Panduan Cara Menghapus Foto di Instagram

Cara Menghapus Foto di Instagram – Apakah Anda termasuk pengguna Instagram yang masih bingung bagaimana cara menghapus foto di Instagram?

Untuk keperluan tertentu, entah sebagai media bisnis atau informasi, sesekali Anda pasti merasa perlu melakukan penghapusan foto di Instagram bukan?

Pada dasarnya banyak sekali alasan yang mendasari pengguna Instagram menghapus postingannya.

Berkaitan dengan itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan baik secara manual maupun otomatis.

Berikut ini adalah cara-caranya:

Cara Menghapus Foto di Instagram Secara Manual

Cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus foto di Instagram secara manual adalah melalui HP dan PC. Jadi sebelum Anda menghapus postingan, pastikan sudah memiliki HP maupun PC yang mendukung.

Berikut cara-cara yang bisa Anda terapkan.

1. Cara Menghapus Foto Melalui HP

Foto yang telah Anda posting di Instagram bisa dihapus melalui Android maupun iPhone, asalkan keduanya mendukung untuk aplikasi Instagram.

Cara yang bisa Anda lakukan juga terbilang cukup mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Instal aplikasi Instagram di HP Android maupun iPhone milik Anda. Setelah itu, buka aplikasi tersebut.

cara menghapus postingan di ig

  • Jika memang baru menginstal aplikasi Instagram, maka Anda harus melakukan login terlebih dahulu. Namun, jika sebelumnya Anda telah memiliki aplikasinya, berarti sudah bisa langsung masuk pada akun yang sudah tersimpan.
  • Selanjutnya lihat pada bagian bawah Instagram. Ada beberapa ikon yang tersedia seperti beranda, pencarian, maupun profil. Pilih ikon profil akun Instagram Anda.

cara hapus foto di instagram

  • Setelah itu pada halaman profil, Anda akan disuguhkan berbagai macam foto yang pernah diposting sebelumnya. Pilih postingan mana yang ingin Anda hapus, baik berupa foto maupun video.
  • Kemudian klik ikon titik yang berjumlah tiga di bagian pojok kanan atas. Pilih opsi hapus. Untuk keperluan konfirmasi, Anda perlu menekan “hapus” sekali lagi.

Sangat mudah sekali bukan cara menghapus foto melalui HP?

Namun cara seperti ini membutuhkan waktu yang lama jika foto yang Anda hapus jumlahnya banyak, karena Anda perlu melakukannya satu persatu, tidak bisa langsung banyak.

2. Cara Menghapus Foto Melalui PC

Selain menggunakan HP, menghapus foto secara manual juga bisa dilakukan melalui PC ataupun laptop.

Hampir sama dengan sebelumnya, Anda perlu menyediakan jaringan internet yang lancar untuk menyambungkannya pada PC.

Berikut ini langkah-langkah menghapus foto di IG melalui PC:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka browser yang tersedia pada PC, baik Chrome maupun Mozilla.
  • Kemudian ketik Instagram di kolom pencarian yang ada di browser PC Anda. Tunggu beberapa saat sampai apa yang Anda cari muncul pada halaman browser.

hapus foto di instagram

  • Setelah itu Anda harus melakukan login terlebih dahulu untuk masuk ke akun Instagram. Masukkan username beserta password akun Instagram Anda.

menghapus foto di instagram

  • Setelah berhasil masuk ke akun Instagram Anda, pergilah ke halaman profil.

menghapus postingan di ig

  • Tekan Ctrl+Shift+I dan tunggu halaman memproses permintaan Anda.

bagaimana hapus foto di instagram

  • Klik menu toggle device yang ada pada halaman dan pilih ikon smartphone. Kemudian, refresh agar halaman tidak lemot.

bagaimana menghapus foto di instagram

  • Jika tampilan browser Anda telah berubah seperti tampilan Instagram pada HP, maka langkah selanjutnya adalah memilih foto mana yang ingin Anda hapus.

bagaimana menghapus postingan di ig

  • Langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya hampir sama dengan cara menghapus postingan di IG melalui HP, yaitu klik titik yang berjumlah tiga di bagian pojok kanan atas foto.
  • Silahkan Anda memilih opsi hapus dan klik sekali lagi untuk persetujuan menghapus foto.

Langkah-langkah menghapus foto melalui PC memang terkesan panjang, namun sebenarnya caranya sangat simpel jika Anda bisa langsung mempraktekkannya.

Cara Menghapus Foto di Instagram Sekaligus

Cara menghapus foto yang dijelaskan sebelumnya hanya bisa dilakukan jika foto yang ingin Anda hapus jumlahnya tidak terlalu banyak, karena Anda harus melakukannya satu persatu.

Namun bagaimana jika foto yang ingin Anda hapus jumlahnya sangat banyak?

Membutuhkan waktu lama dan tentunya ribet jika Anda menghapusnya secara manual. Lalu apakah ada cara cepat dan tidak ribet? Pastinya ada.

Cara menghapus foto sekaligus bisa dilakukan melalui aplikasi. Jadi pastikan Anda mempunyai aplikasinya.

Untuk lebih jelasnya, panduan selengkapnya bisa disimak di bawah ini berikut pilihan aplikasinya.

1. Aplikasi Cleaner for Instagram

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk menghapus postingan di Instagram adalah Cleaner for Instagram. Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Play Store ataupun App Store yang ada di HP Anda.

Ukurannya tidak terlalu besar sekitar 3 MB saja, jadi pastikan HP Anda mendukung ya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Unduh dan instal aplikasi Cleaner for Instagram
  • Jika proses instal aplikasi sudah berhasil Anda lakukan, buka aplikasi Cleaner for Instagram dan jangan lupa untuk melakukan login dengan akun Instagram Anda.
  • Setelah berhasil login, pilih menu media yang berada di bagian bawah halaman. Tunggu beberapa saat sampai semua foto yang pernah Anda posting berhasil termuat.
  • Setelah itu klik menu “quick select” agar Anda bisa memilih mana saja foto yang hendak dihapus.
  • Jika foto-foto telah terpilih, maka selanjutnya Anda harus menekan opsi delete atau hapus. Proses penghapusan memerlukan waktu beberapa detik.

Cara ini cukup simpel dan pastinya tidak ribet. Namun penghapusan seperti ini memang memerlukan metode tambahan karena Anda harus menginstal aplikasi lain.

Tapi ini tentu bukanlah masalah besar. Foto mana pun yang hendak Anda hapus, dapat diatasi hanya dengan satu kali klik, setelah Anda berhasil menginstalnya.

bagaimana cara hapus postingan instagram

2. Aplikasi Instant Cleaner for Instagram

Cara menghapus foto dengan jumlah banyak di Instagram selanjutnya adalah menggunakan aplikasi Instant Cleaner for Instagram.

Adapun langkah-langkah yang harus Anda tempuh sangatlah mudah. Berikut uraian selengkapnya.

  • Buka aplikasi Instant Cleaner for Instagram tersebut, kemudian login menggunakan akun Instagram milik Anda.
  • Setelah proses login berhasil, klik ikon following agar Anda dapat melihat semua foto yang telah Anda posting. Ketuk ikon post yang berada di bagian bawah.
  • Pilih foto mana yang hendak Anda hapus, lalu tekan agak lama sampai muncul ikon delete di bagian atas. Klik ikon tersebut dan tekan OK.

Segala macam foto di Instagram yang ingin Anda hapus pun dapat dibersihkan sesuai keinginan, baik secara manual maupun secara otomatis dalam jumlah banyak.

Bahkan, cara menghapus foto di Instagram di atas sangatlah mudah diterapkan sehingga akan sangat membantu Anda yang ingin melakukan penghapusan.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *