cara menghubungkan laptop ke tv
Tutorial

Bagaimana Cara Menghubungkan Laptop ke TV?

Cara Menghubungkan Laptop ke TV – Tahukah Anda bahwa TV bisa digunakan sebagai pengganti proyektor? Jadi Anda bisa menyambungkan laptop ke TV, untuk tampilan yang lebih memuaskan.

Apalagi jika Anda memiliki TV yang berukuran yang lebih besar. Dalam hal ini pun ada beberapa cara menghubungkan laptop ke TV.

Cara ini bisa Anda gunakan jika Anda ingin menonton film, karena tentu saja tampilannya akan lebih memuaskan. Bahkan Anda bisa menggunakan TV untuk presentasi.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyambungkan TV ke laptop.

Cara Menghubungkan Laptop ke TV Ternyata Mudah

cara menghubungkan laptop ke tv dengan wifi

Menggunakan Kabel HDMI

Dalam metode yang pertama Anda bisa menggunakan kabel HDMI, karena hampir semua televisi LED atau LCD dibekali dengan kabel ini. Sayangnya tidak semua orang memahami fungsi dari kabel ini.

Kabel HDMI adalah port yang memungkinkan Anda menyambungkan laptop ke TV dengan cara yang sangat praktis dan mudah.

Cara menggunakan kabel ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu memasang kabel HDMI dari belakang TV ke laptop, melalui port HDMI yang terdapat di laptop.

Anda juga harus memastikan jarak antara TV ke laptop sama dengan panjang kabel HDMI.

Kelebihan dari penggunaan kabel HDMI ini adalah gambar yang dimunculkan bisa berkualitas HD yang paling baik. Kabel ini bisa menangani baik file audio maupun video.Cara menyambungkan kabel HDMI itu sendiri adalah sebagai berikut.

  • Pastikan Windows sudah Up To Date

Sebelum Anda menyambungkan kabel HDMI dengan laptop, pastikan terlebih dahulu Windows yang Anda gunakan sudah up to date. Hal ini sering menjadi alasan dari masalah tidak tersambungnya HDMI. Jika Windows Anda belum update, update lah terlebih dahulu.

  • Sambungkan Kabel HDMI

Hidupkan televisi dan laptop yang ingin Anda sambungkan. Selanjutnya Anda bisa menyambungkan kabel HDMI dari port laptop ke bagian belakang TV.

  • Input HDMI atau Lakukan Secara Manual

Kemudian, Anda pilih input TV Anda ke HDMI (pilihan ini bisa Anda temukan dengan menekan AV pada remote TV).

Jika tidak ada atau tidak muncul secara otomatis, Anda bisa menginputnya secara manual. Caranya adalah silahkan Anda masuk ke control panel, kemudian pilih display.

Setelah itu carilah Adjust Resolution, dan pilih TV pada bagian Display drop down box. Selanjutnya TV Anda sudah terinput HDMI. Anda bisa mengoperasikan TV lewat laptop.

Menggunakan Kabel VGA

Kabel VGA juga bisa digunakan untuk menyambungkan TV ke laptop. Kabel ini fungsinya hampir sama dengan kabel HDMI.

Tapi tahukah Anda perbedaan keduanya? Kabel VGA adalah alternatif lain yang bisa Anda gunakan, jika TV Anda terlalu tua dan tidak memiliki sambungan HDMI.

Kabel ini merupakan pengganti kabel HDMI, dan bisa digunakan pada PC atau TV tabung yang belum memiliki sambungan HDMI.

Hanya saja kabel ini mempunyai kelemahan karena hanya bisa menampilkan gambar tanpa suara. Jika HDMI bisa keduanya, sedangkan VGA hanya gambar saja.

Berikut ini langkah-langkah menyambungkan TV ke laptop secara manual, jika TV Anda tidak bisa melakukannya secara otomatis.

  • Nyalakan TV dan Laptop

Anda harus menyalakan laptop dan TV yang akan disambungkan dengan kabel VGA. Setelah laptop dan TV menyala, siapkan kabel VGA.

  • Sambungkan Kabel

Sambungkan kabel VGA ini ke port VGA yang terdapat di TV dan port VGA di laptop. Anda akan menemukan port VGA jika laptop Anda sudah lawas, karena tidak ada port HDMI.

  • Setting manual pada TV

Jika kabel Anda sudah terhubung, maka secara otomatis tampilan TV Anda akan berganti dengan tampilan laptop. Jika hal tersebut tidak terjadi, maka Anda harus mengesetnya secara manual.

Caranya adalah pertama silahkan Anda masuk ke control panel. Kemudian, pada bagian control panel carilah display. Pada bagian ini, pilih Adjust Resolution.

Selanjutnya, pilih TV pada bagian Display drop down box. Jika sudah, maka TV Anda sudah tersambung ke laptop.

  • Gunakan kabel audio

Kelemahan kabel VGA adalah hanya bisa menampilkan gambar tanpa bisa menampilkan suara. Jika Anda ingin menonton film yang membutuhkan suara, maka bisa mengakalinya dengan menggunakan kabel audio tambahan. Dengan begitu, TV sudah bisa menampilkan suara sekaligus gambar.

bagaimana menghubungkan laptop ke tv dengan wifi

Menggunakan Chromecast

Cara menyambungkan laptop ke TV selanjutnya bisa dilakukan tanpa menggunakan kabel, yaitu Anda bisa menggunakan Chromecast.

Alat ini bisa menyambungkan TV ke laptop secara wireless, dan sangat praktis tentunya.

Chromecast adalah perangkat yang dibuat oleh Google dan membuat Anda bisa menonton video dengan menggunakan TV.

Chromecast yang menggunakan wireless tentunya sangat simpel serta modern. Anda hanya memerlukan laptop yang menggunakan sistem operasi Windows atau Mac.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan laptop sebagai pengganti remote control pada TV. Anda tidak hanya bisa menggunakan laptop saja, namun bisa juga menggunakan tablet maupun smartphone yang menggunakan IOS atau Android.

Hal tersebut tentu saja menguntungkan semua pengguna gadget. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda praktekkan untuk menyambungkan TV ke laptop menggunakan Chromecast.

  • Pasang Chromecast

Chromecast yang Anda beli biasanya dilengkapi dengan kabel HDMI. Berbeda dengan cara yang sebelumnya, kabel pendek HDMI ini tidak disambungkan ke laptop, melainkan harus disambungkan ke port yang ada di TV dan ujung lainnya disambungkan ke USB di TV.

Jika sudah memasangnya dengan benar, selanjutnya Anda tinggal mengecek pada TV. Lihat apakah chromecast sudah terpasang dengan baik atau belum.

  • Pilih HDMI yang sesuai

Hidupkan televisi Anda dan cek apakah Chromecast sudah terdeteksi. Caranya, gunakan remote TV untuk mengganti input televisi Anda.

Lalu pilihlah HDMI yang sesuai dengan port yang Anda pasang untuk Chromecast sebelumnya. Jika sudah benar, Chromecast sudah bisa digunakan.

Selanjutnya, sebagaimana disebutkan, Anda juga bisa menghubungkan Chromecast dengan tablet atau smartphone.

Caranya, instal aplikasi Chromecast dari App Store atau Google Play. Jika menggunakan Mac atau Windows, Anda bisa mendapatkan aplikasi ini melalui google.com/chromecast/setup.

Jika Anda telah berhasil menginstall aplikasi tersebut, kemudian sambungan ke WiFi. Isilah pilihan yang terdapat di sana seperti nama negara, kemudian klik next.

Setelah semua selesai, maka aplikasi Anda telah terhubung ke chromecast.

Apabila aplikasi sudah terhubung, maka Anda akan mendapatkan kode verifikasi yang juga harus diisi pada TV. Kemudian, tablet atau smartphone Anda sudah bisa menjadi remote control.

Menggunakan Wi-Fi Direct

Rumah Anda memasang WiFi? Ternyata Anda juga bisa menggunakan WiFi untuk menyambungkan laptop ke TV. Cara ini sangat praktis dan anti ribet karena Anda tidak perlu menggunakan peralatan apapun.Berikut ini cara menyambungkan laptop ke tv dengan WiFi.

 

  • Hidupkan TV dan Tekan Tombol home

Hidupkan TV yang akan Anda sambungkan, dan tekanlah tombol home. Setelahnya pilihlah pengaturan.

  • Sambungkan ke WiFi direct

Kemudian carilah jaringan, dan pada menu jaringan pilihlah WiFi direct dan ubah pilhan menjadi on. Pilih pengaturan WiFi direct, dan Anda bisa memilih nama TV yang akan ditampilkan layar dan perangkat WiFi direct.

Jika perangkat Anda tidak memungkinkan untuk WiFi direct maka Anda bisa memilih options.  Kemudian pada menu tersebut pilihlah manual.

Jika gagal menyambungkan WiFi direct, Anda bisa menekan option, dan pilih manual. Kemudian pilih WPS, jika TV Anda mendukung untuk WPS.

Jika tidak, Anda bisa memilih pilihan metode lain. Anda hanya perlu mengikuti instruksi di layar tersebut

  • Sambungkan laptop ke WiFi direct

Di langkah selanjutnya, Anda harus menyambungkan laptop Anda ke WiFi direct. Setelah itu, kirim konten dari laptop ke TV melalui WiFi direct, dan TV Anda sudah tersambung.

WiFi direct ini penggunaannya mirip dengan Bluetooth, jadi Anda bisa menghapus atau mendaftarkan perangkat mana yang akan tersambung ke TV.

Jika ingin mendaftarkan atau menghapus perangkat, Anda hanya perlu memilih option ketika layar sedang standby.

Kemudian pada menu itu pilihlah, perlihatkan daftar atau hapus perangkat. Jika ingin menghapus perangkat dari daftar Anda bisa menekan tombol +, dan kemudian pilihlah opsi ya.

Pada bagian kiri akan diperlihatkan daftar perangkat yang tersambung melalui icon centang. Apabila cara tersebut masih gagal, Anda bisa mengubah pengaturan pita.

Hanya saja perubahan pengaturan ini disarankan untuk para ahli saja. Jika Anda masih pemula tidak disarankan menggunakan cara ini. Sebaiknya Anda meminta tolong kepada tukang servis yang lebih professional.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *