cara menghapus riwayat pencarian google
Tutorial

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google Pada Android

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google – Google adalah sebuah aplikasi berupa mesin pencarian yang digunakan oleh banyak orang. Awal mulanya kata Google ini muncul pada tahun 1997 oleh Larry dan Sergey.

Namun pada tahun tersebut nama tersebut bukan Google melainkan Googol. Googol merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol.

Nama ini diambil untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang informasi yang tak terbatas di internet. Akan tetapi, para investor salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan terlanjur menuliskannya dalam cek.

Oleh karena itu, pada akhirnya nama tersebut diganti dengan nama Google sampai saat ini. Perusahaan mesin pencari Google terus berevolusi hingga saat ini.

Dengan memberikan kenyamanan dan keamanan lebih untuk para pengguna. Salah satunya yaitu Google memiliki fitur untuk menghilangkan riwayat pencarian dengan cara menghapus riwayat pencarian di Google HP android.

Ketika Anda menelusuri informasi melalui Google, aktivitas tersebut pastinya akan meninggalkan jejak. Jejak tersebut akan muncul sebagai bentuk saran pencarian saat Anda mengetik keyword yang sama.

Beberapa aktivitas Anda tersebut akan disimpan di akun Google Anda. Maka dari itu, Anda dapat menghilangkan informasi tersebut dengan cara menghapus history Google di Aktivitas Saya.

Penghapusan tersebut dilakukan jika Anda tidak ingin menyimpan data halaman yang Anda kunjungi menggunakan Google. Oleh karena itu Anda dapat menghapus history Google secara keseluruhan.

Namun yang penting untuk Anda ketahui, jika Anda menghapus history penjelajahan, tindakan ini juga mempengaruhi semua perangkat yang digunakan untuk mengaktifkan sinkronisasi dan login ke Google.

hapus history pencarian google

Cara Hapus Riwayat Pencarian Google di HP Android

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa menghapus riwayat pencarian Google, terutama melalui Android,  dapat Anda lakukan di Akun Google Anda.

Nah, bagi Anda yang belum pernah melakukannya dan bingung bagaimana menghapus riwayat pencarian Google di Android, Anda tidak perlu khawatir.

Di bawah ini bisa Anda coba cara menghapus riwayat pencarian Google secara manual.

  • Buka pengaturan setelan/setting di Android Anda, kemudian pilih Google dan tunggu sampai halaman tersebut terbuka.

cara menghapus riwayat pencarian di google hp android

cara menghapus history google

  • Setelah halaman Google terbuka, ketuk Kelola Akun Google Anda dan tunggu hingga bar terbuka

bagaimana menghapus riwayat pencarian di google hp android

  • Kemudian Anda pilih Data dan personalisasi.

menghapus history google

  • Lalu cari aktivitas dan linimasa. Pada aktivitas dan linimasa, ketuk aktivitas saya dan tunggu hingga halaman bar terbuka.

menghapus riwayat pencarian google

  • Setelah halaman bar terbuka, cari menu kotak penelusuran atau telusuri aktivitas saya.

bagaimana menghapus history google

  • Di sebelah kanan kotak penelusuran atau telusuri aktivitas saya, ketuk tanda titik tiga dan pilih hapus aktivitas menurut.

cara delete history google

  • Pada menu hapus aktivitas menurut, terdapat beberapa menu cara menghapus history Google berdasarkan rentang waktu yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

cara delete history pencarian google

Selain melalui setelan pengaturan yang ada pada Android, Anda juga dapat menghapus riwayat pencarian Anda langsung pada aplikasi Google.

Nah, berikut ini cara menghapus riwayat pencarian Google pada aplikasi Google secara langsung adalah:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuka aplikasi Google pada Android Anda, setelah itu tunggu hingga menu bar terbuka.

cara delete riwayat pencarian google

  • Setelah menu bar terbuka, pilih menu terkini yang terdapat pada bawah aplikasi.

bagaimana cara delete history google

  • Langkah selanjutnya yaitu ketuk tanda titik tiga yang berada pada pojok kanan atas dan tunggu hingga halaman bar terbuka. Selain melalui tanda titik tiga, Anda juga bisa memilih aktivitas saya.

delete history pencarian google

  • Setelah halaman bar terbuka pilih kotak penelusuran atau search your activity. Di sana Anda akan menemukan tanda titik tiga di dalam kotak tersebut. Setelah Anda menemukannya pilih tanda titik tiga tersebut.

delete history google

  • Di sana Anda akan menemukan beberapa menu, kemudian cari menu hapus aktivitas menurut atau delete activity by. Setelah Anda menemukan menu tersebut, kemudian ketuk menu tersebut.

delete riwayat pencarian google

  • Pada menu hapus aktivitas menurut, terdapat beberapa menu cara menghapus history Google berdasarkan rentang waktu yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

cara delete riwayat pencarian di google hp android

Kedua cara menghapus riwayat pencarian Google di Android tersebut bisa Anda gunakan jika history Google yang ingin Anda hapus lebih banyak dan dalam rentang waktu yang cukup panjang.

Selain itu, Anda juga bisa memilih antara opsi satu jam terakhir. Ada juga 24 jam terakhir. Kemudian 7 hari terakhir hingga  4 minggu terakhir, atau sepanjang waktu.

Namun saat ini Google berencana menghadirkan fitur penghapusan riwayat lokasi serta aktivitas internet secara otomatis.

Fitur ini dibuat oleh pengembang Google sebagai upaya Google memberikan kontrol data pribadi serta privasi Anda para pengguna.

Sebenarnya fitur ini sudah tersedia sejak tahun 2019. Namun penghapusan otomatis ini tidak diaktifkan secara default untuk akun lama.

Para pengguna lama akan diberi notifikasi tentang adanya fitur penghapusan riwayat pencarian secara otomatis. Sehingga Anda para pengguna lama harus mengaktifkan fitur itu sendiri.

Namun berbeda halnya apabila Anda adalah pengguna baru. Untuk Anda pengguna baru, penghapusan data otomatis yang mana aktivitas Anda akan dihapus secara otomatis setelah 18 bulan secara berulang.

Meskipun begitu, untuk Anda para pengguna baru, mungkin ada beberapa dari Anda yang tidak menghendaki penghapusan data secara otomatis tersebut.

Fitur tersebut dapat Anda non-aktifkan dengan mengunjungi laman “Aktivitas Saya” di akun Google Anda. Kemudian Anda pilih menu hapus otomatis.

Setelah itu Anda pilih opsi jangan hapus otomatis untuk menonaktifkan fitur tersebut.

Namun jika suatu saat Anda berubah pikiran dan ingin mengaktifkan fitur tersebut kembali. Anda dapat melakukan langkah yang sama dan pilih rentang waktu penghapusan yang tersedia.

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *