cara menghilangkan vokal pada lagu
Tutorial

Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu Dengan Mudah

Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu – Sahabat Tedas.id tentunya menyanyi tanpa iringan musik bagaikan sayur tanpa garam. Apalagi bagi Kamu yang senang membuat coveran lagu-lagu hits, tentu memerlukan instrumen pengiringnya.

Untuk menyanyikan lirik lagu yang diiringi dengan musik, Kamu harus memahami cara menghilangkan vokal pada video dan pada lagu. Dengan begitu, Kamu dapat memilih instrumen musik secara gampang dan tak perlu membuatnya dari nol.

Perkembangan musik di Indonesia kini kian melesat. Orang-orang yang gemar menyanyi kini saling menunjukkan kemampuannya dengan cara mengcover lagu-lagu yang sedang hits.

Dilengkapi dengan iringan musik dan video, mereka dapat mengupload karya-karyanya ke berbagai platform. Hal tersebut tentunya akan membuat mereka semakin mudah dikenal dengan karya-karya coverannya.

Untuk mengcover sebuah lagu, para penyanyi tentunya harus menyiapkan instrumen musiknya terlebih dahulu.

Bila kalian tidak bisa memainkan alat musik, Kamu dapat mengiringi lagu yang Kamu nyanyikan dengan instrumen musik yang ada di internet. Sayangnya, lagu tanpa vokal alias musik versi karaoke di internet tergolong langka. 

Baca Juga: 15 Aplikasi Karaoke PC dan Laptop Terbaik Yang Layak Dicoba

Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu 

cara menghilangkan vokal pada lagu untuk android

Sebagai penyanyi, Kamu bisa menciptakan musik karaoke sendiri. Apabila lagu yang hendak Kamu nyanyikan ternyata tidak ada versi karaoke, maka Kamu dapat menghilangkan vokal pada lagu tersebut secara mandiri.

Daripada memainkan musik sendiri, alangkah baiknya Kamu menghilangkan vokal yang ada pada lagu tersebut.

Untuk menciptakan musik karaoke pada lagu yang ingin Kamu nyanyikan, maka Kamu dapat melakukannya dengan dua cara. Kamu bisa menggunakan suatu aplikasi yang harus diinstal pada gawai yang Kamu miliki.

Kamu juga bisa menciptakan musik karaoke dengan cara menghilangkan vokal pada lagu online.

Nah berikut beberapa cara yang bisa Kamu gunakan untuk menciptakan musik karaoke sendiri.

Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu  Dengan Aplikasi Pada Android

Untuk menghilangkan vokal menggunakan aplikasi, Kamu tentunya harus menyiapkan ponsel yang sudah terpasang sistem android.

Ponsel yang Kamu gunakan pastinya sudah bersistem android, kan? Pasalnya, aplikasi yang akan digunakan ini hanya ada pada sistem android.

Vocal Remover for Karaoke

Mula-mula carilah aplikasi yang bernama Vocal Remover for Karaoke pada playstore. Setelah itu, unduh aplikasi tersebut dan pasang pada ponsel Kamu. Bila sudah selesai, segera buka aplikasi yang sudah terpasang itu.

Pada tampilan awal aplikasi tersebut, Kamu diminta untuk memilih lagu yang akan dihilangkan vokalnya. Segera kunjungi library pada aplikasi tersebut dan pilih lagu mana yang akan Kamu gunakan. 

Setelah lagu tersebut dipilih, maka ubahlah format lagu tersebut menjadi format instrumen atau karaoke. Jangan lupa aktifkan “remove vocal” dengan cara menggulirkan tombol dari off menjadi on.

Langkah selanjutnya, Kamu dapat mengatur-atur sendiri instrumen yang sudah diubahnya dengan berbagai settingan sesuai selera.

Bila sudah mantap, jangan lupa ekspor lagu tersebut untuk disimpan menjadi format karaoke yang Kamu inginkan. Cara menghilangkan vokal pada lagu ini tentunya sangat gampang dan Kamu bisa menghasilkan berbagai lagu karaoke pilihan Kamu.

Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu Online

Selain menghilangkan vokal melalui aplikasi, Kamu juga bisa mengubahnya secara online. Hal ini tentunya akan lebih praktis dibandingkan dengan menginstal aplikasi di ponsel. Memori pada ponsel tentunya akan hemat dan tidak terpenuhi karena penggunaan dari aplikasi tambahan.

Ada beberapa situs yang bisa Kamu gunakan untuk menghilangkan vokal yang ada pada suatu lagu.

Nah berikut beberapa situs yang direkomendasikan untuk menciptakan lagu karaoke yang Kamu inginkan.

  • X-Minus Pro

Banyak orang yang telah sukses dalam menggunakan situs penghilang vokal ini.

Bahkan, situs dari X-Minus Pro ini sangat direkomendasikan oleh berbagai pihak karena hasilnya sangat lembut dan memuaskan. Kamu bisa mengcover lagu tanpa batas menggunakan situs ini.

Selain hasilnya lembut, situs ini juga dapat menghilangkan vokal baik dari mono maupun stereo.

Pilihan ini sudah ada pada situs tersebut sehingga Kamu tinggal memilih apa yang diinginkan. 

Hal lain yang unik dari situs ini yakni adanya pengubahan panning vokal secara manual oleh penggunanya.

Cara menghilangkan vokal pada lagu online tentunya sangat mudah yakni tinggal menggeser slide ke kiri maupun ke kanan sesuai dengan selera masing-masing. 

Bahkan, untuk meningkatkan frekuensi cut off pada treble dan slider juga tersedia. Mengenai output dari editan tersebut, Kamu dapat menyimpannya menjadi WAV maupun MP3.
cara menghilangkan vokal pada lagu online

Situs ini juga sangat direkomendasikan untuk menciptakan musik karaoke. Kamu dapat menggunakan trek stereo yang vokalnya telah terpusat pada situs ini sehingga sangat mudah digunakan untuk menghilangkan vokal. 

Pada situs ini, Kamu tak perlu lagu mengatur panning, frekuensi, atau lainnya.

Situs ini akan berjalan secara otomatis sehingga vokal akan hilang dengan sendirinya. Uniknya lagi, Kamu bisa mengubah lagu hingga 20 mb, lho. 

Tak hanya itu, jenis file musiknya juga sangat beragam. Kamu tak hanya bisa menambahkan file MP3, namun juga bisa menambahkan file audio berupa WAV, OGG, bahkan FLAC.

  • Vocal Remover

Situs ini juga menjadi pesaing yang cukup andal dengan X-Minus Pro. Bahkan pengaturannya juga tak jauh beda dengan situs sebelumnya.

Hal yang untuk dari cara menghilangkan vokal pada lagu ini yakni situs tersebut akan menghilangkan vokal secara otomatis.

Makanya situs ini juga menjadi alternatif yang menarik untuk dicoba oleh para penggemarnya.

Meski demikian, perubahan seperti frekuensi masih bisa Kamu lakukan secara manual.

Meskipun settingan frekuensi sudah diatur secara otomatis namun tetap dapat diubah hingga 115 atau sesuai selera Kamu. Tentu hal ini menjadi keunikan tersendiri bagi situs penghilang vokal ini.

  • Vocalremover.com

Hampir sama dengan situs lainnya, situs ini juga bisa menghilangkan vokal secara otomatis.

Sayangnya, situs ini hanya bisa menerapkan penghilangan vokal selama 30 detik pertama dari lagu yang Kamu input

Meski demikian, hasil yang didapat dari situs ini cukup beragam. Kamu dapat menyimpannya dalam mode original, vocal only, bahkan instrumental. Bila ingin menghilangkan vokal, maka simpanlah dalam bentuk instrumental.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan vokal pada lagu online yang bisa Sahabat Tedas.id terapkan ketika hendak mengcover lagu.

Yuk segera hilangkan vokal pada lagu yang hendak Kamu nyanyikan dan jangan lupa upload karyamu ke media sosial.

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *