Cara Menghilangkan Iklan di Laptop yang Sering Muncul

Cara Menghilangkan Iklan di Laptop – Munculnya iklan pada saat kita sedang asyik browsing di laptop atau si hp pasti sangat mengganggu. Kemunculannya pun bukan hanya sekali dua kali saja tetapi sangat sering. 

Gara-gara iklan paket data yang kamu miliki pasti akan lebih cepat habis, apalagi jika iklan yang muncul dalam bentuk video. Apalagi yang muncul adalah model iklan pop up yang jumlahnya banyak. Gimana sih cara menghilangkan iklan di laptop supaya kamu tak terganggu lagi? 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dan tidak sulit. Asalkan kamu tahu caranya semua iklan tersebut pasti tak akan muncul lagi. Kamu pun bisa lebih nyaman untuk surfing kapan saja. 

Berbagai Cara Menghilangkan Iklan di Laptop

Kemunculan iklan pada saat sedang surfing bukan hanya mengganggu saja. Ada beberapa pengaruh buruknya. Pertama terlalu banyak iklan akan membuat sistem browser semakin melambat. 

Banyak yang mengeluhkan bahwa iklan bisa membuat kinerja laptop menjadi lambat dan ini memang benar. Alasan kedua adalah iklan muncul karena adanya malware atau virus yang berjalan tanpa kamu ketahui. 

Biasanya virus ini muncul ketika kamu tidak sengaja browsing situs yang membawa virus. Jika hal ini sudah terjadi, maka sangat berbahaya untuk mempengaruhi kinerja laptop nantinya. 

iklan di laptop

Apa sih penyebab utama iklan terus menerus muncul? Iklan bisa muncul pada saat kamu sedang menggunakan atau menjalankan aplikasi tanpa diketahui. Bisa juga ketika kamu menginstal aplikasi ke laptop atau mendownload file yang berisi virus. 

Indikasi aplikasi yang berbahaya biasanya memunculkan iklan. Hal paling sering terjadi sih biasanya ketika kamu sedang mendownload film. Kebanyakan orang akan mengunduh film dari situs-situs yang banyak iklannya, dari situlah iklan lebih banyak bermunculan. 

Jadi akan lebih baik jika kamu terus berhati-hati menggunakan laptop pada saat sedang surfing. Apalagi Jika kamu harus mengunduh sebuah file, sebaiknya ketahui dulu asal usul atau keamanannya. 

Mau tahu apa saja cara menghilangkan iklan di laptop yang bisa kamu ikuti? Berikut ini ada beberapa pilihannya. 

windows defender

1. Cara Menghilangkan Iklan di Laptop dengan Scanning Virus

Virus bisa datang dari mana saja, pada saat kamu sedang browsing atau melalui flashdisk. Ada begitu banyak jenis virus yang muncul dan yang biasanya memunculkan iklan disebut dengan Adware

Virus Adware ini bisa berjalan tanpa kamu ketahui dan yang muncul adalah beragam jenis iklan. Supaya menghilangkan semua virus ini kamu bisa memanfaatkan Windows Defender. 

Windows Defender merupakan sistem operasi bawaan Windows yang merupakan aplikasi firewall. Nah untuk saat seperti inilah Windows Defender perlu di gunakan, fungsinya mendeteksi dan menghapus virus penyebab iklan. 

Cara menggunakan Windows Defender adalah sebagai berikut:

  • Membuka Windows Defender atau Security di laptop. Caranya klik setting pada menu start. kemudian ketik pada search Windows Defender. Jika tidak kamu bisa mencarinya di kolom bagian kiri. 
  • Setelah itu jalankan program dan pilih menu quick scan. Laptop akan otomatis melakukan scanning selama beberapa menit. Tunggu hingga proses scanning selesai. 
  • Apabila sudah selesai maka akan terlihat virus apa saja yang terdeteksi dan hapus semua virus tersebut. 
  • Terakhir laptop harus di restart supaya kembali berjalan normal dan cepat.

Windows Defender merupakan fitur keamanan dasar bawaan software Windows. Tapi jika kamu ingin menggunakan anti virus lain dari luar seperti Norton, Avira, Kaspersky pun tidak masalah. 

Namun supaya antivirus yang lain bisa digunakan sebaiknya non aktifkan terlebih dahulu Windows Defender supaya nanti tak terjadi crash. 

aplikasi komputer

2. Cara Menghilangkan Iklan di Laptop dengan Hapus Aplikasi

Selain melakukan scanning, ada beberapa cara lain yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah menghapus aplikasi yang mencurigakan. Biasanya aplikasi ini akan ikut terbawa ketika kamu mengunduh dan menginstal aplikasi yang mungkin tak ada hubungannya. 

Contohnya saja, ketika kamu hendak mengunduh software Microsoft Word, biasanya ada beberapa aplikasi browser yang ikuti terunduh. Padahal kamu sudah menggunakan browser Google Chrome, tetapi nanti browser baru bisa muncul dan berisi banyak iklan. 

Hal ini tentunya akan membuat kinerja laptop menjadi lemot dan cara menghilangkan iklan di laptop yang terus bermunculan adalah dengan menghapus aplikasi tersebut. 

Ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk menghilangkan aplikasi tersebut supaya iklan tidak muncul lagi. 

  • Masuk ke Control Panel di Laptop kemudian pilih fitur Apps dengan pilihan menu salah satunya uninstall.tutorial hilangkan iklan laptop - 9
  • Pilih menu Apps & Features dan cari aplikasi mana saja yang tidak digunakan atau baru saja diunduh. Untuk mengetahuinya kamu bisa melihat pada bagian tanggal unduhan. 
  • Klik file yang mengganggu tersebut kemudian uninstall. Jika aplikasi terlalu berat maka proses bisa memakan waktu yang lebih lama. 
  • Namun jika tidak kamu tak perlu menunggu lama. Beberapa aplikasi biasanya juga disertai dengan proses restart secara otomatis. Jadi pastikan kamu sedang tidak mengetik atau menggunakan laptop untuk keperluan penting pada saat itu. 

Cara uninstal aplikasi ini adalah yang paling mudah dan juga praktis supaya iklan tak muncul lagi ketika kamu sedang melakukan surfing. Kegiatan berselancar di internet un bisa lebih mudah dan cepat. 

3. Cara Menghilangkan Iklan dengan Menghapus File Temporary

File tidak selalu berisi data penting mengenai pekerjaan atau sekolah. Bentuk file juga berbagai macam tergantung software apa yang digunakan. Nah, khusus untuk menghilangkan iklan di browser kamu juga bisa melakukannya dengan menghapus file temporary. 

File temporary adalah file yang isinya kumpulan data yang tersimpan otomatis. Karena sifatnya itulah yang membuat file temporary sering digunakan untuk menyimpan data dari aplikasi iklan. 

Jadi pas kamu buka browser iklan muncul otomatis dari file temporary ini. Maka dari itu sebaiknya kamu rutin menghapus file temporary ini. Ada beberapa langkah yang bisa kamu dilakukan yaitu :

  • Nyalakan laptop dan tekan Windows dan R bersamaan pada keyboard.
  • Setelah itu akan muncul search dan tinggal ketik ‘temp’ dan klik OK.tutorial hilangkan iklan laptop - 2
  • Hapus semua file dan juga folder yang muncul pada jendela tersebut.tutorial hilangkan iklan laptop - 3
  • Setelah selesai, tekan kembali tombol Windows+R di keyboard. 
  • Ketik %temp% dan klik OKtutorial hilangkan iklan laptop - 4
  • Hapus kembali semua file dan folder yang muncul pada laman.
  • Terakhir, restart laptop kamu supaya semua bisa berjalan kembali normal. 

Dengan langkah ini semua data aplikasi iklan yang tersimpan akan hilang dan iklan tak lagi muncul ketika kamu sedang browsing. 

4. Cara Menghilangkan Iklan dengan Mengatur Ulang Settingan Windows 10

Bagi kamu pengguna Windows 10 pasti sering terganggu dengan munculnya iklan secara tiba-tiba. Untuk menghilangkan iklan ini kamu bisa mengubah settingannya. Begini caranya :

  • Klik menu setting di bagian pojok kanan bawah. Kemudian pilih menu System dan klik Notification. 
  • Klik Off pada kolom Show me the window… . 
  • Klik ulang menu setting dan klik Personalization kemudian klik start. Atur mode off pada Showing Suggestion. 
  • Kembali ke menu Settings dan pilih Notification, pada kolom Get Tips klik mode off. 
  • Buka Explorer dan klik View lalu nonaktifkan Sync Provider Notification. 

Dengan cara keempat ini iklan tidak akan muncul di laptop lagi. Tapi jika masih muncul, kamu bisa menginstal ulang Windows supaya kembali ke pengaturan awal. 

browser google

5. Cara Menghilangkan Iklan pada Google Chrome

Iklan paling banyak muncul saat kamu menggunakan browser Google Chrome. Cara mudah jika tak ingin muncul iklan saat browsing adalah mengganti search engine. Biasanya search engine yang bebas iklan adalah Duck Duck Go, tapi hasilnya tentu tak selengkap Google. 

Jika kamu ingin menggunakan Google maka perlu pengaturan khusus untuk iklan yang masuk. Ada cara mudah untuk menghilangkan iklan dengan masuk ke pengaturan Google Chrome sebagai berikut :

  • Buka Google Chrome dan klik menu Setting di bagian pojok kanan atas. buka google chrome
  • Pilih menu Privasi dan keamanan dan klik setelan situs untuk masuk ke pengaturan.buka privasi dan keamanan
  • Ada dua pengaturan iklan yang perlu diatur, pertama pop up and redirect. Pada pengaturan asli biasanya pop up dan redirect masih mati, kamu perlu klok Allowed untuk mengaktifkannya. pop up setting
  • Klik menu pop up dan pengalihan maka kamu akan diarahkan langsung pada pengaturan iklan pop up. Pilih tombol yang masih mati dan klik untuk menyalakan pemblokiran.nyalakan pemblokiran

Kini iklan pop up, redirect atau iklan apapun tidak akan muncul pada tampilan browser kamu. Iklan yang muncul bisa juga disebabkan oleh ekstensi di browser, jadi pastikan ekstensinya dihapus. 

Kamu bisa klik pada bagian pojok kanan atas di Google Chrome dan pilih menu More Tools dan klik Ekstension. Cek apakah ada Ekstensi yang tidak digunakan atau aneh sebaiknya nonaktifkan. 

Kini kamu sudah tahu bagaimana cara menghapus iklan di laptop dengan mudah. Semua kegiatan belajar atau bekerja tidak terganggu lagi deh, laptop kamu juga bisa bekerja lebih cepat.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *