Tutorial

5 Cara Menghasilkan Uang dari TikTok dengan Mudah

cara menghasilkan uang dari tiktok

Teknologi digital yang sudah semakin berkembang menjadi salah satu alasan lahirnya banyak aplikasi digital yang kini banyak digunakan dalam keseharian.

Sosial media menjadi salah satu jenis aplikasi yang tak pernah sepi peminat.

Bukan hanya menjadi hiburan semata, namun sosial media juga bisa menjadi media untuk mendapatkan penghasilan.

Banyak orang kini berlomba-lomba untuk mencari tahu cara menghasilkan uang dari TikTok dengan mudah dan cepat.

TikTok memang menjadi media sosial yang banyak diminati, terutama oleh para milenial. TikTok adalah platform video music yang berasal dari China.

Cara Membuat Akun TikTok

Image: tiktok.com/id-ID/

 

Melalui media sosial ini pengguna dapat membagikan video kreasi dan bisa dilihat oleh pengguna Tik Tok lainnya.

Tidak seperti sosial media lainnya yang bisa digunakan untuk sharing foto atau tulisan, TikTok hanya bisa digunakan untuk sharing video saja.

Di Indonesia, TikTok akhir-akhir ini semakin populer hingga ada istilah khusus dari TikTok, bahkan banyak yang menjadikannya sebagai tempat untuk mendapatkan penghasilan.

Namun sebelum mengetahui lebih jauh cara untuk mendapatkan uang dari TikTok alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu cara membuat akun di aplikasi TikTok.

Cara Membuat Akun TikTok

Untuk membuat akun TikTok ada beberapa tahapan yang harus Anda lalui, berikut ini cara lengkapnya:

  1. Unduh dan install terlebih dahulu aplikasi TikTok pada ponsel pintar Anda. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store untuk pengguna android dan App Store untuk pengguna iOS.
  2. Apabila aplikasi sudah terpasang, buka aplikasi tersebut kemudian klik menu “Saya” yang ada di bagian kanan bawah.
  3. Lanjutkan dengan klik “Mendaftar”. Untuk mendaftar akun TikTok, Anda bisa masuk menggunakan akun Facebook, Line, Google, Twitter, Kakaotalk, login, email, atau nomor handphone. Anda bisa memilih salah satu cara yang paling membuat nyaman.
  4. Misalnya saja ketika Anda memilih login menggunakan alamat email, maka Anda akan diminta untuk mengisikan tanggal lahir.
  5. Jika sudah, Anda bisa klik menu “Email”, dan masukkan alamat email Anda yang masih aktif. Kemudian klik “berikutnya” untuk lanjut ke tahap selanjutnya.
  6. Tahapan berikutnya Anda harus membuat password dan username atau nama pengguna Tik Tok.
  7. Klik “mendaftar”. Dan kini akun TikTok Anda sudah bisa digunakan sebagai salah satu cara menghasilkan uang di TikTok.

Cara Membuat Konten Menarik di TikTok 

Untuk menghasilkan uang di TikTok harus ada sesuatu yang dijual. Karena TikTok merupakan platform, media sosial yang berisi para kreator video, maka konten menjadi salah satu hal yang penting untuk bisa menghasilkan uang dari media sosial tersebut.

Bagaimana cara untuk membuat konten menarik di TikTok? Simak penjelasannya berikut ini:

  • Cari ide yang menarik

Ide adalah modal utama ketika ingin menghasilkan konten yang bagus. Ketika ingin membuat konten yang menarik, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari ide yang bagus. Ide bisa didapatkan dari mana saja, misalnya dengan melihat tren yang saat ini dengan booming.

Anda bisa mengikuti tren yang ada, namun jangan 100 persen meniru. Pastikan dalam ide tersebut masih ada karakter Anda, sehingga konten yang Anda buat bukan hanya menarik namun juga memiliki ciri khas tersendiri.

  • Edit konten dengan menarik dan kekinian

Kualitas konten tidak hanya dilihat dari idenya saja, namun dari visualisasi yang terlihat dari konten tersebut. Ketika konten yang dibuat menarik dari segi penampilan, maka akan lebih banyak mengundang viewers. 

Anda bisa menambahkan efek atau filter pada konten yang Anda buat. Dan juga memasukkan backsound yang sesuai dengan konten tersebut.

  • Kolaborasi

Cara berikutnya yaitu kolaborasi. Kolaborasi dengan TikTokers lainnya akan membuat konten Anda banyak dikunjungi orang salah satunya adalah duet tiktok. Apalagi jika Anda berkolaborasi dengan TikTokers yang sudah terkenal, bukan hanya nama yang akan dapatkan namun penghasilan.

Tak jarang seseorang menjadikan kolaborasi sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari TikTok. Pasalnya melalui kolaborasi dengan TikTokers terkenal, tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan tawaran endorse atau sponsor kepada Anda.

  • Konsisten

Untuk menjadi terkenal di sosial media TikTok Anda harus berkomitmen penuh terhadap diri Anda sendiri agar konsisten untuk memberikan konten di setiap harinya. Jangan pernah bosan untuk membuat TikTok meskipun viewers nya belum banyak. 

Buat terus konten meskipun masih belum bagus. Karena dengan terbiasa nantinya Anda akan memahami dengan sendirinya pola untuk mendapatkan viewers yang banyak dan menarik perhatian banyak orang di TikTok.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari TikTok Dengan Mudah dan Cepat?

Setelah memiliki akun TikTok dan telah membuat berbagai konten menarik di aplikasi TikTok, ada beberapa hal yang harus Anda pahami terkait cara untuk mendapatkan penghasilan dari sosial media ini.

Sebagai informasi, ternyata untuk mendapatkan penghasilan dari TikTok ada beberapa cara menghasilkan uang dari tiktok. Apa saja caranya? Simak penjelasan berikut ini:

  • Melalui Sponsored Content Post

Cara menghasilkan uang dari TikTok yang pertama yaitu melalui sponsored content post. Sponsored content post adalah cara yang digunakan untuk mempromosikan merek atau brand apabila Anda merupakan seorang “artis” TikTok.

Sebuah agensi atau brand pasti akan melakukan serangkaian pertimbangan tingkat engagement dari konten kreator melalui jumlah pengikut, jumlah like, dan viewers dari setiap konten yang dibuat oleh TikTokers tersebut. 

Para pemilik brand tersebut nantinya akan menilai apakah konten kreator tersebut layak dan sesuai dengan target marketing mereka. Maka dari itu, sebisa mungkin buatlah konten yang menarik agar konten Anda banyak dikunjungi orang dan bisa menjadi ladang mendapatkan uang.

  • Melalui Donasi Atau Payout Coins

Cara berikutnya untuk mendapatkan penghasilan dari TikTok yaitu melalui donasi atau payout coins. Donasi ini diberikan oleh para followers ketika Anda sedang melakukan live streaming di aplikasi ini.

Saat Anda melakukan live streaming, kemudian para viewers ini akan memberikan stiker hadiah yang bisa ditukarkan menjadi uang dari TikTok. Stiker ini bisa menghasilkan uang karena untuk para followers yang ingin memberikan stiker harus membelinya terlebih dahulu.

  • Jasa Mengelola Akun Atau TikTok Manager

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari aplikasi ini yaitu dengan membuat jasa mengelola akun atau dikenal dengan nama TikTok Manager. Anda bisa membuka jasa untuk mengelola akun milik orang lain. 

Bukan hanya TikTok milik orang atau individu, Anda juga menjadi TikTok manager milik sebuah brand atau perusahaan. 

Dengan membuka jasa ini, Anda tidak hanya dituntut untuk pintar membuat konten, namun Anda juga harus memiliki kemampuan digital marketing yang bagus. 

Beberapa tugas dari seorang jasa pengelola akun TikTok adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan engagement akun TikTok.
  • Membuat strategi konten marketing.
  • Menciptakan ide kreatif untuk konten di aplikasi TikTok.
  • Mengatur kerja sama dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pengelolaan akun.
  • Melakukan jual beli akun TikTok

Untuk pertanyaan bagaimana cara menghasilkan uang dari TikTok jawabannya adalah dengan melakukan jual beli akun TikTok.

Akun TikTok yang bisa Anda jual belikan adalah akun TikTok yang sudah memiliki engagement yang bagus.

Maka dari itu Anda harus terlebih dahulu membuat akun dan memastikan bahwa akun tersebut memiliki followers, like, jumlah tayangan, dari akun TikTok tersebut. 

Akun TikTok yang memiliki track record yang bagus akan menjadikan lahan penghasilan yang cukup bagus.

Biasanya mereka yang membeli akun TikTok adalah brand yang membutuhkan akun dengan traffic yang bagus agar brand mereka mudah dikenal banyak orang.

  • Membuat Agensi Influencer

Cara lainnya untuk mendapatkan uang dari aplikasi TikTok adalah dengan cara membuat agensi influencer.

Cara ini digunakan untuk menjadi penghubung antara brand atau perusahaan yang ingin melakukan iklan dengan para influencer TikTok.

Agensi ini yang akan menjadi perantara sampai terjadi kerja sama antara influencer dengan brand atau perusahaan tersebut.

Anda bisa mematok harga untuk menjadi agensi dengan harga yang sesuai dengan pelayanan yang akan Anda berikan.

Untuk bisa bersaing dengan agensi influencer lainnya Anda bisa mematok harga yang terjangkau agar jasa Anda bisa lebih dilirik.

Jika pun Anda ingin memberikan nilai yang tinggi maka Anda harus juga memberikan layanan terbaik.

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *