Iklan di Google Chrome PC & Android

Sering browsing menggunakan Google dan terganggu dengan iklan yang muncul? Atau kamu sering menonton film streaming melalui web nonton gratis? Pasti udah gak asing lagi dengan yang namanya iklan baik itu di laptop atau di Android.

Pada saat kamu sering browsing iklan muncul dengan berbagai cara. Ada yang muncul dari halaman web di setiap pojok atau bahkan memenuhi layar sebelum masuk ke laman yang dituju. Ada juga iklan yang muncul berbentuk pop up, yang akan mengarahkan pencarian ke laman yang baru.

Sungguh mengganggu! Siapa saja yang sedang serius pasti terganggu dengan adanya iklan, gimana sih cara menghilangkan iklan di Google Chrome biar kegiatan browsing lancar jaya? Tenang, ada kok caranya.

media iklan

Macam-Macam Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome

Google adalah web browser yang paling banyak digunakan saat ini. Saham Google sendiri adalah yang terbesar dan semua pendapatannya masuk dari iklan. Jadi nggak heran kalau setiap pengguna Google akan disuguhi oleh berbagai macam iklan. Apalagi pasang iklan di Google itu cukup murah.

Iklan yang muncul pun sesuai dengan hasil pencarian kamu selama ini. Misalnya nih kamu baru aja mencari tempat jual sneakers, nah nanti ketika kamu selesai browsing dan mencari info lainnya, iklan tentang sneaker akan muncul terus menerus.

Inilah strategi yang dilakukan Google supaya orang yang melihat iklan terus menerus akhirnya melakukan pembelian. Sebenarnya niatnya sih baik untuk mengingatkan kalau kamu belum membeli produk yang tadinya dicari. Tapi kalau munculnya berlebihan akan menjadi gangguan.

Supaya kamu nggak keganggu lagi dengan semua iklan saat sedang surfing di internet ada beberapa cara menghilangkan iklan di Google Chrome yang bisa dilakukan. Caranya juga sangat mudah untuk diikuti.

duckduckgo

1. Mengganti mesin pencarian (search engine)

Google Chrome adalah web browser yang bisa kamu gunakan karena terintegrasi dengan produk Google lainnya seperti email, akun Youtube, dan lainnya. Tapi walaupun kamu menggunakan Google Chrome, mesin pencari atau search engine yang digunakan tidak melulu harus Google.

Kamu bisa menggunakan mesin pencari yang lainnya seperti Bing, Duck Duck Go, Yahoo, dan masih banyak lagi. Mengapa kamu harus mengganti web browser alasannya untuk menghindari iklan.

Baca Juga  3 Cara Mengganti Email Facebook Lengkap Dengan Gambar

Google sebagai search engine memiliki peringkat pertama di dunia yang paling banyak digunakan, iklan yang muncul pun tak terhingga jumlahnya. Beda ketika kamu menggunakan search engine seperti Bing atau Duck Duck Go.

Di antara semua search engine, DuckDuckGo.com adalah yang paling aman dan tidak akan memunculkan iklan. Cara menggunakannya adalah buka Google Chrome kemudian ketik DuckDuckGo.com dan klik pada hasil pencarian.

Kamu akan diarahkan langsung ke search engine Duck Duck Go dan masukan kata kunci sesuai info yang ingin didapatkan. Hasil pencarian pun akan bebas iklan. Hanya saja kekurangan yang dimiliki mesin pencarian ini hasilnya terbatas dan tidak sebanyak Google.

cara menghapus iklan di chrome

2. Mengubah Notifikasi Web Google Chrome

Kehebatan dari Google Chrome adalah banyaknya pengaturan yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan pengguna. Privasi dan juga soal iklan notifikasi yang mengganggu bisa diatur sehingga kegiatan browsing jadi lebih maksimal.

Terlalu banyak iklan akan membuat kinerja laptop atau hp android menjadi lemot. Kamu tentunya tak ingin dong selalu terganggu hanya karena iklan. Ada cara menghilangkan iklan di Chrome lainnya dengan mengubah pengaturan.

Cara yang bisa dilakukan adalah :

  • Buka halaman baru di Google Chrome.

tutorial 1

  • Klik menu pada pojok kanan atas tab yang bergambar titik tiga. Kemudian klik pada menu pengaturan atau setting.
  • Ketika halaman pengaturan muncul scroll pada bagian bawah kemudian klik menu Advance atau lanjutan.

  • Pada pengaturan yang muncul, scroll ke bahwa hingga kamu menemukan menu Site Settings dan klik menu tersebut.
  • Pada pilihan menu dalam Site Settings, klik menu Notification dan akan muncul hasil nama web yang sering dikunjungi.

tutorial 3

  • Pilih web yang paling sering memunculkan iklan dan klik menu remove pada simbol titik tiga di setiap nama web.

tutorial 4

Jika sudah selesai, maka iklan notifikasi tidak akan muncul pada web yang sudah dihapus pada pengaturan tersebut.

3. Memblokir Iklan Pop Up di Google Chrome

Selain iklan notifikasi, jenis iklan lain yang cukup mengganggu adalah iklan pop up. Pada saat kamu sedang asyik browsing tiba-tiba kamu diarahkan ke web lain yang isinya iklan.

Bukan hanya mengganggu, tetapi semakin banyak browser yang dibuka otomatis maka paket data kamu akan cepat habis. Apalagi jika iklan yang muncul dalam bentuk video yang mulai secara otomatis.

Google Chrome juga memiliki pengaturan sendiri soal iklan pop up, caranya adalah :

  • Buka web browser Google Chrome
  • Klik menu pada simbol titik tiga di bagian pojok kanan atas dan pilih menu setting atau Setelan.
Baca Juga  10 Aplikasi Perekam Layar Untuk HP dan PC Terbaik

tutorial 5

  • Klik menu Setelan Situs.
  • Klik Pop-up dan pengalihan.

tutorial 6

  • Pilih menu diblokir dan klik simbol untuk menyalakan pemblokiran.

tutorial 7

Kini kamu bisa dengan bebas melakukan browsing tanpa harus terganggu dengan iklan pop up yang sering muncul. Kamu juga tidak perlu khawatir akan paket data yang tiba-tiba habis karena membuka halaman web yang berisi iklan pop up.

4. Menghilangkan Notifikasi Iklan di Android

Melakukan browsing kini tak hanya dilakukan di laptop atau komputer saja. Dengan smartphone dunia berada dalam genggaman manusia. Kamu pasti juga sering memanfaatkan hp android untuk mencari informasi beragam melalui Google Chrome.

Iklan juga tidak hanya muncul ketika menggunakan laptop tetapi juga android. Oleh karena itu kamu harus mengubah pengaturan pada Google Chrome. Berikut ini caranya :

  • Masuk pada aplikasi Google Chrome di hp android milikmu dan buka tab baru.
  • Pada bagian pojok atas kanan terdapat simbol titik tiga dan klik simbol tersebut .
  • Pilih menu setting dan pilih Notification sampai muncul pilihan nama web.
  • Matikan simbol allow jika kamu tak ingin mendapatkan iklan notifikasi pada nama-nama web tertentu.

Jika semua web sudah diubah notifikasinya menjadi block maka kamu tak akan membaca lagi notifikasi dari iklan web.

cara menghilangkan iklan di chrome android

5. Menghapus Iklan di Chrome Android

Selain iklan Notifikasi, di web browser Android juga sering muncul iklan untuk setiap halaman web dan iklan pop up. Kamu juga harus mengatur ulang pada menu setting di Google Chrome Android supaya iklan tidak muncul kembali.

Cara menghilangkan iklan di Chrome android tidak jauh berbeda ketika melakukan pengaturan di laptop atau komputer.

  • Masuk ke tab baru pada Google Chrome di android.
  • Ketik kembali menu simbol titik tiga pada bagian pojok kanan atas web browser.
  • Masuk dan pilih menu setting kemudian pilih menu Site Settings.
  • Scroll dan cari menu pop-ups dan redirect. Menu ini akan mematikan iklan pop up atau redirect halaman web. Setelah ketuk nyalakan tanpa pemblokiran.
  • Pilih menu back dan cari menu Ads yang ada di bagian bawah pop ups. Ketuk dan nyalakan juga tanda pemblokiran.

Selesai menyalakan tanda pemblokiran pada Ads dan iklan pop up kamu bisa dengan nyaman untuk menggunakan web browser. Tak ada lagi iklan yang mengganggu yang membuat kinerja android semakin lemot. Kinerja android pun lebih ringan dan kamu bisa browsing lebih cepat.

Baca Juga  Pengertian dan Cara Menggunakan Google Hangout

ad blocker

6. Menghilangkan Iklan di Android dengan Aplikasi

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mencegah iklan muncul pada web browser android adalah dengan memanfaatkan aplikasi. Saat ini ada begitu banyak aplikasi ad blocker yang bisa diunduh di Google Play secara gratis.

Aplikasi ini tentunya sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah iklan yang sering muncul di Chrome. Ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti sebagai berikut :

  • Masuk ke Google Playstore kemudian carilah aplikasi Free Ad Blocker.
  • Setelah menemukan aplikasi, segera instal dan tunggu sampai selesai.
  • Jika aplikasi selesai diinstal kamu bisa langsung membukanya.
  • Tampilan dari Adblock ini sama seperti Google Chrome dan kamu bisa mengaturnya sebagai default web browser yang bebas iklan.

Adblock ini digunakan seperti Google yaitu browser bebas iklan. Kamu juga bisa dilihat berapa jumlah iklan yang di blok dengan klik simbol titik tiga di pojok kanan atas. Kemudian pilih menu Adblocker untuk dilihat berapa jumlah iklan yang telah diblokir dan penghematan penggunaan paket data tanpa iklan.

aplikasi

7. Uninstall Aplikasi yang Mencurigakan

Iklan juga bisa terus muncul di hp android kamu karena infeksi virus. Pada saat kamu membuka situs, tanpa sadar beberapa virus akan menyusup. Oleh karena itu jika kamu baru saja menginstal aplikasi dan ternyata tidak digunakan atau cukup mencurigakan sebaiknya segera hapus.

Uninstal aplikasi pembawa malware ini akan membuat iklan tak lagi muncul. Perlu diingat pula bahwa virus bisa sangat berbahaya untuk kinerja android. Bahkan data-data pribadi bisa diakses oleh pihak ketiga dan disalahgunakan.

Oleh karena itu cara menghapus iklan di Chrome salah satunya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Minimalkan penggunaan aplikasi yang sekiranya tidak penting atau setelah di instal banyak iklan bermunculan.

Setelah uninstal restart hp agar proses bisa berjalan dengan benar. Setelah itu nyalakan anti virus untuk melakukan scan pada android supaya mengecek apakah virus sudah benar-benar hilang.

Melalui ketujuh cara menghilangkan iklan di Google Chrome ini kamu tidak akan terganggu lagi dengan iklan notifikasi, iklan pop up atau iklan di dalam web browser. Bebas iklan artinya kamu bisa lebih bebas dalam melakukan pencarian dan hemat paket data.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *