Ternyata Mudah, Ini 4 Cara Menghilangkan Virus Di Hp Android

Cara Menghilangkan Virus di Hp – Mungkin Sahabat Tedas.id sudah tidak asing lagi dengan virus yang ada pada smartphone atau laptop anda saat ini.

Sebuah program yang dibuat untuk mengacaukan sebuah sistem atau program di suatu perangkat ini agar perangkat tersebut tidak berjalan secara sistematis.

Hal ini akan sangat mengganggu seseorang pada saat menggunakan smartphone. Oleh sebab itu banyak orang yang mencari-cari tentang bagaimana sih cara menghilangkan virus di Hp android dengan mudah.

Namun tenang saja, karena pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menghilangkan virus di HP Android dengan mudah.

cara menghapus virus di hp

4 Cara Menghilangkan Virus Di Hp Android Dengan Mudah

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa virus di hp android ini bisa saja terjadi. Hal ini akan sangat mempengaruhi pekerjaan seseorang yang terhalang karena virus.

Tujuan virus ini berbeda beda tergantung dengan sang pembuat,  ada yang hanya ingin belajar mencoba kemampuannya sejauh mana dan ada juga yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dibalik ini semua.

 Namun apapun tujuan dari virus dengan keberadaannya saja sangat mengganggu dan juga merugikan. Berikut ini merupakan tips yang bisa anda lakukan saat smartphone anda terserang virus. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan virus di Hp Android dengan mudah.

  • Menghapus Aplikasi yang Terkena Virus

Biasannya smartphone android kita bisa terkena virus karena kita menginstall aplikasi secara sembarangan.

Aplikasi yang terkena virus biasanya saat akan dibuka akan membuat smartphone menjadi mati atau lag, dan beberapa aplikasi yang terkena virus biasanya tidak dapat dibuka atau digunakan lagi.

Uninstall aplikasi ini akan sangat membantu sebelum aplikasi lainnya mengalami hal yang sama, sehingga anda perlu melakukan hal berikut ini.

  • Anda perlu masuk dalam pengaturan safe mode.
  • Lalu anda bisa memeriksa aplikasi yang nampak mencurigakan karena terdapat virus didalamnya.
  • Kemudian anda bisa menghapus aplikasi tersebut dengan segera.
  • Anda juga perlu menghapus akses dari administrator aplikasi tersebut.
  • Lalu anda bisa keluar dari pengaturan safe mode.
  • Menghapus Virus Menggunakan Aplikasi

Sekarang banyak aplikasi yang menawarkan fiturnya untuk menghapus virus secara total di smartphone anda.

Akan sangat bekerja jika anda bingung dengan cara menghapus smartphone secara manual atau tanpa aplikasi. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis atau berbayar hal ini tergantung pada kebutuhan anda sendiri.

Jika anda bingung memilih aplikasi apa yang bagus anda bisa melihat di bagian review atau ulasan mengenai aplikasi.

Dengan aplikasi ini anda dapat tenang karena smartphone anda telah terlindungi dari berbagai virus, karena aplikasi ini dapat langsung proteksi terhadap virus yang akan masuk.  Cara menghapus virus di Hp dengan bantuan aplikasi ini bisa anda coba dan terbukti sangat ampuh.
tips menghilangkan virus di hp

  • Melakukan Reset Smartphone Saat Kondisi Telah Parah

Jika anda telah melakukan beberapa hal seperti sebelumnya namun virus pada smartphone anda masih belum mau hilang, anda bisa melakukan reset pada smartphone anda sebagai jalan keluarnya.

Namun sebelum melakukan reset pada smartphone anda, anda perlu melakukan back up terhadap data yang ada pada smartphone anda.

Sebab biasanya setelah melakukan reset data yang ada pada smartphone akan hilang dan tidak tersisa dan akan kembali pada kondisi baru lagi. Cara menghilangkan virus di Hp dengan reset ini terbukti sangat ampuh untuk dilakukan.

  • Melakukan Flashing Sistem Operasi Smartphone

Jika anda ingin menghapus virus secara total hingga bersih anda bisa menginstal ulang sistem android pada smartphone anda.

Hal ini dirasa sangat efektif karena sistem operasi yang lama akan tergantikan dengan yang baru. Namun hal tersebut hanya dapat dilakukan oleh orang yang ahli saja.

Ciri Ciri Smartphone Yang Terkena Virus

Setelah anda mengetahui bagaimana cara menghilangkan virus di HP android, tentu saja anda juga harus tahu terkait apa saja sih ciri-ciri smartphone android yang terkena virus.

Sehingga setelah anda mengetahui apa saja ciri-ciri smartphone yang terkena virus ini, anda jadi bisa mulai melakukan perbaikan atau menerapkan cara menghapus virus di hp android tersebut.

Jika anda tidak tahu apa saja sih ciri-ciri smartphone yang terkena virus, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa ciri-ciri smartphone yang terkena virus adalah sebagai berikut:

  • Muncul Pop up Secara Tiba-Tiba

Jika melihat pop up secara tiba tiba pada smartphone anda mengingat anda sedang tidak membuka sesuatu.

Hal ini merupakan ciri-ciri smartphone anda terkena virus, anda perlu mengingat aplikasi apa yang telah anda pasang akhir akhir ini. Siapa tahu aplikasi ini telah membawa virus tersebut.

  • Terjadi Peningkatan Penggunaan Data

Saat perangkat anda terkena virus, hal tersebut akan menggunakan sumber dari data internet anda. Hal ini digunakan untuk menampilkan iklan atau mengirim informasi keluar secara diam diam. 

Maka dari itu sering terjadi peningkatan penggunaan data yang tidak biasa dan juga secara mendadak.

Anda bisa mengeceknya dengan melihat pengaturan penggunaan data dan melihat aplikasi apa yang paling banyak menggunakan data anda, jika hal tersebut dirasa tidak masuk akan anda bisa langsung menghapus aplikasi tersebut.

Terkadang banyak orang yang dengan sembarangan melakukan pemasangan paket aplikasi sehingga secara tidak sadar mereka juga sudah memasukkan virus ke dalam smartphone mereka. Untuk itu sekali lagi saya ingatkan agar anda jangan sembarangan menginstall aplikasi di smartphone android.

  • Baterai Cepat Habis

Saat terjadi pengurangan baterai secara mendadak walaupun anda sedang tidak menggunakan smartphone anda, ini bisa menjadi salah satu ciri-ciri smartphone anda terkena virus.

Anda bisa melihat pada pengaturan penggunaan baterai dan melihat aplikasi mana yang aplikasi mengonsumsi baterai paling banyak walaupun penggunaannya jarang.

  • SMS dan Juga Panggilan Telepon Yang Tidak Bisa Dijelaskan

Selain melalui aplikasi virus juga dapat menyebar dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya bisa melalui teks, email, telepon atau yang lainnya.

Jika smartphone anda mulai terinfeksi makan smartphone anda akan dapat mengirim pesan yang berisi aneh atau biasanya berupa tautan ke semua kontak anda. Untuk mencegah hal tersebut anda bisa menginstal aplikasi anti virus yang akan memindai dan juga membersihkan virus yang ada di perangkat anda.

  • Perangkat Menjadi Lebih Lambat dan Juga Cepat Panas Saat Digunakan

Virus yang terdapat pada perangkat akan menggunakan baterai sebagai sarana menyebarkan virus dan ini akan berdampak pada temperatur sebuah perangkat menjadi velar panas saat digunakan.

Tak hanya menjadi panas perangkat yang telah terinfeksi virus akan menjadi menurut kinerjanya dan juga lebih buruk.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan virus di Hp Android dengan mudah yang bisa anda lakukan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Sahabat Tedas.id..

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.