Tutorial

Cara Menghubungkan Akulaku ke Shopee Langsung Connect 

Masih belum muncul juga metode belanja Akulaku saat di Shopee? Kamu harus tahu dulu cara menghubungkan Akulaku ke Shopee yang benar. 

Layaknya e-wallet seperti OVO dan Dana, kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu metode pembayaran Akulaku agar muncul saat belanja. 

Nantinya baru kamu bisa belanja dengan leluasa dan mendapatkan limit tinggi. Cek cara lengkapnya. 

Cara Menghubungkan Shopee dengan Akulaku pada Akun Baru 

Aplikasi shopee terbaru oktober
Image: play.google.com

Proses menghubungkan Akulaku ke Shopee tidak butuh waktu lama, hanya lima menit. Bukan di aplikasi Shopee, kamu hanya bisa mengaturnya melalui aplikasi Akulaku. 

Banyak yang memilih untuk mendapat cicilan di Akulaku karena limit yang jauh lebih tinggi dibandingkan ShopeePaylater. 

Jika menggunakan Akulaku kamu berpotensi mendapat limit sampai dengan 5 juta rupiah. Limit ini memudahkan kamu untuk belanja barang elektronik. 

Berikut ini langkah singkat untuk menghubungkan akun kamu. 

  1. Kamu bisa update terlebih dahulu aplikasi Akulaku dan Shopee di ponsel. Pastikan juga kedua aplikasi ini berada di ponsel yang sama. 
  2. Selanjutnya kamu bisa buka dulu aplikasi Akulaku dan klik menu Bills atau Keuangan yang ada di deretan layar bawah. 
  3. Kemudian di menu selanjutnya pilih lagi Naikkan Limit. 
  4. Baru kamu akan melihat limit yang didapatkan dan di bagian bawah klik lagi Otorisasi Akun dan klik Selesaikan. 
  5. Sekarang kamu bisa pilih jenis aplikasi e-commerce apa saja yang ingin dihubungkan dengan Akulaku. Pilih Shopee dan klik Hubungkan. 

Sampai tahapan ini seharusnya akun Akulaku kamu telah terhubung ke Shopee. Di Otorisasi Akun tadi akan muncul informasi Sudah yang menandakan akun tersambungkan. 

Selain Shopee kamu juga bisa menyambungkan dengan akun Blibli, Elevenia, Tokopedia dan masih banyak lagi. 

Selama akun telah terhubung jika kamu berbelanja di e-commerce tersebut maka metode pembayaran dengan cicilan Akulaku akan muncul. 

Tips agar Berhasil Menghubungkan Akulaku di Shopee

aplikasi akulaku
Image: play.google.com

Terkadang meskipun kamu mencoba menghubungkan namun tetap masih gagal. Pasti ada beberapa masalah yang terjadi yang mungkin kamu lewatkan. 

Pasalnya setelah kamu membuat akun Akulaku meskipun baru, akun tersebut bisa langsung dihubungkan. Limit yang diperoleh pun bisa tetap tinggi. Nah untuk cara menaikkan limit Akulaku dengan mudah dan cepat kamu dapat membacanya di sini.

Namun, jika misalkan gagal tentunya akan sangat mengganggu karena kamu tidak bisa berbelanja barang yang dibutuhkan. Mendukung agar berhasil, kamu bisa ikuti dulu tips berikut ini:

  • Upgrade ke Versi Terbaru 

Jangan lewatkan langkah ini karena saat aplikasi yang digunakan lama maka menu yang tersedia untuk menghubungkan mungkin saja berbeda. 

Kamu bisa cek dulu di Play Store atau Apps Store apakah kedua aplikasi yaitu Akulaku dan Shopee yang terinstal sudah versi terbaru. 

Tidak butuh waktu lama untuk upgrade, kamu hanya perlu menyambungkan ke internet wifi dan lakukan pembaruan aplikasi. 

  • Wajib Menggunakan Akun Sama 

Menghubungkan kedua akun memiliki syarat utama bahwa identitas akun yang digunakan haruslah sama. Baik itu dari nomor hp dan juga nama sebaiknya sama. 

Jika kamu menggunakan akun Shopee di nomor yang berbeda meskipun di hp sama maka tidak akan berhasil. Oleh karena itu lebih baik membuat akun Shopee baru dengan nomor sama. 

Nantinya aplikasi Akulaku akan otomatis mendeteksi nomor akun Shopee yang sama dan bisa menghubungkannya. 

  • Menggunakan Jaringan yang Kuat 

Kamu juga harus memastikan bahwa jaringan internet yang digunakan saat menghubungkan baik. Mulai dari paket data yang digunakan atau wifi. 

Apabila jaringan internet bermasalah maka proses menghubungkan akan terganggu dan akan gagal. Kamu perlu mengulangi langkah kembali agar dapat terhubung. 

Cara Belanja di Shopee dengan Akulaku 

Saat akun sudah saling terhubung maka kamu bisa menggunakannya untuk belanja. Caranya pun tidak jauh berbeda saat belanja seperti biasa. 

Berikut ini langkah yang bisa diikuti agar kamu dapat belanja dengan Akulaku di Shopee  

  1. Carilah produk yang akan dibeli, biasanya akan muncul informasi di deskripsi judul bisa menggunakan Akulaku. 
  2. Klik Beli Sekarang agar produk bisa masuk ke dalam keranjang. 
  3. Sekarang kamu bisa masuk ke halaman checkout dan cek kembali mana barang yang hendak dibeli. 
  4. Pada halaman ini kamu bisa klik dulu Metode Pembayaran. 
  5. Carilah pembayaran dengan Akulaku dan klik Konfirmasi. 
  6. Proses pembayaran akan selesai dan barang akan sekarang dikirim. 

Cara Mengatasi Metode Pembayaran Akulaku Tidak Muncul

Cara Mengatasi Metode Pembayaran Akulaku Tidak Muncul

Kamu sudah berhasil menghubungkan Akulaku di Shopee, namun bisa jadi metode pembayaran tersebut tidak muncul. Ada beberapa cara untuk mengatasinya yaitu:

  • Mencari Produk Lain 

Tidak semua produk yang dijual di Shopee dapat menggunakan cicilan dari Akulaku. Oleh karena itu kamu hanya bisa mencari produk sejenis yang tersedia pembayaran ini. 

Cara paling mudah memilihnya adalah mencermati di bagian judul produk apakah tersedia promo pembayaran dengan Akulaku. 

Jika iya maka kamu dapat memilih produk tersebut dan saat pembayaran akan muncul metode dari Akulaku. 

  • Mengganti Server Internet 

Seringkali tidak munculnya metode pembayaran Akulaku karena jaringan yang buruk saat kamu hendak checkout. Oleh karena itu perlu untuk mengubah server internet. 

Apalagi jika terjadi gangguan server dari Shopee maka yang bisa kamu lakukan hanyalah menunggu perbaikan hingga selesai. 

Ketika server mengalami gangguan biasanya bukan hanya Akulaku saja yang tidak muncul. Metode pembayaran lainnya juga tidak akan keluar. 

  • Melunasi Tagihan Akulaku Sebelumnya

Metode pembayaran Akulaku juga tidak akan muncul apabila kamu masih memiliki cicilan yang belum lunas. Pihak Akulaku akan otomatis menghentikan sambungan ke Shopee. 

Jadi kamu tidak akan bisa belanja barang apapun dengan sistem pembayaran Akulaku. Sebaiknya lunasi cicilan tersebut maka metode pembayaran akan muncul kembali. 

Tips agar Bisa Belanja di Shopee dengan Akulaku 

Hal utama yang perlu kamu perhatikan tentu saja sudah menghubungkan Akulaku ke Shopee. Pastikan Metode Pembayaran Akulaku muncul di Shopee nantinya. 

Selain menghubungkan, ada beberapa tips lain yang penting pula diperhatikan. 

  • Saldo Akulaku Mencukupi 

Kamu harus memiliki saldo atau limit Akulaku yang mencukupi untuk belanja. Jadi sebelum belanja di Shopee lebih baik untuk cek limit ini di aplikasi Akulaku

Tinggal buka saja aplikasi Akulaku dan klik Biaya maka akan muncul informasi limitnya. 

  • Memperhitungkan Biaya Transaksi 

Mulai 2019, Shopee memiliki kebijakan untuk memberikan biaya transaksi sebesar 1,5% jika kamu menggunakan Akulaku. 

Biaya ini tentu harus diperhitungkan pula dari limit saldo yang tersisa jadi kamu masih bisa bertransaksi. 

  • Pilih Produk Bertanda Akulaku 

Tips terakhir adalah mencari produk yang memiliki tanda Akulaku. Jika memilih produk ini sudah pasti metode pembayaran atau cicilan dengan Akulaku akan muncul. 

Nantinya produk dapat kamu beli dengan Akulaku dan informasi cicilan akan muncul di aplikasi Akulaku. Cek berkala Akulaku untuk tahu biaya cicilannya. 

Tidak sulit mengikuti cara menghubungkan Akulaku ke Shopee sampai dengan bisa untuk berbelanja. Selama kamu mengikuti langkah di atas pasti akan berhasil. 

Pastikan juga kamu tidak memiliki tunggakan cicilan Akulaku agar tetap bisa berbelanja dengan mudah. 

 

Aldy Amrillah

Aldy adalah seorang penulis blog yang berasal dari Bogor, Indonesia. Ia merupakan lulusan jurusan Manajemen informatika dari Universitas Bina Sarana Informatika, ketertarikan dengan dunia menulis artikel dimulai ketika pertama kali bekerja untuk sebuah website lifestyle. Kini, Aldy fokus pada penulisan konten SEO yang mengutamakan pembaca bukan mengutamakan bot, karena kenyamanan membaca adalah poin paling penting yang dibutuhkan pembaca saat ini. Ia memiliki spesialisasi topik tentang dunia teknologi, seperti tips, tutorial hingga pembahasan tentang komputer. Dan saat ini ia bekerja sebagai Seo enthusiast di salah satu website yang membahas tentang dunia teknologi di daerah Jakarta

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button